Advertisement

Daftar Film dan Serial Tentang Metaverse

Rancakmedia.com – Konsep film dan serial tentang metaverse di Ready Player One menjadikannya film fiksi ilmiah yang menarik untuk ditonton. Namun, sepertinya Ready Player One bukan satu-satunya film metaverse yang layak ditonton.

Selain Ready Player One, tim HiTekno.com telah menyusun tujuh film menarik tentang metaverse. Dapat memberi tahu kamu sedikit, bagaimana pembalikan ini akan beroperasi nanti. Konsep “metaverse” telah dibawa ke depan. Orang-orang akan memiliki pengalaman hidup baru berkat upaya baru Mark Zuckerberg.

Metaverse sendiri memiliki tujuan untuk mengintegrasikan dunia nyata dan dunia maya atau yang biasa disebut dengan “internet made real”. Meski baru marak belakangan ini, ungkapan metaverse sendiri bukanlah sesuatu yang baru.

“Metaverse,” diciptakan oleh New Scientist, menggabungkan dua istilah dari awalan “meta,” yang berarti di luar, dan “semesta,” yang mengacu pada semua keberadaan secara keseluruhan.

Konsep ide ini awalnya diperkenalkan pada tahun 1992 oleh penulis Amerika Neal Stephenson dalam buku fiksi ilmiah klasiknya, Snow Crash.

Konsep ini juga semakin populer sejak dirilisnya film Ready Player One karya Steven Spielberg pada tahun 2018.

Karena itulah sebelum konsep metaverse ala Mark Zuckerberg mewabah, sudah ada film-film menarik yang membahas tentang metaverse.

Berikut Film & Serial Tentang Metaverse

Selain Ready Player One, tujuh film metaverse berikut telah dibuat sebelumnya:

  1. Snow Crash (1992)
  2. Free guy (2021)
  3. Wreck-it Ralph (2012)
  4. Westworld (2016)
  5. The Matriks (1999)
  6. Black Mirror (2011)
  7. Upload (2020)

Untuk kenyamanan kamu, tim Hitekno.com telah mengumpulkan beberapa informasi latar belakang tentang film-film ini.

Snow Crash (1992)

Snow Crash memprediksi abad ke-21 di mana perusahaan besar memiliki pengaruh lebih besar daripada negara. Avatar virtual memainkan peran penting dalam plot film, memungkinkan karakter untuk berkomunikasi satu sama lain di seluruh dunia.

Akibatnya, Blue Origin dan Magic Leap mendaftarkan Neal Stephenson (pencipta asli frasa “Metaverse”) sebagai salah satu perancangnya.

Free guy (2021)

Ryan Reynolds memerankan Guy dalam film baru ini. Guy pada dasarnya hanyalah seorang teller bank yang menemukan bahwa dia adalah karakter non-pemain dalam permainan komputer dunia.

Guy kemudian menjadi pahlawan yang berusaha menyelamatkan teman-temannya agar tidak disapu oleh pembuat game.

Wreck-it Ralph (2012)

Film animasi ini menggambarkan bagaimana karakter terhubung satu sama lain di dunia game. Banyak orang percaya bahwa karakter dalam film tidak lebih dari representasi komputerisasi dari orang-orang yang sebenarnya.

Westworld (2016)

Westworld adalah serial orisinal HBO yang mengeksplorasi beberapa topik teknis dan sosial di musim pertamanya.

Ini dimulai sebagai semacam augmented reality di mana robot kecerdasan buatan digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain peran para peserta.

Juga dibahas adalah masalah kesadaran dan penentuan nasib sendiri serta kebebasan memilih, etika, baik vs jahat dan konsekuensi dari AI prediktif.

The Matriks (1999)

Berbicara tentang konsep Mataverse di film ini, rasanya lengkap tanpa menyebut The Matrix. Film ini menggambarkan kisah pertempuran manusia terakhir untuk mempertahankan dunia dari tirani robot.

Black Mirror (2011)

Bukan rahasia lagi bahwa setiap episode Black Mirror mengeksplorasi aspek baru dari teknologi metaverse, menawarkan perspektif unik di Twilight Zone yang lama.

Kecerdasan buatan (AI), realitas virtual (VR), dan perilaku manusia di internet adalah di antara banyak aspek metaverse yang sering dieksplorasi film ini.

Upload (2020)

Ini adalah kisah tentang kesadaran seseorang yang dipindahkan ke metaverse dalam rangkaian file digital. Banyak penyedia layanan komersial bersaing untuk bisnis.

Seri ini, tidak seperti episode Black Mirror (seperti San Junipero), yang menangani masalah serupa secara lebih serius, mengeksplorasi apa yang terjadi di distopia dengan mekanika permainan bebas dan aspek lain dari dunia online modern.

Kesimpulan

Serial Tentang Metaverse pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam bukunya, Snow Crash. Ready Player One karya Steven Spielberg adalah film terbaru yang mengeksplorasi konsep ini. Tim HiTekno.com telah menyusun daftar ekstensif film dan serial TV tentang metaverse.

Westworld HBO adalah serial orisinal HBO yang mengeksplorasi beberapa topik teknis dan sosial di musim pertamanya. Black Mirror menawarkan perspektif unik di Twilight Zone yang lama. The Matrix menggambarkan kisah manusia terakhir yang mempertahankan dunia dari tirani robot.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas