Advertisement

Fungsi Tombol Print Screen, Cara Mudah Menggunakannya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah tau fungsi dari tombol print screen dan bagaimana cara untuk menggunakannnya, berikut ini kami sudah menyediakan informasinya, simak dibawah ini ya.

Dimana fungsi tombol print screen tersebut adalah untuk mengcapture atau mengambil gambar yang kamu suka dari layar komputer kamu, tentu saja tombol ini sangat berguna.

Kamu mungkin menemukan pelajaran desain atau gambar yang diperluas untuk menjelaskan sesuatu sehingga pembaca tahu apa yang dimaksudkan, tetapi mungkin beberapa dari kamu bertanya bagaimana cara mengambil gambar seperti itu, dan kamu juga tidak tahu caranya.

Meskipun benar bahwa membuat pelajaran yang serupa dengan yang terlihat di situs web instruksional di dunia maya akan sederhana jika kamu memahami apa yang kami maksudkan (tangkapan layar), apakah pembaca dapat mengikuti jika tidak ada alat bantu visual untuk membantu mereka? memahami?

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu menulis tutorial dengan menggunakan gambar untuk menjelaskan tujuan dari tutor, sehingga pembaca akan lebih tertarik dan belajar lebih banyak tentang tujuan tutorial.

Untuk itu, di bawah ini kami akan menjelaskan fitur screenshot sebagai tombol untuk menjepret gambar dan memperbesarnya sebagai penjelasannya. Inilah pendapat kami.

Cari Posisi untuk Tangkap Layar

Penting untuk mengambil tangkapan layar dari lokasi yang tepat dari lembar kerja untuk menjelaskan signifikansinya. Sekarang, mengikuti kunci tampilan yang tepat (biarkan saja untuk langkah berikutnya), di sini kami akan menawarkan sebuah contoh.

Cari Posisi untuk Tangkap Layar

Seperti pada Photoshop, kamu diharuskan untuk menampilkan menu atau tool yang akan diambil dan icon tool yang akan dibentangkan agar di perbesar.

Setelah kamu memperluas gambar yang dipilih, langkah selanjutnya adalah menekan tombol PrtSc (kamu tidak perlu bingung karena tidak ada prosedur yang terjadi), tetapi akan muncul setelah langkah berikut.

Buka Aplikasi Paint

Setelah kamu menekan tombol PrtSc, kamu harus masuk ke aplikasi Paint dengan memilih ikon Mulai > lalu klik semua program > Cari Aksesoris > lalu cari aplikasi Paint. Setelah ditampilkan, kamu akan diarahkan ke pengaturan berikut.

Tekan Tombol Ctrl +V

Untuk menempelkan tangkapan layar, gunakan kombinasi tombol PASTE. Tangkapan layar yang diambil sebelumnya akan muncul. Dan di sinilah kamu dapat menambahkan lingkaran atau panah untuk menjelaskan arti dari gambar atau instruksi tertulis.

Maksud kami adalah bahwa penjelasan kamu tentang cara mengambil tangkapan layar dan kemudian memperbesarnya cukup jelas sehingga pembaca dapat mengikuti dan memahami maksud kamu dengan lebih baik ketika kamu menggunakan metode ini untuk menunjukkannya.

Cara Cepat dan Mudah Print Screen

Mengambil screenshot di PC atau laptop adalah praktik umum bagi mereka yang ingin menyimpan dan berbagi konten tertulis, seperti artikel atau postingan blog. Cara mencetak layar, baik di PC atau laptop, bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Cepat dan Mudah Print Screen

Beberapa alat untuk mengambil tangkapan layar atau mencetak layar ini bahkan memungkinkan kamu mengubah tangkapan layar tepat sebelum kamu menyimpannya.

Langkah-langkah Print Screen di Windows

Jika kamu menggunakan sistem operasi terbaru seperti Windows 10, misalnya, sudah ada program bawaan yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar. Ini tentu lebih mudah karena kamu tidak perlu lagi mencari aplikasi tambahan.

Kamu tidak perlu menggunakan program biasa untuk mencetak layar kamu; kamu dapat menggunakan pintasan keyboard atau tombol pada keyboard kamu. Menggunakan komputer atau laptop, kamu dapat mengambil gambar dengan berbagai cara.

Mengambil tangkapan layar di Windows semudah menggunakan salah satu metode yang tercantum di bawah ini.

Tombol Layar Cetak Keyboard

Ini adalah salah satu cara paling sederhana dan paling umum dikenal. Cukup tekan tombol Print Screen/Print Scr pada keyboard PC atau laptop kamu untuk mengambil screenshot. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan gambar, artikel, atau informasi lain yang ingin kamu tangkap terlihat di layar monitor sebelum kamu mulai.
  2. Tekan tombol Print Screen/Print Scr pada keyboard.
  3. Kemudian kamu dapat menempelkan atau ctrl + v, misalnya di Microsoft Word, badan email, dll.
  4. Jika ingin mengubah screenshot, buka aplikasi paint, lalu paste hasil print screen ke dalam aplikasi paint.
  5. Lakukan penyesuaian seperti cropping dan scaling sebelum menyimpan.

Alt + Print Screen pada Keyboard

Jika sebelumnya kamu mengambil tangkapan layar layar penuh dengan menekan tombol Print Screen, kamu hanya dapat mengambil sebagian konten dengan menekan Alt + Print Screen. Hanya jendela yang dipilih saat ini yang discreenshot saat kamu menekan Alt + Print Screen.

Alt + Print Screen pada Keyboard

Caranya kurang lebih sama seperti sebelumnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan layar monitor menunjukkan jendela saat ini dari materi yang ingin kamu rekam
  2. Kemudian, secara bersamaan tekan Alt + Print Screen/Print Scr pada keyboard kamu.
  3. Kemudian kamu bisa paste atau ctrl+v, misalnya di Microsoft Word, badan email, dll.
  4. Jika kamu ingin mengubah screenshot, buka aplikasi paint, lalu paste hasil print screen ke aplikasi paint.
  5. Lakukan penyesuaian seperti cropping dan scaling sebelum menyimpan.

Windows + Print Screen pada Keyboard

Pendekatan kedua untuk mencetak layar adalah dengan memanfaatkan pintasan Windows + Print Screen. Metode ini akan membuat tangkapan layar yang mirip dengan menekan Print Screen saja. Jadi apa bedanya?

Di Layar Cetak, setelah mengambil tangkapan layar, kamu harus paste secara manual ke dalam aplikasi seperti Microsoft Word atau Paint. Tangkapan layar yang kamu ambil dengan Windows + Print Screen secara otomatis disimpan sebagai gambar, jadi kamu tidak perlu menyalin dan menempelkannya dengan tangan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan gambar, artikel, atau informasi lain yang ingin kamu tangkap terlihat di layar monitor sebelum kamu mulai.
  2. Pada keyboard kamu, tekan tombol Windows + Print Screen.
  3. Layar akan berkedip sebentar, memberikan indikasi pengambilan gambar atau tangkapan layar.
  4. Klik atau buka C:UsersUsername/Pictures/Screenshots untuk melihat hasilnya.
  5. Kamu dapat mengubah tangkapan layar menggunakan aplikasi seperti Paint.

Windows Snip dan Sketch

Ini adalah program tangkapan layar yang disertakan mulai dari Windows 10 versi 1809. Program ini cukup berguna karena kamu dapat memilih wilayah yang ingin kamu tangkapan layar atau langsung dipotong. Jadi tidak perlu memodifikasinya lagi setelah mengambil screenshot.

Windows Snip dan Sketch

Cara menggunakan Windows Snip dan Sketch juga cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan layar monitor menunjukkan jendela saat ini dari materi yang ingin kamu rekam.
  2. Tekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan.
  3. Layar akan menjadi lebih gelap, menampilkan bilah alat dengan tombol yang dapat dipilih dan tanda plus yang berfungsi sebagai penunjuk.
  4. Maka kamu hanya perlu memilih area yang ingin kamu ambil tangkapan layarnya.
  5. Sebelum kamu menyimpan tangkapan layar, kamu dapat melakukan penyesuaian terakhir menggunakan Snip & Sketch.
  6. Setelah semuanya beres, lakukan save.

Cara mencetak layar di laptop tidak sulit untuk dilakukan. Kamu cukup menggunakan tombol pada keyboard untuk mendapatkan tangkapan layar yang ingin kamu simpan. Namun, mungkin ada beberapa yang tidak sadar.

Salah satu cara paling sederhana untuk mencetak layar di laptop tentu saja dengan menekan tombol print screen di keyboard. Kamu juga dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan berbagai pintasan keyboard.

Kamu dapat menggunakan aplikasi atau keyboard untuk mencetak layar laptop kamu. Ada pro dan kontra untuk setiap metode. Kamu memiliki pilihan untuk pergi dengan metode mana yang tercepat dan terbaik untuk kamu.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang fungsi dari tombol print screen, diantaranya:

Apa Yang Dimaksud dengan Print Screen?

Untuk menangkap layar penuh, tekan tombol Print Screen (PrtScn). Tangkapan layar tidak akan disimpan sebagai file tetapi akan disalin ke papan klip. Mengambil tangkapan layar saja tidak cukup; kamu juga memerlukan program pengeditan gambar seperti Microsoft Word atau Paint.

Dimana Letak Tombol Print Screen?

  1. Untuk memulai, pilih area atau materi yang ingin kamu tangkap menggunakan tangkapan layar.
  2. Untuk melanjutkan, cukup tekan tombol PrtSc, yang dapat ditemukan di hampir semua keyboard komputer.
  3. Tangkapan layar yang kamu ambil disimpan secara permanen di papan klip atau masih tersedia
  4. Untuk digunakan di masa mendatang.
  5. Hasilnya, luncurkan Microsoft Paint.
  6. Untuk membuat salinannya, tekan pintasan keyboard Ctrl + V.
  7. Di kanvas baru, tangkapan layar yang baru saja kamu ambil akan diletakkan di tempatnya.
  8. Setelah itu, kamu dapat memodifikasi dan/atau menyimpannya dalam format pilihan kamu.

Bagaimana Cara Screenshot di Laptop Saat Zoom?

  1. Instal Lightshot di laptop Windows 10.
  2. Setelah itu, gunakan laptop untuk login ke Zoom Meeting.
  3. Setelah itu, putuskan layar mana yang akan disertakan dalam tangkapan layar.
  4. Jika demikian, gunakan pintasan keyboard PrtSc/PrtScr.
  5. Untuk mengubah lebar dan panjang tangkapan layar, cukup seret sudutnya.
  6. Terakhir, klik tombol Simpan untuk menyimpannya ke lokasi yang kamu tentukan di komputer kamu.
  7. Selesai.

Kesimpulan

Tangkap layar dengan mudah dan cepat menggunakan tombol print screen, baik di PC atau laptop, bisa dilakukan dengan mudah. Demikian artikel yang dapat kami sampaikan semoga informasi ini dapat membantu kamu, sekian dan terimakasih.

Back to top button