Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Kebutuhan Kerja

nafa cahyani

Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Kebutuhan Kerja

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang ingin membeli laptop, kamu perlu mengetahui tips sebelum membeli laptop yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan laptop sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Untuk mengetahuinya kamu dapat simak artikel yang kami sediakan di bawah ini.

Tentu ini secara tidak langsung tuntut kelompok karyawan untuk mempunyai sebuah daily driver berbentuk laptop untuk mendukung keperluan itu.

Karena itu, saat sebelum beli sebuah laptop yang dipakai untuk keperluan kerja, pasti kita harus kantongi beberapa daftar yang bisa jadi persyaratan pada suatu laptop yang nanti akan dipakai sebagai alat pendukung produktivitas.

Daftar Tips Sebelum Membeli Laptop

Daftar Tips Sebelum Membeli Laptop

Lalu, seperti apakah panduan dan persyaratan yang bisa jadi parameter? Untuk lebih detilnya silahkan kita baca pembahasan di bawah ini:

1. Standar Intel EVO Certified

Intel EVO Certified merupakan sebuah standar yang dikembangkan oleh Intel sendiri dengan bekerja sama melalui komunitas pengguna, yang mana laptop dengan sertifikasi ini diharuskan untuk bisa memiliki mobilitas tinggi, mampu berpindah dari mode sleep dalam waktu 1 detik, memiliki baterai dengan daya tahan minimal 9 jam, serta mampu melakukan pengisian daya baterai dengan waktu yang singkat.

2. Tingkat Kecerahan Layar yang Tinggi

Untuk menunjang segala aktivitas kerja yang serius, tentu sebuah laptop harus memiliki tingkat kecerahan layar paling tidak 500 nits ke atas, hal ini dapat memudahkan kita sebagai pengguna agar tetap nyaman saat menggunakan laptop pada kondisi outdoor.

Terlebih, jika pekerjaan yang kita geluti selalu berhadapan langsung dengan area kerja seperti arsitek, teknisi mesin, dan sebagainya.

3. Standar Militer MIL-STD-810G

Jika kamu merupakan seorang pegawai yang sering berjibaku di luar ruangan, standar militer ini merupakan salah satu indikator penting pada sebuah laptop, mengingat untuk kebutuhan outdoor yang ekstrim kita perlu memiliki laptop yang juga tangguh di sektor bodi.

MIL-STD-810G merupakan sebuah standar yang memastikan bahwa laptop dengan standar tersebut dapat bertahan dalam situasi terbentur, terjatuh, serta mampu bertahan dalam kondisi terkena tumpahan air.

4. Cek Jumlah Port

Jenis port pada laptop sangat penting karena port merupakan tempat untuk menyambungkan berbagai perangkat ke laptop, seperti USB atau charger.

Cek Jumlah Port

Port juga memungkinkan kamu untuk menyambungkan hard disk eksternal atau drive SSD, mencadangkan data, atau menggunakan mouse dan keyboard. Minimal laptop harus memiliki satu USB-C, satu USB-A, dan jack mikrofon/headset.

Jika laptop kamu hanya memiliki satu port USB 3.0, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan lebih banyak port. Idealnya, laptop harus memiliki beberapa port USB 3.0.

Port USB 3.0 adalah jenis port konektor yang paling umum digunakan dalam industri teknologi laptop.

Kecepatan transfer data pada USB 3.0 sepuluh kali lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0. Hal ini memungkinkan transfer data melalui USB 3.0 menjadi lebih cepat dan efisien.

5. Kapasitas Baterai Besar

Poin ini juga merupakan salah satu hal yang termasuk dalam standar Intel EVO Certified, karena baterai merupakan salah satu sumber daya listrik yang cukup penting untuk menghidupi komponen yang ada di dalamnya.

Tentu sebuah laptop untuk menunjang pekerjaan diwajibkan memiliki kapasitas daya baterai yang besar dengan metode pengisian yang beragam dalam waktu cepat. Biar gak mondar-mandir ke colokan terus!

6. Sesuaikan Kebutuhan RAM

Ketika kamu membuka aplikasi, pasti ada data yang akan diakses. Setelah aplikasi ditutup, maka data tersebut akan tertutup juga.

Untuk mempercepat proses membuka dan menutup data ini, laptop dilengkapi dengan random-access memory (RAM).

RAM dapat menyimpan data aplikasi sementara sehingga prosesor tidak perlu mencari data jauh-jauh dan memakan waktu. Semua data yang dibutuhkan sudah tersimpan di dalam RAM.

Sesuaikan Kebutuhan RAM

Karena itu, spesifikasi RAM juga sangat mempengaruhi kecepatan laptop. Oleh karena itu, jangan menganggap sepele spesifikasi ini.

Secara umum, setidaknya kamu membutuhkan RAM sebesar 8 GB. Namun, jika kamu seorang programmer, disarankan untuk menggunakan RAM hingga 16 GB. Hal ini juga dituliskan oleh freeCodeCamp.

7. Sesuaikan Budget

Tentu saja, saat memilih laptop baru, kamu harus menyeimbangkan fitur yang kamu butuhkan, kebutuhanmu, dan jumlah uang yang kamu miliki.

Mungkin kamu harus membuat beberapa kompromi dalam hal keuangan, terutama jika berkaitan dengan harga barang.

Jangan sampai kamu terlalu tergiur dengan fitur dan aspek yang memukau, namun memaksakan keuanganmu. Carilah jalan tengah yang memberikan keuntungan baik dari barang dan keuanganmu.

Meskipun kamu memiliki pemahaman tentang spesifikasi kinerja dan sistem operasi, bagian terpenting dari memilih laptop baru adalah pengaturan anggaran.

Sangat mudah untuk merekomendasikan semua komponen dan fitur kelas atas, tetapi jika kamu tidak mampu membelinya, itu tidak masalah.

Kamu pasti ingin memiliki laptop yang berfungsi dengan baik namun tidak akan menguras kantongmu. Dari waktu ke waktu, laptop semakin terjangkau dari tahun ke tahun, beberapa laptop bahkan menawarkan harga di bawah 3-4 juta. Jadi, berapapun anggaranmu, kamu masih bisa menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kesimpulan

Saat sebelum beli sebuah laptop yang dipakai untuk keperluan kerja, pasti kita harus kantongi beberapa daftar yang bisa jadi persyaratan pada suatu laptop yang nanti akan dipakai sebagai alat pendukung produktivitas.

Demikian informasi tentang tips sebelum membeli laptop untuk kebutuhan kerja, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.