Perbedaan RAM dan ROM di Komputer Beserta Cara Kerja & Fungsi

Rancakmedia.com – Perbedaan antara RAM dan ROM harus dipahami meskipun kedua komputer memiliki status memori. Pada prinsipnya, RAM dan ROM memiliki peran, tugas, dan cara kerja yang berbeda.

Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) adalah teknologi memori di komputer hingga ponsel. Keduanya memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda, meskipun memiliki status yang sama dengan penyimpanan data.

Apa itu RAM?

Dilansir dari Freefeast, RAM merupakan sistem memori yang mampu membackup semua data dalam kurun waktu tertentu. RAM dapat menyimpan data tanpa perlu mengkonsumsi daya karena terhubung ke program sistem komputer.

Namun, RAM sering disebut sebagai memori jangka pendek. Karena, setelah kehilangan daya, semua data akan hilang. Untuk menjalankan sistem operasi, ada batasan minimal konsumsi RAM, seperti 1GB, 2GB, 4GB, dan sebagainya.

RAM terbagi menjadi dua macam, yaitu Dynamic Random Access Memory (DRAM) dan Synchronous Random Access Memory (SRAM) (SRAM).

Apa itu ROM?

Sedangkan ROM, memiliki kapasitas untuk menyimpan data secara permanen. Ketika catu daya dicabut, ROM tidak akan kehilangan datanya, karena dijalankan dan dipelihara oleh baterai kecil yang ditempatkan di komputer.

🔥TRENDING:  Penjelasan Mengenai Jaringan Peer to Peer dan Kelebihannya

Mengenai tugas, ROM memiliki peran utama untuk input dan output data, serta mengendalikan program perangkat lunak.

Biasanya ROM dalam bentuk chip, ditempatkan pada motherboard dan papan sirkuit. Tujuannya adalah untuk mengontrol input dan output dari sistem manajemen data dasar, serta membaca dan menulis ke perangkat.

ROM menyediakan instruksi yang diperlukan tentang bagaimana perangkat terhubung ke komponen lain. ROM biasanya digunakan sebagai firmware.

Firmware adalah kumpulan program yang ditanamkan ke dalam komponen perangkat keras komputer. ROM tersebar luas di antara media penyimpanan optik, seperti CD-ROM, CD-R (Compact Disc Recordable), dan CD-RW (Compact Disc Re-Writeable) (Compact Disc Re-Writeable). Perbedaan RAM dan ROM di Komputer

Perbedaan ROM dan RAM

Sementara menurut situs web Geeks for Geeks, berikut adalah perbedaan antara RAM dan ROM:

RAM

  • Penyimpanan sementara
  • Volatile (mudah ‘menguap’)
  • Digunakan dalam operasi normal
  • Menulis data lebih cepat
🔥TRENDING:  Cara Menghilangkan Bug Pada Android Xiaomi

ROM

  • Penyimpanan Permanen
  • Non-volatile (tidak mudah ‘menguap’)
  • Digunakan untuk proses startup komputer
  • Menulis data lebih lambat

Dengan kata dasar, ROM adalah tempat untuk menyimpan data internal yang juga dapat menjalankan sistem operasi dan sistem lainnya. RAM mirip dengan memori utama perangkat yang dapat diakses untuk menjalankan program.

Unit RAM dan ROM biasanya disebut megabyte hingga gigabyte. Untuk RAM, kecepatan proses biasanya diukur dalam nanodetik.

Kesimpulan

Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) adalah teknologi memori di komputer hingga ponsel. RAM dapat menyimpan data tanpa perlu mengkonsumsi daya karena terhubung ke program sistem komputer. Sedangkan ROM, memiliki kapasitas untuk menyimpan data secara permanen. Keduanya memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda, meskipun memiliki status yang sama sebagai penyimpanan data.

Back to top button