Advertisement

Cara Mengatasi Phising Via Email di Facebook dan Instagram

Cara Mengatasi Phising Via Email di Facebook dan Instagram – Sosial media seperti Facebook dan Instagram rawan dengan kejahatan digital. Beberapa pemakai sering memperoleh pesan berbentuk e-mail dari seorang yang akui dari faksi Facebook – modus yang tidak lain ialah wujud kejahatan cyber phising.

Umumnya beberapa pesan phising minta data penting pemakai, seperti nama account atau password. Bahkan juga, beberapa e-mail itu ada juga yang memberikan ancaman jika account mereka akan dihapus bila tidak mengikut instruksi mereka.

Pemakai pasti diinginkan siaga dengan pesan beresiko yang akui dari faksi Facebook atau Instagram ini. Karena, bisa saja e-mail itu adalah gempuran phising atau penipuan untuk memperoleh info individu pemakai.

“Phising adalah satu bentuk gempuran cyber, yakni saat seorang bersandiwara jadi seseorang, dan usaha menipu, sampai korban memberikan info individu,” catat Facebook dalam tayangan jurnalis yang diterima, Senin (15/2/2021).

Dalam kasus ini, penipu umumnya akan memberikan email yang seakan-akan berawal dari Facebook atau Instagram dengan mengikutkan simbol. Akhirnya, beberapa pemakai akan kesusahan untuk mengenali apa e-mail itu asli atau palsu.

Untuk mengatasinya, Facebook telah memberikan langkah-langkah pencegahan demi menghindari upaya phising. Berikut caranya.

Facebook

  1. Buka Buka aplikasi Facebook di ponsel
  2. Klik ikon strip tiga di kanan bawah aplikasi Facebook
  3. Pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Keamanan dan Login
  4. Cari menu Tingkat Lanjut > Lihat email terbaru dari Facebook

Pada menu ini, Facebook akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun, seperti permintaan untuk mengubah kata sandi dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan.

Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel
  2. Klik ikon profil, lalu klik ikon strip tiga di kanan atas
  3. Pilih Pengaturan > Keamanan
  4. Pilih Email dari Instagram

Pada menu ini, Instagram akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun, seperti permintaan untuk mengubah kata sandi dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan. Selain itu, pesan Instagram resmi terkait keamanan akun hanya akan dikirim ke alamat email kamu, dan tidak akan dikirim melalui Pesan Direct.

Sumber : suara.com

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas