Advertisement

Bagaimana Bentuk Awal Telepon Saat Pertama Kali Ditemukan

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana bentuk awal telepon yang perlu kami ketahui siapa penemunya dan apa kegunaan dari telepon. Yuk simak artikel dibawah ini.

Hampir setiap orang memiliki telepon akhir-akhir ini, dan itu adalah alat kontak utama kamu. Sulit untuk hidup tanpa telepon akhir-akhir ini karena itu diperlukan untuk dapat berinteraksi dengan semua orang dan di mana pun.

Kami mendapatkan istilah “telepon” dari “tale”, yang berarti “jauh”, dan “telepon”, yang berarti suara. Jadi, telepon dapat dianggap sebagai alat untuk mengirim suara jarak jauh.

Bagaimana jika kami memberi tahu kamu bahwa telepon ini ditemukan oleh seseorang yang belum pernah kamu dengar? Bagaimana bentuk awal telepon penemuan dan perkembangannya hingga saat ini?

Jika kamu ingin tahu tentang sejarah telepon, artikel ini akan membahas semua yang perlu kamu ketahui, dari awal hingga hari ini.

Menurut Wikipedia, telepon adalah perangkat bertenaga listrik dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan individu yang dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.

Saat ini, sebagian besar telepon bekerja dengan mengirimkan impuls listrik melalui jaringan telepon. Sehingga memungkinkan setiap pengguna telepon untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain.

Pengertian Bagaimana Bentuk Awal Telepon

Pengertian Telepon

Telepon juga dapat dianggap sebagai cara untuk mengirim dan menerima pesan suara, terutama yang berbentuk percakapan. Karena teknologi telah berubah, telepon telah berubah menjadi telepon seluler.

Handphone (disingkat hp, telepon seluler, atau telepon seluler) adalah sejenis perangkat telekomunikasi elektronik dengan kemampuan mendasar yang sama dengan telepon tradisional, yang kami sebut telepon seluler.

Yang membedakan adalah ponsel ini bisa dibawa kemana-mana (portable). Selain itu, tidak diperlukan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel).

Sejarah Telepon

Alexander Graham Bell (1847-1922) adalah seorang penemu telepon Amerika dan pendidik tunarungu.

Pengertian istilah “telepon” sendiri berasal dari dua kata, yaitu “tale: jarak” dan “telepon: ucapan”. sehingga istilah “telepon” dapat dianggap sebagai metode komunikasi suara jarak jauh.

Bell lahir pada 3 Maret 1847, di Edinburgh, Skotlandia. Ia juga menerima gelar pendidikan di Universitas Edinburgh dan London. Kemudian, pada tahun 1870, ia pindah ke kota Kanada, dan pada tahun 1871, ia melakukan perjalanan lagi ke Amerika.

Di Amerika, ia mulai mendidik orang tuli dan bisu dan mulai mempromosikan teknik yang dikenal sebagai “bahasa visual”. Alexander Melville Bell, ayahnya, adalah orang di balik pembuatan sistem. Menurutnya, reaksi bibir, lidah, dan tenggorokan semuanya digunakan untuk mendefinisikan suara.

Di masa mudanya, ia juga terpesona oleh teknologi, yang mendorongnya untuk mengumpulkan berbagai sampel tanaman secara teratur. Bersama teman terdekatnya yang memiliki penggiling gandum, ia kerap membuat keributan.

Ini berlanjut sampai ayah dari seorang teman berkata, “Mengapa kamu tidak membangun sesuatu yang lebih berguna?” Sejak itu, Alexander Graham Bell telah merenungkan pembuatan alat yang bermanfaat.

Kemudian, pada usia 12 tahun, Alexander berhasil menemukan alat dasar yang merupakan campuran dayung berputar dan rangkaian kuas yang terbuat dari paku yang digunakan untuk memisahkan gandum dari sekam.

Perangkat dapat berjalan dengan sukses selama bertahun-tahun. Sebagai “hadiah”, ayah temannya memberi kamu kemampuan untuk bermain di bengkel kecil sehingga dia bisa mengembangkan “penemuan baru”.

Sejak ia berusia delapan belas tahun, Bell telah bekerja pada cara-cara baru untuk berkomunikasi dan transportasi kata-kata. Selama pekerjaannya di telegraf, ia menemukan gagasan dasar baru untuk telepon pada tahun 1874.

Pada tanggal 10 Maret 1876, ia dan pembantunya, Thomas Watson, berhasil melakukan eksperimen. Pada saat itu, kata yang dikomunikasikan adalah: (Watson, kemarilah, aku membutuhkanmu).

Pada tahun 1877, perusahaannya, yang disebut Bell Telephone Company, memimpin sekelompok orang yang menggunakan telepon untuk menunjukkannya ke seluruh dunia.

Hadirnya ponsel ini tak lain adalah keceriaan seorang anak muda yang mampu mengembangkan alat komunikasi berupa telepon.

Perkembangan Telepon

Sejarah Bagaimana Bentuk Awal Telepon

Berikut ini adalah perkembangan awal telepon di seluruh dunia, antara lain:

  1. 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya, yang kemudian dikenal sebagai “Telegraf suara”. Sebagai hasil dari inovasi, dua orang sekarang dapat berkomunikasi secara efektif melalui kabel voice over.
  2. 1875, sebuah perusahaan telekomunikasi bernama The Bell mendapat paten untuk inovasi Meucci, yang disebut Pemancar dan Penerima untuk Telegraf Listrik.
    Teknik ini menggunakan banyak getaran baja yang membantu menghasilkan jeda di sirkuit.
  3. 1876, perusahaan Bell kemudian mematenkan Peningkatan dalam Telegrafi. Telegrafi suara dapat dikirim menggunakan pendekatan ini.
  4. 1877, Toko Charles Williams di New York City adalah tempat panggilan telepon pertama yang sukses secara komersial. Watson juga bertanggung jawab atas hal ini. Pada akhirnya, Watson menjadi bagian penelitian dan pengembangan perusahaan telekomunikasi tersebut.

Alexander Graham Bell juga terus memeriksa output perusahaan sampai, pada akhir tahun, ada tiga ratus telepon yang beroperasi. The Bell Company juga telah membuat telepon elektro-magnetik yang berdering dan menggunakan diafragma besi dan magnet permanen.

  1. Di bawah arahan Theodore N. Vail, perusahaan Bell, yang memiliki 10.000 telepon yang berfungsi pada saat itu, membuat papan pengganti manual pada tahun 1878. Ini memungkinkan untuk menghubungkan beberapa telepon ke satu jalur pertukaran tunggal.
  2. 1880, sirkuit logam pertama dipasang. Rangkaian satu kawat ini merupakan kebangkitan dari rangkaian satu kawat menjadi dua kawat.
    Saluran satu kabel sering mengalami gangguan, yang dapat dikurangi dengan peningkatan yang satu ini.
  3. Telepon dial-number mulai digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1891. Seorang penelepon memanggil sebuah nomor, dan telepon itu menghubungkan kamu ke operator. Ini dilakukan secara otomatis.
  4. 1915, telepon pertama yang menggunakan teknologi nirkabel pertama kali digunakan. Cara yang satu ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berinteraksi antar negara.

Fungsi Telepon

Di antara fitur telepon adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan serta menerima panggilan telepon.
  2. Mengirim serta menerima pesan singkat (Short Message Service: SMS).
  3. Kemudahan serta kenyamanan dalam komunikasi jarak jauh.
  4. Sarana penghubung jarak jauh.
  5. Sarana sekaligus sumber informasi.
  6. Membantu dalam proses interaksi.
  7. Menjadikan pertukaran komunikasi dan informasi lebih cepat.
  8. Alat penyaji informasi.
  9. Implementasi pemakaian teknologi.
  10. Menghemat biaya.
  11. Memperluas ruang ekspresi.
  12. Sarana penyajian yang informatif.
  13. Mendekatkan antar pribadi.

Cara Kerja Telepon

Telepon berkabel tidak dapat berfungsi tanpa kabel karena menggunakan mekanisme jalur tulis. Cara kerja telepon kabel adalah sebagai berikut:

Perkembangan Bagaimana Bentuk Awal Telepon

  1. Suara yang berasal dari pengirim diterima oleh alat yang disebut sebagai microphone.
  2. Microphone kemudian akan mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik serta lalu disalurkan lagi oleh perangkat telepon.
  3. Sinyal itu kemudian disalurkan lewat kabel menuju pusat telekomunikasi.
  4. Dari pusat telekomunikasi sinyal akan diteruskan terhadap penerima.
  5. Setelah sampai di penerima, maka sinyal itu akan diubah kembali menjadi gelombang suara dengan alat yang disebut sebagai speaker.
  6. Telepon ini bekerja dengan cara mengirimkan gelombang suara lewat arus listrik yang ada pada jaringan telepon.
  7. Sehingga kami dapat berkomunikasi dengan pengguna telepon lainnya.

Cara Kerja Telepon Seluler

Di telepon seluler, ada pengeras suara, papan tombol, mikrofon, tampilan layar, dan papan sirkuit kuat yang menggunakan mikroprosesor, sehingga membuat setiap telepon seperti komputer kecil.

Saat terhubung ke jaringan nirkabel, akan ada seperangkat teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan atau bertukar data dengan ponsel atau komputer lain.

Sel yang lebih kecil di dalam kota atau area terhubung ke jaringan nirkabel ini melalui jaringan mesh. Dalam satu sel, ini mencakup banyak blok kota atau hingga 250 mil persegi.

Setiap sel menggunakan satu set frekuensi radio atau banyak saluran yang dapat menyediakan layanan di wilayah yang lebih terlokalisasi.

Kekuatan radio yang satu ini juga harus diatur agar dapat membatasi penyebaran geografis siarannya. Di sel berikutnya, frekuensi yang sama akan dapat digunakan lagi.

Meskipun kamu berada di saluran yang sama, banyak orang dapat berbicara sekaligus di berbagai sel di seluruh kota atau daerah. Di setiap sel, ada stasiun pangkalan yang menampung antena nirkabel dan peralatan radio lainnya.

Setiap sel akan menyertakan antena nirkabel yang terhubung ke jaringan telepon lokal, internet, dan jaringan nirkabel lainnya. Sinyal akan dikirim melalui antena nirkabel pada saat itu. Untuk menentukan ada atau tidaknya sinyal, telepon harus dihidupkan terlebih dahulu.

Kemudian telepon akan mengomunikasikan nomor identifikasi yang ditentukan sehingga jaringan dapat memverifikasi informasi pelanggan. Penyedia layanan nirkabel dan nomor telepon digunakan dengan cara yang sama.

Panggilan dari Telepon Seluler Menuju Telepon Rumah

Panggilan telepon seluler dikirim ke antena nirkabel terdekat, dan kemudian konduktor nirkabel mengubahnya menjadi panggilan telepon biasa.

Fungsi Telepon

Setelah itu, panggilan akan dikirim ke jaringan telepon biasa. Dan untuk individu yang diinginkan.

Panggilan dari Telepon Seluler Menuju Telepon Seluler

Saat melakukan panggilan seperti ini, panggilan akan dialihkan melalui jaringan darat ke operator nirkabel penerima dan kemudian dilanjutkan di jaringan nirkabel ke sel terdekat dengan individu tujuan.

Saat berbicara di telepon seluler, telepon seluler dapat mengambil suara dan mengubah suara itu menjadi energi frekuensi radio (gelombang radio). Ada penerima di stasiun pangkalan terdekat yang akan mengambil sinyal radio ini.

Stasiun pangkalan kemudian akan mengirimkan panggilan ke telepon penerima yang dituju melalui jaringan nirkabel.

Panggilan Jarak Jauh

Ketika panggilan dilakukan ke seseorang yang sangat jauh, panggilan tersebut dialihkan ke pusat pertukaran yang jauh. Panggilan jarak jauh lintas negara.

Kesimpulan

Telepon dapat dianggap sebagai cara untuk mengirim dan menerima pesan suara. Alexander Graham Bell telah menemukan alat yang berguna sejak usia 12 tahun.

Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1845 dan perusahaannya, Bell Company, memiliki 10.000 telepon yang berfungsi pada saat kematiannya pada tahun 1875.

Back to top button