Advertisement

Download Opera Mini Versi Terbaru 2022 untuk Android

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan link download opera mini versi terbaru 2022 beserta dengan pembahas kelebihan, kekurangan, dan juga cara instal opera mini.

Tidak sedikit orang yang lebih suka memanfaatkan program Opera Mini untuk dimuat di smartphone. Ini tentu saja bukan tindakan kekerasan acak.

Perangkat lunak ini memiliki banyak manfaat, itulah sebabnya begitu banyak orang menggunakannya. Tertarik membaca ulasannya? Lanjutkan membaca sampai akhir.

Sekilas Tentang Opera Mini Apk

Sekilas Tentang Opera Mini Apk

Sebelum download opera mini versi terbaru, kamu perlu mengetahui bahwa Opera Mini dikenal sebagai program browser yang memiliki desain atau antarmuka minimalis dan mudah digunakan oleh semua orang.

Selain itu, Opera Mini juga sangat luar biasa karena kecepatan berselancarnya yang mungkin melampaui banyak aplikasi browser lainnya.

Bahkan Opera Mini masih bisa memuat banyak halaman atau situs web saat koneksi internet benar-benar lemot. Browser lain, di sisi lain, mungkin tidak dapat melakukan fungsi ini. Tidak ada halaman yang dapat dimuat jika koneksi terlalu lambat.

Terlepas dari namanya, Opera Mini tidak hanya untuk pemilik smartphone Android. Aplikasi ini telah ada sejak lama, sejak zaman Java dan Symbian di ponsel. Meskipun kemajuan signifikan dalam teknologi ponsel, popularitas browser tidak berkurang.

Pengguna Android bisa mendapatkan Opera Mini dengan membuka Google Playstore dan mengunduhnya di sana. Program ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu orang dari seluruh dunia. Tampaknya sangat disukai oleh sebagian besar penggunanya. Diakui dengan rating 4,3.

Opera Mini adalah browser web yang menggunakan server Opera untuk mengompresi halaman web untuk pemuatan yang lebih cepat dan penggunaan data yang lebih rendah (jika menggunakan 3G).

Meskipun UI Opera Mini tidak terlalu cantik atau elegan, ia menyediakan beberapa fitur menarik dan kegunaan yang luar biasa. Menjepit layar untuk meningkatkan tingkat pembesaran adalah cara sederhana dan nyaman untuk melakukannya.

Ini sangat nyaman bagi pelancong yang sering bepergian yang dapat menjaga bookmark, pintasan, dan preferensi lainnya tetap sinkron antara komputer desktop dan perangkat seluler mereka menggunakan Opera Link.

Selain itu, situs media sosial seperti Twitter dan Facebook secara otomatis didukung oleh Opera Mini. Berkat ini, kamu dapat menggunakannya dengan lebih mudah dan cepat. kamu juga dapat mengunduh semua jenis file tanpa masalah dan menyimpannya ke memori perangkat kamu.

Jika kamu menggunakan smartphone Android, kami sarankan untuk memeriksa Opera Mini. Menggunakannya adalah kesenangan, karena kamu akan dapat melakukan semua yang kamu inginkan dengan cepat dan mudah.

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Browser

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Browser

Meskipun ada beberapa browser Opera yang terdaftar di Playstore, dua yang paling populer adalah Opera Browser dan Opera Mini.

Meski sama-sama menyandang nama Opera, ternyata ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar di antara keduanya. Di bawah ini akan dibicarakan perbedaan antara Opera Mini dan Opera Browser.

Interface

Tampilan antarmuka pengguna adalah hal pertama yang akan diperhatikan pengguna saat membandingkan kedua aplikasi. Opera Mini memiliki tampilan yang ceroboh dan tidak teratur. Ini juga memiliki sejarah terbelakang. Banyak fitur Opera yang paling berguna telah “disunat”.

Opera Mini memiliki antarmuka pengguna yang bersih dan rapi. Opera Browser, di sisi lain, lebih menekankan pada fitur dalam aplikasi. Perangkat lunak ini memiliki banyak pilihan canggih. Mekanisme navigasi di Opera Browser mudah diakses.

