Advertisement

Pengertian Monitor Komputer Serta Sejarah, Fungsi dan Jenisnya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian monitor komputer bahwa, monitor komputer adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan informasi kepada pengguna.

Contohnya, seperti teks, gambar, atau video, yang dihasilkan oleh berbagai operasi komputer. Dalam konteks ini, monitor adalah perangkat output komputer, tanpanya, komputer tidak akan berguna.

Itulah sebabnya mengapa monitor pada komputer kamu sangat penting. Monitor adalah perangkat keras yang digunakan untuk melihat informasi visual yang dihasilkan oleh komputer, satelit, dan generator informasi visual lainnya.

Pengertian Monitor Komputer

Monitor komputer sering digunakan untuk merujuk ke segala jenis layar yang digunakan di komputer. Istilah “layar televisi” sering digunakan untuk merujuk ke monitor yang terlihat pada peralatan jaringan yang berhubungan dengan TV.

Kamu seharusnya sudah tidak asing lagi dengan monitor jika kamu pernah menggunakan komputer. Itu karena monitor hanyalah bagian lain dari komputer di pc. Jelaskan apa itu monitor komputer.

Kamu yang belum pernah menyentuh komputer sebelumnya mungkin masih asing dengan konsep monitor. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan monitor komputer, kami akan mendefinisikan apa itu monitor komputer.

Pengertian Monitor Komputer

Monitor perangkat keras adalah perangkat tampilan visual yang terhubung ke unit pemrosesan pusat. Istilah “layar komputer” sering digunakan untuk merujuk ke monitor.

Monitor adalah bagian integral dari perangkat keras yang menampilkan output visual komputer dan harus terhubung setiap saat agar sistem dapat berfungsi.

Jelas, komputer cukup rumit untuk digunakan dan tidak berguna tanpa monitor, karena monitor berfungsi sebagai sarana utama perangkat untuk menampilkan informasi visual. VDU adalah nama lain untuk monitor yang kamu lihat (Visual Display Unit).

Sejarah Monitor Komputer

“Mode tampilan” layar komputer menentukan warna-warnanya, termasuk kedalaman warna dan kerapatan resolusi (lebar kolom dan piksel) setinggi mungkin. Akhir-akhir ini, PC memiliki tampilan resolusi dan orientasi komputer yang luas untuk dipilih.

Sejarah Monitor Komputer

Pada tahun 1970-an, pengolah kata dan komputer berbasis teks menggunakan monitor monokrom sebagai perangkat tampilan utama mereka.

IBM merilis layar CGA (Color Graphic Adapter) mereka pada tahun 1981. Resolusi tertinggi layar ini adalah 320 piksel horizontal dan 200 piksel vertikal, dan mencoba menampilkan empat warna.

CGA dapat menangani permainan komputer dasar seperti solitaire dan game, tetapi tidak cukup kuat untuk pemrosesan kata atau grafik yang kompleks.

IBM merilis tampilan Enhanced Graphics Adapter (EGA) pada tahun 1984, yang memungkinkan warna 16-bit dan resolusi maksimum 640×350 warna. Bila dibandingkan dengan iklan sebelumnya, iklan yang satu ini jauh lebih mudah dibaca.

Namun, resolusi gambar EGA tidak cukup untuk digunakan dalam tugas-tugas seperti desain grafis, yang membutuhkan tingkat detail yang tinggi.

Pengaturan ini saat ini sudah tidak digunakan lagi, tetapi mungkin masih dapat diakses pada sistem dan aplikasi lama tertentu. Standar tampilan Video Graphic Adapter (VGA) pertama kali dirilis oleh IBM pada tahun 1987.

Ini adalah standar minimum untuk komputer pribadi saat ini. Batas resolusi terkait dengan jumlah warna yang digunakan. Resolusi 640×480 (16 warna) dan 320×200 (256 warna) tersedia bagi pengguna.

Sebagai display-up untuk display 8514/A, IBM merilis sistem XGA (Extend Graphic Adapter) pada tahun 1990. XGS-2, penerusnya, menyertakan dukungan untuk warna penuh (16 juta warna) pada 800 x 600 piksel, selain 65.536 warna pada 1024 x 768 piksel.

Jenis-Jenis Monitor Komputer

Kedua standar resolusi gambar ini mungkin yang paling banyak digunakan oleh konsumen dan perusahaan saat ini.

VESA BIOS Extension adalah antarmuka standar untuk monitor grafis SVGA (Video Super Adapter) yang dikembangkan oleh Video Electronics Standards Association (VESA) (“VESA BIOS Extension”).

Tergantung pada jumlah RAM video di komputer, layar SVGA mungkin mampu menampilkan mulai dari 16 juta hingga kurang dari 16 juta warna. Ada berbagai persyaratan resolusi gambar.

Semakin banyak ruang horizontal dan vertikal yang dimiliki monitor SVGA, semakin banyak piksel yang dapat dilihat. Baru-baru ini, standar baru seperti Super Widest Graphic Adapter (SXGA) dan Ultra Extend Graphic Adapter (UEGA) telah ditetapkan (UXGA).

SXGA menampilkan resolusi 1280 x 1024, sedangkan UXGA menampilkan resolusi 1600 x 1200. Banyak orang saat ini masih berbicara tentang resolusi “normal” dalam hal standar sebelumnya (VGA dan SVGA).

Fungsi Monitor Komputer

Tujuan utama monitor adalah untuk menunjukkan kepada pengguna hasil pemrosesan komputer dalam bentuk visual. Monitor komputer adalah perangkat output “keluaran” di mana CPU atau memori komputer dapat mengirim data biner untuk konsumsi manusia.

Informasi diterjemahkan ke dalam bahasa manusia sebelum ditampilkan pada monitor. Ini berarti monitor komputer sangat penting. Komputer tidak berguna tanpa monitor, sementara mereka dapat digunakan dengan perangkat output alternatif seperti ohp dan proyektor.

Jenis-Jenis Monitor Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi, monitor telah bercabang dalam berbagai bentuk dan metode tampilan. Ada beberapa jenis monitor yang berbeda yang dapat digunakan.

Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRT, atau monitor tabung, adalah monitor yang menggunakan tabung sinar katoda atau “tabung” alih-alih tampilan kristal cair tradisional (LCD). Dewasa ini, hampir semua orang memiliki LCD, LED, atau bentuk monitor modern lainnya di komputer mereka.

Apakah TV dan Monitor Itu Sama

Monitor ini menguntungkan karena lebih murah dan mudah diganti jika terjadi kerusakan. Namun demikian, penggunaannya memerlukan pasokan listrik yang lebih kuat, sering kali sekitar 300 watt.

Karena bagian belakangnya yang menonjol, monitor CRT sangat mudah diberi label. Monitor CRT layar cembung dan layar datar adalah dua kategori utama.

Monitor tabung sinar katoda (CRT) bekerja dengan memproyeksikan gambar ke layar dari katoda tabung. Dan ketika sinar katoda diubah menjadi cahaya tampak, sinar katoda bertabrakan dengan layar bercahaya, menghasilkan layar.

Gambar input, dalam bentuk gelombang elektromagnetik, ditampilkan pada layar sebagai hasil dari sinar katoda yang dipantulkan kembali ke pemirsa.

Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Untuk menampilkan gambar, monitor LCD menggunakan teknologi kristal cair. Bola lampu neon putih memberikan penerangan untuk monitor LCD, yang terdiri atas susunan piksel yang sangat banyak atau kristal tampilan.

Rona tertentu dipertahankan sementara yang lainnya disaring dengan menggunakan kristal cair yang mempolarisasi arus listrik melalui medan magnet.

Layar LCD lebih unggul daripada monitor tradisional karena mengurangi ketegangan mata, menggunakan lebih sedikit listrik, dan lebih efisien. Gambar yang dihasilkan tajam dan bentuknya lebih ringkas.

