Advertisement

10 Link Twibbon Hari Pramuka Sejarah, Tema & Logo Gerakan Pramuka

rancakmedia.com – Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Tahun ini, Hari Pramuka jatuh pada Sabtu (14/8/2021). Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, organisasi kepanduan yang masuk ke Indonesia setelah Belanda memiliki cabang bernama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada 1912.

NPO selanjutnya berbeda nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) pada 1916, pada tahun yang sma Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia bernama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Dikutip dari website Musem Sumpah Pemuda, lahirnya JPO mengakibatkan gerakan nasional lainnya untuk membuat organisasi sama dengan pada saat itu. Melihat semakin banyaknya organisasi pramuka milik Indonesia, Belanda melarang organisasi kepramukaan di luar milik Belanda menggunakan istilah Padvinder.

Oleh karena itu K.H Agus Salim memperkenalkan istilah “Pandu” atau “Kepanduan” untuk organisasi Kepramukaan milik Indonesia. Setelah kemerdekaan lahirlah kepanduan yang mempunyai sifat nasional yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada 28 Desember 1945.

Dalam perjalanan sejarahnya organisasi kepanduan yang jumlahnya ratusan dibagi jadi beberapa federasi dan dibentuklah PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). Organisasi ini terkendala karena kurangnya kekompakan di antara anggota di dalamnya.

Pada 1960 pemerintah dan MPRS berusaha untuk mengatur organisasi kepramukaan di Indonesia. Pada 9 Maret 1961, Presiden Sukarno mngumpulkan tokoh-tokoh dari gerakan kepramukaan Indonesia.

Dia menjelaskan, organisasi kepramukaan harus diperbaiki dan semua kepanduan akan disatukan menjadi satu dengan nama Pramuka. Dalam kesempatan ini Presiden membentuk panitia pembentukan gerakan Pramuka yang tediri dari Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono. Dr. A. Aziz Saleh dan Achmadi.

Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka. Panitia itu merumuskan hasil kerja dan disahkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 pada 20 Mei 1961 mengenai gerakan Pramuka.

Pada 30 Juli 1961 berada di Istora Senayan, tokoh-tokoh kepanduan Indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan Pramuka (Hari Ikrar Gerakan Pramuka).

Hari Lahir Pramuka selanjutnya diperingati pada 14 Agustus 1961 saat MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Preiden Sukarno, wakil ketua I Sultan HB IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh. Sukarno menyerahkan panji-panji Pramuka ke tokoh-tokoh untuk memperkenalkan Pramuka ke masyarakat.

Tema dan Logo Hari Pramuka 14 Agustus 2021

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sudah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2021 tentang Logo 60 (Enam Puluh) Tahun Gerakan Pramuka pada Februari waktu lalu. Dalam SK tersebut, diputuskan logo dan tema Hari Pramuka yang diperingati 14 Agustus.
Gerakan Prarnuka di tahun 2021 genap berusia 60 (enam puluh) tahun sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 mengenai Gerakan Pramuka.

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka Memiliki Makna:

  1. Warna merah bermakna berani dan kesatria, sedangkan putih bermakna rela dan tulus dalam berbakti.
  2. Angka 60 melambangkan tahun ke-60 hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya berkombinasi daun nyiur untuk menunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.
  3. Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia. Selain itu, dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang ditetapkan oleh Kwarnas tersebut terdapat semboyan “Berbakti Tanpa Henti,” yang bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap siaga untuk berbakti hingga sampai kapan pun.

10 Link Twibbon Hari Pramuka Sejarah, Tema & Logo Gerakan Pramuka

Pada artikel ini terdapat 20 link twibbon ucapan gambar Selamat Hari Pramuka 2021 atau yang ke-60, lengkap dan cara menggunakannya. Seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Pramuka ke-60 pada besok, Sabtu (14/8/2021).

Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Penetapan 14 Agustus sebagai Hari Pramuka, tercantum dalam Keppres nomor 57 tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 13 Desember 1988.

Banyak cara untuk memperingati Hari Pramuka, satu di antaranya yaitu dengan membagikan ucapan atau gambar Selamat Hari Pramuka 2021 ke media sosial kamu. Agar gambar Selamat Hari Pramuka 2021 lebih menarik, kamu dapat menggunakan twibbon.

Tinggal pilih gambar/foto yang ingin digunakan, kemudian gunakan twibbon untuk membingkai fotomu. Banyak beragam bingkai terkait Hari Pramuka 2021 yang bisa kamu pilih.

Link twibbon ucapan gambar Selamat Hari Pramuka 2021

  • Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 klik disini 
  • Hari Pramuka ke 60 Kwarda Jawa Tengah klik disini
  • Hari Pramuka ke 60thun klik disini
  • HARI PRAMUKA INDONESIA 14 AGUSTUS 2021 klik disini

  • HARI PRAMUKA klik disini
  • Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 klik disini
  • Selamat Hari Pramuka Ke 60 14 Agustus 2021 klik disini
  • Hari Pramuka ke-60 Kwarcab Kota Bogor klik disini
  • HARI PRAMUKA versi SAKA BAHARI klik disini
  • Hari Pramuka klik disini

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas