Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 Pulau Jawa – Bali Sampai 16 Agustus

ADVERTISEMENT

rancakmedia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
(PPKM) berbasis level 2, 3, dan 4 di beberapa daerah Jawa dan Bali mulai 10 sampai 16 Agustus 2021.
“Atas arahan presiden, karena itu PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (9/8).

Awalnya, pemerintahan mengaplikasikan PPKM Genting 3-20 Juli saat kenaikan kasus Covid mulai terjadi. Diperpanjang dengan istilah PPKM Level 4 pada 20-25 Juli, 26 Juli-2 Agustus, dan 3-9 Agustus.

Perpanjang PPKM level 4. Luhut mengatakan ada hasil lumayan baik sepanjang penerapan PPKM Level 2, 3, dan 4 di Jawa Bali semenjak 2-9 Agustus. Dari data yang didapatkan terjadi pengurangan kasus positif Covid-19 sampai 59,6 persen.

“Berkaitan keputusan ini akan dituangkan dalam inmendagri lebih detil,” ujarnya. Tetapi, sepanjang PPKM berbasiskan level yang diaplikasikan dalam tujuh hari akhir, kasus positif dan kematian covid belum turun mencolok.

Walau, pasien yang dipastikan pulih bertambah. Keseluruhan tambahan kasus positif covid dari 3 sampai 9 Agustus capai 223.940 kasus. Jumlah itu turun dibanding tujuh hari kemarin, 27 Juli-2 Agustus, yang capai 268.067 kasus.

Jumlah kasus positif covid yang turun ini searah dalam jumlah test swab PCR atau antigen yang kurang dalam enam hari terakhir. Disamping itu, tambahan kasus positif tidak dapat didesak sampai 10 ribu setiap hari.

Kasus kematian mulai turun pada PPKM kali ini. Sejauh 3-9 Agustus, keseluruhan kematian covid sekitar 11.280. Jumlah itu turun dibandingkan seminggu awalnya, 27 Juli-2 Agustus, yang capai 12.525 kasus.

Meski begitu, kasus kematian covid masih termasuk tinggi karena kasus masih semakin bertambah di atas 1.000 kasus dalam seminggu paling akhir ini.

Saat itu, kasus pulih naik sejauh 6 hari akhir ini. Keseluruhan pasien Covid-19 yang dipastikan pulih dari 3-9 Agustus capai 242.357. Tetapi, jumlah tersebut lebih rendah dari 6 hari kemarin, 27 Juli-2 Agustus, yang capai 334.444.

Perpanjang PPKM level 4. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyorot trend kenaikan kasus virus covid di beberapa propinsi luar Jawa dan Bali. Dia menyebutkan trend kenaikan itu terjadi sepanjang dua minggu terakhir.

Terdaftar, provinsi di luar Jawa Bali berperan 13.200 kasus atau 34 persen dari kasus baru secara nasional pada 25 Juli lalu. Sementara per 6 Agustus 2021 naik jadi 21.374 kasus atau 54 persen dari kasus nasional.

Jokowi mengatakan minimal ada lima propinsi yang alami kenaikan kasus covid harian tinggi, yaitu Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Papua, Sumatera Barat dan Riau.

Di lain sisi, penerapan vaksinasi covid di awal Agustus 2021 atau PPKM 3-8 Agustus, belum capai sasaran dua juta jumlah setiap hari. Seringkali vaksinasi baru capai dua juta jumlah. Jokowi pernah menarget suntik vaksin sampai dua juta jumlah setiap hari sepanjang Agustus 2021.

Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 Pulau Jawa - Bali Sampai 16 Agustus

Uji coba pembukaan mal

Pada ekstensi ini kali, Luhut menyebutkan pemerintahan akan lakukan uji coba pembukaan mal atau pusat belanja secara bertahap di daerah PPKM Level 4. Tentu saja, uji coba ini dilaksanakan dengan implikasi prosedur kesehatan ketat.

“Uji coba pembukaan pusat belanja atau mal akan dilaksanakan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang,” terang dia. Luhut menjelaskan, mal di empat daerah itu dibuka dengan kemampuan 25 % sepanjang seminggu ke depan.

Cuman pengunjung yang telah divaksin bisa masuk ke mal dan harus memakai program PeduliLindungi.id Sementara anak umur di bawah 12 tahun dan lebih dari 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke pusat belanja atau mal.

“Disamping itu, untuk industri fundamental berbasiskan export, minggu ini akan diatur SOP prosedur kesehatan supaya pekan kedepan, mulai 17 Agustus 2021, untuk kota-kota di level 4 bisa mengaplikasikan 100 persen staff yang dipisah minimum di dalam 2 shift,” tutur dia.

Penyesuaian di tempat ibadah

Penyesuaian ketentuan level 4 dilaksanakan untuk tempat ibadah. Menurut Luhut, kabupaten atau kota di daerah level 4 pada ekstensi ini kali bisa lakukan ibadah dengan kemampuan maksimal 25 persen atau optimal 20 orang.

Dalam peluang yang serupa, Luhut sampaikan angka kepatuhan menggunakan masker capai 82 persen. Angka itu meningkat 5 persen dibanding masa Februari-Maret 2021 lalu.

 

Related Articles

Back to top button