Performa

Opera Mini dan Opera Browser berbeda satu sama lain dalam hal kinerja. Karena rangkaian fiturnya yang luas dan tingkat kecanggihannya yang tinggi, Opera Browser seringkali memakan waktu lebih lama untuk dioperasikan.

Penghapusan sejumlah fungsi yang lebih kompleks di Opera Mini sebenarnya bermanfaat bagi konsumen karena mengurangi ukuran keseluruhan program.

Program ini lebih cepat digunakan dan memakan lebih sedikit ruang di RAM komputer atau memori internal. Opera Mini juga dapat berfungsi lebih cepat karena ada opsi penghemat data atau hemat daya yang diaktifkan secara default.

Sementara itu, pengguna Opera Browser harus mengaktifkan fungsi tersebut secara manual untuk menikmati keuntungannya.

Keamanan

Opera Mini dan Opera Browser hanya sedikit berbeda dalam hal keamanan. Karena itu, browser Opera menawarkan perlindungan lebih dari Opera Mini. Opera Mini melakukan ini karena menggunakan teknologi enkripsi.

Opera Mini dapat memuat situs web terenkripsi. Semua situs yang disediakan akan ditangani oleh Server Opera secara langsung. Setelah itu, halaman didekripsi dan dienkripsi ulang lagi. Karena itu, Opera Mini akan menampilkan halaman yang didekripsi.

Perbedaan Opera Mobile dan Opera Mini

Kecepatan Opera Mini, ringan, dan penghematan data semua dapat dikaitkan dengan fitur yang disebutkan di atas. Browser ini lebih cocok untuk kamu yang lebih responsif daripada aplikasi.

Perbedaan Opera Mobile dan Opera Mini

Berikut perbedaan opera mobile dengan opera mini, sebagai berikut:

1. Performa

Opera Mobile:

  1. Mengonsumsi space hard drive lebih banyak.
  2. Ada opsi untuk menghemat data namun tak diatur secara default.

Opera Mini:

  1. Performa lebih kencang dengan menghemat data, laman web terakses lebih cepat daripada browser web lainnya.

Opera Mini bekerja dengan mengirimkan permintaan ke Server Opera untuk mengunduh situs web, mengompresnya, lalu mengembalikannya ke browser Mini. Opera Mini lebih cepat daripada browser lain karena halaman web dikompresi sebelum dikirim.

Kompresi dan optimalisasi halaman online yang dibuka pada tampilan ke layar HP keduanya dilakukan oleh Server Opera saat kompresi sedang berlangsung. Ini menyiratkan bahwa beberapa halaman ini akan tampil lebih baik di Opera Mini daripada Opera Mobile.

2. Tampilan antarmuka

Opera Mobile:

  1. Tampilan antarmuka sedikit rumit namun fungsionalitas lebih terperinci dan user-friendly.

Opera Mini:

  1. Tampilan antarmuka sedikit berantakan.

Opera Mobile memiliki UI yang lebih ramah pengguna daripada pesaingnya. Hal ini terlihat dari sistem navigasi Opera Mobile yang lebih mudah diakses. Apalagi fitur-fitur yang biasa ada di Opera versi laptop juga banyak diusung di Opera Mobile, tidak seperti Opera Mini yang banyak kehilangan kemampuan canggih Opera.

Kemampuan canggih Opera Mobile antara lain kemampuan untuk memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) halaman hingga 25%.

Sementara Opera Mobile memiliki kemampuan zoom yang mudah digunakan, Opera Mini hanya memiliki UI yang disederhanakan. Opera Mini hanya memiliki dua fase zoom, yaitu halaman standar dan zoom in (memperbesar) (zoom in). Halaman dapat diperbesar dengan satu sentuhan, sehingga lebih mudah digunakan.

Fitur Lengkap Opera Mini Apk

3. Keamanan (security)

Opera Mobile:

  1. Pilihan lebih baik untuk menelusuri situs dan data yang aman.

Opera Mini:

  1. Teknologi encryption membuat Opera Mini kurang cocok membuka situs dan data yang aman.

Selain itu, Opera versi seluler memungkinkan penjelajahan online dan data lebih aman. Dalam hal keamanan internet, Opera Mini bukanlah browser web yang tepat. Halaman terenkripsi didukung oleh RAM besar Opera Mini.

