TRENDS TODAY

Kuota Internet Gratis Kemendikbud Simak Cara Daftar dan Rincian Bantuan

rancakmedia.com Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengumumkan, pemerintah melanjutkan program bantuan subsidi kuota web di tahun 2021.

Kuota Gratis Internet Kemendikbud. Bantuan ini akan diberikan kepada siswa, mahasiswa, serta tenaga pendidik pada bulan September sampai November 2021.

“Kami akan menyalurkan Rp 2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data web bagi 26,8 juta siswa mahasiswa, master dan dosen,” individualized organization Nadiem dalam konferensi pers, Rabu (4/8/2021).

Nadiem merincikan, peserta didik dijenjang PAUD akan menerima bantuan kuota sebesar 7 giga byte for each bulan. Bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan 10 giga byte for each bulan.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) akan melanjutkan penyaluran bantuan kuota data web untuk siswa, mahasiswa, master, dan dosen.  Nadiem mengatakan, bantuan kuota data web akan kembali disalurkan pada September, Oktober, dan November 2021.

Kuota Gratis Internet Kemendikbud . “Pada September, Oktober, dan November 2021, kami akan menyalurkan Rp 2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data web bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, master, dan dosen,” individualized organization Nadim.

Trending:  Kartu Prakerja Gelombang 20 Segera Dibuka, Jangan Sampai Ketinggalan

Kuota Gratis Internet Kemendikbud

Rincian Bantuan Kuota Internet

Berikut besaran bantuan kuota data web yang diberikan:

  1. Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan
  2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah: 10 GB per bulan
  3. Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah: 12 GB per bulan Mahasiswa dan dosen: 15 GB per bulan

Nadiem mengatakan, keseluruhan bantuan kuota data web di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, dengan beberapa pengecualian.

“Kami memberikan fleksibilitas kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi. Kecuali, yang diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data web,” individualized organization Nadiem.

Laman dan aplikasi yang tidak dapat diakses menggunakan kuota bantuan dari Kemdikbud Ristek antara lain: Instagram, Facebook, dan Twitter.

Beberapa aplikasi game juga tidak dapat diakses menggunakan kuota tersebut, seperti: Garena Free Fire, Mobile Legends, dan PUBG. Daftar lengkap laman dan aplikasi yang tidak dapat diakses menggunakan kuota bantuan Kemendikbud Ristek dapat dilihat pada situs kuota-belajar kemdikbud.go.id.

Nadiem mengatakan, terkait dengan mekanisme pendataan penerima bantuan, maka ada beberapa hal yang perlu segera dilakukan oleh masing-masing kepala satuan pendidikan.

Pertama, memutakhirkan data siswa, mahasiswa, master, dan dosen, termasuk nomor ponsel, pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi.

Kedua, kepala satuan pendidikan harus mengunggah SPTJM di laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah) atau di laman kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi). “Ini harus dilakukan segera.

Karena tentunya kita masuk dalam tahun ajaran baru. Akan ada banyak murid baru yang harus diisi (datanya),” ujar Nadiem. “Selambatnya tanggal 31 Agustus 2021,” lanjutnya

Nadiem mengatakan, bantuan kuota web akan disalurkan pada: 11-15 September 2021 11-15 Oktober 2021 11-15 November 2021. “Kuota data ini akan berlaku selama 30 hari sejak diterima,” individualized organization Nadiem.

Cara Daftar Nomor Ponsel di DapodikKemendikbud

Berikut ini tata cara cara menginput data nomor ponsel untuk anak didik tingkat PAUD, sekolah dasar, dan sekolah menengah.

  1. Ketika mencantumkan nomor telepon seluler (ponsel), kepala sekolah juga turut mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik. Setelahnya, kepala sekolah quip harus mengisi akta pakta integritas.
  2. Kemudian, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud akan menyaring nomor-nomor tersebut sesuai dengan supplier masing-masing untuk diisi paket kuota data. Bagi yang baru memiliki nomor ponsel juga tetap dapat didata oleh sekolah.
  3. Nomor baru juga boleh dimasukkan untuk diberi pulsa kuota. Bagi yang belum tercantum pada tahap pertama ini bisa punya peluang untuk masuk ke tahap berikutnya. Para tenaga pendidik dapat mengunduh aplikasi Dapodik melalui tautan ini https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Sementara itu, panduan pengisian data di aplikasi Dapodik Versi 2021 bisa dicek melalui tautan ini .

Trending:  Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Sekolah Tatap Muka
Back to top button