Pengertian Fasilitas Internet, Fungsi serta Sejarahnya

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian fasilitas internet, tidak hanya itu kami juga akan memberikan informasi tentang fungsi beserta dengan sejarah internet.

Karena kemudahan mengaksesnya, internet seharusnya tidak asing lagi bagi semua anak muda. Dengan hanya beberapa perangkat, kita dapat menjelajah internet. Dengan gadget seadanya saja kita sudah bisa berselancar di internet.

Hal ini semakin dipermudah dengan tersedianya fasilitas gratis seperti wifi di institusi pendidikan. Setiap siswa dapat mengakses internet menggunakan perangkat yang kamu miliki dan wifi gratis di sekolah. Jadi boleh dibilang orang bisa mengakses internet tanpa modal.

kamu sering memanfaatkan fasilitas internet untuk mengakses situs-situs seperti Facebook, Google, Blogger, Twitter, Yahoo, YouTube, dan banyak lagi. Dengan akses internet yang mudah, pengguna internet di Indonesia dan di seluruh dunia semakin banyak.

Penggunaan internet tidak akan memadai tanpa pemahaman tentang apa itu internet dan bagaimana cara kerjanya. Apa fungsi internet? Di sini kami akan menjelaskan apa itu internet dan apa yang dapat dilakukannya untuk kamu.

Pengertian Fasilitas Internet

Lebih dari satu miliar jaringan komputer dari semua jenis dan ukuran dihubungkan bersama oleh internet, atau apa singkatannya (jaringan interkoneksi), yang merupakan jaringan komunikasi terbuka di seluruh dunia yang menggunakan berbagai metode komunikasi, termasuk telepon dan satelit.

Pengertian Internet

Pertama, Departemen Pertahanan AS membangun jaringan komputer berbasis ARPANET yang disebut Internet pada tahun 1969. Pada awalnya, proyek ini hanya untuk militer, tetapi seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang tertarik.

Fasilitas Fasilitas dari Internet

Selain itu, ada beberapa fasilitas yang tersedia di internet yang dapat meningkatkan produktivitas kita dan membuat hari kerja kita lebih tertahankan.

Berikut adalah beberapa dari banyak fasilitas-fasilitas yang bisa kita dapatkan dari internet, yang diurutkan berdasarkan kegunaannya.

WWW

WWW atau yang biasa disebut dengan (WWW) adalah sebuah sistem yang ada di internet yang misinya mencari dan memberikan informasi secara cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.

Email

Email adalah sebuah gadget elektrik yang berfungsi untuk memudahkan kita berkomunikasi dimanapun dan dari jarak apapun.

Mailing List

Fasilitas Internet Mailing List seperti yang lebih sering dikenal, adalah grup diskusi online.

BBS

Pusat layanan informasi seperti BBS, atau sistem papan buletin, menyampaikan berbagai informasi dari berbagai domain khusus, seperti sektor pendidikan dan bisnis, serta bidang sosial dan teknologi.

Chatting

Dua atau lebih pengguna PC dapat berkomunikasi secara real time dan melalui jaringan internet dengan menggunakan istilah “obrolan”.

Newsgroup

Fungsinya sedikit sama dengan milis. Newsgroup adalah salah satu alat kelompok diskusi di internet. Untuk dapat mengakses sebuah newsgroup memerlukan jaringan komputer tertentu, yang biasa disebut UseNet.

Newsgroup Internet

FTP

FTP, atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk pertukaran data antara satu pengguna komputer dengan server lain di internet.

Gopher

Gopher adalah protokol lapisan aplikasi TCP/IP yang dibuat agar dokumen dapat dibagikan, dicari, atau diambil melalui internet.

Fungsi Internet

Fasilitas Internet pasti memiliki banyak fungsi yang mungkin sudah kita alami, dan beberapa fitur ini pasti akan membantu kita dalam pekerjaan dan fasilitas lainnya.

Menambah Wawasan dan Pengetahuan Kita

Berkat internet, kita bisa belajar lebih banyak tentang berbagai topik dari seluruh dunia. Internet adalah gudangnya informasi. Cukup dengan mencari di Google, kita dapat menemukan informasi yang kita cari.

Mesin pencari ini dapat menemukan informasi apa pun yang kamu cari, apa pun itu. Ada banyak mesin pencari yang berbeda untuk dipilih, termasuk Google, Bing, Yahoo, dan banyak lagi.

Komunikasi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah

Individu dan kelompok sekarang dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat daripada sebelumnya karena komunikasi internet yang cepat. Kami juga dapat berkomunikasi dengan seseorang yang berada di luar negeri.

Komunikasi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah

Kita dapat berkomunikasi di internet dengan berbagai cara, seperti melalui email, media sosial (seperti Facebook, Twitter, dan Google+), dan masih banyak lagi fasilitas di internet yang dapat kita gunakan untuk berinteraksi.

Kita dapat Berbelanja Secara Online melalui Internet

Karena meluasnya penggunaan internet, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, ada pasar yang cukup besar. Sehingga product maker dan distributor menjual barangnya secara online, yang ditunjukkan dengan tumbuhnya banyak situs toko online di Indonesia, seperti Lazada, Mataharimall, Bilna, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan belanja online karena semakin banyak orang yang menjual barang-barang kamu di internet. Lebih dari 70% orang di seluruh dunia berbelanja online daripada pergi ke pasar.

Internet bisa Menjadi Wahana Hiburan.

Internet juga memiliki fungsi sebagai “penghibur” bagi kamu yang ingin menenangkan jiwa atau sekedar rehat sejenak dengan bermain game dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan di internet adalah menonton video di YouTube, bermain game, mengobrol dengan orang di media sosial, dan masih banyak lagi.

Internet dapat Digunakan untuk Mencari Uang

Bagaimana jika kamu memberi tahu kamu bahwa kamu dapat menghasilkan uang di internet? Baik itu melalui memulai toko online, atau menjalankan bisnis internet lainnya.

Faktanya, seluruh mata pencaharian banyak orang didasarkan pada kemampuan kamu untuk bekerja dari rumah atau melalui internet.

Bekerja di internet sering disebut bisnis online. Ada banyak orang yang sukses di internet. kamu bahkan bisa mendapatkan ratusan juta rupiah dari internet.

Manfaat dari Internet

Internet memberikan banyak keuntungan, begitu banyak sehingga kamu tidak bisa menyebutkan semuanya. Mungkin itu kelebihan internet secara umum yang akan kamu bahas kali ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari internet.

Manfaat Internet

Sebagai Media Komunikasi

Untuk terhubung dengan siapa saja di seluruh dunia, kita dapat menggunakan internet. Kita bahkan dapat berbicara dengan orang yang sangat jauh dari kita.

Internet telah membuat lebih mudah untuk berkomunikasi satu sama lain. kamu dapat melakukan ini melalui email, media sosial, dan banyak metode lainnya.

Sebagai Media Promosi

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, begitu pula minat para netizen. Ini adalah kabar baik bagi bisnis untuk orang-orang ini. kamu akan lebih mudah mengiklankan barang atau produk kamu kepada pelanggan melalui internet.

Sebagai Media Informasi

Kita bisa mencari berbagai informasi dan berita terkini di internet. Informasi dan berita terus diperbarui, dan tidak berhenti sampai di situ. Kita dapat menemukan berita dan informasi dari seluruh dunia.

Dapat Berbelanja Lebih Mudah

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya masyarakat yang memanfaatkan internet, membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk meluncurkan toko online kamu.

Jadi untuk hari ini, kita dapat menemukan banyak bisnis internet yang menawarkan berbagai hal. Tentunya hal ini memudahkan kita untuk berbelanja. Karena kita tidak perlu keluar rumah, barang sudah bisa sampai ke rumah kita.

Sebagai Hiburan

Kami juga dapat memanfaatkan internet sebagai sarana hiburan, misalnya dengan menonton film di YouTube atau bermain game. Dan masih banyak lagi hiburan tambahan yang mungkin kita terima melalui internet.

Sebagai Penghasil Uang

Internet ternyata menjadi cara yang memungkinkan untuk juga menghasilkan uang, baik dengan meluncurkan bisnis online atau mengembangkan situs web.