Karena Server Opera memproses dan mengirim semua situs, halaman terenkripsi akan didekripsi dan dienkripsi ulang. Dengan kata lain, Opera Mini akan memuat situs web terenkripsi, tetapi halaman tersebut akan didekripsi.

Fitur Lengkap Opera Mini Apk

Setelah mengetahui perbedaan antara Opera Mini dan Opera Mobile, kini saatnya memahami berbagai karakteristik yang dimiliki Opera Mini Apk. Inilah yang perlu kamu ketahui.

Custom Tampilan

Tampilan Opera Mini yang dapat dikonfigurasi adalah salah satu fitur terkuatnya, karena dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna.

Pengguna mungkin bosan melihat hal yang sama sepanjang waktu. Akibatnya, pelanggan sangat menantikan kehadiran fitur yang memungkinkan mereka mendesain tampilan mereka sendiri.

Pengguna Opera Mini dapat melakukan berbagai hal seperti mengubah navigasi browser, mengubah tata letak atau layout, dan mengubah warna tema sesuai keinginan.

Dengan fungsi ini, kamu tidak akan bisa mengamati tampilan Opera Mini dengan rona merah putih yang sudah menjadi ciri khasnya.

Video Player

Opera Mini sangat memahami permintaan pelanggan yang antusias menonton video. Dengan menggunakan ekstensi browser ini, pengguna dapat melihat film yang telah mereka unduh langsung di jendela browser. kamu tidak perlu lagi menggunakan program pemutar video terpisah.

Fungsi yang satu ini cukup berguna bagi pelanggan smartphone Android yang memiliki RAM minim. Dengan Opera Mini, pengguna hanya membutuhkan 1 program untuk menjelajah dan melihat film. Tidak perlu multitasking dengan aplikasi lain.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Opera Mini Apk

Smart Download

Apakah kamu pernah menggunakan Internet Download Manager (IDM) di Windows? Program ini cukup berguna untuk prosedur pengunduhan. Tidak ada aplikasi yang sebanding untuk pengguna Android. Pilih browser Opera Mini sebagai gantinya.

Penyebabnya adalah fungsi yang disebut Unduh Cerdas di aplikasi. Mendeteksi file yang dapat diunduh menjadi lebih mudah dengan bantuan kemampuan ini.

Ini berlaku untuk file audio dan video. Jika menemukan materi yang dapat kamu unduh, Opera Mini akan memberi tahu kamu tentang hal itu.

Pengguna akan dapat lebih mudah mengunduh berbagai file dengan cara ini. Selain itu, kecepatan downloadnya juga lebih besar dari browser lain.

Share File Offline

Siapa sangka Opera Mini memiliki kemampuan File Sharing seperti Airdrop atau Google Nearby Share. Fungsionalitas ini memungkinkan sesama pengguna Opera Mini untuk berbagi file melalui jaringan nirkabel tanpa harus memiliki koneksi internet.

Ketersediaan fungsi ini cukup bermanfaat, meski hanya bisa dimanfaatkan oleh mereka yang berdekatan. Karena fungsi ini tidak memerlukan koneksi internet untuk mengirim atau menerima file, tidak ada batasan untuk menyia-nyiakannya.

Night Mode

Aplikasi yang tidak memiliki fungsi mode malam dianggap ketinggalan zaman saat ini. Tentu saja, Opera Mini tidak ingin dianggap sebagai aplikasi jadul. Itu sebabnya Night Mode disertakan dalam software ini.

Saat fungsi ini diaktifkan, tampilan akan langsung menjadi hitam. Karena tidak terlalu mencolok, tampilan yang didominasi warna hitam ini dinilai lebih user friendly.

Penggunaan Mode Malam dapat membantu menghemat daya untuk ponsel cerdas dengan panel AMOLED.

Extreme Data Saver

Menggunakan internet terus menerus untuk browsing atau streaming video bisa membuat uang jajan cepat habis. Ini adalah persetujuan dari sebagian besar konsumen data seluler. Untuk menghemat konsumsi kuota, Opera Mini memiliki fitur penting yang disebut Extreme Data Saver.

Sesuai dengan namanya, fungsi ini akan membantu pengguna menghemat data saat menggunakan program Opera Mini.

Fungsionalitas ini memanfaatkan server Opera sebagai jembatan antara pengguna dan halaman web yang sedang dilihat. Data dari situs web tidak langsung diberikan kepada pengguna, tetapi ditransfer ke server Opera terlebih dahulu.

Data situs web akan dikompresi oleh server dan dibuat lebih kecil dari sebelumnya. Jika lebih kecil, maka data dikirimkan ke pengguna. Pengguna hanya memerlukan sedikit batasan karena datanya minim.

Penghemat data Ekstrim Opera Mini adalah salah satu yang terbaik dibandingkan dengan penghemat data browser lain. Alasannya, alat ini bisa membantu menghemat kuota hingga 10 kali lipat.

VPN

Sebuah halaman internet yang baik atau halaman untuk penyedia layanan internet bukan lagi hal yang tidak biasa ketika kamu membuka situs tertentu. Jika kamu menemukan ini, itu menandakan bahwa situs yang akan dilihat telah dilarang oleh pemerintah atau penyedia.

Link Download Opera Mini Apk

Ini adalah kekecewaan besar. Karena Opera Mini memiliki VPN bawaan, kamu tidak perlu khawatir lagi. Jika diaktifkan, kamu akan berada di Jaringan Privat Virtual dan bebas dari peraturan pemerintah dan penyedia Indonesia.

Ini menyiratkan bahwa semua situs yang telah dilarang oleh pemerintah dan penyedia dapat dibuka dengan mudah. kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi ini sesuai kebutuhan.

Keamanan Data

Opera Mini memiliki situs terenkripsi, seperti yang dinyatakan dalam perbandingan Opera Mini dan Opera Browser. Ini menawarkan satu manfaat yang lebih aman terhadap kebocoran data.

Selain itu, fungsi ini juga membantu pengguna untuk menghindari situs lain yang mungkin mengandung malware atau infeksi.

Incognito atau Private Mode

Data lokal yang telah disimpan selama pencarian situs dilindungi saat menggunakan Mode Penyamaran atau Pribadi di browser. Ini menyiratkan bahwa cookie apa pun yang coba diberikan situs ke perangkat akan dihapus atau dilarang.

Saat menggunakan opsi ini, seluruh riwayat atau riwayat pencarian tidak akan disimpan. Hal yang sama berlaku untuk data pengguna seperti nama pengguna, email, dan cache dan pelacak kata sandi. Hanya file yang diunduh yang kemungkinan besar akan dipertahankan.

Jika kamu ingin mengakses situs web pribadi tanpa meninggalkan jejak di browser atau ponsel cerdas kamu, kamu dapat menggunakan mode ini.

Ad Blocker

Kehadiran iklan di situs web adalah gangguan yang menjengkelkan. Terutama bentuk pop-up. Iklan ini sebenarnya menyembunyikan informasi yang dilihat konsumen. Alih-alih tertarik, pengguna browser lebih memilih untuk tidak menyukai iklan.

Ini sangat dipahami oleh pembuat Opera Mini. Oleh karena itu, aplikasi browser yang satu ini dilengkapi dengan pemblokir iklan. Cukup satu klik untuk mengaktifkannya, setelah itu semua iklan akan langsung hilang.

Newsfeed

Fungsi yang satu ini sangat bagus untuk kamu yang memiliki hobi membaca berita. Berita utama terbaru ditampilkan dengan jelas. kamu juga akan mendapatkan pembaruan harian tentang berita baru. kamu memiliki opsi untuk mematikan fungsi ini jika diinginkan.

Cara Install Opera Mini Apk

Responsive dan Ringan

Responsif dan ringan Opera Mini adalah dua fitur yang paling menarik. Program ini sebenarnya merespon dengan cepat ketika pengguna melakukan pemesanan.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan. Selain tidak membebani penyimpanan internal karena ukuran file yang sangat kecil, Opera Mini juga tidak membebani RAM. Intinya, kamu dapat membuka banyak situs tanpa latensi dalam program ini.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Opera Mini Apk

Dibawah ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Opera Mini Apk yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

Kelebihan Opera Mini

Dibawah ini terdapat daftar kelebihan yang ada pada opera mini, sebagai berikut:

1. Ukuran Kecil

Karena ukurannya yang ringkas, Opera Mini adalah pilihan browser yang populer. Pengguna aplikasi ini menghargai betapa lebih nyamannya menjelajah dengan aplikasi ini karena ukurannya yang ringkas. Jadi, bagi kamu yang memiliki perangkat dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, dapat menggunakan program ini untuk mencari data yang kamu inginkan.

