Advertisement

Pengertian Komunikasi Digital dan Peluang Karirnya

Rancakmedia.com – Pada postingan berikut kami akan membahas tentang pengertian komunikasi digital, simak terus sampai akhir untuk mendapatkan informasi nya secara detail ya, selamat membaca.

Mengapa kamu melihat iklan di umpan media sosial kamu atau mendapatkan email tentang acara dan promosi yang relevan dengan minat kamu tetapi tidak terkait langsung dengan minat kamu?

Profesional saat ini tidak dapat berfungsi tanpa keahlian dari mereka yang bekerja dalam komunikasi digital. Tidak pernah ada momen yang lebih baik untuk mempelajari lebih lanjut tentang karir di bidang komunikasi digital.

Ada kebutuhan yang terus berkembang di pasar kerja bagi mereka yang memiliki kemampuan media digital (keterampilan digital).

Faktanya, McKinley Marketing Partners mengatakan bahwa profesional pemasaran digital adalah pekerjaan pemasaran yang paling banyak dipekerjakan pada tahun 2018, dan 59 persen eksekutif pemasaran berencana untuk merekrut untuk peran ini pada tahun 2019.

Memahami Pengertian Komunikasi Digital

Dari sudut pandang linguistik, komunikasi digital adalah pengiriman informasi melalui media berbasis komputer. Dengan kata lain, sebagian besar bentuk komunikasi digital sangat bergantung pada komunikasi tekstual, baik itu melalui komunikasi teks (SMS), email, WhatsApp, atau Facebook.

Memahami Pengertian Komunikasi Digital

Komunikasi online adalah istilah lain untuk jenis komunikasi digital ini. Komunikasi digital adalah segala jenis komunikasi yang menggunakan komputer untuk mengirim atau menerima pesan atau informasi.

Komunikasi Digital Perangkat lunak komputer realitas virtual, CD-ROM multimedia, dan bentuk lain dari internet non-internet adalah contoh gagasan yang penting untuk komunikasi digital.

Apa itu Komunikasi Digital

Sederhananya, komunikasi digital mencakup inisiatif komunikasi online organisasi. Ada banyak cara bagi bisnis untuk tetap berhubungan dengan pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan saat ini dan yang potensial.

Untuk memanfaatkan teknologi dan komunikasi secara maksimal, mereka membutuhkan pakar pemasaran digital dengan banyak pengalaman di bidang ini.

Profesional komunikasi digital bertanggung jawab atas segalanya mulai dari membuat aset merek online hingga membangun pengikut media sosial yang aktif.

“Saat ini, alternatif untuk mendapatkan informasi jauh lebih luas dan lebih cepat daripada beberapa dekade yang lalu,” kata Dr. Edward Powers, profesor dari Northeastern’s Master of Science dalam Corporate and Organizational Communication dan Bachelor of Science di Digital Communication and Media Program. .

Profesional digital harus berhati-hati untuk menggunakan teknologi baru ini dengan benar.

Dr Powers memberikan contoh penting. Kantor Federasi Margasatwa Dunia di Denmark telah merancang kampanye yang memanfaatkan sifat sementara dari pesan Snapchat untuk membantu menyelamatkan hewan yang terancam punah.

Pengguna Snapchat terbiasa dengan selfie mereka yang menghilang dalam hitungan detik setelah diunggah. Untuk menyampaikan maksud mereka, grup tersebut mengingatkan pengguna Snapchat tentang seberapa cepat hewan yang terancam punah dapat menghilang.

Sebuah gambar hewan yang terancam punah diunggah dengan keterangan, “Jangan biarkan ini menjadi selfie terakhir kami.”

Kampanye Komunikasi Digital

WWF mendorong orang untuk mengambil dua tindakan mudah: berkontribusi dan berbagi konten. Itu adalah kampanye sederhana, tetapi sukses besar. Dalam beberapa jam setelah unggahan Snapchat, 5.000 orang telah membagikan postingan tersebut di Twitter.

Kampanye Komunikasi Digital

Lebih dari 120 juta pengguna Twitter telah melihat pesan WWF pada akhir minggu. Organisasi tersebut memenuhi target penggalangan dana sepanjang bulan hanya dalam tiga hari.

Baca Juga:  Komunikasi Digital Menurut Para Ahli

WWF tidak hanya memilih untuk mempublikasikan di Snapchat karena popularitas platform. Mereka menggunakan strategi yang sangat cerdas yang menyatukan pesan dan media dengan cara yang menarik.

Pengusaha di berbagai bidang mencari profesional yang tahu bagaimana menggunakan alat digital untuk berkomunikasi dengan baik.

Mengutip Dr. Powers, “kamu akan memiliki keahlian penting jika kamu dapat menggabungkan pelatihan tradisional yang telah diandalkan oleh individu dalam industri komunikasi pemasaran selama beberapa dekade dengan pengembangan teknologi digital.”

Permintaan profesional pemasaran digital berkembang pesat di seluruh bisnis, LSM, lembaga pemerintah, dan akademisi, tanpa tanda-tanda melambat. Beberapa sistem komunikasi mungkin datang dan pergi, tetapi komunikasi digital sangat mapan dalam kehidupan kita saat ini. “

Komunikasi Dalam Interaksi Digital

Pengusaha di seluruh industri mencari profesional komunikasi digital dengan berbagai keterampilan khusus. Bagan di bawah ini menampilkan kompetensi teratas yang dicari oleh manajer perekrutan pada tahun 2017. Bagan ini juga menyediakan bentuk dan contoh komunikasi digital.

Selain bidang kompetensi tersebut di atas, ada juga beberapa “soft skill” yang dapat membantu kamu dengan baik dalam pekerjaan komunikasi digital, antara lain:

Individu yang berhasil dalam komunikasi digital harus memiliki tingkat kemampuan beradaptasi yang tinggi karena tujuan di bidang ini sering berubah.

“Fleksibilitas sangat dihargai dalam peran ini,” tambah Dr. Powers. Karyawan yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan sangat diminati di antara manajer perekrutan.

Komitmen untuk pembelajaran berkelanjutan: Pendidikan berkelanjutan sangat penting untuk tetap dapat dipekerjakan dan menjadi yang terdepan dalam bidang ini, tambah Dr. Powers.

“Sulit untuk memperkirakan perkembangan di masa depan, tetapi para profesional komunikasi digital yang paling efektif mengabdikan diri pada pembelajaran seumur hidup untuk tetap menjadi yang terdepan dalam kecepatan perubahan yang cepat.”

Kecintaan pada cerita-bercerita-Komunikasi digital sering kali dibangun dalam seni persuasi, dan salah satu cara terbaik untuk meyakinkan audiens kamu adalah dengan membangun narasi yang baik.

Mendapatkan empati untuk audiens kamu dan memahami motivasi mereka sangat penting jika kamu ingin menjadi komunikator yang efektif. Setelah itu,

Jika kamu dapat menempatkan diri kamu pada posisi orang lain yang kamu coba pengaruhi, kamu dapat membangun hubungan yang lebih bermakna (dan lebih berhasil) dengan mereka.

Peluang Karier Bidang Komunikasi Digital

Asosiasi untuk Periklanan dan Pemasaran Berbasis Data melihat peluang pertumbuhan penting bagi para profesional komunikasi digital baru-baru ini tahun lalu di berbagai bidang seperti:

Peluang Karier Bidang Komunikasi Digital

Pemasaran Konten

Pekerjaan pemasaran konten ini mengharuskan kamu untuk membuat, membuat, dan membagikan konten yang menarik untuk menarik dan mempertahankan perhatian pelanggan sasaran.

Tidak seperti bentuk periklanan tradisional, pemasaran konten bertujuan untuk membuat merek dikenal sebagai sumber informasi yang berguna dan dapat diandalkan bagi pembeli potensial.

