Advertisement

Perangkat Lunak untuk Mengubah Program Bahasa

Rancakmedia.com – Hai, untuk kamu jika ingin mengetahui tentang perangkat lunak program bahasa, kami sudah menyediakan informasinya secara detail, simak dalam artikel berikut ini.

Perangkat lunak bahasa pemrograman adalah perangkat lunak bahasa komputer yang digunakan dengan merancang atau menghasilkan program sesuai dengan struktur dan prosedur dari bahasa pemrograman itu sendiri.

Transformasi data ini dilakukan oleh komputer dengan menggunakan instruksi program yang dihasilkan oleh program itu sendiri. Kumpulan instruksi ini harus dapat dipahami oleh komputer serta terstruktur dengan baik (dalam hal sintaksis) dan bermakna.

Bahasa pemrograman adalah notasi untuk menyampaikan program komputer yang akurat. Berbeda dengan bahasa, misalnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang merupakan bahasa alami, sintaks dan semantik bahasa pemrograman komputer ditentukan dan diatur secara eksplisit, sehingga bahasa pemrograman terkadang disebut sebagai Bahasa formal.

Bahasa Pemrograman dibagi Menjadi 3 Tingkatan

Ada tiga tingkatan bahasa pemrograman: tingkat rendah, tingkat menengah, dan tingkat tinggi.

  1. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language) ini merupakan bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa pemrograman semacam ini sangat sulit untuk dipahami karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Karena program berisi kode-kode mesin, biasanya hanya pembuatnya yang mengerti.
  2. Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language), adalah bahasa pemrograman yang petunjuk penggunaannya dekat dengan bahasa sehari-hari, meskipun masih sulit dipahami karena banyak menggunakan singkatan seperti “STO” yang artinya simpan. (STORE), dan “MOV”, yang artinya pindah (PINDAH). Termasuk dalam bahasa ini adalah assembler.
  3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi merupakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Python, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan yang lain.

Di internet, bahasa seperti Java, PHP, XML, dan ASP sering digunakan, tetapi masih banyak lagi yang sedang dikembangkan dengan ekstensi .net, seperti Visual Basic.NET dan Delphi.NET, yang dibangun di atas basis internet Arsitektur.

Sejauh ini, bahasa pemrograman diklasifikasikan menjadi lima generasi. Bahasa pemrograman berkembang dari waktu ke waktu, dan setiap generasi baru memiliki ciri khasnya sendiri. Semakin maju suatu generasi, semakin bahasa pemrograman ini akan diarahkan untuk orang-orang.

Pengertian Perangkat Lunak Program Bahasa

Bahasa pemrograman atau bagian dari perangkat lunak Bahasa (Language Software) adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (Machine Language), sehingga dapat diterima dan dipahami oleh komputer.

Pengertian Perangkat Lunak Program Bahasa

Program digunakan untuk menerjemahkan perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (Machine Language) (Bahasa Mesin). Seorang programmer perlu mengetahui bahasa pemrograman ini untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak, dan bahasa pemrograman juga digunakan untuk membuat aplikasi yang berbeda berdasarkan kebutuhan mereka.

Macam-Macam Perangkat Lunak Program Bahasa

Penerjemah Bahasa Pemrograman diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu Assembler, Compiler, dan Interpreter.

  1. Assembler adalah program yang digunakan untuk mengubah kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) menjadi bahasa mesin. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari rangkaian angka pada komputer, yang biasa direpresentasikan dengan kode biner angka 1 (satu) dan 0 (nol).
  2. Compiler adalah program interpretatif yang mengubah semua kode sumber selain bahasa assembly menjadi kode objek. Hasilnya berupa kode objek yang dapat dieksekusi oleh komputer. Prosedur untuk membuat terjemahan ini biasa disebut “kompilasi”.
  3. Interpreter adalah program yang menerjemahkan instruksi satu per satu dalam kode sumber dan kemudian mengeksekusi instruksi yang diterjemahkan. Assembly (Kedua bahasa ini termasuk bahasa tingkat rendah / Low level language), Bahasa tingkat Tinggi (High level language), serta Bahasa generasi keempat.

Bahasa Tingkat Rendah (Low level language)

Bahasa pemrograman pada level ini masih jauh dari bahasa manusia.

Bahasa Mesin

Bahasa mesin merupakan bahasa tingkat rendah karena sifat bahasa mesin lebih berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini terdiri dari kode komputer yang terdiri dari sekumpulan angka yang biasanya diwakili oleh angka 1 dan 0.

Bahasa Assembly

Bahasa assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa assembly. Untuk kontrol perangkat keras, yang direpresentasikan dalam frasa pendek alih-alih kode biner, misalnya, JNZ (Lompat bukan nol), yang menunjukkan lompatan jika tidak sama dengan nol.

