Advertisement

Apa Itu Content Management System, Pengertian dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui apa itu content management system atau bisa juga disebut dengan sistem manajemen konten, dan bagaimana cara kerjanya, silahkan simak dalam pembahasan artikel ini.

Bagi kamu yang ingin masuk ke ranah content marketing, sistem manajemen konten atau CMS merupakan teknologi yang harus dipelajari.

Apa yang memberi? karena merupakan salah satu alat dasar untuk memproduksi konten dan mendesain blog. Teknologi ini juga dapat membantu perusahaan yang ingin membangun situs web menggunakan keterampilan dan sumber daya teknis bersertifikat.

W3tech mengatakan bahwa lebih dari setengah dari semua situs web di internet menggunakan CMS karena berfungsi dengan baik.

Jangan khawatir, kami telah menyiapkan daftar barang-barang lain yang berguna hanya untuk kamu. Simak pemaparan selengkapnya di bawah ini.

Sebenarnya Apa Itu Content Management System?

Sistem manajemen konten, atau CMS, adalah aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam membuat, mengelola, dan mengedit konten di situs web.

Sebenarnya Apa Itu Content Management System

Kemudian, seiring berjalannya waktu, teknologi ini banyak dimanfaatkan oleh para developer sebagai alat untuk membangun website tanpa perlu menulis semua kode dari awal.

Sekarang, CMS telah berkembang dan menjadi landasan untuk mengontrol pengalaman audiens yang lengkap di semua platform, termasuk email, aplikasi seluler, media sosial, situs web, dan lainnya.

CMS juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam pengembangan, pengeditan, dan produksi konten digital secara bersamaan.

Sistem manajemen konten dapat membantu pengguna membuat konten, mengeditnya, menjadi berita utama, menambahkan foto, dan mengelola SEO di situs.

Pada kenyataannya, pengguna juga dapat mengubah tampilan dan cara kerja situs dengan mengunduh atau membeli templat dan plugin web.

Bagaimana Cara Kerja Content Management System

Jangan khawatir jika kamu tidak tahu apa-apa tentang coding tetapi masih ingin membangun situs web atau blog.

CMS memudahkan kamu untuk menyelesaikan semuanya. Hubspot menunjukkan cara kerja CMS melalui contoh WordPress. Tanpa sistem manajemen konten (CMS), tidak mungkin menambahkan konten baru ke situs web.

Dengan CMS seperti WordPress, kamu dapat membuat konten dengan tampilan yang lebih ramah dan familiar, seperti Microsoft Word.

Contoh Content Management System

Kamu akan ingin memilih CMS terbaik untuk organisasi kamu setelah kamu memahami spesifikasi CMS. Berikut adalah beberapa tips CMS yang dapat kamu gunakan untuk mengelola konten kamu lebih cepat dan lebih bebas.

Contoh Content Management System

WordPress

Contoh CMS terkenal, WordPress, telah disorot. WordPress telah digunakan untuk membuat banyak blog selama beberapa tahun terakhir, dan menjadi lebih populer.

WordPress memiliki fitur yang membuatnya fleksibel dan mudah digunakan, yang memudahkan orang untuk menginstal dan menggunakannya.

Misalnya, WordPress menawarkan kemampuan yang memungkinkan kamu memposting foto ke situs web dengan mudah. Pembuatan konten dan manajemen konten dibuat sederhana untuk pengguna non-teknis berkat WordPress.

Joomla

Joomla adalah sistem manajemen konten sumber terbuka untuk memproduksi konten situs web. Kerangka model-view-controller Joomla untuk aplikasi situs web dapat digunakan dengan atau tanpa sistem manajemen konten Joomla.

Joomla biasanya dipandang sebagai CMS serbaguna. Ini karena arsitektur Joomla memungkinkan pengembang untuk membawa Joomla ke tingkat yang lebih tinggi.

MODX

MODX adalah sistem manajemen konten yang pertama kali diluncurkan oleh Ryan Thrash, Raymond Irving, dan Jason Coward pada tahun 2005.

Manajer MODX memberi kamu akses ke sejumlah paket pra-instal yang dibutuhkan banyak pengembang web untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Jika kamu ingin menggunakan MODX, kamu harus terbiasa dengan PHP atau HTML.

Fitur Dalam Content Management System

Sitecore mengatakan bahwa sistem manajemen konten perlu memiliki sejumlah fitur dan fungsi, seperti:

Manajemen Konten

CMS memungkinkan kamu memproduksi, memodifikasi, menerbitkan, dan mengelola konten online (teks, foto, video, dan audio) (teks, gambar, video, dan audio).

Presentasi

Pengguna biasanya mengunjungi situs web dari beberapa perangkat. Hal ini membuat peningkatan tampilan situs web di beberapa perangkat menjadi tugas yang sangat penting.

Kamu hanya perlu menulis konten sekali menggunakan CMS, dan CMS akan menangani pengubahan ukuran dan pembentukan ulang untuk berbagai perangkat dengan cepat.