Periklanan Digital

Profesional dalam periklanan digital seperti Google AdWords dan Instagram membuat rencana dan menerapkannya untuk menjangkau audiens yang sangat spesifik.

Pemasaran Berbasis Data

Pekerjaan ini melibatkan mencoba berbagai strategi pemasaran, mengevaluasi dan memahami data, dan mengawasi seberapa baik upaya pemasaran bekerja.

Baca Juga:  Komunikasi Digital Menurut Para Ahli

Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

SEO melibatkan komunikasi digital serta pemasaran digital. Pakar pengoptimalan mesin telusur membuat, mengevaluasi, dan meningkatkan konten dan teknologi di situs web perusahaan dari waktu ke waktu.

Profesional media sosial bertanggung jawab untuk merancang dan menerapkan strategi pemasaran media sosial untuk memengaruhi audiens target, yang mencakup pengembangan dan kurasi konten visual dan tekstual.

Mereka juga dapat bekerja sebagai manajer komunitas, mendengarkan dan bereaksi terhadap pengguna media sosial dengan cara yang sesuai dengan identitas merek organisasi.

Untuk mendapatkan pekerjaan di bidang komunikasi digital, kamu perlu mengetahui hal-hal tertentu, menguasai keterampilan digital, dan mengetahui cara menggunakan keterampilan tersebut di dunia nyata.

Konsep Dasar Dalam Komunikasi Digital

Secara harfiah, komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang artinya sama. Kata “komunikasi” berkonotasi gagasan dua orang atau lebih berbicara pada saat yang sama untuk menyampaikan beberapa jenis pesan.

Konsep Dasar Dalam Komunikasi Digital

Sedangkan Digital berasal dari bahasa Yunani Digitus yang berarti ujung jari, Nilai diwakili oleh 10 jari dan terdiri dari radix 1 dan radix 0. (bilangan biner). Bilangan biner ini digunakan oleh semua sistem komputer sebagai basis datanya.

Ide komunikasi digital yang penting dimulai dengan memahami dasar-dasar komunikasi digital. Diantaranya adalah pengertian internet, serta fitur-fitur lainnya. Pengertian komunikasi digital akan terus berkembang setelah berkembangnya alat-alat berbasis teknologi.

Berikut ini, para profesional komunikasi akan membahas 10 ide dasar komunikasi digital.

  1. Dunia Maya
  2. Realitas Maya (Virtual Reality)
  3. Komunitas Maya
  4. Chat Rooms, MUD, dan Bot
  5. Interaktivitas
  6. Hiperteks (Hypertext)
  7. Multimedia
  8. E-Business dan E-Comerce
  9. Enkripsi dan Dekripsi
  10. Digital Signature

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang komunikasi digital, yaitu:

Apa Saja yang Termasuk dalam Komunikasi Digital?

Ada beberapa media dalam komunikasi digital saat ini, seperti e-mail, Whatsapp, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi. Tentu saja, media ini membantu proses komunikasi digital.

Apa Saja Jenis Komunikasi?

Komunikasi verbal dan nonverbal adalah dua jenis komunikasi utama. Namun, selain dua kategori tersebut, komunikasi semakin umum dilakukan secara online atau dalam jaringan.

Apa Saja Manfaat yang Diperoleh dari Teknologi Digital?

Bagi penduduk milenial Indonesia, teknologi digital menawarkan beragam fungsi dan keunggulan. Beberapa fungsi dan keunggulan tersebut antara lain mendukung pekerjaan dalam mengembangkan, mengolah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi secara cepat dan berkualitas serta efisien.

Kesimpulan

Jadi apa itu pengertian komunikasi digital? dalam artikel di atas kami telah memberikan informasinya secara detail. Demikian artikel yang dapata kami sampaikan semoga informasi tentang komunikasi digital ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk baca informasi lainnya di sini ya, terimakasih.

Back to top button