Bahasa Tingkat Tinggi (High level language)

Karena kemiripannya dengan bahasa manusia, bahasa pemrograman telah mencapai tingkat tinggi. Istilah “bahasa tingkat tinggi” mengacu pada bahasa yang ditujukan untuk masyarakat umum dan lebih dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Berikut ini adalah bahasa-bahasa dari bahasa pemrograman tingkat tinggi.

JAVA

Menurut definisi Sun, Java adalah istilah untuk kumpulan teknologi untuk menghasilkan dan menjalankan perangkat lunak pada komputer independen atau dalam konteks jaringan. Kami lebih suka menyebut Java sebagai teknologi daripada hanya bahasa pemrograman, karena Java lebih komprehensif daripada bahasa pemrograman biasa. Teknologi Java mencakup tiga komponen mendasar, yaitu:

  1. Programming-language specification
  2. Application-programming interface
  3. Virtual-machine specification

Bahasa Java dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded

JAVA

C

Dasar bahasa C adalah bahasa BCPL, yang diciptakan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson, yang kemudian menciptakan bahasa bernama B pada tahun 1970.

Penemuan bahasa B berikutnya adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie, sekitar tahun 1972, di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang AT & T Bell Laboratories) (sekarang AT & T Bell Laboratories).

Berikut ini adalah beberapa dari banyak kelebihan menggunakan bahasa pemrograman C:

  1. Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer
  2. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci
  3. Proses executable program bahasa C lebih cepat
  4. Dukungan pustaka yang banyak Keandalan bahasa C dicapai dengan adanya fungsi-fungsi pustaka. Dlsb

Manfaat tambahan perangkat lunak program bahasa C

C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi. Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit.

Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan bahasa tingkat rendah. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang sangat cepat.

Beberapa kekurangan menggunakan bahasa pemograman C, sebagai berikut:

  1. Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
  2. Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

Kekurangan Bahasa C

PHP

Salah satu bahasa pemrograman yang populer di Indonesia adalah PHP (Hypertext Preprocessor). PHP populer bukan hanya karena gratis, tetapi juga karena merupakan bahasa skrip sisi server yang secara khusus cocok untuk membuat situs web dinamis. Selain itu, beberapa situs web terkenal, seperti Facebook, WordPress, atau Digg, menggunakan PHP dalam konstruksinya. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Ledorf.

Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat freeware (gratis/tidak berbayar). Menyalin dan mendistribusikannya sepenuhnya tidak dibatasi. lengkap dengan source code, debugger, interface profiler yang tergabung di dalamnya untuk fungsi sistem interface layanan, GUI (graphical user interface), dan database.

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Python berada di ujung spektrum yang lebih tinggi. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi online dan seluler.

Python bekerja sangat baik di banyak sistem operasi, termasuk UNIX DOS, Windows, OS/2, dan Macintosh.Instagram, Pinterest, dan Yahoo hanyalah beberapa organisasi terkenal yang menggunakan Python dalam pengembangan perangkat lunak mereka. Python juga digunakan oleh para insinyur Google, Yahoo!, dan NASA.

Ada hampir 6.000 anggota di komunitas Facebook Python Indonesia. Grup ini sangat aktif. Grup ini bertajuk “Python Indonesia”.

JavaScript

Netscape menciptakan bahasa pemrograman JavaScript. Saat ini, pengembangan web adalah penggunaan JavaScript yang paling umum. Kami dapat merancang situs web yang menarik dan dinamis dengan JavaScript. JavaScript Indonesia adalah grup Facebook di Indonesia yang didedikasikan untuk diskusi JavaScript. Lebih dari 10.000 individu adalah bagian dari klub, yang masih aktif sampai sekarang.

C#

Microsoft menciptakan bahasa pemrograman C#. C# memadukan ide-ide C dan C++. C# adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk pengembangan perangkat lunak berbasis Windows.

Objective-C

Bahasa pemrograman berorientasi objek Objective-C dikembangkan untuk sistem operasi Mac OS X. Aplikasi perangkat Apple ditulis dalam Swift, bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mereka. Sistem operasi mobile iOS dari Apple dibuat dengan bahasa pemrograman Objective-C.

Objective-C

ActionScript

ActionScript adalah bahasa pemrograman berdasarkan ECMA Script yang digunakan dalam pembuatan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga digunakan dalam beberapa aplikasi database, seperti Alpha Five. Macromedia membuat bahasa ini, tetapi Adobe membeli Macromedia pada tahun 2005 dan sekarang memilikinya dan terus melakukan perbaikan.

Perangkat Lunak Program Bahasa Generasi ke-Empat

  1. Visual Basic
  2. C++
  3. J#

Kesimpulan

Bahasa pemrograman atau bagian dari perangkat lunak adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (Machine Language) agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas