Begini Cara Mengatasi Windows Boot Manager

Rancakmedia.com – Bagaimana Windows Boot Manager dapat diselesaikan? Anda harus terlebih dahulu memahami pentingnya boot manager. Boot manager adalah aplikasi di hampir semua sistem operasi. Manajer boot biasanya berfungsi sebagai boot. Pengguna cukup mengontrol dan memutuskan proses booting yang digunakan PC atau laptop menggunakan aplikasi ini.

Kami dapat menggunakan boot manager untuk mengidentifikasi sistem operasi melalui BIOS tanpa menggunakan boot disk. Ini memerlukan instalasi boot loader pada Master Boot Record atau MBR. Perangkat lunak boot loader kemudian harus dimuat ke dalam BIOS komputer, yang digunakan untuk mengontrol operasi kernel sistem operasi.

Kernel dapat digunakan untuk memulai dan mengontrol sistem. Misalnya, jika kita ingin menggunakan lebih dari satu sistem operasi, seperti Windows dan Ubuntu, pada satu komputer, Anda dapat menerapkannya melalui boto manager ini. Jadi begitu komputer atau laptop Anda dinyalakan, Anda dapat memilih dari sistem operasi apa pun yang ingin Anda boot.

Memperbaiki Windows Boot Manager

Dengan boot manager ini, pengguna dapat memilih dan menentukan sistem operasi mana yang akan digunakan. Manajer boot juga sering digunakan oleh mereka yang terus-menerus berjuang dengan dua sistem operasi setiap hari karena persyaratan pekerjaan. Berikut adalah dua cara sederhana untuk memperbaiki Windows Boot Manager.

Memperbaiki Windows Boot Manager

Metode 1: Pilih sistem operasi default

  1. Masuk ke Control Panel sebagai langkah pertama. Kemudian pilih Keamanan dan Sistem.
  2. Pilih Sistem setelah itu.
  3. Kemudian pilih Pengaturan untuk Sistem Lanjutan.
  4. Frase Startup dan Recovery akan ditampilkan. Kemudian pilih Konfigurasi.
  5. Misalnya, pilih sistem operasi utama Anda (default): Windows 10 untuk langsung mengakses sistem operasi Windows 10 setelah laptop dihidupkan/dipulihkan. Terakhir, pilih OK dan layar Windows Boot Manager tidak akan ditampilkan lagi.
🔥TRENDING:  Cara Mencegah Peretasan Perangkat Internet Oleh Hacker Dengan 7 Langkah Berikut

Metode 2: Matikan Windows Boot Manager

  1. Klik tombol Windows atau klik ikon desktop Windows.
  2. Kemudian masukkan perintah prompt, klik Command Prompt klik kanan dan pilih Run as Admin.
  3. Jalankan perintah di bawah ini, lalu. Tampilan Windows Boot Manager tidak akan lagi ditampilkan setelah Anda menjalankan perintah.

Catatan: Jika ingin mengaktifkan kembali Boot Manager, ubah saja perintah no menjadi yes.

Metode 3: Perbaikan Windows

Jika tidak berfungsi setelah menerapkan kedua teknik di atas, itu menandakan bahwa komponen / file sistem Windows rusak atau hilang. Dengan demikian Anda harus memperbaiki sistem Windows Anda. Saya jelaskan lebih lanjut dalam tutorial berikut:

Proses Booting

Salah satu prosedur dalam booting adalah POST, dimana proses ini merupakan pengujian komputer untuk mengetahui apakah komputer yang mendukung proses ini bekerja dengan benar atau tidak. Proses ini terjadi ketika komputer Anda boot. Jika komputer atau laptop Anda mengalami gangguan, sistem secara otomatis memberikan peringatan kepada pengguna. Peringatan itu dihasilkan oleh suara yang biasanya disebut sebagai bunyi bip.

Bunyi bip atau peringatan ini hadir dengan beberapa variasi bunyi. Setiap versi suara atau bip dapat memberi tahu Anda secara kasar bagian mana yang bermasalah. Anda mungkin juga tahu tindakan apa yang akan Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah dari sini.

🔥TRENDING:  Ponsel Terbaru Rp 1 Jutaan Dari Samsung Galaxy A02

Prosedur POST

Berikut adalah beberapa proses yang dilakukan oleh kekuatan self-test:

  • Tes catu daya ditunjukkan dengan lampu daya menyala dan ventilator berputar.
  • POST memeriksa kinerja CPU dan memeriksa isi BIOS.
  • RAM CMOS kemudian akan diperiksa oleh sistem. Periksa CPU dan kontrol akses ke memori, modul memori, dan bus memori.
  • Periksa RAM 16 KB lalu periksa I/O Controller.
    Jika ternyata POST mendeteksi gangguan selama semua pengujian ini, POST langsung memberi tahu pengguna dalam bentuk bunyi bip.

Kesimpulan

Boot manager adalah aplikasi di hampir semua sistem operasi. Pengguna cukup mengontrol dan memutuskan proses booting yang digunakan PC atau laptop menggunakan aplikasi ini. Boot manager juga sering digunakan oleh mereka yang berjuang dengan dua sistem operasi setiap hari.

Ada dua cara sederhana untuk memperbaiki Windows Boot Manager. Jika komputer atau laptop Anda gagal melakukan booting dengan benar, Anda mungkin perlu memperbaikinya menggunakan teknik berikut.

Tampilan Windows Boot Manager tidak akan muncul lagi setelah Anda menjalankan perintah di bawah ini. Jika ingin mengaktifkan kembali Boot Manager, ubah saja perintah no menjadi yes.

Back to top button