2. Kecepatan Download dan Buka Website

Opera Mini adalah browser smartphone default sebelum rilis Android. Kecepatan Opera Mini juga diakui cepat saat itu.

Menggunakan perangkat lunak ini di zaman sekarang, yang sudah mendukung jaringan 5G, akan menghasilkan penjelajahan yang lebih cepat.

3. Fitur Keamanan yang Lengkap

Fitur keamanan Opera Mini yang luar biasa sejalan dengan kecepatan berselancarnya yang cepat. Dengan fungsi ini, kamu tidak perlu khawatir gadget yang kamu gunakan akan diserang virus mematikan.

Opera Mini juga dapat mengidentifikasi situs web yang berpotensi mengandung virus atau risiko lain yang dapat merusak perangkat yang kamu gunakan.

4. Simpan Halaman

Manfaat lain dari Opera Mini adalah tersedianya fungsi page save. Halaman yang kamu lihat saat berselancar dapat disimpan dan dibuka kembali tanpa perlu internet menggunakan kemampuan ini.

5. Night mode

kamu yang suka menjelajah di malam hari akan menghargai kemudahan yang diberikan alat ini. kamu dapat menggunakannya dengan mudah di malam hari berkat fungsi mode Malam.

Selain mengurangi kecerahan layar, fungsi mode Malam juga dapat membantu menjaga kesehatan mata kamu saat berselancar di malam hari.

6. Fitur Pemulihan Website

Jika ponsel cerdas kamu menjadi terlalu panas saat kamu berselancar, kamu mungkin mengalami crash atau penundaan yang memaksa aplikasi untuk berhenti dengan sendirinya. Dengan memanfaatkan Opera Mini, halaman web yang telah kamu buka sebelumnya dapat tetap tersimpan dan kamu dapat mengaksesnya tanpa gangguan.

Interface

Kekurangan Opera Mini

1. Tidak dapat Merubah Shortcut Key

Opera Mini memiliki kekurangan yaitu tidak dapat memodifikasi tombol pintas. Dengan menggunakan tombol pintas, kamu dapat membuka aplikasi lebih cepat dan menghemat waktu.

2. Performa Lambat untuk Membuka Banyak Laman

Opera Mini akan memakan waktu lebih lama untuk memuat jika kamu memiliki terlalu banyak tab yang terbuka. kamu perlu membatasi jumlah tab yang dibuka dalam program ini. Jika tidak digunakan cepat hapus tab.

3. Tidak Bisa Menghilangkan Visual Effect pada Suatu Website

Jika kamu menggunakan browser ini untuk melihat situs web yang berisi banyak iklan video, kamu tidak dapat menghilangkan efek visual pada halaman tersebut.

Link Download Opera Mini Apk

Opera Mini tersedia untuk diunduh dan dipasang secara gratis melalui Google Playstore, yang mungkin sudah kamu miliki di ponsel kamu. Namun, pada ponsel tertentu, opsi instal mungkin tidak dapat diakses di Playstore. Sebagian besar waktu, ini disebabkan oleh meluapnya memori telepon yang tersedia.

Solusinya adalah download Opera Mini Apk secara manual dari situs web penyedia program jika kamu mengalami salah satu masalah yang dijelaskan di atas. Agar kamu tidak perlu berburu lagi, kami telah memberikan berbagai tautan unduhan.

7

Berikut link download Opera Mini Apk, yaitu:

  1. V62.1.2254.60552 5 Januari 2022 (terbaru) 32,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/download/628060552-APK-6d87db852341a4394891f8cb78def6ff?from=versions%2Fversion
  2. V61.0.2254.59937 7 November 2021 17,3 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/61.0.2254.59937-APK
  3. V61.0.2254.59862 22 Oktober 2021 17 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/download/612059862-APK?from=versions%2Fversion
  4. V60.0.2254.59405 18 September 2021 17,4 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/60.0.2254.59405-APK
  5. V59.0.2254.59208 16 September 2021 17,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/59.0.2254.59208-APK
  6. V58.0.2254.58441 8 Agustus 2021 17,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/58.0.2254.58441-APK
  7. V58.0.2254.58245 13 Juli 2021 17,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/58.0.2254.58245-APK

kamu akan menemukan Opera Mini dalam berbagai versi pada tabel di atas, mulai dari yang terbaru hingga yang berumur bertahun-tahun. Tentu saja, kamu memiliki opsi untuk memilih salah satunya untuk dipasang. Hal ini karena setiap orang memiliki selera yang unik.

Versi terbaik menurut kamu tidak selalu sama dengan pengguna Opera Mini lainnya. Oleh karena itu, ada banyak kemungkinan untuk dipilih.

Cara Install Opera Mini Apk

File Apk adalah yang akan kamu terima jika kamu mengunduh Opera Mini dari tautan di atas. Selanjutnya, file tersebut masih perlu diinstal secara manual sebelum dapat digunakan. Opera Mini dapat diinstal secara manual dengan mengikuti metode yang diuraikan di bawah ini.

  1. Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah mengatur izin supaya kamu bisa install aplikasi dari luar Playstore. Pada setiap versi Android, caranya mungkin berbeda. Berikut ini akan dijelaskan cara mengatur izin install aplikasi di Android 9 atau Pie
  2. Buka menu Settings, kemudian pilih submenu App and Notifications
  3. Klik Advanced, kemudian klik lagi pada opsi Special app access
  4. Pilih opsi Install Unknown Apps
  5. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang punya akses untuk install aplikasi. Di sini, pilih salah satu aplikasi yang dipakai untuk mengelola file, seperti File Manager atau Google Files
  6. Klik toggle pada Allow from this source untuk mengaktifkannya
    Jika sudah selesai melakukan pengaturan seperti langkah pertama tadi, sekarang kamu bisa membuka File Manager
  7. Temukan folder tempat kamu menyimpan file Apk yang sudah didwonload sebelumnya. Biasanya, file tersebut akan terletak di folder Download
  8. Jika sudah menemukan file Apk yang dimaksud, klik pada file
  9. Kamu akan diarahkan ke halaman untuk instalasi, klik opsi Install
  10. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu sampai aplikasi tersebut selesai diinstall
  11. Jika sudah selesai, akan ada keterangan yang muncul di layar
  12. Kamu bisa memilih salah satu dari dua opsi. Jika ingin keluar dari halaman install tanpa membuka aplikasi, pilih
  13. Finish. Jika ingin langsung membukanya, pilih Open

Keamanan

Proses install program secara manual tentunya lebih ribet daripada install langsung dari Playstore. Jika kamu mengikuti petunjuk dalam tutorial di atas dan berhasil menginstal aplikasi, kamu dapat menghapus file Apk dari penyimpanan internal perangkat kamu.

Menghapus file Apk akan membantu kamu mengosongkan beberapa megabita memori internal. Ini sangat bermanfaat untuk handset Android yang terus-menerus menerima peringatan memori yang hampir penuh.

Berdasarkan informasi yang ditawarkan dalam artikel ini, dapat disimpulkan bahwa Opera Mini APK adalah salah satu browser alternatif pilihan bagi banyak orang. Alasan utamanya adalah karena lebih ringan dan lebih banyak fitur. Program ini juga dapat dimuat di smartphone kentang dan masih dapat berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Opera Mini dikenal sebagai program browser yang memiliki desain atau antarmuka minimalis dan mudah digunakan oleh semua orang. Selain itu, Opera Mini juga sangat luar biasa karena kecepatan berselancarnya yang mungkin melampaui banyak aplikasi browser lainnya.

Pada artikel di atas kami tidak hanya membahas tentang link download opera mini versi terbaru 2022 saja, tetapi kami juga membahas tentang fitur, kelebihan beserta kekurangan yang ada pada opera mini.

Demikian artikel tentang Download Opera Mini Versi Terbaru 2022 untuk Android, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button