Advertisement

Aplikasi BPJS Kesehatan Android dan iOS

Rancakmedia.com – Aplikasi baru dari BPJS Kesehatan memudahkan penggunaan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan aplikasi BPJS Kesehatan, kamu tidak perlu meninggalkan kenyamanan rumah sendiri untuk mendapatkan perawatan medis yang kamu butuhkan.

Dengan aplikasi BPJS Kesehatan ini, kamu dapat menikmati fasilitas yang luas dan mudah serta berbagai fitur. Peserta JKN-KIS tidak perlu lagi menghadiri kantor cabang BPJS dengan kartu JKN-nya untuk mempertahankan kepesertaannya di kemudian hari.

Mengetahui lebih banyak tentang aplikasi ini adalah hal yang wajar. Silahkan lanjutkan membaca isi artikel ini sampai selesai.

Cara Menggunakan Aplikasi BPJS Kesehatan

Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi dari BPJS Kesehatan. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses dan kemudahan bagi peserta JKN-KIS.

Informasi mengenai program JKN-KIS dapat diakses di aplikasi JKN Mobile. kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat perubahan pada data peserta dan menjalankan perhitungan biaya. Dengan mengurangi kebutuhan untuk mengunjungi kantor cabang BPJS kesehatan, peserta dapat mengelola kepesertaan JKN-KIS dengan lebih baik.

Cara Menggunakan Aplikasi BPJS Kesehatan

Jadi, aplikasi ini akan sangat memudahkan kamu karena fitur-fiturnya lengkap dan tidak rumit untuk digunakan. Selain itu, kamu dapat memperoleh informasi terbaru tentang kesehatan menggunakan aplikasi JKN Seluler kami.

Fitur Aplikasi BPJS Kesehatan

Untuk membuat hidup kamu sedikit lebih sederhana, aplikasi BPJS Kesehatan kami berisi banyak fungsi yang berguna. Fungsi-fungsi berikut termasuk dalam aplikasi seluler JKN:

Informasi dari JKN
Fungsi info JKN sangat penting untuk menyajikan informasi yang menyeluruh. Seperti pendaftaran, denda, fasilitas, hak dan kewajiban peserta JKN serta insentif yang diterima peserta.

  1. Peserta
    Akses informasi kepesertaan kamu, termasuk nama, tanggal lahir, nomor BPJS, serta fitur dan fasilitas kesehatan terdekat tersedia melalui aplikasi JKN Mobile. Selain itu, kamu juga dapat memeriksa data keanggotaan anggota keluarga kamu.
  2. Kartu Peserta
    Selanjutnya terdapat fitur kartu peserta yang menyediakan gambar kartu peserta. Jika kamu tidak membawa kartu BPJS, kamu dapat menggunakan kemampuan ini sebagai gantinya.
  3. Ubah Data Peserta
    Kamu dapat mengubah data kamu sebagai peserta menggunakan fungsi ini. kamu dapat mengganti hal-hal seperti nomor telepon, alamat email, fasilitas medis, dan alamat pos kamu. kamu bahkan dapat pergi ke fasilitas medis tingkat yang lebih rendah atau pindah sekolah.
  4. Pendaftaran Peserta
  5. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini jika kamu lebih memilih untuk bergabung sebagai peserta daripada Penerima Upah. kamu hanya perlu memberikan nomor KTP untuk mendaftar.
    Selanjutnya, informasi akan dikirimkan ke alamat email yang kamu berikan saat mendaftar aplikasi Mobile JKN. Jika kamu ingin menggunakannya, kamu harus mengaktifkannya di aplikasi. Masukkan nomor kartu JKN dan kata sandi kamu setelah menyelesaikan prosedur pendaftaran peserta di halaman login JKN.
  6. Premi
    Fitur premium akan memudahkan kamu dalam mengakses tagihan iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan langsung oleh PBPU dan anggota keluarga.
  7. Catatan Pembayaran
    Riwayat pembayaran premi, denda, dan pembayaran seluler dapat dilihat menggunakan fitur catatan pembayaran.
  8. Pembayaran
    Kamu dapat membayar premi asuransi kesehatan BPJS kamu secara online menggunakan fasilitas ini. Selain itu, kamu memiliki kesempatan untuk membayar dengan berbagai cara.
  9. Pendaftaran Autodebet
    Pembayaran iuran bulanan untuk anggota JKN KIS dapat menjadi lebih mudah jika fitur ini disertakan.
  10. Riwayat Pelayanan
    Opsi riwayat layanan pada aplikasi BPJS Kesehatan ini memungkinkan kamu untuk mencari informasi kunjungan dan layanan peserta BPJS sebelumnya.
  11. Skrining
    Skrining adalah fitur yang mengungkapkan riwayat kesehatan kamu untuk membantu kamu melihat kemungkinan risiko penyakit kamu. Konsultasi tambahan atau tes fasilitas kesehatan tingkat pertama dapat dilakukan dengan memanfaatkan hasil skrining.
  12. Obat yang Ditanggung
    Melalui alat ini, kamu dapat memperoleh informasi tentang obat-obatan yang ditanggung selama menjalani perawatan. kamu juga dapat meninjau nama obat, komponennya, dan batas obatnya.
  13. Pendaftaran Pelayanan
    Protokol antrian seperti FKTP dan FKRTL sekarang dapat didaftarkan untuk memanfaatkan fitur baru ini. Selain itu, kamu memiliki opsi untuk memberikan umpan balik tentang pengalaman kamu dengan layanan FKTP.
  14. Lokasi Fasilitas Kesehatan
    Lokasi FKTP dan FKRTL dapat ditemukan di fitur akses aplikasi Mobile JKN. Di halaman ini, kamu akan menemukan informasi tentang lokasi kantor BPJS Kesehatan serta informasi kontak seperti jam operasional dan nomor fax.
  15. Cek VA
    Kamu dapat menggunakan fungsi Cek VA di aplikasi JKN Mobile ini untuk mencari nomor Virtual Account peserta sesuai NIK mereka.
  16. Fitur Pengaduan Keluhan
    Kamu tidak perlu khawatir jika ingin menyampaikan keluhan atau menyampaikan keluhan. Karena aplikasi BPJS Kesehatan menawarkan kemampuan untuk pengajuan keluhan atau masalah yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan Pusat.
  17. Program Relaksasi Tunggakan
    Orang-orang yang tertinggal dalam tagihan mereka mungkin mendapat manfaat dari Program Relaksasi Tagihan. Aplikasi ini menawarkan fitur pengajuan untuk mendapatkan keringanan pembayaran iuran bagi peserta yang menunggak lebih dari 6 bulan.
  18. Jadwal Tindakan Operasi
    Dengan aplikasi ini kamu dapat melihat jadwal operasi sesuai dengan nama yang diberikan dalam aplikasi Mobile JKN. Rumah sakit yang berafiliasi dengan BPJS Kesehatan kini memungkinkan kamu untuk memeriksa tanggal operasi.
  19. Ketersediaan Tempat Tidur
    Bagi penderita BPJS perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak rumah sakit untuk melihat apakah tersedia tempat tidur. Aplikasi ini menawarkan fitur yang dapat menunjukkan ketersediaan tempat tidur rumah sakit sesuai kelas. Informasi ketersediaan tempat tidur ini akan terus diupdate oleh pihak rumah sakit secara berkala.
  20. Konsultasi Dokter
    Kamu dapat menggunakan alat ini untuk berinteraksi dengan profesional medis di FKTP yang kamu daftarkan. Jarak fisik dapat dipertahankan selama epidemi dengan lebih mudah berkat pilihan konsultasi medis.
  21. Skrining Mandiri Covid-19
    Dengan masuknya fitur baru ini, peserta JKN-KIS kini dapat berkonsultasi dan bertanya tentang kemungkinan penularan Covid-19. Gunakan skrining mandiri Covid-19 ini untuk memeriksa apakah kamu tinggal di daerah yang berpotensi menyebarkan virus Corona.

Selain itu, kamu dapat memantau gejala penyebaran virus Corona untuk membantu pemantauan situasi kesehatan.

Itulah 21 fitur luar biasa yang ada di aplikasi BPJS Kesehatan. Fiturnya cukup banyak dan lugas bukan? Alhasil, untuk mendapatkan layanan BPJS tidak perlu keluar rumah.

Cara Download dan Menggunakan Mobile JKN

Dapat diakses di app bpjs mobile. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke aplikasi Mobile JKN di aplikasi untuk menggunakan salah satu fiturnya. Berikut cara mendaftar aplikasi Mobile JKN:

Bagi Pengguna yang Baru Daftar BPJS Kesehatan

Jika kamu berniat menjadi peserta JKN-KIS, kamu harus terlebih dahulu mendaftar BPJS Kesehatan melalui aplikasi BPJS Kesehatan. Di bawah ini adalah langkah-langkah pendaftaran:

  1. Instal aplikasi JKN Mobile dengan membuka Play Store atau App Store dan mengunduhnya.
  2. Untuk memulai prosedur pendaftaran, pilih Daftar dan kemudian Pendaftaran Peserta Baru.
  3. Selanjutnya, baca syarat dan ketentuan, lalu klik “Saya setuju”.
  4. Klik next setelah memasukkan NIK E-KTP dan kode captcha kamu.
  5. Nanti akan muncul data kamu dan kerabat kamu yang belum memiliki BPJS kesehatan, klik next.
  6. Isi data pribadi kamu sesuai permintaan.
  7. Prioritaskan pencarian kamu untuk perawatan medis dengan menguranginya menjadi beberapa jenis institusi yang berbeda.
  8. Pilih simpan setelah memasukkan alamat email aktif.
  9. Kamu akan mendapatkan nomor verifikasi melalui email tersebut. Silahkan copy nomor verifikasi ke Mobile JKN.
  10. Selanjutnya, data peserta yang terdaftar akan terungkap dan kamu akan mendapatkan nomor Virtual Account melalui email.
  11. Langkah selanjutnya adalah membayar iuran sesuai dengan nomor Virtual Account.
  12. Salah satu opsi ini akan berfungsi dengan baik, termasuk pembayaran yang dilakukan di lokasi ritel BPJS atau bank atau mesin ATM.
    Jika kamu telah melakukan pembayaran, kamu mungkin sudah menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Bagi Peserta BPJS Kesehatan

Jika kamu sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan memiliki kartu JKN-KIS. Namun, jika kamu belum mendaftar ke aplikasi Mobile JKN, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal aplikasi JKN Mobile dengan membuka Play Store atau App Store dan mengunduhnya.
  2. Selanjutnya, klik aktivasi akun.
  3. Informasi berikut diperlukan untuk mengakses akun: nomor NIK kamu, nomor kartu BPJS, nama ibu kandung kamu, alamat email, nomor ponsel, dan kode PIN (jika diketahui).
  4. Sangat penting bahwa informasi yang kamu berikan di sini sesuai dengan informasi yang sebelumnya diberikan kepada BPJS Kesehatan.
  5. Buka email untuk melihat kode aktivasi yang telah dikeluarkan oleh sistem Mobile JKN.
  6. Setelah memasukkan kode verifikasi, pastikan aplikasi Mobile JKN sudah terdaftar lalu klik verifikasi.
  7. Kamu akan dapat menggunakan kemampuan aplikasi Mobile JKN setelah menyelesaikan aplikasi verifikasi.

Manfaat Menggunakan Aplikasi JKN Mobile

Kamu sudah mengetahui berbagai fungsi yang diberikan dalam aplikasi BPJS Kesehatan. Dengan menerapkannya, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain:

Manfaat Menggunakan Aplikasi JKN Mobile

  1. Mempermudah pencarian informasi tagihan BPJS Kesehatan anggota keluarga bagi pengguna.
  2. Mengingat adanya fitur premium yang dapat mengekspos tunggakan iuran.
  3. Memudahkan pengguna untuk mengubah data anggota yang diambil menggunakan Mobile JKN.
  4. Alamat email, alamat pos, nomor telepon, dan fasilitas perawatan kesehatan adalah contoh data pribadi.
  5. Kantor BPJS Kesehatan bukan lagi satu-satunya tempat kamu bisa melakukan perubahan.
  6. Orang harus diizinkan untuk mendaftar menunggu online di fasilitas kesehatan tertentu jika memungkinkan.
  7. Ponsel adalah semua yang diperlukan untuk melacak kemajuan saluran.
  8. Mempermudah orang untuk mengetahui apakah ada tempat tidur yang tersedia di rumah sakit.
  9. Memudahkan pelanggan untuk berobat ke dokter, karena tersedianya fasilitas konsultasi.
  10. Pasien akan merasa lebih nyaman menceritakan masalah kesehatannya kepada dokter.

Banyak Keunggulan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan dan aplikasi Mobile JKN kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Karena banyaknya manfaat yang dapat dinikmati konsumen akhir. Berikut manfaat memanfaatkan BPJS Kesehatan:

