TEKNO

5 Cara Untuk Cek Kecepatan Internet di PC dan Handphone

5 Cara Untuk Cek Kecepatan Internet di PC dan Handphone – Di zaman yang mulai serbadigital saat ini, keperluan internet benar-benar makin bertambah dan masuk ke dalam prioritas.

Disamping itu, lambat atau cepat akses internet jadi alasan tertentu untuk pemakainya untuk menghindari masalah saat mengakses.

Buat mengenali seberapa lancar akses internet yang lagi digunakan, Anda dapat check kecepatan internet itu lewat lima web di bawah ini.

Beberapa di antaranya menyediakan program untuk meningkatkan kenyamanan pemakai.

  • Speedtest.net

Situs untuk memeriksa kecepatan akses internet pertama yakni Speedtest.net yang dikembangkan Ookla asal Montana, Amerika Serikat.

Speedtest yang pertamanya kali keluarkan pada 2006 ini bisa mengetes perform internet untuk mobile atau WiFi.

Service speedtest juga ada di browser atau bisa didownload ke bermacam basis seperti iOS, Android, macOS, Apple TV sampai Windows.

Langkah memakai speedtest, Anda tinggal akses link https://www.speedtest.net/ atau membuka aplikasinya lewat hp, selanjutnya click ‘GO’ yang ada dibagian tengah monitor.

Kemudian nantikan sesaat, sampai semua rangkuman hasil kecepatan internet usai dilihat.

Bahkan juga, result speedtest Anda dapat bagi ke bermacam jaringan sosial media. Beberapa istilah yang dipakai pada situs speedtest ialah:

– PING ialah waktu respons dari akses internet saat kirim permintaan, di mana PING ini diukur menggunakan satuan milidetik.

🔥TRENDING:  Website Penghasil Uang Gratis 2021

Jika nilai PING di hasil check kecepatan internet Anda rendah, itu bermakna akses internetnya baik sekali, demikian juga kebalikannya.

– Download speed adalah arti untuk tentukan kecepatan jaringan yang dipakai saat mengambil file atau data.

Angka pada download speed memperlihatkan berapa lama piranti Anda terima file itu dan unit yang digunakannya yakni megabits per second (Mbps).

– Upload speed untuk mengenali kecepatan akses internet dalam kirim file ke perangkat. Misalkan bagikan photo ke sosial media atau kirim pesan.

Indikator yang dipakai untuk menghitung upload speed masih sama dengan download speed dengan unit megabits per second (Mbps).

  • Fast.com

Selanjutnya ada situs Fast.com yang dikeluarkan oleh Netflix, untuk menolong pemakainya menyaksikan kecepatan akses internet yang mereka punyai.

Mencuplik dari situs sah Netflix, service Fast.com bebas iklan dan memiliki penampilan simpel yang gampang dipahami.

Langkah memakainya cukup click https://fast.com/id/ dan biarkan sistem mereka berjalan sendiri hitung kecepatan internet, tak perlu memencet tombol apa pun.

Hasil kecepatan internet akan diperlihatkan pas dibagian tengah monitor, dan tulisan angka besar dengan unit megabits per second (Mbps).

Masuk di situs Fast.com ini pemakai tidak dibebankan biaya tertentu alias gratis dan telah ada untuk bermacam negara.

Bahkan juga, Fast.com bisa dijangkau oleh bermacam tipe piranti seperti desktop, handphone, tablet, sampai smart TV seandainya ada browser.

  • Meter.net

Langkah check kecepatan selanjutnya yaitu lewat website Meter.net, hingga Anda tak perlu ribet mengunduh dan menambah kemampuan penyimpanan (storage) seperti aplikasi.

Kelengkapan dari layanan Meter.net ini nyaris sama seperti speedtest yakni ada PING, download speed, dan upload speed.

Proses check akses internet lewat Meter.net berjalan seputar 30 detik dan pemakai tinggal masuk ke situs https://www.meter.net/, selanjutnya click ‘START’.

Sesudah memencet tombol ‘START’, diamkan sistemnya mengolah dan lakukan pengujian, selanjutnya kelak akan diperlihatkan PING, download speed, dan upload speed sebagai hasil akhirnya.

  • Bandwidth Place

Cara mengetahui kecepatan akses internet bisa juga lewat Bandwidth Place, yang diluncurkan oleh perusahaan penyuplai service internet asal Houston, Texas, pada 2002.

Feature pada situs Bandwidth Place ini lebih kurang hampir serupa dengan speedtest, yang sediakan PING, download speed, dan upload speed.

Bedanya ada di service ‘SERVER’ Bandwidth Place, yang berperan untuk mempermudah pemakai pilih posisi kehadirannya.

Disamping itu, Bandwidth Place diperlengkapi dengan kolom untuk mengetahui tipe provider yang lagi dipakai oleh pemakai.

Terhubung Bandwidth tinggal masuk situs https://www.bandwidthplace.com/, selanjutnya click ‘START’ pada simbol oranye dan diamkan beberapa menit untuk mengenali hasilnya.

  • Speed Smart

Selanjutnya ada Speed Smart yang bisa dijangkau gratis ke situs https://speedsmart.net/, dan sediakan versi program yang dapat didownload di piranti iOS dan Android.

Langkah kerja Speed Smart mirip-mirip dengan service awalnya. Pemakai tinggal masuk di situs akses atau membuka program di hp dan click ‘START SPEEDTEST’.

Waktu mengenali kecepatan akses internet pada Speed Smart berjalan seputar 40 detik dengan tampilkan hasil PING, unduh speed, unggah speed, provider, IP, server.

Situs Speed Smart ini dipandang lebih tepat dan cepat sebab memakai HTML5, tidak seperti beberapa service yang lain berbentuk Flash atau Java.

Test kecepatan jaringan Speed Smart memberikan dukungan untuk mobile dan Wifi dengan pengetesan yang real time. Bahkan juga sudah mendapatkan peringkat 4,7/5 dari pemakai Google Play Store.

Ke-5 situs check kecepatan internet itu dapat diputuskan sama keperluan. Tapi pemicu lain jaringan lamban umumnya sebab jaringan begitu repot, cuaca jelek, atau provider dalam pembaruan.

Sumber : cnnindonesia.com

🔥TRENDING:  Berikut Ini Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di BAN-PT Secara Online
Back to top button