Membasmi Kecoa Dengan 6 Cara Mudah Berikut

ADVERTISEMENT

Membasmi Kecoa Dengan 6 Cara Mudah Berikut – Kehadiran kecoak di dalam rumah sangat mengusik. Serangga kecil berkaki enam ini kerap bersembunyi di beberapa tempat gelap, hangat, beberapa barang yang jarang-jarang digunakan, dan beberapa sudut yang lain, dan benar-benar susah diamankan.

Bila Anda punyai permasalahan dengan kecoak yang berkeliaran di dalam rumah, enam langkah gampang dan baik berikut dapat menolong membasminya:

  • Jaga rumah tetap bersih

Kecoak suka dengan kotoran dan makanan. Jadi, pastikan rumah Anda tetap bersih untuk mencegah kecoak bersembunyi di sudut-sudut rumah dan barang-barang Anda.
Sebab, kecoak sangat mudah menemukan tempat berkembang biak di tempat-tempat yang kotor. Pastikan Anda menerapkan gaya hidup bersih, seperti langsung membersihkan makanan di dapur setelah makan, sehingga kecoak tidak akan hinggap di piring kotor atau makanan sisa.
Pastikan pula Anda membuang sampah secara rutin sehingga tidak mengundang kehadiran kecoak.

  • Jangan sediakan tempat bersembunyi

Kecoak juga menyukai kertas dan kotak-kotak karton. Jadi singkirkanlah kotak-kotak kosong tak terpakai yang menumpuk di sekitar rumah atau gudang.
Ingatlah bahwa kecoak tidak bisa hidup tanpa tempat untuk bersembunyi karena mereka juga menyukai tempat-tempat gelap. Selain itu, pastikan pula untuk menutup retakan atau celah di rumah Anda.
Dengan begitu, kecoak akan dipaksa untuk keluar dari persembunyian mereka, di mana mereka tidak akan bertahan lama tanpa tempat aman mereka dan di tempat terbuka.

  • Gunakan selotip

Menggunakan selotip untuk pengendalian hama bukanlah ide baru, tetapi bisa sangat efektif untuk mengatasi kecoak. Jangan lupa, belilah selotip berkualitas baik dan tempatkan perangkap perekat tersebut di sekitar rumah.
Pastikan selotip diatur dengan sisi lengket menghadap ke atas dan letakkan di sekitar celah, bukaan, papan lantai, dan di tempat-tempat yang sekiranya akan disinggahi kecoak ketika masuk ke dalam rumah.
Waktu terbaik untuk memasang jebakan ini adalah sebelum Anda pergi tidur karena kecoak cenderung lebih aktif di malam hari.

  • Jebakan botol soda

Membuat jebakan botol soda untuk kecoak sangatlah mudah dan efektif. Jebakan ini membuat kecoak sulit lolos jika sudah terjatuh ke dalamnya.
Anda hanya perlu menyediakan botol soda kosong dan potong bagian atasnya. Kemudian, isi bagian bawah botol dengan sesuatu yang menarik kecoak dan manis, misalnya gula atau campuran kopi dan gula.
Balikkan bagian atas botol yang terpotong tadi, sehingga mulut botol mengarah ke dalam untuk membentuk semacam corong. Letakkan botol tersebut di sekitar rumah dan periksa beberapa jam kemudian untuk melihat berapa banyak kecoak yang terperangkap di dalamnya.

  • Semprotan air dan sabun

Insektisida memang efektif membasmi kecoak, tetapi membuat semprotan sendiri adalah cara yang murah dan sama efektifnya untuk membunuh kecoak tanpa bahan kimia yang keras.
Salah satu semprotan yang bisa Anda bikin sendiri di rumah adalah campuran air dan sabun. Cukup tambahkan beberapa tetes sabun ke dalam botol semprotan air hangat, lalu kocok dengan baik.
Setelah disemprot, kecoak akan tetap hidup tetapi akan mati setelah sekitar satu menit. Saat menyemprot kecoak, pastikan Anda mengarahkannya ke kepala dan perut, khususnya jika Anda dapat membuat tubuhnya terbalik.

  • Gunakan semprotan rambut

Hairspray atau semprotan rambut memang bukan buatan rumahan, namun dapat menjadi alternatif membasmi kecoak jika Anda memilikinya di rumah.
Menyemprotkan hairspray akan membuat sayap dan kaki-kaki kecoak menempel sehingga akan membuat mereka mati perlahan.
Jika tidak suka dengan cara tersebut, Anda bisa langsung membunuhnya agar tidak menyiksanya.

Sumber : kompas.com

Related Articles

Back to top button