Advertisement

Apa Kelebihan dan Kekurangan Yandex Browser

Rancakmedia.com – Seperti yang kita ketahui mesin pencari sudah banyak jenisnya salah satunya Yandex, untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Yandex Browser kamu dapat melihatnya pada artikel di bawah ini.

Yandex Browser dapat dijadikan alternatif sebagai mesin pencari atau search engine di dunia maya. jika kamu mungkin belum pernah membaca atau mendengar yang namanya Yandex, banyak yang memanfaatkannya saja.

Hal ini wajar saja karena mesin pencari yang satu ini memang kurang populer. Khususnya di seluruh Asia, dan khususnya di Indonesia.

Kamu mungkin sering menggunakan Google di perangkat seluler untuk mencari apa yang kamu cari secara online. Pasalnya, perangkat berbasis Android seperti Google bearers sangat sering digunakan di sini.

Mengenal Yandex Browser Lebih Dekat

Wajar jika barang elektronik seperti smartphone sudah memiliki beberapa program bawaan, seperti Google, Play Store, atau lainnya.

Oleh karena itu, kamu dapat langsung menggunakan aplikasi pabrikan tanpa perlu mengunduh dan menginstal program tambahan.

Bahkan jika mesin pencari Yandex tidak kalah kuat dari Google, Bing, atau merek terkenal lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Yandex, kamu yang belum mengenalnya harus meluangkan waktu untuk membaca seluruh artikel. Siapa tahu kamu tertarik untuk memanfaatkannya.

Mengenal Yandex Browser Lebih Dekat

Perlu kamu ketahui bahwa Yandex adalah nama perusahaan besar Rusia yang bergerak di bidang teknologi. Perhatian lebih pada penyediaan layanan jaringan internet tidak hanya di Rusia, tetapi juga di luar negeri.

Yandex mengembangkan berbagai produk teknologi, seperti perangkat lunak navigasi, periklanan online, eCommerce, mesin pencari di internet, dan sebagainya. Dengan kata lain, Yandex sudah populer di Rusia dan luar negeri.

Akibatnya, penonton Rusia akrab dengan banyak penawaran teknologinya. Tak terkecuali mesin pencari Yandex, yang sering digunakan oleh orang-orang di sana ketika mereka ingin memperoleh informasi yang mereka inginkan.

Di Rusia Yandex lebih dikenal dan digunakan oleh banyak orang daripada Google. Meski saat ini kalah bersaing dengan Google, Bing, atau Yahoo dalam skala dunia.

Orang-orang yang tidak ingin bergantung pada teknologi buatan luar negeri mungkin, bagaimanapun, menaruh kepercayaan mereka pada Yandex.

Jadi, orang-orang di Rusia sangat paham tentang nasionalisme dengan mengkonsumsi barang-barang buatan negara mereka sendiri. Yandex adalah mesin pencari pilihan dalam hal ini.

Tentu saja, itu juga dipengaruhi oleh iklim politik dan ekonomi negara. Tentu ada kelebihan, kekurangan, dan pernak-pernik di mesin pencari ini sebagai daya tarik tersendiri bagi para pelanggannya.

Bagi kamu yang mempertimbangkan untuk menggunakannya harus berpengalaman dalam hal spesifik sehingga kamu tidak tertinggal dalam kegelapan di kemudian hari.

Sejarah Yandex Browser

Ketika Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mulai mengembangkan perangkat lunak untuk MS-DOS pada tahun 1990, saat itulah Yandex memulainya.

Sejarah Yandex Browser

Program yang mereka rancang memiliki fungsi sebagai alat pencarian teks dalam bahasa Rusia. Pada tahun 1993 Arkadia menjadi cabang dari Comptek International dan pada tahun ini juga Yandex dibentuk.

Ilya Segalovich, teman sekelas Arkady Volozh, telah mengerjakan teknologi mesin pencari dan memberinya julukan Yandex.

Yandex adalah singkatan dari Yet Another iNDEXer, yang akhirnya disingkat menjadi YANDEX.

Yandex beroperasi di 17 negara pada tulisan ini, termasuk Rusia, Amerika Serikat, Swiss, Israel, Cina, Kazakhstan, Turki, Jerman, dan banyak lagi.

Fitur-Fitur Menarik di Yandex Browser

Sebelum kamu mengetahui kekurangan Yandex Browser, kamu harus mengetahui dulu fitur-fiturnya, sebagai berikut:

Kamu sudah tahu tentang Yandex sebagai nama perusahaan besar Rusia yang juga mendirikan mesin pencari dengan nama yang sama. Sebelum mencoba memanfaatkan mesin pencari, biasakan diri kamu dengannya.

Seperti halnya mesin pencari lainnya, seperti Google atau Yahoo. Yandex juga menawarkan sejumlah layanan menarik yang disediakan untuk pelanggannya di seluruh dunia.

Dengan demikian, mesin pencari Yandex dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja. Kamu tidak berbeda dengan orang Indonesia lainnya dalam hal ini.

Mesin pencari ini, Yandex, memiliki beberapa fitur unik yang perlu dijelajahi. Hal ini dimungkinkan untuk mencapai fungsi tertentu untuk setiap fitur.

Untuk informasi dan detail lebih lanjut, silakan baca uraian berikut:

Fitur-Fitur Menarik di Yandex Browser

Yandex.Browser

Penggunaan mesin pencari untuk mencari dan mengambil data dalam jumlah besar melalui layanan penelusuran. Meskipun melakukan fungsi yang sama dengan Google, ia memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang membedakannya dari raksasa mesin pencari.

Mari kita gunakan mesin pencari internet sebagai contoh. Selain itu, teknologi yang digunakan didasarkan pada Chromium dan dikembangkan dengan cara yang sama seperti Google Chrome. Ketika kamu menggunakannya, kamu akan melihat sendiri perbedaannya.

Yandex.Connect

Layanan B2B dari Yandex yang lebih mengutamakan koneksi di jaringan internet yang berharga bagi banyak orang. Fitur khusus ini tidak terlalu membantu, tetapi kamu akan menyadarinya jika kamu menggunakan yang lain.

Yandex.DNS

Layanan DNS publik gratis yang diberikan oleh Yandex untuk semua pelanggannya tanpa kecuali. Nama samaran benar-benar gratis tanpa dibayar apa pun.

Yandex.Disk

Yandex menawarkan solusi penyimpanan cloud untuk file digital. Ini beroperasi mirip dengan Google Drive, kecuali Yandex.

Yandex.Images

Mesin pencari gambar Yandex adalah alat khusus. kamu dapat menggunakan foto atau frasa tertentu untuk mencari gambar yang kamu cari.

Yandex.Mail

Layanan email atau surat elektronik yang tidak memiliki batasan penyimpanan. Semua pengguna Yandex dapat menggunakannya secara gratis. Fungsinya sebanding dengan Google Mail atau Gmail.

Cara Menggunakan Yandex Browser

Yandex.Money

Layanan pembayaran digital dari Yandex antar penggunanya. Setiap pengguna dapat mengirim hingga sejumlah uang secara gratis menggunakan layanan ini.

Yandex.Taxi

Dimungkinkan untuk memesan taksi menggunakan layanan transportasi Yandex. Mediator pihak ketiga bertindak sebagai semacam layanan taksi internet.

Yandex.Translate

Layanan terjemahan teks online. Fungsinya sebanding dengan Google Translate.

Yandex.Video

Mesin pencari video dari Yandex yang dapat diakses oleh penggunanya.

Cara Download, Menginstal, dan Menggunakan Yandex Browser

Sebelum kamu dapat menggunakan mesin pencari Yandex, kamu harus mengunduh dan menginstal program terlebih dahulu.

Penjelasannya adalah aplikasi Yandex tidak ada atau bukan bawaan pabrik, seperti mesin pencari Google atau Yahoo yang sudah terpasang di handset berbasis Android.

Akibatnya, langkah pertama adalah mendapatkan file aplikasi. Setelah itu, kamu perlu menginstal program tersebut di masing-masing perangkat kamu, seperti ponsel, komputer pribadi (PC), laptop, tablet, atau lainnya.

Browser Yandex dapat digunakan sebagai mesin pencari setelah diunduh dan diinstal. Silahkan simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut mengenai tahapan-tahapan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Cara Download Yandex Browser

Untuk mendapatkan browser Yandex, ikuti petunjuk berikut:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, yaitu mengunduh Disini file mesin pencarian Yandex. Kamu yang menggunakan gadget berbasis Android mungkin bisa menemukan aplikasi.

Klik disini 

Cara Menginstal Yandex Browser

Setelah berhasil mengunduh perangkat lunak, kamu dapat langsung menginstalnya di perangkat kamu. Karena program tidak diunduh dari Play Store, maka kamu harus menginstalnya secara manual dengan metode atau proses yang ditentukan.

Cara Mengunduh, Menginstal, dan Menggunakan Yandex Browser

Akan sangat membantu jika kamu yang sebelumnya telah menginstal program secara manual dapat melatih langkah kamu. Namun, bagi kamu yang belum tahu caranya, pelajari dulu cara menginstal file Yandex Browser yang menyertainya.

  1. Siapkan gadgetmu dulu, lalu buka menu setting atau pengaturan. Setelah itu, kamu pilih keamanan untuk mengaktifkan bagian penginstalan dari sumber yang tidak diketahui. Maksudnya, kamu dapat menginstal file aplikasi yang didapatkan mengunduh dari sumber luar, seperti situs atau website
  2. Dengan mengaktifkannya, kamu bisa menginstal Yandex Browser di gadgetmu. Selanjutnya, kamu buka folder hasil unduhan di bagian download. Lalu, cari nama Yandex yang berstatus sebagai file aplikasi. Jika sudah ketemu, klik saja nama atau ikonnya agar penginstalan dimulai
  3. Kamu tunggu saja proses penginstalannya hingga selesai. Setelah itu, kamu sebaiknya merestart gadgetmu dulu sebelum membuka aplikasi Yandex. Tujuannya agar aplikasinya dapat digunakan lebih optimal serta merefresh sistem komputerisasi di gadgetmu
  4. Setelah direstart, silahkan membuka aplikasi Yandex Browser di gadgetmu. Kamu dapat menggunakan dan memanfaatkan aplikasinya sebagai search engine untuk mencari berbagai informasi yang diinginkan, seperti fungsi Google

Cara Menggunakan Yandex Browser

Selanjutnya, kamu juga harus tahu cara memanfaatkannya melalui mesin pencari Yandex. Percuma kamu sudah mendownload dan menginstalnya, tapi belum bisa mengaplikasikannya.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahuinya agar dapat memanfaatkan mesin pencari. Sebenarnya cara menggunakannya hampir sama dengan menggunakan mesin pencari lain seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Kamu yang terbiasa menggunakan mesin pencari pasti mudah menggunakan Yandex. Untuk informasi lebih lanjut, lihat uraian di bawah ini.

  1. Siapkan gadetmu dulu dan buka Yandex Browser dengan mengklik gambar, ikon, atau tulisannya. Biasanya, ikon Yandex akan muncul di layar gadget setelah kamu instal
  2. Setelah terbuka halaman utamanya, kamu dapat segera menggunakan mesin pencariannya disitu. Kamu ketikkan saja informasi, data, atau apapun itu di kolom pencariannya. Lalu, tekan search atau OK dan tunggu beberapa saat
  3. Deretan situs atau website berisi informasi yang kamu inginkan akan dimunculkan. Selanjutnya, kamu dapat memilih dan membukanya satu per satu hingga menemukan informasi yang diinginkan
  4. Kamu mungkin khawatir mesin pencarian Yandex menggunakan pengantar atau berisi bahasa Rusia. Pasalnya, Yandex memang berasal dari negara tersebut. Tak perlu khawatir karena bahasa pengantarnya tetap menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
  5. Namun demikian, bahasa Rusia tetap ada di pilihan dalam pengaturannya. Jadi, kamu bisa menggunakan mesin pencarian Yandex dengan mudah dan praktis, seperti saat memakai Google. Selain itu, kamu belum terbiasa menggunakannya dalam aktifitas keseharian
  6. Jika sudah terbiasa, pasti juga mudah dan tidak ada masalah berarti. Maka dari itu, silahkan untuk mencobanya

Kelebihan dan Kekurangan Yandex Browser

Sekarang, kamu sudah tahu banyak tentang Yandex sebagai mesin pencari untuk aktivitas berselancar di dunia maya. kamu juga dapat menggunakannya untuk menerima berbagai informasi yang dibutuhkan.

Namun, kamu juga perlu menyadari bahwa mesin pencari yang satu ini juga memiliki sisi negatifnya. Pada dasarnya, setiap program yang dihasilkan oleh manusia tidaklah sempurna.

Masing-masing memiliki set positif dan negatifnya sendiri. Sama halnya dengan Yandex. Akibatnya, bukan ide yang buruk untuk memoles pengetahuan kamu tentang itu.

Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di bawah ini:

Apa Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Yandex Browser

  1. Kemampuan mesin pencariannya cukup bagus meskipun masih kalah dengan Google
  2. Tampilan interfacenya lumayan keren dengan bergaya seperti majalah yang banyak halamannya
  3. Pengguna Yandex di wilayah Eropa khususnya negara Rusia dan sekitarnya begitu tinggi. Oleh karena itu, Yandex bisa menjadi saingan berat untuk Google atau browser lainnya di Eropa
  4. Menu navigasi di mesin pencariannya cukup lengkap serta mudah dipelajari oleh para pengguna pemula. Dengan begitu, mereka bisa lebih cepat menggunakannya
  5. Mesin pencarian Yandex memiliki sistem algoritma yang cerdas, sehingga mampu menampilkan informasi yang cukup lengkap dan akurat bagi para penggunanya

Kekurangan Yandex Browser

Selain hal-hal positif yang telah kamu baca di atas, mesin pencari Yandex Browser juga memiliki banyak kekurangan, yaitu sebagai berikut:

  1. Salah satu kekurangan yang dapat dilihat, yaitu loadingnya terlalu lama untuk sekelas mesin pencarian. Namun demikian, lama tidaknya loading di sebuah sistem aplikasi juga ditentukan oleh kestabilan jaringan internet yang digunakan
  2. Sebagian pengguna kesulitan dalam menjalankan navigasinya. Mungkin mereka orang luar Rusia yang menggunakan bahasa pengantar Rusia, sehingga sulit memahaminya
  3. Alat pencarian yang satu ini tidak direkomendasikan bagi kamu sekalian yang menggunakan gadget berspesifikasi rendah. Sementara untuk gadget berspesifikasi menengah ke atas, direkomendasikan dan cocok mengaplikasikan Yandex
  4. Tidak menutup kemungkinan masih ada virus, spam, atau malware di dalam mesin pencariannya. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk memindai dengan antivirus terbaik dan terupdate saat kamu melakukan proses pengunduhan dan penginstalan file aplikasinya di gadgetmu
  5. Algoritma yang dimiliki Yandex belum bisa menyaingi miliknya Google. Namun demikian, bukan tidak mungkin pihak Yandex selalu berinovasi untuk memperbarui sistem di mesin pencariannya. Tak terkecuali pada algoritmanya
  6. Cakupan index data dan informasi yang dimiliki Yandex juga belum sedetail Google. Oleh karena itu, Yandex dikatakan masih kalah oleh Google

Bagus Yandex atau Google?

Terakhir, jika kami diminta untuk membandingkan mana yang lebih baik antara Yandex dan Google, kami mengatakan bahwa Google lebih unggul.

Dalam perspektif kami, Google tampak seperti antarmuka yang sederhana dan lebih akrab untuk digunakan, terutama ekosistem yang biasa digunakan, semuanya menggunakan Google, mulai dari email, Google Drive, Youtube, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan

Namun bagi kamu yang tertarik untuk memanfaatkan Yandex, kamu cukup mendownload browser Yandex dari link diatas, silahkan install dan gunakan untuk keperluan surfing sehari-hari.

Kesimpulan

Yandex adalah nama perusahaan besar Rusia yang bergerak di bidang teknologi. Perhatian lebih pada penyediaan layanan jaringan internet tidak hanya di Rusia, tetapi juga di luar negeri.

Yandex mengembangkan berbagai produk teknologi, seperti perangkat lunak navigasi, periklanan online, eCommerce, mesin pencari di internet, dan sebagainya. Dengan kata lain, Yandex sudah populer di Rusia dan luar negeri.

Pada artikel di atas kami bukan hanya menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan yandex Browser saja tetapi juga menjelaskan tentang cara mengunduh, menginstall, dan menggunakan Yandex Browser.

Demikian artikel tentang apa kelebihan dan kekurangan Yandex Browser, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button