Advertisement

Mengenal Apa Itu Cloudflare dan Bagaimana Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang tidak tahu banyak tentang apa itu cloudflare, kami telah membuat artikel di bawah ini, menjelaskan secara mendalam tentang CloudFlare, simak dibawah ini.

CloudFlare adalah sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja situs, mempercepat kecepatan akses, dan meningkatkan pengalaman pengunjung.

Dalam hal kinerja situs secara keseluruhan, faktor-faktor seperti situs memuat halaman, konten, dan daya tarik visual ikut berperan. Namun, meskipun konten dan desain memenuhi standar, kinerja situs kami mungkin masih menjadi masalah bagi pengunjung. Di sinilah kita membutuhkan sesuatu yang disebut Cloudflare.

Kecepatan dan keamanan situs web adalah elemen yang harus diperhatikan dalam memelihara situs web. Untuk bisa mendapatkan keduanya, kamu bisa memanfaatkan CloudFlare. Mungkin kamu yang baru mendengar kata CloudFlare mungkin bertanya-tanya apa itu cloudflare ? apa saja fungsinya? dan bagaimana cara kerjanya?.

Jangan khawatir, karena pada postingan kali ini kami juga akan menjelaskan apa itu CloudFlare, fungsi dan cara kerjanya sehingga segala keraguan dan kebingungan yang muncul di benak kamu, khususnya bagi kamu para pemula, akan segera teratasi.

Dengan memanfaatkan CloudFlare, website kamu dijamin lebih aman dari serangan atau tindakan yang dapat mengganggu kinerja website kamu. Selain itu, CloudFlare juga menyediakan sejumlah layanan penting menggunakan fitur-fitur yang diberikan. Fasilitas yang dapat dicapai ketika situs web kamu menggunakan CloudFlare termasuk mitigasi serangan DDos, analitik untuk semua permintaan, dan sebagainya.

Apa Itu Cloudflare?

Dengan bertindak sebagai perantara antara situs web dan pelanggan mereka, jaringan Cloudflare beroperasi sebagai proxy. Dengan kata lain, CloudFlare berfungsi sebagai perantara bagi pengguna dan server situs web yang meng-host situs web mereka. CloudFlare populer karena kemampuannya untuk mempercepat waktu pemuatan situs web sekaligus meningkatkan keamanan situs web.

Apa Itu Cloudflare

Pengunjung situs web berpotensi mengunjungi serangan berbahaya. Tahukah kamu, pengunjung website sendiri digolongkan menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Visitor
    Pengunjung adalah pengunjung asli (manusia) yang mengunjungi situs web kamu.
  2. Robot dan Perayap
    Dalam bentuk program situs web, robot dan crawler adalah pengunjung situs web yang mencoba membaca setiap halaman dan menghabiskan banyak bandwidth server.
  3. Attackers
    Penyerang, adalah pengunjung yang memiliki tujuan untuk melakukan serangan terhadap website.

Apa Fungsi CloudFlare Itu

Banyak pemilik situs web menggunakan CloudFlare. Dengan menggunakan CloudFlare, server nama akan secara otomatis mengikuti server nama dari jaringan CloudFlare. Hal ini tentu saja akan membuat semua aktivitas di website terfilter dan dapat diakses lebih cepat. CloudFlare sendiri memiliki berbagai macam fungsi, antara lain sebagai berikut:

Untuk Mengawasi Tindakan Berbahaya di Website

Pekerjaan awal CloudFlare adalah mengawasi aktivitas berbahaya di situs web. Dalam situasi ini, tugas CloudFlare adalah untuk menerima berbagai permintaan akses yang kemudian akan diperiksa apakah pengunjung situs web tersebut adalah pengunjung yang berbahaya atau tidak bersalah.

Hal ini dapat diamati dari IP, sumber yang dikunjungi, dan seberapa sering kamu menelusuri situs web kamu. Jika kunjungan tampak seperti bahaya maka CloudFlare akan memblokirnya. Situs kamu akan aman dari serangan berbahaya jika kamu menggunakan CloudFlare. kamu juga dapat memeriksa informasi di dasbor CloudFlare.

Mengarahkan Pengunjung ke Koneksi yang Paling Cepat

CloudFlare akan mengirimkan pengunjung website ke pusat data terdekat. Hal ini tentu saja dapat mempercepat akses loading website lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan CloudFlare.

Server proxy tersebar di sejumlah negara yang dimiliki oleh CloudFlare kemampuan untuk mengirim pengunjung ke server terdekat. Kecepatan website kamu mungkin akan meningkat lebih banyak dikunjungi oleh pengguna. Hal ini tentu sangat menguntungkan kamu karena trafik website kamu bisa terus meningkat.

