Advertisement

Pengertian Local Area Network LAN Secara Lengkap

Rancakmedia.com – LAN merupakan kependekannya dari local area network, jika kamu ingin mengetahui informasinya lebih lengkap silahkan kunjungi artikel yang telah kami buat di bawah ini ya.

local area network, jaringan yang memungkinkan perangkat keras dan perangkat lunak saling berkomunikasi dalam area terbatas.

Mengenal Apa itu LAN?

LAN adalah jenis jaringan komputer yang dimaksudkan untuk berfungsi di area yang agak kecil dan terbatas. Jaringan area lokal disebut sebagai LAN.

Mengenal Apa itu LAN

Biasanya jaringan LAN ini banyak terdapat di gedung-gedung bisnis, sekolah, rumah tangga, dan kafe. Selain LAN, MAN dan WAN adalah dua jenis jaringan lain yang perlu dipertimbangkan.

Bagaimana LAN dan WAN berbeda satu sama lain? Untuk informasi tambahan, lihat seluruh penjelasannya di artikel selanjutnya. Ayo!

Setiap jaringan yang jangkauannya hanya meluas dalam area kecil disebut sebagai “LAN” (local area network). Jaringan komputer di tempat kerja, sekolah, kafe, dan tempat tinggal pribadi adalah contoh LAN yang digunakan.

Local area network(LAN) adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan koneksi berkecepatan tinggi antara 2 dan 100 megabit per detik (Mbps) untuk mentransfer data melintasi jarak pendek.

Pada LAN, setiap komputer dapat mengakses sumber daya pada LAN sesuai dengan akses yang diizinkan yang telah ditetapkan sebelumnya. LAN memungkinkan penggunaan satu printer secara bersamaan dan berbagi data.

Jadi, dengan memanfaatkan teknologi LAN ini, kita tidak perlu lagi repot menarik kabel untuk menghubungkan komputer atau perangkat lain.

Perbedaan LAN, MAN, dan WAN

MAN dan WAN adalah istilah yang digunakan dalam teknologi jaringan internet yang tidak sering dikaitkan dengan jaringan area lokal (LAN). Lalu apa perbedaan dari ketiganya?

Seperti dibahas di atas, Jaringan Area Lokal, atau LAN, adalah jaringan komputer di mana jaringan dapat terhubung satu sama lain dengan cakupan area lokal. LAN adalah sistem komunikasi komputer yang dibatasi pada jarak tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi berkecepatan tinggi antara 2 dan 100 Mbps.

Metropolitan Area Network, atau MAN, adalah jaringan komputer di mana jaringan dapat menjangkau area yang lebih luas daripada LAN. Selain itu, MAN menggunakan peralatan mutakhir tambahan. Jaringan MAN merupakan gabungan dari banyak jaringan LAN yang mencapai jarak 10-50 kilometer.

Pendekatan jaringan MAN dapat digunakan dalam jaringan kantor atau instansi yang semuanya berada di kota yang sama. Agar MAN dapat beroperasi, diperlukan komputer dengan operator telekomunikasi.

Sedangkan Vast Area Network atau WAN adalah jaringan komputer dengan jangkauan yang sangat luas yang bisa menjangkau satu negara saja sobat.

Penggunaan kabel serat optik, satelit, dan gelombang mikro semuanya diperlukan untuk jaringan WAN. Hal inilah yang membuat jaringan WAN dapat dijangkau dengan luas, namun tentunya biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal. Sebuah WAN memiliki kecepatan transmisi yang cukup cepat, mulai dari 2 Mbps hingga 625 Mbps atau bahkan lebih.

Ciri-Ciri Local Area Network

Beberapa sifat LAN adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri Local Area Network

  1. LAN berada di wilayah geografis yang lebih kecil, seperti tempat kerja, kampus, kafe, sekolah, dan tempat tinggal.
  2. LAN memiliki kecepatan transportasi data yang tinggi.
  3. LAN dapat bekerja dengan baik tanpa memerlukan koneksi telekomunikasi dan tidak memerlukan konektivitas internet.
  4. LAN sesuai untuk penggunaan pribadi atau internal karena dikelola oleh administrator lokal.

Perangkat Jaringan Local Area Network

Perangkat jaringan LAN adalah perangkat yang kita butuhkan agar jaringan LAN dapat dibangun. Apa saja perangkat ini? Berikut daftarnya, sobat.

  1. Router
  2. Switch
  3. Hub
  4. Bridge
  5. Repeater
  6. Network Interface Card
  7. Kabel UTP

Komponen Dasar Jaringan Local Area Network

Komponen dasar jaringan LAN adalah beberapa komponen dasar jaringan yang dibangun sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan banyak komputer. Ini adalah beberapa komponen dasar dari jaringan LAN.

Workstation

Sebuah sistem komputer berfungsi sebagai tuan rumah untuk workstation.

Server

Server adalah perangkat keras yang digunakan untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung ke jaringan.

Link

Tautan adalah komponen jaringan area lokal (LAN) yang menghubungkan komputer, seperti stasiun kerja dan server, secara fisik.

Network Interface Card

Ada sirkuit listrik yang dibuat khusus untuk menangani protokol jaringan pada kartu antarmuka jaringan (NIC).

Network Software

Jaringan LAN berjalan pada perangkat lunak jaringan, yang memastikan bahwa semuanya berfungsi sebagaimana mestinya.

Fungsi Local Area Network

Pada dasarnya, tujuan dari LAN adalah untuk menghubungkan banyak komputer di jaringan sehingga proses kerja kita menjadi lebih sederhana dan lebih cepat. Namun, ada peran tambahan dalam jaringan LAN, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Remote Komputer

Dalam jaringan LAN, tugas komputer yang jauh dapat dilakukan tanpa perlu terhubung ke internet. kamu dapat menggunakan kemampuan Remote Desktop Manager/Connection yang ditawarkan oleh sistem operasi Microsoft.

Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Kegunaan lain dari LAN adalah dua komputer dapat dihubungkan secara langsung menggunakan kabel UTP yang terhubung ke kedua komputer.

Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Tetapi jika kamu berencana untuk menghubungkan lebih dari dua komputer, kamu akan memerlukan perangkat tambahan seperti sakelar atau hub.

Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lain

Selain itu, peran LAN adalah memungkinkan kamu untuk mengangkut data dari satu komputer ke komputer lain dengan lebih mudah dan sederhana.

Dengan menggunakan teknik berbagi komputer kamu untuk berbagi file melalui jaringan komputer lokal (LAN), kamu dapat menghilangkan kebutuhan untuk terus-menerus beralih antara komputer dan flash disk.

Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lain

LAN, atau jaringan area lokal, adalah sistem untuk mentransfer data antar komputer tanpa memerlukan koneksi internet. Fungsi ini disebut obrolan LAN. Untuk mencapai ini, ada aplikasi sistem operasi Windows normal yang dapat kamu gunakan, seperti winchat.exe atau perangkat lunak obrolan LAN lainnya.

Local Area Network Chatting

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi jaringan LAN adalah selain untuk bertukar data, kita juga dapat berbagi printer. Karena sangat sederhana, ini dapat menghemat uang kamu.

Sharing printer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi jaringan LAN adalah selain untuk bertukar data, kita juga dapat berbagi printer. Karena sangat sederhana, ini dapat menghemat uang kamu.

Topologi Local Area Network

Pola atau bentuk interaksi antar node dalam suatu jaringan disebut dengan topologi. Berikut ini adalah contoh topologi LAN:

Topologi Mesh

Topologi mesh adalah jaringan dimana komputer terhubung secara point to point (point to point) (point to point). Jadi, perangkat apa pun dapat berinteraksi secara langsung, dan semua komputer akan terhubung satu per satu tanpa terputus.

Topologi Bintang

Topologi star adalah jaringan yang menghubungkan semua komputer dan perangkat ke switch atau hub. Dalam arsitektur terpusat, beberapa komputer beroperasi sebagai server sementara yang lain berfungsi sebagai workstation.

Topologi Cincin

Jaringan dengan topologi cincin adalah jaringan di mana semua komputer dan perangkat yang terhubung ke kabel membentuk loop terus menerus. Topologi ini menggunakan tata letak jaringan yang tidak terpusat.

Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi yang menghubungkan semua komputer secara seri dengan kabel utama sebagai pusat aliran data. Arsitektur ini terutama digunakan dalam jaringan skala kecil di mana semua perangkat jaringan akan dihubungkan oleh satu kabel, kadang-kadang disebut sebagai bus sehingga semua komputer terhubung langsung ke kabel. Topologi ini menggunakan tata letak jaringan yang tidak terpusat.

Topologi Pohon

Topologi tree merupakan jenis topologi yang menggabungkan topologi bus dengan topologi star. Topologi ini juga disebut topologi bertingkat karena digunakan untuk konektivitas antara hierarki rendah untuk lokasi rendah dan hierarki tinggi untuk lokasi tinggi.

Contoh Local Area Network

Berikut ini adalah beberapa studi kasus LAN. Tindakan sehari-hari penuh dengan contoh LAN. Apa pun?

  1. Telepon
  2. Setting router atau access point
  3. Internet
  4. Sharing data
  5. Sambungan laptop atau PC ke televisi

Kelebihan dan Kekurangan Local Area Network

Istilah “LAN” mengacu pada jaringan yang terbatas pada area lokal. Itupun LAN punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing sob. Apa kelebihan dan kekurangan LAN?

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Kelebihan Local Area Network

Karena hanya mencakup area yang terbatas dan tidak memerlukan perangkat mahal seperti serat optik atau satelit, maka tidak memerlukan biaya tinggi.

Komputer kita akan dapat berbagi sumber daya dan mengirimkan data dengan lebih cepat berkat jaringan komputer lokal (LAN). LAN tidak memerlukan penyedia telekomunikasi untuk dapat membangun jaringan.

Data jaringan LAN dikonsolidasikan pada satu komputer. Server ini menampilkan data yang dapat dilihat oleh komputer manapun.

Kekurangan Local Area Network

  1. Area koneksi dibatasi.
  2. Keamanan setiap komputer berisiko karena dapat dilihat oleh siapa saja.
  3. Seluruh jaringan LAN akan terganggu jika virus menginfeksi komputer server pusat.

Instalasi Local Area Network

Berikut tutorial singkat tentang cara mengatur jaringan area lokal (LAN) untuk kamu, sobat.

Pemasangan Kabel UTP

Pemasangan kabel UTP digunakan untuk membangun jaringan komputer. Kabel ini menghubungkan jaringan LAN komputer ke seluruh jaringan.

Mengatur Pengaturan Local Area Network di Komputer

Cara mengkonfigurasi pengaturan LAN komputer, khususnya:

  1. Pertama klik Start di pojok kiri bawah PC, lalu klik Control Panel.
  2. Kemudian klik Koneksi Jaringan.
  3. Untuk mengakses jendela Properties, klik di atasnya.
  4. Klik pada Protokol Internet secara Umum, dan kemudian pada Properti Protokol Internet.
  5. Konfigurasikan alamat IP router kamu dan opsi lainnya.

Mengkonfigurasi IP Address

Ini adalah bagaimana hal itu dilakukan:

  1. Klik kanan ikon jaringan.
  2. Pengaturan-IP-01
  • Jika kamu terhubung ke internet melalui WiFi, simbolnya akan menyerupai sinyal atau WiFi.
  • Jika menggunakan kabel LAN maka akan muncul simbol :
  1. Saat diminta, pilih “Buka Jaringan dan Pusat Berbagi.”
  2. Pengaturan-IP-02
  3. Kemudian pilih jaringan yang terhubung dengan kamu dari menu tarik-turun yang muncul.
  4. Pengaturan-IP-03
  5. Lalu pilih “Detail”.
  • Metode 4 dan 5 hanya dapat digunakan jika koneksi internet tersedia; jika tidak, lewati ke langkah 6.
  1. Pengaturan-IP-04
  2. Kemudian catat di bagian Alamat IPv4.
  • Pada fase ini, sangat penting untuk mencatat IP dan Gateway, sehingga kamu masih dapat terhubung ke internet.
  • Pengaturan-IP-05
  • Pilih Properti
  1. Pengaturan-IP-06.
  2. Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) harus dipilih atau diklik dua kali untuk memulai proses instalasi.
  3. Pengaturan-IP-07.
  4. Kemudian klik “Gunakan alamat IP berikut.”
  • Jika ada koneksi internet, kamu dapat memasukkan alamat IP, Subnet mask, dan Default Gateway seperti yang ditunjukkan sebelumnya (pada nomor 5).
  • 192.168.1.2 adalah alamat IP.
    255.255.255.0 adalah subnetmask.
    192.168.1.1 adalah Alamat Protokol Internet standar.
    Dan untuk setting client bisa diisi sama seperti sebelumnya, kecuali IP address yang boleh dimasukkan. kamu dapat memasukkan urutan 192.168.1.3 dan seterusnya.
  • Setelah selesai, klik OK.
  • Pengaturan-IP-08.
  • Pilih OK lagi, IP sudah terkonfigurasi di komputer.

Folder dan Printer Sharing

  1. Buka Panel Kontrol
  2. Klik kanan pada printer dan kemudian pilih “Printer” dari menu yang muncul. Pilih Berbagi
  3. Kemudian akan muncul tab Sharing Properties. Pilih opsi Bagikan printer ini, beri nama, dan klik OK.

Kemudian langkah kedua yaitu mengkonfigurasi printer pada komputer client, Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka Panel Kontrol > Pencetak.
  2. Pada tab di sebelah kiri, pilih Tambahkan printer.
  3. Klik Next untuk membuka Add Printer Wizard.
  4. Pilih jenis printer yang akan digunakan, pastikan kamu memilih Network Printer > Next.
  5. Telusuri printer di jaringan, pastikan alamat tidak salah, dan akhiri dengan Next.
  6. Komputer akan memeriksa apakah printer jaringan ini akan menjadi printer utama atau tidak dan mengambilnya jika perlu.
  7. Klik Selesai dan kemudian tutup semua jendela yang sebelumnya dibuka.

FAQ

Berikut ini kami sudah menyediakan informasi yang berkaitan tentang local area network.

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Jaringan LAN?

Jaringan Area Lokal, sering disingkat LAN, adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup area lokal, seperti jaringan komputer kampus, gedung, tempat kerja, di rumah, sekolah, atau yang lebih kecil.

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Jaringan LAN

LAN Singkatan Dari Apa?

Jaringan Area Lokal, istilah komputer (local area network) Wireless local area network (Wireless LAN / WLAN, Jaringan Lokal Nirkabel).

Apakah LAN Termasuk Internet?

Dimungkinkan untuk terhubung ke internet melalui LAN, yang merupakan perpanjangan dari jaringan area luas. menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), hub, router, dan perangkat lainnya.
Memahami sepenuhnya LAN (local area network)

LAN adalah jenis jaringan komputer yang dimaksudkan untuk berfungsi di area yang agak kecil dan terbatas. Jaringan area lokal disebut sebagai LAN. Biasanya jaringan LAN ini banyak terdapat di gedung-gedung bisnis, sekolah, rumah tangga, dan kafe.

Selain LAN, MAN dan WAN adalah dua jenis jaringan lain yang perlu dipertimbangkan. Bagaimana LAN dan WAN berbeda satu sama lain? Untuk informasi tambahan, lihat seluruh penjelasannya di artikel selanjutnya. Ayo!

Kesimpulan

Local area network (LAN) adalah jenis jaringan komputer yang dimaksudkan untuk berfungsi di area yang agak kecil dan terbatas. Biasanya jaringan LAN ini banyak terdapat di gedung-gedung bisnis, sekolah, rumah tangga, dan kafe.

Local area network (LAN) mirip dengan jaringan area luas, atau WAN. LAN berada di tempat-tempat seperti tempat kerja, kampus, kafe, sekolah, dan tempat tinggal yang tidak memerlukan koneksi internet untuk data yang akan dikirim atau ditransmisikan. Itulah pembahasan kami mengenai LAN, semoga informasi nya dapat membantu.

Back to top button