Advertisement

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui tentang sistem operasi komputer? Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang informasi ini, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Penggunaan media elektronik, terutama komputer atau ponsel, telah berkembang pesat. Aspek terbesar yang mendorong konsumen untuk memanfaatkan gadget ini adalah dari segi informasi dan komunikasi yang efektif.

Tentunya sebuah gadget membutuhkan sistem operasi untuk dapat mengontrol kedua aspek tersebut. Karena sangat penting untuk kelancaran pengoperasian perangkat komputer, sistem operasi, yang sering dikenal sebagai OS, menjadi bagian integral dari sistem.

Yang mana, akan sangat terikat dengan penggunaan perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), dan elemen lainnya. Karena sistem operasi sangat banyak digunakan, kami akan memeriksa komponennya dan cara kerjanya di artikel ini.

Sehingga informasi yang diperoleh mampu menawarkan gambaran yang lebih lengkap tentang interaksi antara OS dan aktivitas manusia itu sendiri.

Apa Itu Sistem Operasi Komputer

Perangkat lunak yang dapat mengelola sumber daya perangkat lunak dan perangkat keras agar dapat berfungsi secara efektif dan memungkinkan interaksi sistem inilah yang kami maksud dengan “sistem operasi” (brainware).

Jika kita gambarkan contoh sederhana, hubungan antara sistem operasi dan komputer seperti kendaraan bermotor dan bensin. Jika tidak ada bensin di sana, mobil tidak akan berfungsi dengan baik.

Apa Itu Sistem Operasi Komputer

Sama halnya dengan sistem operasi, di mana kamu tidak akan dapat menggunakan perangkat komputer jika tidak ada OS. Demikian juga, jika kamumemiliki perangkat sistem tetapi tidak memiliki komputer, itu tidak berguna.

Tugas Sistem Operasi

Secara umum, sistem operasi memiliki tanggung jawab untuk mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Sistem operasi menangani prosedur mengakses perangkat lunak dari satu sama lain, menjamin bahwa setiap perangkat lunak beroperasi dengan benar.

Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan umum yang dilakukan oleh sistem operasi komputer:

Menjalankan Operasi Dasar

Salah satu tanggung jawab utama sistem operasi adalah menjalankan fungsi rutin pada komputer. Sistem operasi ini adalah yang paling mendasar dari sistem kerja perangkat lunak atau perangkat lunak agar dapat bekerja dengan benar. Sistem ini membantu komputer untuk dapat menyajikan tampilan komputer sedemikian rupa kepada penggunanya.

Untuk Menyajikan Sebuah Tampilan

Salah satu tujuan dari sistem operasi komputer adalah untuk memungkinkan penggunaan program. Untuk menampilkan program-program ini kepada pengguna baru segera setelah komputer dihidupkan, sistem operasi komputer mengizinkannya untuk diluncurkan.

Selain itu, sistem operasi melakukan fungsi seperti terjemahan bahasa. Untuk memudahkan pengguna akhir memahami, bahasa pemrograman yang dihasilkan CPU diterjemahkan ke dalam bentuk yang dapat ditampilkan sebagai gambar atau teks.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi berisi sejumlah fungsi penting yang tidak dapat direplikasi oleh perangkat lain, selain yang telah disebutkan. Fungsi sistem operasi antara lain sebagai berikut:

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Untuk Mengatur Kerja Hardware

Komputer memiliki perangkat keras dan juga perangkat lunak. Selain perangkat keras, sistem operasi bertanggung jawab atas perangkat keras komputer yang sebenarnya. CPU, speaker, mouse, dan periferal lainnya adalah contoh dari jenis perangkat keras yang dipermasalahkan.

Perangkat keras sistem operasi adalah untuk melacak koneksi perangkat keras dan perangkat lunak dan memastikan komputer bekerja dengan benar.

Untuk Mengatur Berbagai Macam Aplikasi

Memori penyimpanan adalah tempat sebagian besar aplikasi kamu disimpan. Semua program ini terhubung dengan sistem operasi. Jadi, jika komputer tidak memiliki sistem operasi, kamu tidak dapat menjalankan program aplikasi tersebut.

Untuk Koordinasi Perangkat Komputer

Untuk membuat program yang rumit lebih mudah dibuat, sistem operasi komputer dapat mengatur beberapa tugas yang berhubungan dengan komputer dengan cara yang logis dan berurutan. praktis dan efisien.

Untuk Fungsi Komputer yang Optimal

Sistem operasi lain membantu perangkat keras dan perangkat lunak komputer melakukan yang terbaik dengan menyesuaikan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan khusus.

CPU, yang membutuhkan waktu untuk berfungsi dan melakukan panggilan ke file di hard drive, adalah salah satu contoh perangkat yang memerlukan penanganan khusus.

Macam Macam Sistem Operasi

Setelah mempelajari banyak sekali tugas dan fungsi yang dilakukan sebuah sistem operasi, kini saatnya mempelajari macam-macam sistem operasi komputer. Sebagai berikut:

Sistem Operasi DOS

Ini adalah nenek moyang dari OS karena merupakan sistem operasi komputer Microsoft tertua. DOS, yang merupakan singkatan dari Disk Operating System, adalah sistem operasi pertama yang disertakan dengan komputer pribadi IBM.

Karena ini bukan sistem operasi dengan antarmuka pengguna grafis, semua instruksi pemrograman harus diketikkan ke Command Prompt.

Hampir sama dengan komputer sebelumnya. MS-look DOS masih hitam putih, tanpa gambar atau apapun selain teks lama biasa. MS-DOS 8 juga akan dikembangkan oleh Microsoft. Namun, akhirnya pengembangan sistem operasi ini dihentikan pada tahun 2000.

Sistem Operasi Windows

Setelah runtuhnya sistem operasi DOS, Microsoft merilis keluarga sistem operasi Windows NT sebagai langkah selanjutnya dalam evolusi sistem operasi.

Sejak awal, Windows telah diinstal sebelumnya di hampir setiap komputer IBM dan pihak ketiga. Sebagai sebuah sistem, Windows lebih banyak digunakan di seluruh dunia daripada sistem operasi lainnya.

Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Mac OS

Sistem operasi Mac OS, yang merupakan singkatan dari Macintosh Operating System, merupakan sistem operasi yang boleh dibilang paling eksklusif dari semua OS dan hanya tersedia pada satu merek komputer, yaitu Apple. Mac OS dirilis pada tahun 1984 dan merupakan sistem operasi pertama yang berjalan di komputer LISA. Kernel Linux adalah sistem operasi untuk pembuatan Mac OS.

Mac OS lebih baik daripada sistem operasi lain karena itu adalah yang pertama menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI), yang kemudian disalin Microsoft.

Pada akhirnya, Mac OS diperbarui untuk menggunakan versi terbaru, yang disebut Mac OS X. Mac OS X versi kesepuluh merupakan hasil evolusi dari versi Mac OS 9. Mac OS X dirilis pada tahun 2001.

Orisinalitas dan eksklusivitas sistem operasi ini membuatnya menonjol dari yang lain, memberikannya tempat khusus di hati dan rumah penggunanya.

Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux adalah salah satu sistem operasi open source yang sangat populer di kalangan seluruh penduduk. Terlepas dari kenyataan bahwa itu populer di bawah Windows dan Mac OS.

Sifat open source-nya memberi kebebasan kepada pengguna untuk mengembangkan sistem operasi. Meski begitu, Linux mungkin masih efektif jika dibandingkan dengan sistem lain.

Manfaat yang menonjol adalah bahwa OS ini tidak bergantung pada pemasok, dan biaya operasional yang terkait dengan menjalankan OS ini relatif rendah jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Sejak rilis pertama, OS Linux telah menggunakan fondasi dan antarmuka grafis, dan mungkin berbasis teks.

Sistem Operasi Unix

Unix didirikan oleh perusahaan AT & T, General Electric, dan MIT pada tahun 1965 untuk DARPA. Unix adalah satu-satunya sistem operasi yang dapat digunakan pada berbagai komputer, termasuk komputer kecil.

