Advertisement

Fungsi Keyboard Laptop pada Tombol F1 Hingga F12

Rancakmedia.com – Inilah fungsi tombol keyboard f1 hingga f12 yang wajib di ketahui, simak informasi lengkapnya di pembahasan artikel ini ya dan jangan lupa untuk selalu baca artikel kami yang lainnya.

Kumpulan tombol F-Series Keyboard dikenal sebagai Tombol Fungsi atau Tombol Fungsional, oleh karena itu disingkat dengan huruf “F” di setiap nama. Tombol fungsi ini terdiri dari 12 (dua belas) tombol, yaitu tombol F1, F2, F3, dan seterusnya hingga tombol F12.

Tombol-tombol ini memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing, dan kamu dapat memaksimalkan penggunaannya untuk menghemat waktu dan mempermudah kamu dalam mengontrol komputer.

Berikut Fungsi Keyboard Tombol F1 hingga F12

Keyboard merupakan perangkat pendukung utama dalam memudahkan penggunaan komputer. kamu sebagai pengguna komputer mungkin sudah terbiasa menggunakan keyboard.

Berikut Fungsi Keyboard Tombol F1 hingga F12

Namun mungkin bagi sebagian pengguna komputer baru atau bagi pengguna yang jarang menggunakan kombinasi shortcut keyboard [1] pasti bertanya-tanya, atau bahkan mungkin tidak tahu apa itu.

Tombol F-Series Itu ada di bagian atas keyboard komputer kita. Kamu mungkin memperhatikan bahwa di bagian atas keyboard komputer atau laptop kamu, ada sekelompok tombol yang disebut “F-Series” yang terdiri dari “F1” hingga “F12.”

Tombol-tombol ini memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing, dan kamu dapat memaksimalkan penggunaannya untuk menghemat waktu dan mempermudah kamu dalam mengontrol komputer.

Tombol F-Series juga dikenal sebagai Tombol Fungsi atau Functional Key, dan disingkat “F” di setiap nomenklaturnya. Tombol fungsi ini memiliki 12 (dua belas) tombol, termasuk F1, F2, F3, dan seterusnya sampai tombol kunci F12.

Nilai dari tombol fungsi ini adalah sebagai tombol pintas (shortcut key) untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi atau program yang berjalan di komputer.

Untuk fungsi-fungsi tertentu berdasarkan setiap program yang digunakan, masing-masing penyedia perangkat lunak memungkinkan penggunaan tombol fungsi yang sangat bervariasi dan bervariasi, yang dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dalam memaksimalkan penggunaan perangkat lunak yang mereka hasilkan.

Namun secara umum di hampir semua aplikasi atau program komputer, tombol fungsi ini memiliki fungsi yang sama dengan yang sudah menjadi konvensional dalam penggunaan komputer, khususnya bagi yang menggunakan komputer berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan memanfaatkan aplikasi Microsoft Office.

Berikut ini adalah fungsi keyboard laptop pada tombol f1 hingga f12:

Tombol F1 berfungsi sebagai tombol pintas untuk mengakses panel bantuan. Hampir semua program dan aplikasi komputer menyertakan tombol bantuan yang, ketika diklik, membuka jendela bantuan dengan informasi tentang cara menggunakan program atau aplikasi.

Jika kamu memerlukan bantuan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak, cukup tekan tombol F1, dan jendela petunjuk bantuan akan muncul. Selain itu, tombol F1 juga berfungsi untuk mengakses jenis BIOS atau Setup CMOS tertentu.

Fungsi dari Kombinasi Tombol F1

Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f1

Fungsi dari Kombinasi Tombol F1

F1

Instruksi bantuan Windows (help), serta tombol akses untuk masuk di beberapa jenis BIOS.

Win Key + F1

Membuka Jendela Bantuan Pusat Bantuan dan Dukungan Microsoft Windows di Microsoft Office, yang ditampilkan di Internet Explorer, Microsoft Edge, atau browser default.

Alt + F1

Ini dapat digunakan untuk maju ke halaman berikutnya dalam perangkat lunak tertentu.

Ctrl + Alt + F1

Jendela Informasi Sistem muncul di Microsoft Word.

Di Microsoft Excel, fungsinya adalah untuk menghasilkan lembar makro baru.

FN + F1

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam berikut:

  1. Aktifkan atau nonaktifkan touchpad.
  2. Menjalankan fungsi sistem tidur laptop

Fungsi dari kombinasi Tombol F2

Gunakan tombol F2 untuk mengganti nama file yang dipilih saat ini. Tombol ini berfungsi pada semua jenis file, ikon, aplikasi, dan sebagainya di komputer.

Metodenya sangat sederhana: sorot atau pilih file, ikon, atau program yang ingin kamu ubah namanya, tekan tombol F2, lalu ubah nama file dengan cepat. Selain itu, tombol F2 juga berfungsi untuk mengakses jenis BIOS atau CMOS tertentu. Mempersiapkan.

Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f2 antara lain:

F2

Kamu dapat menggunakan kunci ini untuk mengakses mode BIOS atau CMOS Setup tertentu, dan ini mengubah nama file dari file yang dipilih saat ini.

Shift + F2

Di Microsoft Office, Word berfungsi untuk menyalin teks (copy text) dan meletakkannya di tempat yang ditentukan. Di Microsoft Office, Excel membantu untuk membuat catatan (notes) (catatan).

Ctrl+F2

Perintah Pratinjau Cetak tersedia di Microsoft Office.

F2 (Ctrl + Alt + F2)

Perintah ini dijalankan untuk membuka dokumen atau file di Microsoft Office.

FN + F2

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Manfaatkan mode hemat daya laptop.
  2. Kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan Wi-Fi di sini.
  3. Mengaktifkan/menonaktifkan suara dan/atau volume (bisu).

Fungsi dari Beberapa Kombinasi Tombol F3

Tombol F3 digunakan untuk membuka jendela pencarian. Secara umum, fitur ini tersedia di hampir semua program komputer, termasuk sistem operasi Windows dan suite Microsoft Office, serta browser web.

Selain itu, di MS-DOS, menekan tombol F3 berfungsi sebagai perintah terakhir yang harus diulang. Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f3:

Baca Juga:  Fungsi Keyboard Komputer Secara Umum Beserta Penjelasannya

Fungsi dari Beberapa Kombinasi Tombol F3

F3

Biasanya berfungsi untuk meluncurkan fungsi pencarian. Pengulangan perintah sebelumnya adalah kenyamanan MS-DOS.

Shift + F3

Dengan menekan kombinasi tombol ini berulang kali pada teks yang dipilih di Microsoft Word, kamu dapat mengubah teks menjadi huruf kecil semua, huruf besar semua, atau membuat perubahan lainnya. Pada Microsoft Excel, fungsinya untuk membuka jendela Insert Function.

Ctrl + F3

Di Microsoft Word, fungsinya untuk ‘spike’ atau menghapus teks yang disorot. Jendela Name Manager di Microsoft Excel terbuka sebagai hasilnya.

FN + F3

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan Wi-Fi di sini.
  2. Kurangi intensitas cahaya keyboard.
  3. Kurangi volume speaker.

Fungsi dari Beberapa Kombinasi Tombol F4

Mirip dengan perintah undo, tombol F4 memungkinkan kamu untuk kembali dan mengulang tindakan atau perintah sebelumnya yang kamu buat di komputer. Tombol F4 juga dapat digunakan untuk masuk ke berbagai mode pengaturan BIOS atau CMOS.

F4

Biasanya berfungsi sebagai pengingat bagi komputer untuk melakukan tindakan atau instruksi terbaru (undo). Pada beberapa jenis motherboard, tombol ini berfungsi sebagai akses untuk masuk ke BIOS atau CMOS Setup.

Ctrl + F4

Jendela aplikasi atau program yang sekarang terbuka ditutup.

Alt + F4

Menutup aplikasi atau jendela program yang sedang aktif. Di desktop, kombinasi tombol ini digunakan untuk meluncurkan menu shutdown untuk mematikan komputer.

FN + F4

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Menjalankan fungsi sistem tidur laptop
  2. Mengubah atau menukar tampilan layar antara input tampilan seperti monitor atau proyektor.
  3. Tingkatkan kecerahan keyboard dan naikkan volume pada speaker.

Fungsi dari Beberapa Kombinasi Tombol F5

Tombol F5 berfungsi sebagai tombol refresh atau refresh layar atau halaman (reload) (reload). Pada desktop komputer ini, tombol ini digunakan untuk menyegarkan tampilan di desktop.

Fungsi dari Beberapa Kombinasi Tombol F5

Dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak browser, kamu dapat menyegarkan atau memuat ulang halaman web yang sedang ditampilkan. Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f5:

F5

Menyegarkan layar di komputer sama dengan menekan tombol segarkan. Menyegarkan atau memuat ulang halaman web dimungkinkan oleh browser internet.

Di Microsoft Word dan Excel, tujuannya adalah untuk meluncurkan fitur Go To, yang merupakan fungsi membalik halaman dengan cepat. Untuk memulai tayangan slide di Microsoft PowerPoint, gunakan perintah ini.

Shift + F5

Di Microsoft Word, fungsinya untuk menggeser pointer ke paragraf sebelumnya. Di Microsoft Excel, ia meluncurkan jendela pencarian.

Ctrl + F5

Fungsi browser mencakup kemampuan untuk memuat ulang halaman web dari cache (penyegaran tanpa syarat). Di Microsoft Excel, memulihkan tampilan dokumen ke ukuran jendela atau jendela

FN + F5

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Mengurangi kecerahan layar monitor.
  2. Menjalankan fungsi siaga layar laptop

Fungsi Tombol Keyboard F6

Tombol F6 digunakan untuk menggeser penunjuk antara toolbar dan fungsi di jendela aplikasi atau program. Memindahkan penunjuk langsung ke bilah alamat dimungkinkan di browser tertentu. Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f6:

F6

Ini secara bergantian mentransfer penunjuk sebelumnya antara bilah alat dan fungsi di jendela aplikasi atau program. Di browser tertentu, tujuannya adalah untuk memindahkan penunjuk lurus melintasi bilah alamat.

Shift + F6

Sebagai alternatif, pindahkan penunjuk lebih jauh di antara bilah alat dan fungsi di jendela aplikasi atau program. Dalam perangkat lunak atau aplikasi, kamu dapat membuat Alt memilih tombol pintas.

FN + F6

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Matikan audio speaker kamu (bisu).
  2. Meningkatkan kecerahan layar monitor.
  3. Menjalankan fungsi siaga sistem laptop

Fungsi Kombinasi Tombol F7

Di sebagian besar program Microsoft Office, kamu dapat menggunakan tombol F7 sebagai pintasan untuk membuka jendela tempat kamu dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa. Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f7:

Fungsi Kombinasi Tombol F7

FN + F7

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Mengubah atau menukar tampilan layar antara input tampilan seperti monitor atau proyektor.
  2. Menjalankan fungsi hibernasi sistem laptop

Fungsi Tombol F8

Tombol F8 berfungsi sebagai tombol akses ke menu awal Windows, seperti menu mode aman. Ketika Sistem Operasi Windows dijalankan, tombol ini sering digunakan untuk masuk ke menu Startup Windows.

Ada fungsi lain pada keyboard laptop tombol f8, antara lain:

F8

Berfungsi sebagai titik akses untuk mencapai menu awal Windows, seperti menu mode aman. Gunakan browser Opera untuk melihat semua URL di bilah alamat. Di Microsoft Office, tujuannya adalah untuk mengaktifkan fitur Extend Selection.

Shift + F8

Di Microsoft Word, fungsinya untuk meminimalkan pemilihan teks yang sedang disorot. Fungsi Tambah Pilihan di Microsoft Excel dapat diaktifkan. Ini meluncurkan Firefox WebIDE di Browser Mozilla.

Alt + F8

Di Microsoft Office, itu memulai jendela makro.

FN + F8

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop. Mengubah atau menukar tampilan layar antara input tampilan seperti monitor atau proyektor. Tombol F9 dapat digunakan untuk membuka toolbar pengukuran dan informasi tentang sistem operasi di Quark 5.0.

Baca Juga:  Inilah 21 Fungsi Keyboard Laptop dan Komputer

Fungsi Kombinasi Tombol F9

Berikut ini fungsi keyboard laptop pada tombol f9, antara lain:

Fungsi Kombinasi Tombol F9

Ctrl+F9

Tujuan dari fungsi di Microsoft Word adalah untuk membuat tanda kurung untuk kode skrip. Fungsi meminimalkan jendela dokumen saat ini di Microsoft Excel.

FN + F9

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop. Melakukan pengurangan layar pada dokumen atau browser (zoom out) (zoom out). Aktifkan atau nonaktifkan touchpad, kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan Wi-Fi di sini.

Untuk menggunakan pintasan, tekan dan tahan tombol F10 hingga diaktifkan. Fungsi tombol ini sama dengan tombol Alt. Selain itu, tombol F10 juga berfungsi untuk mengakses beberapa macam BIOS atau Setup CMOS, dan ada juga yang berfungsi untuk mengakses partisi recovery.

Kombinasi Tombol F10

Beberapa kombinasi tombol F10 juga dapat digunakan untuk tugas tambahan berikut:

F10

Ini berfungsi sebagai tombol pintas aktivator. Kunci ini memiliki tujuan yang sama dengan tombol Alt. Selain itu, tombol F10 juga dapat digunakan untuk mengakses partisi pemulihan pada laptop tertentu serta beberapa jenis pengaturan BIOS atau CMOS.

F10 + Shift

Seperti menu shortcut yang muncul saat kamu menekan tombol kanan mouse pada mouse komputer kamu, fitur ini juga melakukan hal yang sama.

Ctrl + F10

Fungsi Microsoft Office adalah untuk mengubah tampilan jendela dokumen atau membuatnya lebih besar. Dalam aplikasi browser, itu menunjukkan menu browser.

FN + F10

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Memperbesar dokumen atau browser web (memperbesar).
  2. Matikan audio speaker kamu (bisu).
  3. Aktifkan atau nonaktifkan touchpad.

Tombol F11 mengubah tampilan aplikasi atau program menjadi tampilan layar penuh. Selain itu, pada beberapa laptop, tombol ini berfungsi untuk mengakses partisi recovery.

Fungsi Kombinasi Tombol F11

Beberapa kombinasi tombol F11 juga melakukan fungsi tambahan berikut:

F11

Mode layar penuh mengubah aplikasi berjendela menjadi pengalaman layar penuh. Selain itu, pada beberapa laptop, tombol ini berfungsi untuk mengakses partisi recovery.

Shift + F11

Di Microsoft Excel, kamu dapat membuat atau menambahkan lembar baru.

FN + F11

Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.

  1. Kurangi volume speaker.
  2. Aktifkan fitur kunci laptop.

Tombol F12 digunakan untuk melakukan fungsi pengkodean dan pembakar di aplikasi tertentu. Halaman kode juga dibuka di browser web Mozilla Firefox sebagai hasil dari ini. Di aplikasi Microsoft Office, kamu dapat menyimpan dokumen dengan mengklik tombol ini (simpan sebagai).

Fungsi Kombinasi Tombol F12

Ada fungsi lain dari beberapa kombinasi tombol F12 ini, antara lain:

Fungsi Kombinasi Tombol F12

F12

Berfungsi untuk menjalankan fungsi coding dan firebug pada beberapa program. Halaman kode juga dibuka di browser web Mozilla Firefox sebagai hasil dari ini. Di aplikasi Microsoft Office, kamu dapat menyimpan dokumen dengan mengklik tombol ini (simpan sebagai).

Shift + F12

Di aplikasi Microsoft Office, kamu dapat menyimpan dokumen dengan mengklik tombol ini (simpan sebagai).

Ctrl + F12

Pada program Microsoft Office, tombol ini berfungsi untuk membuka dokumen (open document) (membuka dokumen). Panel pengaturan untuk browser web Opera ditampilkan (pengaturan).

Ctrl + Shift + F12

Pada program Microsoft Office, tombol ini digunakan untuk mencetak dokumen.

  1. FN + F12
  2. Berbagai model dan produsen laptop menyediakan berbagai macam laptop.
  3. Menjalankan fitur sleep system laptop.
  4. Menambah volume suara pada speaker.
  5. Aktifkan fungsi lock laptop.

Tujuan dan fungsi tombol keyboard F1 hingga F12 yang dapat digunakan untuk mengurangi waktu menjalankan instruksi saat menggunakan komputer.

Kamu bisa langsung mencoba dan mempraktekkannya agar terbiasa, karena penggunaan tombol fungsi ini cukup sederhana dan sangat membantu menghemat waktu dalam beraktivitas di komputer.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai fungsi keyboard tombol F1 hingga F12 pada laptop yang harus kamu ketahui, keyboard merupakan perangkat pendukung utama dalam memudahkan penggunaan komputer. Kamu mungkin memperhatikan bahwa di bagian atas keyboard komputer atau laptop kamu, ada sekelompok tombol yang disebut “F-Series”.

Back to top button