Advertisement

Aplikasi BOP 2022 Kemendikbud Terbaru

Rancakmedia.com – BOP 2022 adalah aplikasi bantuan penyelenggaraan (BOP) yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan(Kemendikbud) Pernahkah kamu mendengar tentang aplikasi BOP?. Jika jawaban kamu tidak maka kamu harus tetap berada di halaman ini.

Bahkan jika kamu bukan ahli komputer, kamu harus terbiasa dengan aplikasi ini. Ya, aplikasi ini tidak dirancang untuk masyarakat umum. Pendidik dari Sabang sampai Merauke di PAUD diundang untuk menggunakan aplikasi ini saja. Tapi itu layak bagi kamu untuk mencari tahu.

Mengenal Aplikasi BOP PAUD 2022

Instruktur PAUD mungkin telah menyebutkan BOP kepada kamu secara tidak sengaja atau sebaliknya. BOP adalah aplikasi khusus untuk instruktur PAUD.

Adapun PAUD, kamu pasti sudah tahu bahwa PAUD adalah singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Lebih khusus lagi, PAUD adalah pendidikan prasekolah.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2022 PAUD

Pendekatan pendidikan di PAUD sangat menghibur karena merupakan perpaduan antara belajar dan bermain seperti anak kecil. Sehingga dapat membantu dalam pertumbuhan otak murid. Setelah menyelesaikan PAUD, siswa melanjutkan ke TK (Taman Kanak-Kanak), kemudian ke SD (SekolahDasar).

Jadi, kembali ke aplikasi BOP. Instruktur PAUD tentunya perlu memahami hal ini. Karena ini ada kaitannya dengan Biaya Operasional untuk tingkat PAUD.

BOP 2022 adalah aplikasi bantuan implementasi khusus (BOP) yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemberian Bantuan Operasional Pelaksanaan ini dilakukan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan pendampingan ini adalah jajaran petugas dan instruktur di PAUD dengan mengirimkan langsung ke rekening yayasan PAUD. Sebenarnya aplikasi ini sudah berjalan lama dan beroperasi dengan sangat baik sampai sekarang.

Manfaat Dana BOP

BOP yang telah dimasukkan ke dalam rekening yayasan sangat bermanfaat dan baik untuk sekolah. Dalam situasi ini PAUD. Ketika dana BOP mencapai sekolah, dana tersebut sering digunakan untuk berbagai tujuan terkait sekolah. Berikut adalah beberapa contoh:

  1. Untuk penerimaan mahasiswa baru.
  2. Sangat bermanfaat bagi pengembangan profesional guru dan pendidik lainnya.
  3. Berkontribusi pada pengeluaran listrik dan layanan reguler.
  4. Untuk membantu pemeliharaan gedung dan infrastruktur sekolah.
  5. Selain itu, BOP membantu dalam penyediaan sumber daya multimedia pendidikan.
  6. Dimungkinkan untuk menggunakan BOP untuk melakukan penilaian dan evaluasi proses pembelajaran.
  7. Karena alasan administrasi sekolah.
  8. Membantu pembayaran honorarium guru dan tenaga kependidikan lainnya.
  9. Akhirnya, aplikasi BOP telah diluncurkan untuk membantu perencanaan dan pelaporan untuk BOP ini, berkat berbagai kelebihannya.

Fungsi Aplikasi BOP 2022 PAUD

Bagi para pengajar di tingkat PAUD, tentunya aplikasi ini cukup krusial. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu juga mengetahui apa saja fungsi dari aplikasi ini. Fitur-fitur aplikasi BOP ini antara lain:

  1. Untuk keperluan pengolahan data.
  2. Sebagai saluran penyaluran dana.
  3. Sumber media pelaporan keuangan.
  4. Untuk membangun sinopsis dari argumen proposal.

Berapa Dana PAUD BOP 2022?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mempercepat dan meningkatkan pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan.

Dana BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan kini disesuaikan dengan karakteristik daerah. Sebelumnya, nilai satuan biaya per peserta didik sebesar Rp 600.000 per tahun. Kini, unit cost per siswa mencapai hingga Rp 1,2 juta per tahun.

Cara Download Aplikasi BOP 2022 PAUD

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengakses browser online Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karena Play Store atau App Store tidak memiliki aplikasi ini. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu kamu mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

  1. Pertama-tama, silakan buka browser web di ponsel kamu.
  2. Kemudian masukan link Aplikasi BOP Kemendikbud
  3. Kemudian silakan tunggu saat situs dimuat dan dibuka secara penuh.
  4. Kamu hanya perlu membuka dan memanfaatkan aplikasi BOP untuk alasan pekerjaan setelah benar-benar dibuka.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2022 PAUD

Setelah mengunduh, sekarang kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendukung pekerjaan kamu. Untuk lebih mendalamnya, berikut ini adalah tutorial cara penggunaan aplikasi tersebut.

  1. Silakan buka halaman web
  2. Selanjutnya kamu dapat login ke situs ini sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi ini.
  3. Yang harus kamu perhatikan adalah usahakan untuk memanfaatkan aplikasi di waktu luang kamu agar aman dan tidak mengalami ledakan penggunaan.
  4. Kemudian kamu dapat menekan SSO, lalu memasukkan nama pengguna dan kata sandi agar kamu dapat langsung masuk ke dalam aplikasi.
  5. Jika kamu ingin melihat data tambahan, kamu perlu mengetahui bahwa aplikasi ini memiliki file laporan data dan tema visual yang tersedia.
  6. Pilih Perencanaan Data dan kemudian Paket Penggunaan dengan menggulir ke bagian bawah halaman.
  7. Setelah itu akan muncul Jadwal Kegiatan dan Anggaran Unit; silahkan masukkan data ini selengkap-lengkapnya.
  8. Setelah itu silahkan simpan hasil yang telah kamu masukkan tadi jika ingin menyimpan datanya.
  9. Terakhir, buka aplikasi BOP dan klik Pelaporan Data.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2022 PAUD (2)

Cara Membuat Rencana di Aplikasi BOP 2022

Dalam mempersiapkan pembayaran BOP, setiap jenjang PAUD yaitu TK, KB dan SPS wajib melaporkan dana BOP PAUD. kamu harus melengkapi laporan secara online menggunakan aplikasi BOP dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah karena sudah ada panduan penggunaannya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, agar kamu mengerti alangkah baiknya, dibawah ini adalah penjelasan mengenai petunjuk penggunaan aplikasi BOP PAUD 2022.

  1. Buka Aplikasi BOP 2022 di Website Kemendikbud
  2. Sebagai hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan aplikasi BOP melalui situs kemendikbud
  3. Kemudian pilih login BOP menggunakan SSO Dapodik yang berwarna hijau tua. Kemudian masukan username dan password.

Fitur Dan Menu Aplikasi BOP 2022 PAUD

Setelah berhasil login ke dalam aplikasi, kamu akan melihat banyak pilihan seperti: Data dapodik, data perencanaan, dan data pelaporan.

Jumlah siswa yang memenuhi syarat, tidak memenuhi kriteria, dan banyak kriteria semuanya masuk dalam data Dapodik. Mahasiswa yang memenuhi kriteria adalah mahasiswa yang memenuhi syarat untuk memperoleh uang BOP pada tahun 2022.

Siswa yang gagal memenuhi kriteria adalah mereka yang catatannya mengandung ketidakakuratan. Mungkin juga anak muda itu terlalu muda. Sementara itu, banyak siswa adalah siswa yang terdaftar secara rangkap di berbagai sekolah.

Jika kamu ingin mengetahui apakah ada kriteria yang memadai atau tidak, kamu dapat melihatnya menggunakan data Dapodik dengan menggulir ke bawah. Kamu juga dapat memeriksa data terbaru tentang siswa ini di situs web Vervalpd, terutama pada menu residu.

Rencana Anggaran Biaya BOP PAUD yang kamu buat sebelumnya merupakan salah satu sumber data yang digunakan dalam proses perencanaan. Data laporan terdiri dari laporan realisasi yang sesuai dengan rencana anggaran yang telah kamu siapkan.

Cara Membuat Rencana Anggaran Dana BOP

Kamu harus mempersiapkan RAD BOP PAUD sebelum kamu dapat memasukkan atau mengisi data anggaran. Rencana Anggaran Biaya dalam aplikasi BOP tidak boleh mengandung ketidakakuratan.

Ketika data tersedia, silakan pilih opsi data perencanaan dan gulir ke bawah. kamu akan melihat menu perencanaan yang terlihat seperti:

  1. Macam-macam komponen tersebut antara lain pelaksanaan kegiatan operasional pembelajaran, pelaksanaan kegiatan penunjang pembelajaran dan pemenuhan administrasi satuan pendidikan.
  2. Tergantung pada jenis komponen, penggunaan yang dimaksudkan.
  3. Nama barang/jasa yang kamu beli
  4. Jumlah produk yang telah kamu belanjakan
  5. Harga per satuan
  6. Pemanfaatan pasir kinetik, globe, kartu gambar binatang, dan puzzle hanyalah beberapa contoh materi yang dapat dimasukkan ke dalam kegiatan pembelajaran operasional.
  7. Bisa juga dalam bentuk replika mobil, komponen kendaraan, pakaian adat, alat musik tradisional, perlengkapan kuliner, reproduksi makanan.

Selain belajar dan bermain terkait peralatan dan sumber daya. Salah satu dari banyak fungsi pendukung pembelajaran dalam aplikasi BOP adalah memberikan makanan bergizi, alat yang dapat dideteksi, dan lingkungan yang kondusif untuk peningkatan pribadi.

Selain itu, mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa, pemberian honorarium. Selain itu, kamu harus menyediakan sumber daya tambahan untuk membantu upaya pendidikan dan rekreasi anak-anak.

Pemenuhan administrasi satuan pendidikan penggunaan barang dan jasa terdiri dari pengadaan alat administrasi, obat-obatan, kebersihan atau alat kesehatan. Menyediakan peralatan untuk memelihara bangunan dan infrastruktur.

Termasuk juga dalam hal ini adalah penyediaan jasa dan tenaga listrik berupa listrik, internet, telepon, air. Serta menawarkan alat-alat lain yang berhubungan dengan pendidikan.

Kamu harus memasukkan semua data untuk setiap komponen produk atau layanan dalam perencanaan. Setelah selesai, harap simpan hasil input yang kamu rencanakan,

Membuat Laporan Realisasi BOP

Setelah kamu menyelesaikan data perencanaan, kamu harus menyerahkan laporan aplikasi BOP yang merinci bagaimana dana tersebut sebenarnya digunakan. Dengan cara yang sama kamu mengisi menu perencanaan, kamu juga mengisi menu laporan.

Yaitu kamu harus menginput jenis komponen, jenis pemakaian dan lain sebagainya sesuai dengan data perencanaan yang sudah kamu isi.

Cara Input Laporan Penggunaan Dana BOP PAUD

Tujuan dari laporan ini adalah untuk melaporkan penggunaan uang di Satuan Pendidikan. Padahal, yang menerima Dana Bantuan Operasional atau BOP PAUD adalah Satuan Pendidikan. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Sebagai langkah awal, buka aplikasi SIMDAK di URL ini.
  2. Lalu masukkan username dan password yang diperlukan untuk akun dapodik kemudian klik tombol login.
  3. Pilihan selanjutnya adalah BOP PAUD.
  4. Kemudian pilih Penyerapan BOP sehingga kamu dapat memeriksa data penyerapan BOP ke satuan pendidikan.
  5. Admin/Operator Kabupaten sudah mengisi data serapan BOP yang akan ditampilkan selanjutnya.
  6. Apabila terdapat perbedaan penerimaan jumlah uang, data siswa penerima, dan tanggal penerimaan ke rekening harap memberitahukan kepada admin. Bisa juga melalui operator di wilayah kota masing-masing.
  7. Jika kamu ingin memasukkan laporan, silakan pilih Laporan Penggunaan Dana lalu tunggu beberapa detik hingga muncul format laporan Penggunaan Dana.
  8. Setelah itu, pilih Semester dan tekan Cari untuk mulai memasukkan data laporan. Mohon tunggu sebentar, jumlah uang yang dicairkan akan muncul pada kolom Distribusi pada tabel tampilan aplikasi BOP.
  9. Silakan kirimkan laporan penggunaan uang untuk setiap komponen dengan menekan tombol edit atau ikon berbentuk pensil.
  10. Setelah informasi selesai, layar berikut akan menampilkan laporan Rencana Kegiatan Anggaran Unit.

Cara Verifikasi Rekening Aplikasi BOP 2022

Agar pencairan pembayaran berjalan lancar, rekening BOP harus diverifikasi. Namun, tidak sedikit PAUD, TK dan jenjang pendidikan yang sebanding tidak dapat memvalidasi cerita ini.

Tujuan dari verifikasi ini adalah untuk mengetahui keakuratan nomor rekening yang ada pada Dapodik dan bank terkait. Jika terjadi ketidaksesuaian nomor rekening di PAUD Dapodik maka aplikasi BOP akan menampilkan notifikasi yang menunjukkan status sekolah belum tervalidasi.

Dalam hal ini, sebaiknya segera dilakukan perubahan dan pemindahan data dari Dapodik terbaru ke rekening sekolah. Berikut cara autentikasi akun PAUD BOP 2022.

Menyiapkan dokumen pendukung

Hanya ada satu dokumen yang harus kamu siapkan untuk prosedur verifikasi ini, yaitu buku rekening sekolah. Buku rekening yang akan kamu gunakan harus mencantumkan nama sekolah. Perhatikan juga nomor rekeningnya. Gunakan nomor rekening yang aktif.

Jika kebetulan nomor rekening sudah tidak aktif lagi, maka cari bantuan dari bank CS untuk segera mengaktifkan kembali nomor rekening tersebut.

Memperbaiki data rekening sekolah pada aplikasi Dapodik PAUD versi 2022

Ketika data pendukung berupa nomor rekening sudah tersedia, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memasukkan nama dan nomor rekening di aplikasi Dapodik. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah.

  1. Kemudian masukkan alamat email atau nama pengguna dan kata sandi kamu di aplikasi Dapodik tahun 2022.
  2. Setelah itu, klik Login.
  3. Kemudian pilih opsi sekolah dan kemudian gulir ke bawah.
  4. Masukkan data rekening BOP sekolah yang meliputi: nomor rekening, nama bank, cabang kcp dan rekening atas nama.
  5. Silakan kemudian pilih “simpan” untuk menyelesaikan proses.
  6. Setelah itu, kirimkan data yang telah kamu isi dengan memilih opsi validasi dan sinkronisasi di aplikasi Dapodik versi 2022.

Verifikasi Pada Halam Aplikasi BOP / BOS Kemendikbud

Saat melakukan autentikasi di website BOP/BOS Kemendikbud, kamu hanya perlu memberikan snapshot buku rekening BOP sekolah dalam bentuk JPG. Cuplikan menampilkan nomor akun dan nama akun sekolah. Setelah itu, harap patuhi pedoman berikut:

  1. Pertama, silahkan akses portal BOP/BOS Kemendikbud di https://bos.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah sampai di halaman ini, pilih tipe login yaitu sekolah, lalu pilih login SSO Dapodik.
  3. Silakan masukkan nama pengguna/email dan kata sandi kamu lalu pilih enter.
  4. Kemudian masuk ke menu upload buku tabungan/giro. Perlu diingat bahwa file yang akan kamu kirimkan tidak boleh melebihi satu megabyte (MB). Cuplikan nomor akun dan nama akun harus terlihat jelas.
  5. Kemudian silahkan masukan menu berikut yaitu konfirmasi
  6. Saat kamu masuk ke menu ini, kamu harus mengisi data yang diperbarui. Jika ada perubahan nomor rekening atau kesalahan, mohon diisi dengan kode bank, nomor rekening, nama rekening dan cabang bank.
  7. Silakan pilih perbarui sebagai pilihan terakhir kamu.

Penggunaan BOP di Masa Pandemi

Banyak orang mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memanfaatkan aplikasi BOP selama epidemi, mengingat situasi saat ini dalam pemulihan. Masih sesuai dengan spesifikasi teknis.

Jawabannya benar, selama masa pandemi penggunaan persentase BOP sudah sesuai dengan aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, tepatnya nomor 20. Yang isinya tidak memanfaatkan persentase sebagaimana dimaksud dalam aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 nomor 13.

Tidak hanya itu, di masa pandemi penggunaan uang BOP juga dapat digunakan untuk menutupi gaji tenaga honorer di sekolah. Hal itu berdasarkan Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 dan Pasal 9 A ayat 1.

Hal ini untuk memenuhi beban belanja termasuk sistem pengajaran dari rumah di tengah situasi pandemi saat ini. Akibatnya, subjek aplikasi BOP telah muncul. Saya harap ini menjelaskan hal-hal untuk kamu.

Kesimpulan

BOP 2022 adalah aplikasi bantuan pelaksanaan tertentu (BOP) yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (MECA) untuk instruktur PAUD. Dana BOP sering digunakan untuk berbagai tujuan terkait sekolah, seperti perbaikan gedung dan proyek pendidikan lainnya. Aplikasi BOP telah diluncurkan untuk membantu perencanaan dan pelaporan BOP ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengakses browser online Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara mendapatkan aplikasi ini.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah karena sudah ada panduan penggunaannya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menggunakannya di waktu senggang agar aman dan tidak mengalami gangguan. ledakan penggunaan.

Related Articles

Back to top button