Server dan komputer desktop sama-sama dapat menjalankan Unix, sistem operasi jaringan. Karena bersifat open source, sistem operasi ini dapat diunduh secara gratis.

Sistem Operasi Amiga

Amiga adalah sistem operasi lama yang masih digunakan, terutama pada laptop Amiga. Sistem ini pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Commodore International pada tahun 1985 untuk iterasi pertamanya, yang diberi nama Amiga 1000.

Sistem operasi ini berfungsi di salah satu ponsel paling terkenal. ponsel, khususnya seri Motorola 68 K, menggunakan CPU 1 dan 32 bit. Sistem operasi ini menggunakan antarmuka pengguna. Namun karena sulit ditemukan, sistem operasi ini tidak digunakan oleh kebanyakan orang.

Sistem Operasi Google Chrome

Google Chrome OS adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh organisasi terkemuka, terutama Google, dengan tujuan untuk dapat beroperasi dengan aplikasi online. Pada tahun 2009, versi beta dari Google Chrome dirilis. Setahun kemudian, versi lengkap Google Chrome diperkenalkan.

Google Chrome memilih Linux sebagai sistem operasi referensi selama proses pengembangan karena hanya dapat dioperasikan pada perangkat keras khusus. Google Chrome OS dilengkapi dengan browser, pengelola file, dan pemutar media, di antara program lainnya.

Sistem Operasi Garuda OS

Garuda OS adalah salah satu kernel Linux yang dibuat di Indonesia. Garuda OS dirancang agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan sistem operasi yang freeware, open source, dan sesuai dengan SNI atau standar nasional Indonesia.

Namun, OS Garuda belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia karena pembiayaan yang kurang sempurna, membuat OS ini cukup lumrah sehingga kurang menarik perhatian masyarakat.

Sistem Operasi BlankOn

Selain Garuda OS, anak-anak sekolah Indonesia telah memproduksi BlankOn, sistem operasi lain untuk digunakan di komputer. Kernel Linux disertakan dalam BlankOn dan Garuda OS.

YPLI mengembangkan BlankOn untuk menjawab kebutuhan pasar akan sistem operasi yang dapat digunakan di berbagai lingkungan, termasuk sekolah, tempat kerja, dan kantor pemerintah.

BlankOn

Sistem operasi, di sisi lain, adalah kelemahan BlankOn karena masih tidak stabil dan agak lamban. Selain itu, sistem operasi ini masih kalah populer dan kurang bergengsi jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya

Sistem Operasi Be OS

Be OS adalah jenis sistem operasi yang dibuat oleh Firm B Inc. untuk digunakan pada PC atau komputer pribadi yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Awalnya, sistem operasi ini dirilis untuk digunakan dengan perangkat keras Be, terutama Be Box, untuk memastikan pengoperasian yang benar dari perangkat keras. Be Box yang didesain ulang mulai dikembangkan pada tahun 1991.

Ketersediaan multiprosesor, modul bandwidth, dan kemampuan untuk melakukan multitasking preemptive adalah keunggulan perangkat keras Be Box.

Sun Solaris OS

Sistem operasi Sun Solaris dibuat pada tahun 1992 oleh perusahaan teknologi terbesar di dunia, Sun Micro Systems. Unix adalah dasar dari sistem operasi.

Dengan keunggulan sistem operasi lain, seperti stabilitas yang sangat baik, open source, dan kesempatan untuk mendapatkan kepemilikan atau lisensi, sistem operasi ini menonjol.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang sistem operasi komputer, sebagai berikut:

Apa Saja Contoh Dari Sistem Operasi?

Contoh sistem operasi yang umum digunakan yaitu Apple (iOS), Microsoft Windows, Google Android, Apple macOS hingga Linux.

Kesimpulan

Sistem operasi komputer adalah Perangkat lunak yang dapat mengelola sumber daya perangkat lunak dan perangkat keras agar dapat berfungsi secara efektif dan memungkinkan interaksi sistem.

Demikian informasi tentang pengertian sistem operasi komputer dan fungsinya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas