Advertisement

Fungsi Bagian Motherboard Lengkap Pada Komputer

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi bagian motherboard yang mungkin saja belum kamu ketahui kegunaannya dan apa saja bagian-bagiannya. Yuk simak artikel dibawah ini.

Komputer adalah gadget teknologi kompleks yang dibutuhkan oleh peradaban saat ini. Penggunaan komputer dapat mempercepat penyelesaian suatu proyek. Jadi, agar dapat bekerja secara efisien, komputer memerlukan berbagai perlengkapan pendukung yang terletak di motherboard komputer.

Kamu mungkin perlu mengetahui cara kerja bagian-bagian motherboard, terutama jika kamu menggunakan komputer setiap hari.

Pengertian Motherboard

Pengertian Motherboard

Motherboard berfungsi sebagai hub untuk menghubungkan berbagai bagian komputer secara keseluruhan.

Motherboard yang sekarang tersedia memiliki penempatan komponen yang agak bervariasi. Tidak heran jika banyak individu yang tidak mengetahui bagian-bagian dan fungsi dari komponen-komponen pada sebuah komputer.

Fungsi Motherboard

Sebagai otak komputer, motherboard menjalankan fungsi penting dan menjalankan peran penting. Motherboard berfungsi sebagai hub untuk semua komponen komputer, termasuk fungsi, chipset, RAM, hard drive, kartu komputer, kartu LAN, dan periferal lainnya.

Ketika motherboard melakukan fungsi-fungsi ini, dapat dikatakan bahwa motherboard berfungsi sebagai otak komputer.

Komponen ini merupakan mesin utama komputer dan laptop. Setelah mendapatkan konsep motherboard dan fungsi motherboard, sekarang mari kami masuk ke komponen-komponen pada motherboard.

Jenis – Jenis motherboard

Meskipun merupakan papan sirkuit utama dari sebuah komputer, ternyata motherboard memiliki banyak jenis lainnya. Motherboard datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk yang tercantum di bawah ini:

  1. Form Factor ATX. Motherboard jenis pertama adalah Advanced Technology Extended atau form factor ATX, motherboard Intel yang memulai debutnya pada tahun 1995. Motherboard ini memiliki dimensi 305 x 244 mm.
  2. Form Factor Micro – ATX. adalah faktor bentuk. Dengan pengurangan biaya produksi dan kinerja yang lebih baik, ini adalah motherboard berbasis ATX yang telah ditingkatkan. Dimensi dari mobo ini adalah 244 x 244 mm.
  3. Form Factor Mini – ITXForm factor Mini. Faktor Bentuk ITX Mini-ITX adalah jenis motherboard berikutnya. Mini form factor (ITX) adalah sejenis motherboard kompak, yang sengaja dibuat untuk membuat komputer yang hemat energi dan listrik. Dimensi motherboard tipe Mini-ITX ini adalah 170 x 170 mm.
  4. Form Factor Pico – ITX. Motherboard Pico-ITX dalam seri Mini-ITX dan Pico-ITX akan memiliki tapak yang lebih kecil, dengan dimensi 100 x 70 mm.
  5. Form Factor Nano – ITX. Motherboard Nano-ITX ini memiliki dimensi yang sangat besar, yaitu kira-kira 120 x 120 mm.
  6. Form Factor NLX. NLX adalah singkatan dari New Low Profile Extended. NLX hanya memiliki satu slot untuk ekspansi dan merupakan motherboard yang dirancang oleh Intel pada tahun 1997. Motherboard ini berukuran 254 x 228 mm.

Bagian Motherboard Komputer

Berikut ini adalah bagian-bagian dari motherboard pada komputer, diantaranya:

Fungsi Motherboard

Soket Prosesor

Soket CPU adalah komponen awal dari motherboard. Fungsinya untuk memasukkan prosesor komputer. Biasanya, di sekitar soket ini terdapat empat lubang untuk memasang heatsink dan kipas prosesor.

Sebuah heatsink di atas soket diperlukan karena CPU adalah komponen yang paling sering digunakan pada motherboard.

Sebelum membeli prosesor, periksa kembali jenis soket yang akan digunakan. Jika soketnya salah, prosesor akan membuang-buang waktu. Contoh beberapa socket prosesor yang sering kami jumpai saat ini adalah:

  1. Soket Prosesor Intel
  2. Soket LGA 1151
  3. Soket LGA 1150
  4. Soket motherboard LGA 1155
  5. Soket untuk Prosesor AMD
  6. Soket AMD AM4.
  7. Soket AM3 dari seri AMD FX.
  8. Soket prosesor AMD AM2
  9. 939 Atlon 64 X2

Controller hub atau North Bridge

Controller hub atau yang bisa disebut dengan north bridge adalah sebuah komponen pada motherboard yang memiliki fungsi mengatur komunikasi slot RAM, VGA card, dan soket PCI Express dengan CPU. Untuk menemukan pengontrol hub, lihat saja di sisi kiri prosesor.

South Bridge Controller

Sedangkan untuk kontroler south bridge berfungsi untuk mengontrol perangkat komputer seperti BIOS, CMOS, USB, keyboard, mouse, modem, LAN, dan sebagainya. Lokasi south bridge berada di dekat slot PCI Express.

Slot Memory RAM

Untuk memasang RAM pada motherboard, kamu harus menggunakan slot memori RAM, yang memanjang di dekat soket CPU dengan desain yang khas.

Dalam kebanyakan kasus, ada lebih dari satu slot RAM yang tersedia. Pastikan saat membeli RAM untuk memperhatikan jenis soketnya terlebih dahulu, karena saat ini ada banyak jenis RAM yang tersedia, seperti DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4.

BIOS

BIOS motherboard (Basic Input Output System) adalah chip yang mengatur semua perangkat keras motherboard. Sebelum komputer dapat digunakan, tergantung pada BIOS untuk memastikan bahwa semua perangkat keras berfungsi.

Saat terjadi error atau masalah hardware, biasanya BIOS akan mengeluarkan notifikasi dengan bunyi bip. Jumlah bip yang berasal dari perangkat BIOS sekarang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kerusakan.

UEFI, cara yang lebih modern untuk menjalankan komputer, mulai menggantikan BIOS yang lebih lama.

Slot IDE/SATA

Hard disk drive dapat dihubungkan ke komputer melalui slot IDE/SATA. Slot SATA sebagian besar telah menggantikan slot IDE pada motherboard dalam beberapa tahun terakhir.

Slot SATA memiliki bentuk yang ringkas seperti slot USB. Ada banyak pin di slot IDE, sehingga modelnya diperpanjang.

Slot PCI Express

Slot PCI Express memiliki fungsi untuk memasang perangkat tambahan di komputer. PCI Express terletak di sebelah slot AGP karena jumlah PCI Express sering kali lebih besar dari satu slot. Hasilnya, kamu dapat menambahkan kartu LAN, kartu suara, TV tuner, kartu WiFi, dan aksesori lainnya.

Slot AGP dan PCI Express X16

Slot AGP (Accelerated Graphics Port) berfungsi sebagai slot untuk meletakkan kartu grafis eksternal (VGA card) pada komputer.

Letaknya berada di sebelah slot PCI Express, umumnya di atas slot PCI Express. Sejak PCI Express X16 telah mengambil alih untuk AGP, kebanyakan motherboard baru tidak lagi memiliki slot AGP.

Baterai CMOS

Di BIOS, baterai berukuran koin kecil yang disebut CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) bertindak sebagai sumber daya dan perangkat penyimpanan komputer.

Bagian Motherboard Komputer

Ketika komputer kamu secara teratur mengalami masalah, terutama dengan pengaturan waktu dan tanggal, ini mungkin merupakan indikasi bahwa baterai CMOS hampir habis. Pastikan baterai CMOS sama jenisnya sebelum diganti.

Power Controller

Sambungan power controller memiliki fungsi untuk menghubungkan sumber daya dari catu daya pada motherboard.

Umumnya jumlah pin pada setiap motherboard berbeda-beda, tergantung merek dan jenis motherboard. Sebelum membeli power supply, pastikan jumlah pin pada motherboard sesuai dengan jumlah pin pada power supply.

I/O ports

Input Output Serangkaian port ditempatkan di bagian belakang sasis komputer. Port I/O ini dapat digunakan sebagai perangkat input untuk mouse, keyboard, flash drive, kabel LAN, atau mikrofon, sesuai dengan namanya.

Audio, video, display, printer, dan perangkat lain semuanya dapat memanfaatkan output.

Front Panel Connector

Sambungan panel depan, komponen terakhir dari motherboard, tidak boleh diabaikan. Pemasangan tombol daya, restart, hard drive, dan port USB semuanya dapat diselesaikan di bagian ini. Dalam kebanyakan kasus, setiap pin ditandai dengan warna yang berbeda.

Kesimpulan

Nah itu dia adalah bagian-bagian dan fungsi motherboard dari komponen-komponen pada sebuah komputer. Motherboard berfungsi sebagai hub untuk semua komponen komputer, termasuk RAM dan hard drive.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas