Advertisement

Jenis Jaringan Komputer Saat Melayani Permintaan

Rancakmedia.comJenis jaringan komputer yang servernya melayani permintaan client adalah jaringan client-server, masih termasuk dalam kategori jaringan LAN, untuk detailnya simak dalam artikel berikut ini.

Jaringan LAN mempunyai fungsi menghubungkan perangkat jaringan dalam suatu wilayah yang relatif kecil atau tidak luas. Contohnya adalah sistem jaringan yang ada di sekolah, kantor atau rumah.

Client Server mengacu pada topologi jaringan di mana server merespon permintaan dari klien. Kamu jelas tidak asing dengan internet. Bahkan untuk membaca esai ini, kamu harus memanfaatkan internet.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, internet menghubungkan atau jaringan komputer. Artikel ini akan menjelaskan jaringan komputer dan jenisnya. Lihatlah ini!

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang memiliki dua atau lebih perangkat komputer yang dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan media transmisi dan media komunikasi yang berbeda sehingga dapat saling bertukar data baik dari perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer ini mungkin pribadi atau publik.

PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan komputer yang paling awal adalah PAN. Jaringan MAN mencakup wilayah yang relatif terbatas terutama hanya untuk internet atau printer lokal.

LAN (Local Area Network)

Ketika di sekolah dan mempelajari studi komputer atau TIK, kamu pasti tidak asing dengan pertanyaan “Jenis jaringan komputer tempat server mengirimkan permintaan klien adalah ?”.

Halaman ini memiliki jawaban yang kamu cari. Jaringan server klien, yang masih tergolong LAN, adalah jaringan di mana server merespon permintaan dari klien.

Jaringan LAN memiliki peran untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam jangkauan yang tidak luas atau relatif sempit. Contohnya adalah sistem jaringan yang terjadi di sekolah, tempat kerja, atau tempat tinggal.

CAN (Campus Area Network)

Campus Area Network (CAN) adalah jaringan komputer yang dirancang khusus untuk institusi akademik. Laboratorium, perpustakaan, ruang kelas, dan email kampus semuanya mendapat manfaat dari jaringan semacam ini.

MAN (Metropolitan Area Network)

Dalam jaringan MAN, perangkat terhubung satu sama lain, tetapi jangkauan jaringan terbatas pada satu kota.

WAN (Wide Area Network)

Jaringan area luas (WAN) tidak lebih dari gabungan jaringan area lokal (LAN).

Internet

Dibandingkan dengan semua bentuk jaringan komputer sebelumnya, internet adalah jenis jaringan terbesar yang pernah dikembangkan oleh manusia. Internet dapat diakses dari mana saja di dunia kapan saja.

VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah pemasok koneksi internet yang lebih aman. Untuk mendapatkan akses ke sumber daya atau mengirim data, VPN membuat terowongan terenkripsi.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Berbagi dokumen, ini dapat dilakukan dengan menggunakan media fisik atau nirkabel dengan memanfaatkan internet.

Memelihara dan mengelola keamanan data paling baik dilakukan melalui penggunaan jaringan komputer. Jaringan komputer dapat menjaga keamanan data kamu, mudah ditemukan kembali dan tidak akan rusak.

Kemudahan Komunikasi Tidak dapat disangkal bahwa keberadaan jaringan komputer mampu mempermudah komunikasi antar manusia tanpa dibatasi oleh apapun.

Komunikasi Informasi Secara Real Time dan Akurat Berkat tersedianya jaringan komputer, informasi dapat terkirim lebih cepat dan tepat. Jaringan komputer juga membuat banyak informasi tentang topik yang sama dapat dikumpulkan dengan benar.

Membantu Aktivitas Manusia Setiap perkembangan dan penemuan di dunia teknologi paste dimaksudkan untuk memudahkan aktivitas manusia, termasuk jaringan komputer ini.

Cara Kerja Server Melayani Permintaan Http

Bagaimana fungsi server untuk mengirimkan permintaan halaman web? Mari kita lihat contoh berikut. Pada saat ini, kemungkinan kamu sedang duduk di depan komputer atau menggunakan ponsel pintar, membaca situs web ini di browser.

adi, ketika kamu mengeklik tautan ke situs web ini, atau memasukkan URL-nya (pencari sumber daya seragam), apa yang sebenarnya terjadi di balik layar untuk memunculkan halaman yang dilihat secara singkat ini? Dan jika kamu pernah ingin tahu tentang prosedur dan metode khusus yang memungkinkan kamu menjelajahi Internet, maka dalam artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana server web berfungsi untuk mengirimkan situs web ke layar kamu.

Manfaat Jaringan Komputer

Cara Kerja Server Web di Balik Layar

Kali ini kita akan membahas cara kerja server mengirimkan jutaan permintaan halaman web ke seluruh dunia Tujuan utama server bekerja adalah untuk mendengarkan permintaan dari port jaringan yang masuk, ini adalah kerjasama yang baik antara server web dan browser, ketika pengguna saat menjelajahi web mengklik tautan, ada hal-hal tertentu yang terjadi di balik layar?

Menggunakan protokol seperti http, server mengambil dan merakit halaman Web, yang kemudian dikirimkan kembali ke browser, di mana ditampilkan di layar monitor berkat server server di browser.

Browser Membagi Url Menjadi Tiga Bagian

Secara sederhana dijelaskan, cara kerja server web adalah menanggapi permintaan Browser dengan membuat koneksi ke server Web, meminta halaman, dan mendapatkannya. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang cara kerja server web, berikut ini adalah garis besar prosedur dasar yang terjadi di balik layar hingga mencapai layar monitor.

  1. Protokol (“http”)
  2. Nama domain (“jaringankomputer.org”)
  3. Nama file (“cara-kerja-server-melayani-permintaan-http”)

Menggunakan “server nama”, browser terhubung ke “mesin server” dan memperoleh Alamat IP dari nama domain “networkcomputer.org.” Setelah itu, browser terhubung ke server menggunakan port 80 dari alamat IP. Setelah protokol HTTP, browser membuat permintaan GET (Permintaan data dari sumber tertentu) ke server, dan meminta file.

Browser Membagi Url Menjadi Tiga Bagian

Server kemudian mengirimkan konten HTML dari halaman web ke browser. (Cookie juga dapat dikirimkan dari server ke browser di header halaman.) Setelah itu, browser menafsirkan tag HTML dan menampilkan versi halaman yang siap ditampilkan.

Arsitektur jaringan komputer perusahaan mana pun tidak akan lengkap tanpa server, yang menyediakan berbagai fungsi penting. Pembelian online, misalnya, melibatkan beberapa prosedur sisi server yang rumit. Otentikasi dan keamanan, faktur, dan pemrosesan pesanan online semuanya ditangani oleh server.

Hal-hal tidak dapat terjadi sampai server yang kuat bertanggung jawab atas mereka. Temukan bagaimana server web berfungsi untuk mengirimkan situs web ke layar kamu menggunakan protokol seperti http.

Browser membuat koneksi ke server Web, meminta halaman dan mendapatkannya. Server kemudian mengirimkan konten HTML dari halaman web ke browser. Setelah itu, browser menginterpretasikan tag HTML dan menampilkan versi halaman yang siap ditampilkan.

Jika kamu belum meneliti apa pun tentang server dan bagaimana server berfungsi, tentu saja, kamu akan menerima banyak bahasa baru. Untuk memahami prosedur lengkap ini secara mendalam, Informasi yang diberikan di atas seharusnya menjelaskan apa itu jaringan komputer bagi kamu. Itu mungkin!

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang memiliki dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer ini mungkin pribadi atau publik. Internet adalah jenis jaringan terbesar yang pernah dikembangkan oleh manusia dan dapat diakses dari mana saja di dunia kapan saja.

Memelihara dan mengelola keamanan data paling baik dilakukan melalui penggunaan jaringan komputer. Jaringan komputer dapat menjaga keamanan data kamu, mudah ditemukan kembali dan tidak akan rusak.

Related Articles

Back to top button