Advertisement

7 Fungsi Tombol ESC Pada Keyboard Komputer

Rancakmedia.com – Apa itu tombol esc dan apa saja fungsi nya? dalam keyboard komputer tombol esc dinamakan tombol escape berdasarkan seri standar internasional ISO/IEC 9995, simak detailnya dibawah.

Di sudut kiri atas keyboard adalah sesuatu yang jarang dilihat oleh pengguna komputer rata-rata. Apa yang bisa kami harapkan? Pada kenyataannya, itu hanyalah tombol lain, namun itu salah satu yang paling jarang digunakan yaitu tombol ESC.

ESC awalnya dikenal ketika Bob William Bremer, seorang spesialis komputer dari Michigan, Amerika Serikat, menghasilkan sejumlah karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) sebagai bahasa pemrograman.

Karakter ASCII telah digunakan dalam fungsionalitas sistem operasi Windows dan MS-DOS sejak tahun 1960. Tujuan karakter ASCII (sekarang digantikan oleh karakter Unicode) adalah untuk memungkinkan pemrogram bertransisi dari satu kode ke kode lain untuk membuat pemrograman lebih sederhana.

Karakter Esc atau Escape memiliki nilai unicode (heksadesimal) 001B atau nilai ANSI desimal 27 sebagai salah satu dari 255 kode ASCII. Karakter ASCII ini digunakan dengan menekan tombol Alt + [ANSI (nilai desimal)]. Escape, atau ESC, nomenklatur itu sendiri telah didefinisikan menurut standar ISO/IEC 9995.

Mengenal Apa Itu Tombol ESC

Pada kenyataannya, itu hanyalah tombol lain, namun itu salah satu yang paling jarang digunakan. Itu kunci ESC. ESC pertama kali terdengar ketika Bob William Bremer, seorang spesialis komputer dari Michigan, mengembangkan bahasa pemrograman menggunakan karakter ASCII.

Mengenal Apa Itu Tombol ESC

Kunci ESC dapat digunakan secara individual sebagai perintah No, Stop, Abort, Quit, atau Exit. kamu juga dapat menekan tombol lain pada keyboard selain tombol pintas ini untuk melakukan sesuatu dengan lebih cepat.

Awal Pembuatan Tombol Esc

Bob Bemer, seorang programmer komputer IBM, menemukan kunci Esc. Ketika dia menemukan tombol melarikan diri pada tahun 1960, itu agar programmer dapat dengan cepat beralih di antara berbagai jenis kode.

Karena pengguna komputer tidak lagi terlalu fokus pada hal-hal kecil dalam mengoperasikan peralatan komputer mereka, tujuan tombol Esc pada keyboard mulai berubah. Karena itu, tombol Esc kini lebih sering digunakan sebagai perintah Stop oleh para programmer.

Misalnya, pada komputer dengan sistem operasi Windows, tombol Esc digunakan sebagai pintasan di kotak dialog yang berperan untuk memerintahkan Tidak, Keluar, Keluar, atau Abort. Di Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer, dan Opera, tombol Esc adalah pintasan untuk perintah Stop.

Tombol Esc di Windows

Pada komputer atau laptop yang menjalankan Windows, tombol Esc juga dapat digabungkan dengan tombol Ctrl untuk meluncurkan Start Menu dengan menekan dan menahan tombol Ctrl lalu menekan tombol Esc. Kombinasi tombol Ctrl+Esc masih dapat digunakan hingga saat ini, bahkan di Windows 8.1 dan Windows 10.

Saat digunakan bersama dengan tombol lain, tombol Esc pada keyboard Windows berfungsi sebagai pintasan. Windows 3.0, Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10 semuanya menyertakan versi pintasan ini, yang berasal dari versi Windows tersebut.

Tombol Esc di Mac Os

Dalam dialog atau lembar di OS X (Mac OS), menekan Esc berfungsi sebagai perintah tutup atau batal. Aplikasi yang tidak merespons (juga dikenal sebagai “tidak merespons” atau “menggantung”) dapat dihentikan dengan menekan Command+Option+Esc untuk membuka kotak Force Quit.

Tombol Esc di Mac Os

Penggunaan lain dari tombol Esc saat dipasangkan dengan tombol Command adalah untuk beralih ke Baris Depan, jika sudah terpasang.

Pada kebanyakan PC gaming, tombol Esc digunakan sebagai tombol pause dan membuka menu atau pengaturan dalam game, dan umumnya juga digunakan untuk keluar dari game (exit game).

Berikut Fungsi Tombol ESC

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang tombol ESC sebagai salah satu tugas dari tombol keyboard komputer, berikut ini akan dijelaskan fungsi apa saja yang dilakukan oleh tombol ESC tersebut.

Membatalkan Perintah atau Jendela Dialog

Kunci ESC digunakan untuk membatalkan atau menghentikan perintah yang telah dikirimkan dengan cepat. Ini memiliki efek yang sama seperti mengklik tanda silang (x) di sudut kanan atas kotak dialog untuk menutupnya dengan mouse.

Menekan tombol ESC saat mencoba membuka halaman web di browser akan menghentikan pemuatan halaman dan memungkinkan kamu untuk membatalkan operasi. Menekan tombol ESC dapat menghentikan pencarian online kamu di browser tertentu.

Kunci ESC juga berfungsi sebagai opsi Tidak dari kotak dialog yang menampilkan alternatif Ya dan Tidak. Sticky Keys, misalnya, diaktifkan ketika tombol Shift, Ctrl, atau Alt ditekan lima kali berturut-turut secara tidak sengaja. Jika pengguna tidak ingin menggunakannya, mereka dapat langsung menekan tombol ESC, yang sama dengan mengklik No.

Untuk membatalkan, buka Start Menu dan tekan ESC. Atau, saat pengguna menjalankan Microsoft Word, tekan Ctrl + O sebagai perintah Open untuk membuka file lain. Jika kamu ingin membatalkannya atau ingin keluar dari kotak dialog Open lebih awal, gunakan saja tombol ESC.

Membuka Menu Start

Tombol ESC dapat beroperasi sebagai jalan pintas untuk mengakses Start Menu pada layar komputer Windows dengan menekan tombol Ctrl dan kemudian menekan ESC (Ctrl + ESC). Start Menu berada di pojok kiri bawah komputer.

Ini memiliki menu program yang mudah digunakan yang dapat dipilih pengguna. Perlu dicatat bahwa pintasan ini tidak dapat dibalik atau didorong secara bersamaan.

Dengan kata lain, menekan Ctrl dan ESC secara bersamaan atau menekan ESC terlebih dahulu lalu Ctrl akan menghasilkan kesalahan. Jadi, shortcut tersebut tidak dapat digunakan secara mundur karena dibuat sehingga hanya dapat memahami satu jenis instruksi.

Menjalankan Program yang Sebelumnya

Kunci ESC juga dapat digunakan untuk meluncurkan atau membuka kembali aplikasi yang digunakan sebelumnya, yang merupakan kemampuan yang jarang diketahui, terutama oleh pengguna biasa.

Menjalankan Program yang Sebelumnya

Misalnya, ketika pengguna memulai program dan ingin beralih ke aplikasi yang telah ditutup satu langkah sebelumnya, cukup tekan tombol Alt dan ESC secara bersamaan.

Misalnya, pengguna mungkin telah mematikan Microsoft Word dan membuka Notepad sebagai pengganti. Jika pengguna ingin me-restart Microsoft Word, yang harus mereka lakukan adalah menekan pintasan keyboard Alt + ESC.

Ini jauh lebih cepat daripada harus kembali ke Start Menu, temukan aplikasi yang kamu inginkan, lalu klik lagi untuk meluncurkannya.

Mulai Pengelola Tugas atau Task Manager

Tombol ESC, yang digunakan bersama dengan tombol Ctrl dan Shift (pintasan Ctrl + Shift + ESC), membantu mengakses Pengelola Tugas dengan lebih cepat dan sederhana.

Aplikasi atau layanan yang melacak program dan layanan apa yang sedang dijalankan dikenal sebagai Pengelola Tugas, dan dapat ditemukan di komputer Windows.

Dengan Pengelola Tugas ini, pengguna dapat melihat proses apa yang sedang berjalan dan berapa banyak sumber daya yang digunakan. Pengguna dapat menghentikan program yang beroperasi di latar belakang jika tidak diperlukan. Sebab, jika dibiarkan, software yang tidak berguna akan membebani kinerja komputer.

Pengguna mungkin secara tidak sengaja menghapus tema, mengakibatkan layar laptop kosong, atau masalah file sistem dapat mencegahnya menjalankan perangkat lunak dengan benar.

Jadi, Pengelola Tugas dapat digunakan untuk meluncurkan perangkat lunak yang diperlukan dengan melakukan fungsi Tugas Baru (Jalankan) melalui tab File. Ketika kotak dialog muncul, pengguna dapat mengetikkan nama program yang ingin dijalankan dan mengklik OK untuk membukanya.

Task Manager juga dapat menampilkan informasi tentang perangkat keras komputer, mengubah urutan aplikasi, mendapatkan file, dan melihat informasi tentang pengguna.

Fungsi Pause pada Game Komputer

Game yang sedang berjalan dapat dijeda atau ditunda menggunakan tombol ESC di hampir semua game komputer. Misalnya, saat bermain game komputer, jika pengguna ingin melakukan aktivitas lain, pengguna menekan tombol ESC untuk menghentikan permainan.

Dengan metode ini, pengguna tidak perlu keluar dari permainan dan berisiko kehilangan kemajuan apa pun yang tidak disimpan.

Mengakses Opsi Game di Komputer

Saat permainan komputer sedang berlangsung dan pengguna ingin mengakses pilihan menu permainan, tombol ESC dapat digunakan untuk membukanya.

Hal ini memungkinkan pemain untuk menyesuaikan pengalaman bermain game mereka dengan lebih cepat dan mudah. ​​Jadi, kamu dapat mengubah pengaturan di menu utama tanpa meninggalkan game yang sedang kamu mainkan.

Berhenti Memainkan Game di Komputer

Tombol ESC bertindak sebagai opsi keluar atau keluar untuk berbagai permainan komputer. Ketika permainan yang sedang berjalan selesai dan pengguna ingin kembali ke menu utama, mereka dapat menggunakan metode ini.

Berhenti Memainkan Game di Komputer

Ini adalah beberapa kemampuan kunci ESC yang dapat dibahas di sini. Komputer yang lebih baik, terutama tombol keyboard komputer, akan diperoleh dari mempelajari cara pengoperasiannya dan keuntungan dari melakukannya.

Kesimpulan

Nah itulah informasi yang berisi tentang fungsi tombol esc, tombol Esc adalah salah satu tombol yang paling umum digunakan pada keyboard komputer. Itu dapat dikombinasikan dengan tombol Ctrl untuk meluncurkan Start Menu (Ctrl+Esc) atau menutup kotak dialog (Esc/Command+Option+Esc), misalnya.

Menekan tombol Esc dapat menghentikan pencarian online di browser tertentu. Demikian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tentang fungsi tombol esc ini dapat bermanfaat untuk semua orang, sekian dan terimakasih.

Back to top button
error: Content is protected !!