Menyaring Komentar Spam

Tujuan ketiga dari CloudFlare adalah untuk menyaring komentar spam di situs web kamu. Dengan menggunakan data pribadi pihak ketiga, CloudFlare dapat melindungi situs web kamu dengan memfilter komentar di situs web kamu.

Apa Manfaat Menggunakan CloudFlare

Browsing Offline

Keempat, memungkinkan pengguna untuk terus menggunakan situs web meskipun hosting sedang down. Hal-hal statis seperti foto, CSS, JavaScript, dan sebagainya di-cache oleh CloudFlare. Saat menggunakan CloudFlare, halaman web sudah ada di cache CloudFlare.

Memberi Peringatan ke Pengunjung ketika Komputernya Terinfeksi Virus

Peran kedua CloudFlare adalah untuk memberi tahu pengguna jika mesin mereka telah terinfeksi virus komputer. CloudFlare akan memberikan peringatan dan mendorong pengunjung untuk segera menghapus malware yang menyerang PC mereka. Pengunjung biasanya akan diminta untuk mengirimkan CAPTCHA saat mengunjungi situs web kamu.

Memberikan Laporan Visitor

Laporan pengunjung ditampilkan dalam fitur CloudFlare keenam untuk menunjukkan apakah pengunjung adalah robot dari mesin pencari atau bukan serta potensi bahaya dan lalu lintas manusia yang sebenarnya.

Mengurangi Penggunaan dari Resource Server

Peran terakhir CloudFlare adalah untuk mengurangi penggunaan sumber daya server, seperti CPU, pada hosting. Beban server juga dapat terjaga aman jika terjadi peningkatan kunjungan.

Bagaimana Cara Kerja CloudFlare Itu

CloudFlare melindungi dan mempercepat situs web kamu dengan mengarahkan semua situs web ke server CloudFlare situs web kamu setelah terdaftar di CloudFlare. Secara otomatis, CloudFlare akan membuat pengiriman data pada website menjadi lebih optimal sehingga website memiliki kualitas kecepatan dan performa yang prima.

Selain membatasi bot dan crawler yang intensif bandwidth, CloudFlare juga akan mencegah ancaman apa pun ke server sumber situs web. Akibatnya, kamu mungkin mengharapkan peningkatan kecepatan dan keamanan.

Bagaimana Cara Kerja CloudFlare Itu

Cara Setting CloudFlare

Ini adalah langkah-langkah untuk mengakses pengaturan CloudFlare di situs WordPress kamu:

  1. Membuat Akun
    Langkah pertama kamu bisa mengunjungi website resmi CloudFlare dan klik sign up. Kemudian isi semua informasi yang dibutuhkan.
  2. Tambahkan Nama Domain
    Nama domain situs web kamu harus ditambahkan sebagai tahap kedua dalam prosesnya. Setelah kamu memasukkan nama domain, klik Scan DNS Records agar kamu dapat melanjutkan ke prosedur selanjutnya.
  3. Cek DNS Records
    Setelah prosedur pemindaian selesai pada tahap kedua, kamu akan diminta untuk memberikan informasi DNS nama domain. kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ClouFlare pada subdomain tertentu.
  4. Arahkan Nama Domain menuju CloudFlare Nameserver
    Pada fase ini, kamu harus memilih paket. kamu memiliki opsi untuk memilih paket gratis sebelum melanjutkan. Server nama domain kamu akan diperbarui setelah kamu mendapatkan server nama CloudFlare. Kemudian klik tombol lanjutkan.

Plugin CloudFlare Pengaturan dan Konfigurasi

Menginstal dan mengkonfigurasi plugin CloudFlare WordPress adalah langkah selanjutnya.

Apa Manfaat Menggunakan CloudFlare?

Selain kantor pusatnya di San Francisco, CloudFlare juga hadir di London, Inggris. Pelanggan mungkin mengharapkan layanan seperti manajemen keamanan situs, pengoptimalan kinerja, dan bantuan teknis lainnya dari organisasi.

Jika kamu mencari pendekatan yang baik untuk memastikan pengunjung kamu dapat berselancar dengan cepat. Sulit untuk salah dengan CloudFlare. Ini menggunakan jaringan yang tersebar di seluruh dunia dan secara otomatis mengoptimalkan pengiriman halaman web untuk menghasilkan waktu pemuatan halaman yang cepat.

Akses CloudFlare ke materi statis memungkinkan waktu pemuatan cepat terlepas dari jarak antara server web kamu dan pengunjung kamu. Akibatnya, ini memungkinkan situs kamu memuat dua kali lebih cepat.

Modul DNS, CDN, Pengoptimal, Keamanan, Analisis, dan Aplikasi CloudFlare memudahkan untuk melacak situs kamu dan meningkatkan peringkat situs pencariannya. Lihat apa yang dapat dicapai CloudFlare untuk kamu dengan fitur-fitur ini dalam pengantar lengkap.

Apa Yang Dapat CloudFlare Lakukan

Cloudflare dihargai oleh jutaan situs web karena mengurangi waktu buka halaman web dan bertahan dari serangan internet seperti DDoS. Untuk perusahaan kecil dan perusahaan besar, CDN (Content Delivery Network) Cloudflare melindungi aset online.

Memberi Peringatan ke Pengunjung ketika Komputernya Terinfeksi Virus

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat kamu manfaatkan dengan mengadopsi Cloudflare. Dalam hal membangun situs web, ada banyak keuntungan menggunakan cloudflare.

Keamanan

Lebih khusus lagi, CloudFlare menggunakan firewall aplikasi web berbasis cloud untuk menjaga situs kamu aman dari serangan berbahaya seperti spam komentar dan injeksi SQL. CloudFlare juga mendeteksi ancaman dan melarang bot dan crawler yang kasar sehingga kamu tidak membuang bandwidth dan sumber daya server.

DNS

Cloudflare adalah jaringan Anycast di seluruh dunia yang mengoperasikan DNS-nya, CloudFlare menjamin bahwa situs web kamu dapat diakses oleh siapa saja di dunia. Perubahan DNS instan dimungkinkan dengan penggunaan DNS. Plus, DNS gratis untuk kamu atur. Dengan cara ini, kamu dapat memperoleh alat gratis.

Aktifkan DNSSEC untuk perlindungan ekstra bagi data DNS domain kamu (Ekstensi Keamanan Sistem Nama Domain). DNSSEC membantu mengurangi kemungkinan permintaan palsu sedang diproses. DNSSEC dapat diaktifkan di bawah menu “DNS”.

SSL Gratis

SSL tidak hanya untuk situs web eCommerce, atau jika situs kamu berisi informasi transaksi penting, ini untuk semua orang. Membuat situs kamu dapat diakses melalui HTTPS menjamin data diamankan dari PC pengguna ke server kamu.

Selain itu, Google sekarang menggunakan SSL sebagai indikasi peringkat. Cloudflare menyediakan sertifikat SSL gratis di seluruh dunia, tetapi kamu selalu dapat membeli dan mengunggah sertifikat dari Thawte, Symantec, Rapid, GeoTrust, atau Comodo jika kamu mau.

Untuk Mengawasi Tindakan Berbahaya di Website

Cloud WAF

WAF (Web Application Firewall) membantu menjaga keamanan situs kamu dari 10 kerentanan teratas OWASP, CMS (WordPress, Joomla, dll). (WordPress, Joomla, dll). Cloudflare WAF berisi lebih dari 145 aturan untuk mencegah hampir semua jenis ancaman aplikasi web.

Asumsi yang sering muncul adalah bahwa meningkatkan keamanan dapat memperlambat situs web, tetapi itu tidak benar. Fokus pada kecepatan dan skalabilitas memandu desain Cloudflare WAF. Ini hanya menghasilkan peningkatan latensi 0,1 milidetik. Karena penyedia keamanan berbasis cloud menangani pembaruan aturan untuk kerentanan yang muncul, penggunaan Cloud WAF menghilangkan kerumitan ini. Cloudflare WAF hanya dapat diakses dari paket PRO.

CDN

Mengambil keuntungan dari kemajuan perangkat keras terbaru, CloudFlare sedang membangun CDN yang akan bertahan dalam ujian waktu selama 15 tahun ke depan. Membuat CDN lebih mudah dibuat, lebih murah, dan lebih efektif daripada CDN lama yang kamu gunakan di masa lalu bermanfaat.. Akibatnya, kamu akan memiliki pengalaman kepemilikan yang unik dengan mencobanya.

SSL Gratis

Pengoptimal

Salah satu teknik untuk mendapatkan waktu loading halaman yang cepat adalah dengan melakukan optimasi secara berkala. CloudFlare adalah Pengoptimal yang digunakan untuk meningkatkan situs web kamu dengan mengurangi koneksi jaringan. Akibatnya, status jaringan kamu mungkin lebih dipahami.

Polandia juga mendukung kompresi WebP dan dapat diakses mulai dari paket PRO. Atau, kamu dapat pergi ke sini untuk mempelajari cara mengompres foto untuk WordPress, Joomla, atau situs web platform lainnya. Spasi, komentar, baris baru, dan pembatas lainnya yang tidak diperlukan untuk melayani situs web dapat dihapus.

Dengan menghapus karakter yang tidak dibutuhkan tersebut, ukuran file diturunkan. Karena ini membantu memuat situs web lebih cepat.

Cloudflare mendukung tiga jenis file minifikasi.

Plugin CloudFlare Pengaturan dan Konfigurasi

  1. JavaScript
  2. CSS
  3. HTML

Analisis

Banyak webmaster percaya bahwa menghentikan serangan adalah kesulitan besar karena tidak satu pun dari mereka yang dapat menonton situs mereka sepanjang waktu. Dengan CloudFlare Analytics, kamu dapat meneruskan tugas ke sana. Tidak hanya dapat mengawasi potensi bahaya, tetapi juga dapat melacak perayap web. Selain itu, menjalankan statistik pengunjung adalah alat yang berharga.

Aplikasi

Beberapa aplikasi bermanfaat sulit untuk mendapatkan tautan unduhan untuk banyak webmaster. Selain itu, proses pengunduhan dan penginstalan biasanya memakan waktu lama. Namun, jika kamu menggunakan Aplikasi CloudFlare, semuanya akan lebih mudah. Terlepas dari CMS yang kamu gunakan untuk mengembangkan situs kamu atau server web yang kamu gunakan untuk menghostingnya, kamu cukup menginstalnya untuk meningkatkan situs kamu.

Caching Browser

Instruksikan browser pengunjung untuk men-cache sumber daya statis untuk durasi yang lebih lama, sehingga permintaan berulang diambil dari cache lokal untuk mempercepat pemuatan halaman web.

Gunakan tab “Caching” Cloudflare alih-alih plugin pihak ketiga atau kode .htaccess untuk menggunakan cache browser.

Menyaring Komentar Spam

Soket Web

Apakah kamu menggunakan aplikasi WebSocket? Cloudflare menyampaikan lalu lintas WebSockets ke server asal kamu tanpa persyaratan untuk pengaturan manual. Ini mendukung SSL juga.

Penyeimbang Beban

Cloudflare baru saja merilis penyeimbang beban cloud untuk membagi lalu lintas situs kamu di berbagai server. Load balancing menjamin situs web selalu online ketika salah satu server backend down.

Penyeimbang beban tidak hanya membantu dalam meningkatkan ketersediaan tetapi juga mengurangi waktu buka halaman dengan menyediakan konten dari server asal terdekat tergantung pada lokasi pengguna. Penyeimbang beban Cloudflare menawarkan failover otomatis, perutean geografis, pemeriksaan kesehatan.

Perutean Jaringan yang Dioptimalkan

Argo, layanan Cloudflare baru untuk merutekan balasan situs melalui jaringan yang dioptimalkan Cloudflare untuk mengirimkan informasi lebih cepat dan aman. Dengan mengurangi latensi, Argo berharap dapat memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Argo adalah layanan tambahan yang diberi harga berdasarkan penggunaan. Ini dapat dipicu tergantung pada strategi apa pun.

Perutean Jaringan yang Dioptimalkan

Menurut penjelasan di atas, CloudFlare bermanfaat bagi kamu untuk mengelola dan memberdayakan situs web kamu. Jika kamu ingin memperkuat keamanan situs web kamu, meningkatkan kinerjanya, dan mendapatkan dukungan teknis tambahan dengan pekerjaan minimum, fitur-fitur dengan CloudFlare penting.

Kamu sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang CloudFlare berkat informasi yang disajikan di atas. Jika kamu memiliki situs web dan ingin situs web kamu memiliki kualitas kecepatan dan keamanan yang sangat baik, kamu dapat mencoba menggunakan CloudFlare.

Dengan mempelajari fungsionalitas CloudFlare yang telah kami sebutkan di atas, tentunya kamu sudah memiliki gambaran berapa keuntungan yang akan kamu peroleh jika menggunakan layanan CloudFlare.

Jika kamu ingin tahu tentang apa yang dilakukan CloudFlare atau cara kerjanya, artikel ini akan menjernihkan kebingungan yang mungkin kamu alami. Dimungkinkan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan situs web kamu menggunakan CloudFlare.

Kesimpulan

Apa Itu Cloudflare? Cloudflare populer karena kemampuannya untuk mempercepat waktu pemuatan situs web sekaligus meningkatkan keamanan situs web. Cloudflare juga menyediakan sejumlah layanan penting menggunakan fitur yang diberikan di bawah ini, seperti mitigasi serangan DDos, analitik untuk semua permintaan, dan sebagainya.

Ini menyaring berbahaya dan spam serta memberitahu kamu jika komputer kamu telah terinfeksi virus. Kecepatan situs web kamu mungkin ditingkatkan lebih banyak dikunjungi oleh pengguna saat menggunakan CloudFlare.

Related Articles

Back to top button