Advertisement

7 Kelebihan Aplikasi MYOB dan Manfaat Lengkapnya

Rancakmedia.com – Berikut ini kelebihan dari aplikasi myob apabila dalam pencatatan terdapat kesalahan, kamu tidak perlu panik silahkan simak pada artikel pembahasan berikut ini, selamat membaca!

Aplikasi MYOB adalah singkatan dari Manage Your Own Business dan merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang masih bersangku paut dengan perhitungan akuntansi modern yang bisa memudahkan kamu dalam menjalankan suatu bisnis.

Hinggakini aplikasi MYOB banyak digunakan di seluruh dunia untuk mempermudah akses kegiatan akuntansi dan pembukuan bagi perusahaan kecil dan menengah atau yang sering kita kenal dengan istilah UKM.

Apa Itu MYOB

Mind Your Own Business atau yang biasa kita kenal MYOB adalah perangkat lunak pc akuntansi yang digunakan untuk mengatur dan mengolah data akuntansi.

Bisa disebut MYOB merupakan aplikasi akuntansi yang bisa digunakan oleh berbagai jenis usaha, baik kecil maupun besar.

Aplikasi ini menyediakan tampilan yang tidak ribet sehingga dapat dengan mudah digunakan walaupun oleh orang yang belum terlalu paham sekalipun.

Faktanya, setiap perusahaan memproses data dengan cara yang sama. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa pengaruh yang membedakan sistem akuntansi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, salah satunya adalah kecangguhan yang digunakan.

Hadirnya MYOB mendatangkan dampak yang baik karena menyederhanakan penerapan siklus penagihan. Tentunya untuk memahaminya, pengguna harus mengetahui cara kerja aplikasi ini secara detail. Ini karena jika kamu melakukan kesalahan kecil, kamu harus mengulangi prosesnya dari awal.

Sejarah Software MYOB

MYOB sendiri awalnya dikembangkan di Australia pada tahun 1991. MYOB berawal dari keluhan para manajer perusahaan kecil dan menengah yang masih kesulitan dalam melakukan proses pembukuan dan juga proses akuntansi di perusahaannya.

Oleh karena itu, pengembangan MYOB akhirnya dimulai dan mendapat respon positif dari para penggunanya, terbukti pada era 1999 telah terjual 1 juta kopi. Hal ini menunjukkan bahwa MYOB memiliki banyak manfaat bagi para penggiat usaha kecil dan menengah.

Manfaat MYOB

Keberhasilan penggunaan MYOB oleh para penggunanya bukan tanpa sebab. MYOB memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya salah satu software akuntansi yang sangat diminati oleh pengguna dan laris manis di pasaran. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari MYOB:

Kekurangan dan Kelebihan Software MYOB

Mudah Digunakan

Kelebihan aplikasi MYOB ini adalah mudah digunakan. Ya, seperti kebanyakan program lainnya, MYOB memiliki ikon dan deskripsi yang jelas untuk setiap fungsi.

Sehingga siapapun yang mungkin belum pernah belajar akuntansi tetap bisa menggunakan software MYOB ini. Yang harus kamu lakukan adalah memasukkan data ke dalam database dan kemudian melakukan perhitungan dengan mudah dan cepat.

Akurat dan Tepat

Perhitungan akuntansi menjadi lebih cepat dan efisien dengan menggunakan software ini. Bayangkan jika harus menghitung buku dan berbagai rumus akuntansi secara manual dalam satu periode, akan memakan waktu yang lama.

Oleh karena itu, penggunaan MYOB sangat membantu dalam hal efisiensi waktu dan juga kecepatan perhitungan billing.

Bisa Membantu Mengelola Manajemen Proyek

Jika kamu bertanggung jawab untuk lebih dari satu departemen, MYOB dapat melakukannya. Jadi MYOB bersifat multi-user, dapat memantau dan mengolah data dari proyek-proyek yang dilakukan oleh departemen yang kamu layani.

Seperti departemen keuangan, departemen pemasaran, departemen sumber daya manusia untuk kemudian memprosesnya untuk menghasilkan laporan akuntansi dan keuangan perusahaan.

Tidak Perlu Maintanece

Setelah diinstal, perangkat lunak dapat digunakan terus menerus tanpa perlu pekerjaan pemeliharaan dan bahkan tanpa harus membayar biaya bulanan.

Jadi, MYOB bisa digunakan dengan sangat efektif dalam jangka panjang tanpa harus mengeluarkan biaya bulanan tambahan untuk software ini.

Software Murah untuk Kelas UKM

Harga software ini biasanya murah dan terjangkau juga. Untuk penggunaan unlimited, harga 6-7 jutaan untuk software ini tidak mahal karena membantu kamu dalam mengelola bisnis kamu sendiri.

Terintegrasi Database Perusahaan

MYOB juga sudah memiliki fungsi integrasi dengan database perusahaan. Jadi yang harus kamu lakukan adalah memasukkan database yang sedang kamu edit dan analisis, maka hasilnya akan ditampilkan dengan cepat dan akurat.

Kamu tidak perlu repot-repot menyalin file terlebih dahulu. Banyaknya perangkat lunak basis data yang ada memungkinkan perangkat lunak untuk dihubungkan satu sama lain, tetapi untuk perangkat lunak MYOB cukup fleksibel jika terjadi masalah basis data karena basis data yang disimpan cukup aman.

Lebih Cepat Saat Melakukan Perhitungan Akuntansi

Perhitungan akuntansi juga menjadi lebih cepat dengan menggunakan software MYOB ini. Tidak perlu membawa banyak file tebal dan menggunakan perhitungan rumus secara manual. kamu akan melakukan perhitungan ini lebih cepat dan lebih efektif.

Kekurangan Software MYOB

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, software ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan dari MYOB:

Tidak Fungsi Pelaporan Pajak di Indonesia

Karena merupakan perangkat lunak yang dikembangkan di negara Australia, beberapa fitur masih mengadopsi gaya Australia, misalnya fitur pajak. Jadi jika kamu ingin menghitung pajak dan juga melaporkan pajak, kamu harus menggunakan software lain untuk menghitung pajak perusahaan kamu.

Hanya Bisa dilakukan di Satu Perusahaan

MYOB hanya cocok untuk pebisnis yang hanya memiliki satu perusahaan. Jadi jika kamu memiliki lebih dari satu perusahaan atau anak perusahaan yang disebut juga dengan multi-perusahaan.

Maka tidak cocok bagi pengusaha dengan banyak perusahaan. Aplikasi MYOB belum dapat memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis dengan banyak kebutuhan.

Format Neraca Keuangan Berbeda dengan Indonesia

Belum Tersedia Dalam Bahasa Indonesia

Ini mungkin bukan topik yang penting tetapi terkadang ada beberapa pengguna atau pengguna yang terkadang suka bingung tentang perbedaan istilah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Oleh karena itu, kurangnya bahasa Indonesia pada software MYOB juga menjadi kelemahan.

Format Neraca Keuangan Berbeda dengan Indonesia

Dari berbagai negara, format keuangan yang didukung oleh software MYOB adalah format neraca Australia, sehingga cukup merepotkan karena format neraca keuangan yang umum digunakan di Indonesia berbeda dengan format neraca di Australia.

Tidak Mendukung Multi Currency

MYOB juga tidak mendukung banyak mata uang, jadi kamu harus melakukan pengubahan mata uang terlebih dahulu sebelum memasukkan transaksi yang kamu lakukan. Cukup merepotkan ketika software keuangan tidak mendukung fitur multi-currency.

Tidak Mendukung Fitur Multi Gudang

MYOB belum mendukung multi warehouse atau multi gudang. Hal ini menyulitkan kamu, apalagi jika kamu memiliki lebih dari satu gudang.

FAQ

Berikut ini jawaban atas pertanyaan yang banyak di ajukan mengenai perangkat lunak MYOB, berikut ini:

Apa Itu Program MYOB Accounting?

MYOB Accounting adalah program pembukuan yang terdiri dari banyak modul di dalam satu paket.

Apakah APK MYOB Bisa di Hp?

Aplikasi MYOB online juga sudah tersedia versi tautan untuk dapat di download dan digunakan pada perangkat seperti Android dan iPhone.

Apakah APK MYOB Bisa di Hp

MYOB Dapat Digunakan untuk Perusahaan Apa Saja?

MYOB bisa digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multicurrency (banyak mata uang) serta multi user (banyak pengguna).

Kesimpulan

Nah itulah pengertian myob yang telah kami sampaikan di atas dan juga kekurangan dan kelebihannya dari perangkat tersebut, jika kamu merasa artikel ini dapat membantu jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs kamu, sampai jumpa!

Back to top button