Namun demikian, karena kristal cair begitu mudah terpengaruh, sensitivitas ini merupakan kelemahan utama monitor LCD. Akan lebih sulit untuk diperbaiki jika rusak. Meskipun dapat diperbaiki, namun biayanya sangat mahal.

Monitor PDP (Plasma Display Panel)

Monitor panel tampilan plasma (PDP) menyertakan elemen monitor tabung sinar katoda (CRT) dan monitor kristal cair (LCD). Desain hibrida ini menghasilkan layar mungil dengan sudut pandang lebar yang sama seperti layar LCD atau tabung sinar katoda (CRT).

Untuk menghasilkan warna yang lebih akurat, layar plasma menggunakan layar fosfor untuk memamerkan visualnya. Monitor plasma memancarkan sinar UV dengan melepaskan gas yang terperangkap di dalam panel, yang diberi energi oleh tegangan eksternal.

Untuk lebih jelasnya, gas yang dipancarkan tidak mengandung merkuri. Kualitas warna akhir dapat ditingkatkan sebagai hasil pemrosesan cahaya dari rona primer (merah, hijau, dan biru). Mengingat visual pada monitor plasma ditampilkan pada layar datar.

Apakah TV dan Monitor Itu Sama

Monitor plasma lebih unggul karena rasio kontrasnya yang tinggi, sudut pandang yang luas, profil kecil, dan reproduksi warna yang akurat. Fosfor dapat kehilangan cahaya seiring waktu, yang mungkin membuat gambar kurang cerah dan meningkatkan konsumsi daya.

Monitor LED (Light Emitting Diode)

Monitor LED dapat dianggap sebagai adik kecil monitor LCD. LED, dibandingkan dengan LCD, dapat menciptakan kisaran warna yang lebih luas dengan nuansa yang lebih banyak.

Monitor LCD lebih ramping daripada monitor tradisional. LED lebih unggul daripada LCD dalam banyak hal. LED, misalnya, dapat memberi daya pada hal-hal seperti televisi digital dan layar sentuh. Monitor LED juga menggunakan sistem lampu latar berdasarkan LED.

LED digunakan untuk menerangi layar dalam tampilan LED. Banyak visual yang berwarna-warni atau terang benderang dihasilkan dengan dioda. Apabila kamu mendesaturasi warna hitam, kamu mendapatkan warna hitam yang sebenarnya.

Televisi LED, misalnya, memiliki rasio kontras 500.000: 1 dan kecepatan refresh yang sangat tinggi, membuatnya ideal untuk menonton program yang bergerak cepat seperti olahraga atau video game.

Monitor LED merupakan peningkatan atas LCD. Penghematan daya LED, kualitas layar yang lebih baik, dan kurangnya ketegangan mata karena tingkat radiasi yang rendah hanyalah beberapa dari banyak manfaatnya.

Kelemahannya adalah sulit untuk diperbaiki dan memiliki biaya servis yang tinggi dibandingkan dengan varietas lain jika terjadi kerusakan.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawabaan tentang monitor, diantaranya:

Apakah TV dan Monitor Itu Sama?

Ada sedikit perbedaan dalam teknologi yang digunakan untuk membuat televisi dan monitor; kedua perangkat hanya dirancang untuk tujuan yang berbeda. Koneksi input HDMI sering digunakan pada televisi dan monitor. Kedua alat ini memiliki fungsi yang sama.

Apakah TV LCD Bisa Dijadikan Monitor Komputer?

Jika TV Anda memiliki port VGA atau HDMI, Anda dapat menggunakannya sebagai monitor untuk komputer Anda. Untuk memanfaatkan TV kontemporer sebagai monitor komputer, Anda hanya perlu menghubungkannya ke komputer menggunakan konektor HDMI TV.

Kesimpulan

Layar monitor adalah salah satu yang berubah secara teratur sepanjang waktu. Layar semakin mengecil tanpa mengorbankan daya. Masuk akal bahwa monitor yang lebih canggih akan meningkatkan pengalaman multitasking kamu.

Demikian informasi tentang pengertian monitor komputer, serta sejarah, fungsi dan jenisnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas