Advertisement

Pengertian HTML Menurut Para Ahli Paling Lengkap

Rancakmedia.com – Berikut ini penjelasan mengenai pengertian HTML menurut para ahli, untuk mendapatkan informasinya secara lengkap simak artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

HTML, atau hyper text markup language, adalah bahasa yang digunakan untuk membuat situs web dan memfasilitasi pembuatan koneksi antara halaman yang berbeda.

Perlu kamu ingat bahwa HTML adalah bahasa markup dan bukan bahasa pemrograman, dan hanya dapat digunakan untuk menambahkan data dan makna ke dokumen teks.

Meskipun HTML tidak memiliki kapasitas untuk membangun fungsionalitas yang dinamis, tetapi HTML menyediakan pengguna dengan organisasi dokumen yang sama dan opsi HTML yaitu, seperti microsoft word.

Pengertian HTML Secara Umum

Hypertext markup language, atau disingkat HTML, adalah bahasa komputer yang banyak digunakan untuk mengembangkan situs web yang dapat diakses melalui web browser dan ditampilkan dengan berbagai macam informasi.

Pengertian HTML Secara Umum

Mengenal Pengertian HTML Menurut Para Ahli

Setelah kamu mengetahui pengertian HTML secara umum, kamu juga harus mengetahui pengertian tersebut menurut para ahli, diantaranya adalah:

Menurut Astamal (2006:8)

Tag dalam hypertext markup language ( HTML) adalah tanda pada dokumen yang memberitahu browser bagaimana merender sebuah halaman web.

Menurut Lia Kuswayatno

Pengertian hypertext markup language ( HTML) adalah standar untuk membuat halaman web yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dari satu halaman ke halaman lain dengan mengklik link teks.

Menurut Nugroho (2006c:48)

Pengertian HTML menurut nugroho adalah bahasa pemformatan teks yang digunakan dalam dokumen yang dibagikan melalui jaringan komputer, atau yang biasa dikenal sebagai WWW (World Wide Web).

Menurut Suyanto (2007:83)

Halaman web merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis laman website seperti, . HTML, .htm, atau.shtml,.

Menurut Sidik dan Pohan (2007:9)

Hyper text markup language adalah pengertian dari HTML. Setiap editor teks dapat digunakan untuk menulis file HTML karena mereka hanya teks biasa.

Menurut Oktavian (2010:13)

HTML merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh web browser, agar mendapatkan informasi bahasa yang digunakan untuk membuat konten yang menarik secara visual sebagai lawan dari teks biasa.

Menurut Arief (2011:23)

Hyper text markup language ( HTML) pengertiannya adalah salah satu tipe file yang digunakan untuk membuat dokumen dan program berbasis web.

Menurut Ardhana (2012a:42)

HTML web browser memahami sebagai bahasa untuk menampilkan banyak jenis konten, termasuk teks, grafik, suara, animasi, dan video.

Sejarah Mengenai HTML Menurut Para Ahli

Sejarah Mengenai HTML

IBM (International Business Machines), produsen perangkat keras dan perangkat lunak komputer, mengembangkan versi pertama HTML. Pada awal tahun 1980, IBM telah menciptakan bahasa pemrograman yang mengintegrasikan teks dengan tag dan simbol.

Generalized Markup Language (GML) adalah nama dari bahasa ini. Standard Generalized Markup Language (SGML) menggantikan GML pada tahun 1986 setelah pengumuman oleh International Organization for Standardization (ISO).

Dengan tujuan menstandarkan pembuatan dokumen bisnis dan jenis tenaga kerja lainnya, SGML dikembangkan. HTML dibuat pada tahun 1989 oleh karyawan CERN, Tim Berners-Lee. Pada saat itu, ia hanya sebuah bahasa yang bekerja pada sebuah halaman.

Tim Berners Lee umumnya dikreditkan sebagai pencipta HTML, yang termasuk dalam SGML. World Wide Web Consortium (W3C) sekarang mengatur penggunaan dan pengembangan HTML.

Fungsi dan Manfaat HTML

HTML adalah bahasa pemrograman dengan tujuan dan manfaatnya sendiri yang unik, terutama dalam pembuatan situs web. Fungsi dan manfaatnya tercantum di bawah ini.

  1. Mempermudah pembacaan dan pemahaman halaman situs web bagi para pengembang.
    Masing-masing dan setiap situs web ini dibangun hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML yang paling dasar.
  2. Sangat mudah untuk menyesuaikan blok teks yang besar, margin, atau catatan kaki dengan memberikan tag atau simbol tertentu.
  3. Kompatibel dengan bahasa pemrograman situs web lainnya (seperti php, java script, atau css) dan mudah digabungkan dan disalin.
  4. Bahasa pemrograman HTML dasar membuatnya mudah untuk memodifikasi posisi objek yang disematkan seperti tabel, gambar, dan video.
  5. Bagian situs web seperti header, footer, utama, navigasi, dan lainnya diberi tag HTML unik mereka sendiri agar mudah dibaca dan dimodifikasi.