Sebagai Penghasil Uang

Yang lain mencari nafkah dengan menjual kembali barang orang lain. Menghasilkan uang di internet dapat dicapai dalam beberapa cara.

Manfaat internet yang lain adalah:

  1. Sebagai alat research and development (penelitian dan pengembangan)
  2. Sebagai media pertukaran data

Keunggulan Internet

Ada berbagai keunggulan internet dibandingkan dengan media lainnya, yaitu:

  1. Komunikasi murah
  2. Akses mudah
  3. Sumber informasi banyak dan bervariasi
  4. Tantangan baru untuk berusaha
  5. Lebih transparan
  6. Jangkauan luas

Sejarah dan Perkembangan Internet

Pada tahun 1969, DARPA, badan penelitian militer AS, mulai mencari cara untuk menghubungkan banyak komputer bersama-sama untuk membangun jaringan organik, dan saat itulah internet dimulai. Inisiatif atau kajian ini pada saat ini diistilahkan dengan ARPANET.

Satu tahun kemudian, atau pada tahun 1970, misi tersebut berhasil menghubungkan 10 komputer. Ke-10 komputer tersebut dihubungkan satu sama lain untuk membangun jaringan sehingga kamu dapat berbicara satu sama lain.

Dua tahun kemudian, pada tahun 1972, seorang ahli yang telah menemukan e-mail setahun sebelumnya (1971) menyempurnakannya. Aplikasi email baru jauh lebih ramah pengguna, dan dengan cepat menjadi sangat populer.

Pada tahun yang sama, lambang @ digunakan sebagai indikator penting yang menyatakan “at” atau “on”. Setiap email harus menyertakan tanda @. Jaringan komputer ARPANET kemudian dikembangkan di luar Amerika Serikat pada tahun 1973.

Di University College London, komputer AS pertama terhubung ke jaringan Arpacap. Namun, pada tahun 1973, dua ilmuwan komputer bernama Bob Kahn dan Vinton Cers memiliki gagasan yang lebih besar, dan ini adalah kelahiran pemikiran internet.

Sejarah dan Perkembangan Internet

Konsep ini pertama kali diusulkan di University of Sussex. Pada tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil mengirim email pertamanya dari Royal Signals Radar Establishment di Malvern.

Hampir segera setelah itu, ARPANET diklaim oleh lebih dari seratus komputer sebagai sebuah jaringan. Beberapa tahun setelah itu, lebih tepatnya pada tahun 1981, seorang ahli bernama Telecom merilis telepon televisi untuk pertama kalinya.

Telepon televisi ini memungkinkan seseorang untuk melakukan panggilan saat berhubungan dengan hubungan visual. Standar resmi yang disetujui untuk mengidentifikasi komputer mendorong peningkatan jumlah orang yang memiliki komputer dan menghubungkannya ke dalam jaringan.

Satu tahun kemudian, Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP) ditemukan. Di tempat lain, ada jaringan komputer alternatif yang dikenal bernama Eune. Jaringan ini memulai debutnya di Eropa.

Komputer di Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia semuanya terhubung ke jaringan ini sebagai bagian dari misinya. Pada tahun 1984, mekanisme yang disebut sistem nama domain (DNS) diberlakukan untuk memastikan bahwa semua jaringan komputer memiliki alamat yang sama.

Sistem nama domain ini umumnya dikenal sebagai DNS (Domain Name System) (Sistem Nama Domain). Pertumbuhan jaringan ini begitu pesat sehingga saat itu sudah ada lebih dari 1000 komputer yang terhubung dengan jaringan saat ini. Bahkan beberapa tahun kemudian, pada tahun 1987, jumlah komputer di jaringan berkembang secara signifikan menjadi lebih dari 10.000 komputer.

Dampak Positif Internet

Dibawah ini dampak positif dari penggunaan internet, sebagai berikut:

Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah

Orang biasa berkomunikasi dengan orang lain yang tinggal jauh dengan mengirim surat melalui komunikasi, tetapi metode komunikasi ini telah dihapus dan digantikan dengan yang lebih nyaman, terutama SMS atau panggilan komunikasi.

Namun, komunikasi melalui SMS dan telepon relatif terbatas, seperti tidak bisa berkomunikasi foto atau hal lainnya. Kita dapat berbagi foto, film, dan banyak lagi, bukan hanya mengirim pesan melalui internet.