  1. Murah
    Biaya pelayanan kesehatan di BPJS tergolong murah. Namun, meskipun biayanya murah, para peserta tidak mendapatkan tawaran. Hanya sedikit biaya bulanan Rp. 60.000,-, Rp. 51.000,- atau Rp. 25.000,- diperlukan untuk ikut kelas 1, kelas 2, atau kelas 3.
    Kamu akan mampu membayar perawatan medis yang komprehensif dengan tarif rendah ini. Mulai dari pemeriksaan, rawat inap, operasi, pengobatan dan lain-lain. Peserta akan mendapatkan penggantian biaya persalinan dan cuci darah.
  2. Program Wajib
    BPJS Kesehatan merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang diperlukan bagi seluruh warga negara Indonesia. Persyaratan ini dijabarkan dalam undang-undang dan aturan yang diumumkan oleh otoritas terkait.
  3. Tanpa Medical Check Up
    Saat berlangganan asuransi kesehatan swasta, biasanya kamu akan dihadapkan pada pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Memiliki penyakit serius dan berusia di atas 40 tahun meningkatkan premi asuransi kamu lebih banyak lagi.
    Selain itu, aplikasi asuransi kamu mungkin ditolak. BPJS, di sisi lain, memungkinkan pendaftaran pada usia berapa pun dan tanpa pemeriksaan kesehatan. Dimungkinkan untuk mendaftarkan anak sedini mungkin.
  4. Jaminan Seumur Hidup
    BPJS diuntungkan karena cukup berani mengcover keselamatan peserta seumur hidup. Relatif, harapan hidup 100 tahun lebih umum untuk badan keamanan swasta. Meskipun demikian, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa asuransi swasta melindungi seseorang untuk jangka waktu lebih dari seratus tahun.
  5. Tanpa Ada Pengecualian
    Dalam asuransi swasta, seseorang yang memiliki kondisi kronis mungkin mengalami penolakan. Jika disetujui, premi yang lebih besar akan dikenakan. Tentu saja tidak ada pengecualian di BPJS.
    Selain itu, di BPJS kamu dapat mendaftar tanpa ditanya tentang penyakit yang kamu derita. Jadi, tekniknya sangat sederhana dan ringan untuk kamu dalam proses perawatannya.
  6. Perubahan Data Dapat Dilakukan Secara Online
    Bagian yang paling berguna adalah kamu dapat melakukan update data tanpa harus datang ke kantor BPJS. Karena aplikasi BPJS Kesehatan memungkinkan kamu melakukannya secara online.

Aplikasi Mobile JKN dibuat mengingat jumlah peserta BPJS yang terus meningkat. Semenjak kemunculan virus Covid-19 yang memaksa individu untuk menjaga jarak dengan orang lain, hal ini menjadi semakin penting. Layanan yang disediakan oleh BPJS dengan demikian tersedia secara online.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Ada kekurangan dalam menggunakan BPJS Kesehatan juga ada manfaatnya. BPJS Kesehatan memiliki kekurangan atau kelemahan sebagai berikut:

Metode Berjenjang

Untuk mengajukan klaim dengan layanan BPJS Kesehatan, kamu harus melalui proses multi-langkah. Di luar keadaan darurat, kamu perlu memeriksakan penyakit kamu di fasilitas kesehatan 1 terlebih dahulu. Untuk memeriksakan penyakit kamu, kamu harus mengunjungi rumah sakit atau klinik setempat.

Setelah itu, jika pasien atau peserta BPJS harus dirujuk ke rumah sakit, maka pasien hanya boleh berobat ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Jika di bawah asuransi lain, kamu dapat langsung pergi ke rumah sakit dengan berkoordinasi dengan pihak asuransi.

Memang, prosedur berpergian ke rumah sakit dengan asuransi swasta lebih sederhana dan cepat dibandingkan BPJS.

Hanya di Indonesia

Masalah kedua adalah layanan BPJS kesehatan hanya mencakup kamu di wilayah Indonesia. Ini adalah cerita yang sangat berbeda dengan asuransi kesehatan swasta, yang dapat melindungi pasien di rumah sakit mana pun di dunia, ke mana pun mereka pergi.

Antri

Jika kamu berobat menggunakan layanan BPJS, kamu harus mengantri terlebih dahulu sebelum dipanggil giliran. Sebab, hampir seluruh masyarakat Indonesia mempekerjakan BPJS untuk rehabilitasi. Alhasil, mengantre jauh-jauh hari bukanlah hal yang aneh.

Semua informasi yang kamu butuhkan untuk memulai aplikasi BPJS Kesehatan. kamu sendiri sudah mengetahui banyak fitur yang tersedia. Artinya, kamu tidak akan kesulitan menerima layanan BPJS. Menginstal aplikasi JKN Seluler semudah membuka Google Play atau App Store dan mencari “JKN.” Tautan ke aplikasi resmi BPJS dapatditemukan di situs web perusahaan.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Semudah dan secepat itu memulai aplikasi BPJS Kesehatan. Manfaatkan kemampuan dan layanan yang disediakan oleh aplikasi Mobile JKN.

Menampilkan iklan yang muncul di sisi waktu. Beberapa opsi ditawarkan untuk membuat pengalaman semua pengguna lebih menyenangkan sehingga dapat menghasilkan film yang lebih baik.

Kesimpulan

Aplikasi JKN Mobile merupakan aplikasi dari BPJSKesehatan. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi peserta JKN-KIS. Peserta tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BPJS dengan kartu JKN-nya. Fungsi info JKN memberikan informasi lengkap tentang pendaftaran, denda, fasilitas, hak dan kewajiban.

Aplikasi JKN Mobile memungkinkan kamu untuk mendaftar sebagai peserta, mengubah data, dan membayar iuran BPJS secara online. Terdapat juga fitur premium yang akan memudahkan kamu dalam mengakses tagihan premi BPJS Kesehatan langsung dari PBPU dan anggota keluarga.

Related Articles

Back to top button