Cara Kerja HTML Menurut Para Ahli

Cara Kerja HTML

Struktur halaman HTML mirip dengan teks standar, dengan pengecualian beberapa baris kode yang disebut tag. Untuk membuat teks tampak miring, misalnya, kode HTML harus menyertakan kode tag tertentu di awal dan akhir bagian yang relevan.

Urutan teknis operasinya adalah dimulai dengan menulis kode tag pembuka sebelum menulis teks, kemudian menulis teks, dan kemudian menulis kode tag penutup.

HTML adalah bahasa komputer yang menekankan pada pengaturan komponen, desain situs web, dan penyesuaian properti teks seperti font, warna, dan spasi.

File yang dihasilkan adalah dokumen HTML, sering berakhiran. HTML atau.htm, yang dapat dilihat di browser HTML seperti chrome, firefox, atau safari.

Kelebihan dan Kekurangan yang Terdapat Pada HTML

Beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan HTML sebagai bahasa dasar untuk pengembangan web adalah sebagai berikut:

Kelebihan HTML

Kelebihan yang terdapat pada HTML, adalah sebagai berikut:

  1. Karena penggunaannya yang luas, ia memiliki akses ke banyak data.
  2. Ada populasi yang sangat besar di sana.
  3. Dapat digunakan dengan browser web apa pun.
  4. Bahasa ini sangat mudah diakses untuk digunakan bahkan oleh programmer yang paling tidak berpengalaman sekalipun.
  5. Desain kode yang bersih dan teratur.
  6. Gratis karena bersifat open source.
  7. Integrasi dengan bahasa back-end seperti php dan node.js sangat mudah.
  8. Organisasi seperti w3c bertanggung jawab langsung (world wide web consortium).
  9. Menambahkan css, javascript, atau struktur program lainnya ke konten situs web.

Kekurangan

Kekurangan yang terdapat pada HTML, adalah sebagai berikut:

  1. HTML terbatas pada halaman web internet statis; situs dinamis, yang diaktifkan oleh bahasa seperti javascript dan lainnya, tidak dimungkinkan dengan HTML. HTML tidak memiliki fungsionalitas untuk logika bersyarat, jadi bahkan ketika beberapa halaman berbagi komponen yang sama, semuanya harus dibangun secara manual.
  2. Beberapa fungsi baru mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan browser web yang lebih cepat.
  3. Browser web mungkin menampilkan tag baru secara tidak terduga, yang mempersulit proses menampilkan Tag Baru.

Struktur Dasar HTML Menurut Para Ahli

Struktur Dasar HTML

Pada dasarnya, HTML terdiri dari elemen-elemen berikut:

  1. !DOCTYPE html>
  2. <html>
  3. <head>
  4. <title> </title>
  5. </head>
  6. <body>
  7. </body>
  8. </html>

Berikut adalah ikhtisar dari tag dasar HTML dan cara kerjanya:

Deklarasi!DOCTYPE html>

Ini adalah bagian dari HTML yang menentukan jenis dokumen yang akan ditampilkan.

<html></html>

Karena berisi semua komponen lain, ia berfungsi sebagai elemen utama HTML.

<head></head>

Elemen ini digunakan untuk memasukkan data yang tidak ditampilkan tetapi tetap diakses pertama kali.

<title></title>

Merupakan judul halaman seperti yang muncul di tab browser web.

<body></body>

Berisi informasi yang di tampilkan oleh browser untuk dilihat para pengunjung halaman tersebut

FAQ

Contoh kalimat tanya jawab tentang pengertian HTML, adalah sebagai berikut:

Apa Kelebihan Menggunakan CSS pada HTML?

Kelebihan menggunakan CSS pada HTML adalah ukuran file HTML berkurang, struktur penulisan ditingkatkan, waktu pemuatan halaman berkurang, dan file CSS yang sama dapat digunakan untuk beberapa halaman.

Apa Fungsi Coding HTML dan CSS?

Sederhananya, CSS digunakan untuk mengubah format dan tampilan halaman web. Penggunaan tag HTML memungkinkan CSS berfungsi dan diterapkan. Dengan CSS, tampilan halaman web dapat dimodifikasi hanya dengan beberapa tag HTML pendek, yang mengarah ke hasil yang lebih estetis dan fungsional.

Kesimpulan

HTML bukan bahasa pemrograman tetapi ia adalah bahasa markup. HTML juga yang menekankan pada penataan komponen, desain situs web, dan modifikasi atribut teks seperti ukuran, warna, dan spasi.

Sekian informasi tentang pengertian HTML, semoga informasinya dapat berguna untuk kamu semua.

Back to top button