Integrasi

CMS memungkinkan pengguna untuk menggabungkan berbagai aplikasi dan platform ke dalam satu lokasi.

Commerce

Kemampuan untuk melakukan perdagangan adalah aspek penting lainnya. Sistem perdagangan digital dapat ditautkan ke pemasaran konten kamu menggunakan CMS.

Personalisasi

CMS harus dapat menargetkan konten yang sesuai kepada pengunjung website berdasarkan geografi, minat, kepribadian, usia, dan interaksi dengan bisnis yang telah dilakukan sebelumnya.

Analisis

Dimungkinkan bagi pengguna untuk tidak hanya memposting konten tetapi juga untuk melihat bagaimana konten tersebut diterima oleh mereka yang mengunjungi situs web melalui laporan data analitis.

Tata Kelola

Memiliki arah dan kendali yang kuat. Setelah selesai mengembangkan konten, penting untuk mengontrol lokasinya sehingga dapat dimodifikasi di lain waktu. Ini mencakup siapa yang memiliki wewenang untuk membuat perubahan, menyetujuinya, menerbitkannya, dan kemudian menghapusnya dari sistem.

Pilih CMS yang paling sesuai dengan permintaan dan rencana pemasaran perusahaan kamu, jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal darinya. Selain uraian di atas, kamu dapat menemukan informasi yang sebanding di Blog Glint dengan mengunjungi saluran Pemasaran Konten.

Kami menyusun esai singkat untuk kamu dengan banyak perdebatan berbeda tentang alat dan strategi pemasaran konten.

Manfaat Menggunakan Content Management System

Fitur-fitur yang tercantum di atas akan membuat kamu berasumsi bahwa CMS harus menawarkan banyak keuntungan. Menggunakan sistem manajemen konten memiliki banyak keuntungan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Menggunakan Content Management System

Mudah Digunakan

Antarmuka pengguna grafis CMS membuatnya mudah digunakan, bahkan bagi kamu yang kurang memiliki keahlian teknis.

Tersedianya Berbagai Informasi

Kamu dapat dengan cepat menemukan informasi. Sebuah fitur pencarian built-in memungkinkan pengguna mengetikkan istilah pencarian mereka dan mendapatkan daftar hasil yang serupa dengan apa yang diberikan oleh mesin pencari Google.

Mengelola Konten Lebih Mudah

Kamu akan dapat menangani konten kamu dengan lebih sedikit kerumitan. Tidak hanya mudah untuk menambahkan konten baru, tetapi juga mudah untuk menghapus konten yang sudah ada. CMS memudahkan untuk membatalkan publikasi konten untuk menjaga situs web tetap up to date.

Akses Mudah oleh Siapa pun

Kamu akan dapat pergi ke sana dari mana pun kamu berada. Jika CMS berada di tempat atau dihosting di cloud, pengguna dapat melihat konten mereka dari mana saja menggunakan gadget apa pun yang mendukung internet. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan banyak pengguna lain ke proyek konten kamu karena CMS memudahkan untuk menangani hak penerbitan.

Update Konten Lebih Cepat

Kamu dapat memperbarui konten secara instan. CMS memungkinkan pengguna mengelola dan mengubah konten tanpa menunggu pengembang atau pengembang melakukannya.

Update Konten Lebih Cepat

Seiring pertumbuhan bisnis, mungkin tidak perlu bantuan pengembang untuk membuat halaman web baru. Kamu memiliki kendali penuh atas skalabilitas proyek kamu.

Kamu dapat dengan cepat memperbarui atau meningkatkan. Hanya dengan beberapa klik, tim pengembangan dapat meluncurkan versi baru aplikasi.

Itulah penjelasan kami tentang sistem manajemen konten yang perlu kamu ketahui. Sistem manajemen konten (CMS) adalah program yang membantu situs web perusahaan membuat dan mempertahankan posting blog terbaru dengan kualitas tinggi.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang content management system, sebagai berikut:

Apa Kegunaan Dari Konten Manajemen Sistem?

Fungsi atau kegunaan utama dari CMS ialah untuk mengelola dan mengembangkan konten agar lebih fleksibek, mudah dan cepat. Sebagai sebuah platform, CMS juga dapat memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya agar dapat mengeksplorasi lebih dalam mengenai konten yang dipakai.

Kesimpulan

Content Management System (CMS) adalah aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam membuat, mengelola, dan mengedit konten di situs web.

Teknologi ini telah menjadi landasan untuk mengontrol pengalaman audiens yang lengkap di semua platform, termasuk email, aplikasi seluler, media sosial, situs web, dan lainnya.

Sistem manajemen konten (CMS) adalah program yang membantu situs web perusahaan membuat dan mempertahankan posting blog terbaru dengan kualitas tinggi. Kami menyusun esai singkat untuk kamu dengan banyak perdebatan berbeda tentang alat dan strategi pemasaran konten.

Tombol kembali ke atas