Advertisement

5 Fungsi Perangkat Keras Router dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Router adalah perangkat keras atau hardware penting yang memberikan koneksi internet di rumah kamu. jika ingin tahu lebih detail lagi mengenai router mari kita mulai dengan baca artikel ini ya, selamat membaca.

Router adalah perangkat komputer yang akan menghubungkan berbagai jaringan, baik jaringan yang sama atau berbeda. Router memiliki kemampuan Dynamic Host Configuration Protocol, yang sering disebut DHCP. kamu dapat mengatur teknologi ini sehingga kamu dapat berbagi alamat IP.

Sekarang, perangkat keras router biasanya digunakan untuk meningkatkan akses internet dengan menghubungkannya ke modem. Kemudian, berbagi koneksi dengan orang lain, baik secara nirkabel atau melalui kabel.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang router, seperti fungsi dan cara pengoperasiannya, simak ulasan Tokopedia. Simak artikel lengkapnya!

Mengenal Apa Itu Perangkat Keras Router

Apa itu router? Definisi router adalah sebuah perangkat fisik pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan banyak jaringan, baik jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari segi teknologi.

Mengenal Apa Itu Perangkat Keras Router

Banyak juga yang menjelaskan bahwa pengertian router adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk mentransfer paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya, dimana proses tersebut dinamakan routing.

Fitur DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) pada setiap router dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan banyak perangkat berbagi alamat IP yang sama. Fitur NAT (Network Address Translator) pada router memungkinkan untuk berbagi alamat IP atau koneksi internet dengan alamat IP lain.

Fungsi Perangkat Keras Router

Berikut adalah kegunaan dari perangkat keras router:

Menghubungkan Beragam Informasi

Perangkat keras router memiliki tujuan untuk mentransfer paket data atau informasi melalui internet atau jaringan dari titik tertentu ke jaringan lain. Perangkat ini diperlukan agar dapat merutekan paket data tersebut ke jaringan.

Fungsi Firewall dalam Router DSL

Sebagai firewall, ia akan melihat alamat sumber dan tujuan paket untuk menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilewati. Router yang biasa menjalankan peran ini disebut juga DSL router. Namun, tidak semua router benar-benar memiliki tujuan yang sama.

Packet Filtering Router

Router yang dimanfaatkan untuk bisa menjalankan pekerjaan ini biasa diistilahkan dengan router packet filtering. Router ini akan menolak lalu lintas data yang dikirim melalui broadcast.

Sehingga akan terhindar dari broadcast storm yang dapat menyebabkan kinerja jaringan menjadi melambat.

Analisis Paket Data Secara Mendalam

Paket data yang masuk juga dapat dianalisis oleh router. Dalam memeriksa paket data, router akan memilih paket-paket tersebut untuk masuk ke jalur yang paling optimal dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Analisis Paket Data Secara Mendalam

Setelah itu, data akan dimasukkan ke dalam tabel routing. Routing statis dan routing dinamis adalah dua metode yang digunakan untuk ekspedisi ini.

Transmisi Informasi

Tugas perangkat keras router selanjutnya adalah mentransfer informasi atau data. Utilitas ini akan mengangkut informasi dari jaringan tertentu ke jaringan lain.

Fungsi ini mirip dengan bridge atau jembatan jaringan alias penghubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Bagian-bagian Perangkat Keras Router

Berikut ini yang merupakan kedalam bagian dari perangkat keras router

Hub

Hub adalah komponen router yang pertama. Menerima sinyal jaringan dan meneruskannya ke komputer lain adalah tugas dari hub ini.

Alamat IP lokal digunakan di bagian router ini untuk bergabung dengan jaringan dasar. Hub akan berbagi bandwidth dengan setiap PC.

Bandwidth yang dibagi akan dimaksimalkan jika hanya satu PC yang digunakan. Namun, jika kamu menggunakan banyak PC, bandwidth akan dibagi di antara PC yang ada.

Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penghubung pada jaringan. Switch jaringan area lokal (LAN) juga dapat digunakan untuk menghubungkan mesin-mesin dalam jaringan (LAN).

Switch, berbeda dengan hub, mampu memilah data yang ingin disiarkan.

Bridge

Selanjutnya adalah bridge. Tugas utama bridge adalah menghubungkan fungsi-fungsi jaringan yang berbeda secara bersama-sama. Selain itu, bridge juga berusaha mengatur informasi jaringan agar lebih terstruktur.

Repeater

Repeater bertujuan untuk memperluas jaringan WiFi sehingga dapat menjangkau lokasi-lokasi yang sulit untuk memperoleh jaringan WiFi. Repeater ini dapat diaktifkan dengan menggunakan salah satu dari dua metode.

Secara khusus, client adalah perangkat yang menerima jaringan dari server, dan access point adalah perangkat yang menyebarkan sinyal nirkabel.

Network Interface Controller

Network Interface Controller, atau NIC, adalah perangkat keras yang berguna untuk menjadi jembatan penghubung antara komputer dan jaringan komputer lainnya.

Peran perangkat ini adalah menerima data yang dikirimkan oleh kabel, yang selanjutnya akan diubah menjadi bit-bit sehingga dapat dipahami oleh komputer.

Cara Kerja Perangkat Keras Router

Bagian penting dari tugas router adalah menghubungkan banyak jaringan dan membuat transfer data di antara mereka lebih mudah. Setiap jaringan harus memiliki paling sedikit dua NIC (Network Interface Card) agar perangkat keras router dapat berfungsi dengan baik.

Cara Kerja Perangkat Keras Router

Konfigurasi dua jaringan terpisah dengan menggunakan router tunggal sangat mudah. Tentu saja, kondisinya akan berbeda dan lebih sulit dalam jaringan yang luas dan canggih.

Menghubungkan tiga jaringan dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

  1. Menggunakan dua perangkat keras router untuk menghubungkan mereka bersama-sama dalam sebuah rantai
  2. Tiga router diperlukan untuk menghubungkan mereka bersama-sama secara langsung.

Jenis-Jenis Perangkat Keras Router

Secara umum, router dapat dibagi ke dalam berbagai kategori. Berikut ini adalah jenis-jenis router, seperti yang didefinisikan oleh definisi standar:

Berdasarkan Pengaplikasiannya

Pengguna dapat menginstal aplikasi yang disebut “Application Router” untuk membuat sistem operasi komputer mereka bertindak seperti router. Beberapa aplikasi termasuk

  1. Wingate
  2. WinProxy
  3. Winroute
  4. Spygate

Perangkat keras router dengan fitur seperti router disebut sebagai dengan karakteristik ini, perangkat ini dapat digunakan untuk:

  1. Membagi alamat Internet Protocol (IP) (alamat IP) menjadi
  2. Hot Spot Area adalah segmen jaringan internet dengan alamat IP dan koneksi internet sendiri, seperti router.

Router Komputer secara spesifik, komputer dengan spesifikasi tinggi yang dikustomisasi sehingga dapat beroperasi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimal yang harus ada pada komputer tersebut antara lain;

  1. Prosesor Pentium II, harddisk 10 GB, dan memori 64 MB
  2. Terdapat kartu LAN.
  3. PC router memiliki sistem operasi yang unik, Mikrotik.

Berdasarkan Mekanismenya

  1. Router statis, yaitu router yang mampu melakukan proses routing (pemblokiran) suatu jaringan yang mana proses tersebut dilakukan secara manual oleh seorang administrator,
  2. Router Dinamis dimungkinkan bagi seorang administrator untuk mengatur sebuah router, seperti Dynamic Router, untuk melakukan proses routing (blocking) secara otomatis dan dinamis.
  3. Router Wireless, router yang dapat beroperasi tanpa kabel karena hanya mengandalkan medium udara untuk mengangkut paket data.

FAQ

Berikut ini kami juga telah menyediakan pertanyaan dan jawabannya yang masih berkaitan dengan pembahasan perangkat keras router

Apa Perbedaan Modem dan Router?

Dibandingkan dengan modem, router memiliki keuntungan karena dapat mendistribusikan WiFi ke banyak perangkat sekaligus, sehingga mereka dapat terhubung ke internet. Modem (juga dikenal sebagai jaringan area luas, atau WAN), sering dihubungkan ke router melalui satu set koneksi Ethernet berkode warna.

Apakah Router Harus Pake Modem?

Dalam proses berbicara dengan perangkat lain dan internet, perangkat keras router memerlukan modem, apakah itu modem kabel, fiber, atau digital subscriber line (DSL). Beberapa port pada sebagian besar router memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke internet pada saat yang bersamaan.

Apakah Router Harus Pake Modem

Router ke Router Menggunakan Kabel Apa?

Hubungkan modem melalui kabel Ethernet. Untuk berbagai jenis dan seri, beberapa sudah menawarkan koneksi USB. Tancapkan kabel ke konektor router, atau yang diistilahkan dengan WAN atau uplink. Ketika menggunakan jaringan kabel untuk menghubungkan perangkat, pastikan kabel tidak terpasang longgar.

Kesimpulan

Apa itu perangkat keras router? Router adalah perangkat fisik yang ada pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai jaringan.

Router biasanya digunakan untuk meningkatkan akses internet dengan menghubungkannya ke modem dan berbagi koneksi dengan orang lain, baik secara nirkabel atau melalui kabel. Demikian pembahasan mengenai perangkat keras router pada artikel ini semoga bermanfaat.

Back to top button