Komunikasi dengan internet juga lebih cepat dan mudah. Internet, media sosial, blog, situs web, dan media online lainnya semuanya dapat digunakan untuk komunikasi online.

Bisa Digunakan untuk Berbisnis

Menjual barang secara online telah menjadi bisnis yang menguntungkan di dunia belanja internet saat ini. Selain menjalankan bisnis melalui toko online, masih banyak bentuk bisnis online lainnya.

Informasi Semakin Mudah dan Cepat Didapat

Sebagai hasil dari internet, kita dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi dan berita terkini dari seluruh internet, serta berita domestik dan internasional.

Mudah Mendapatkan Informasi Global

Seperti halnya cara nomor 3, kamu bisa mendapatkan informasi dari internet. Bukan hanya informasi dalam negeri, tetapi informasi atau berita dari seluruh dunia.

Mudah Mendapatkan Informasi Global

Menghibur

Internet dapat menjadi sumber kesenangan sekaligus informasi. Mengatakan kamu terhibur oleh internet berarti kamu senang memiliki akses ke internet.

Media Pembelajaran atau Edukasi

Di internet, ada banyak informasi instruksional, dan ini sangat membantu dan baik untuk siswa. kamu tidak kesulitan menemukan materi yang telah kamu pelajari di kelas.

Promosi

Jika kamu menjalankan bisnis, kamu dapat memasarkan produk atau layanan kepada pengguna internet.

Dampak negatif internet

Internet menawarkan banyak manfaat, tetapi juga memiliki banyak kelemahan. Apakah ada kerugian yang dapat dilakukan dengan menggunakan internet? Berikut poin-poinnya:

Menyebarnya Pornografi

Pornografi telah berkembang di internet dan tersedia untuk semua orang. Bahkan anak di bawah umur dapat mengaksesnya.

Konten semacam ini memiliki banyak efek yang tidak diinginkan, seperti membuat anak-anak menjadi kurang bermoral dan meningkatkan jumlah kejahatan seksual.

Penipuan

Penipu menyukai internet karena sangat mudah ditipu. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan Wi-Fi publik atau jaringan publik lainnya. Jangan jadi korban penipuan.

Masuknya Budaya Asing yang Negatif

Jika kita tidak memiliki filter yang tepat, maka budaya lain dapat menyerang bangsa kita. Karena dengan internet kita bisa mengamati budaya kamu bahkan mungkin mengikuti budaya kamu. Tinggalkan warisan budaya negatif kamu dan adopsi warisan budaya positif kamu.

Masuknya Budaya Asing yang Negatif

Kecanduan

Orang mungkin kecanduan internet dalam dua cara. Jika kecanduan itu baik untuk kamu, seperti belajar terlalu banyak di internet, itu sisi baiknya. Sisi negatifnya bila kecanduang menggunakan internet untuk hal hal negatif.

Mengurangi Sifat Sosial

Orang-orang cenderung tidak terlibat dalam interaksi sosial dengan keluarga dekat dan teman-teman kamu sebagai akibat dari internet.

Orang-orang yang terhubung ke internet sering menghabiskan waktu luang kamu di perangkat seluler, laptop, atau komputer yang terhubung ke internet melalui jaringan nirkabel atau koneksi kabel.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang internet, sebagai berikut:

Apa Keistimewaan Dari Internet?

Keistimewaan dari internet yaitu sebagai sarana konektivitas dan komunikasi. akses informasi, pengetahui dan edukasi, alamat dan pemetaan, kemudahan bisnis, serta hiburan.

Kesimpulan

Internet atau singkatannya (interconnection networking) adalah jaringan komunikasi universal yang terbuka. Menghubungkan lebih dari milyaran jaringan komputer dari berbagai jenis dan tipe, menggunakan jenis komunikasi seperti telepon, satelit dan lain-lain. Internet didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.

Demikian artikel tentang pengertian fasilitas internet, fungsi serta sejarahnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas

Adblock Detected

Please Turn OFF Your AdbLock Browser For Continue. Thanks / Mohon Matikan Terlebih Dahulu AdBlock Anda. Terima Kasih