Advertisement

Aplikasi Merekam Layar Laptop dan Caranya

Rancakmedia.com – Aplikasi dan cara merekam layar laptop berfungsi untuk merekam kegiatan yang dilakukan saat menggunakan komputer. Ini sangat ideal bagi para gamer dan pengembang video tutorial untuk merekam beragam aktivitas.

Karena sangat mudah digunakan, aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang berbeda oleh penggunanya. Kemampuan yang ditawarkan di dalamnya memungkinkan pengguna untuk berkreasi sesuai keinginan. Dengan menggunakan aplikasi tambahan, prosedur pengambilan layar akan tampak lebih sederhana.

Cara Merekam Layar Laptop dan Daftar Aplikasi

Saat ini, ada berbagai kegiatan yang membutuhkan orang untuk terlibat dengan komputer. Banyak kegiatan yang dapat memperoleh manfaat dari peningkatan kreativitas berkat media digital yang tersedia saat ini.

Cara Merekam Layar Laptop dan Daftar Aplikasi

Sangat tidak umum bagi orang untuk merekam aktivitas mereka dan kemudian membuat rekamannya tersedia untuk dilihat orang lain.

Ada berbagai aplikasi dan metode untuk menangkap layar di laptop agar prosedurnya lebih sederhana. Berikut adalah beberapa saran untuk kamu mulai.

Aplikasi Merekam Layar Icecream Screen Recorder

Jika kamu ingin merekam layar di laptop kamu, ini bisa menjadi aplikasi terbaik kamu. Ada berbagai pilihan yang dapat diakses, membuatnya mudah untuk membidik lokasi yang tepat di mana kamu ingin merekam.

Aplikasi ini menyediakan layanan multi-platform yang dapat diakses hanya melalui Android, Mac, dan Windows. Stop, Record, dan Pause semuanya tersedia sebagai shortcut di aplikasi ini saja. Dengan cara ini, menjadi mudah untuk merekam layar.

Ukurannya yang ringan membuat aplikasi ini tidak akan memakan memori perangkat. Berikut cara memanfaatkannya.

  1. Kunjungi icecreamapp untuk mengunduh aplikasi Icecream Screen Recorder.
  2. Buka aplikasi yang telah berhasil diinstal pada perangkat., \pilih opsi Tangkap Video, lalu tentukan area yang ingin kamu pertahankan. kamu dapat merekam layar lengkap atau hanya Bagian dari itu.
  3. Setelah itu akan terbuka tab yang dapat digunakan untuk mengelola video. kamu memiliki kendali penuh atas pengaturan perekaman video dan audio.
  4. Tekan tombol Rekam untuk memulai prosedur perekaman layar. Akan muncul pop up yang dapat digunakan sebagai jalan pintas agar proses perekaman dapat berjalan lebih mudah.
  5. Untuk mengakhiri prosedur perekaman layar, kamu dapat menekan Ctrl + Shift + S secara bersamaan.
  6. Pilih tempat penyimpanan yang diinginkan dan berikan judul untuk video yang direkam.
  7. Simpan rekaman ke perangkat kamu dengan mengklik ‘ok’ sekali lagi.

Aplikasi Merekam Layar Windows Game Bar

Aplikasi ini dan cara merekam layar laptop sudah ada di laptop sebagai fitur, jadi tidak perlu lagi mendownload aplikasi tambahan. Fungsionalitas ini tersedia di Xbox One dan PS4 selain Windows 10.

Kamu dapat langsung merekam layar tanpa perlu menginstal apa pun sebelumnya. Sangat mudah untuk menghasilkan respons video saat bermain game menggunakan kemampuan yang ditawarkan di sini. Berikut adalah referensi cepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi.

  1. Untuk mengakses menu Game Bar, tekan tombol Windows + G.
  2. Pilih bagian Tangkap, lalu pilih Perekaman Layar.
  3. Klik opsi Turn On Mic While Recording jika kamu juga ingin merekam suara.
  4. Setelah prosedur perekaman layar selesai, file akan langsung disimpan dalam format MP4.

Aplikasi Merekam Layar OBS Studio

Fungsi perekam layar aplikasi ini membuatnya cukup populer. Semua layanan yang disediakan benar-benar gratis untuk digunakan. Rekamannya berkualitas baik dan tidak memiliki batasan sehingga kamu dapat memperoleh file rekaman yang fantastis.

Kamu memiliki kontrol yang lebih besar atas di mana kamu ingin merekam. Untuk berbagai tujuan, tombol pintas sudah tersedia. OBS Studio dilengkapi dengan audio mixer sehingga dapat membuat film dengan suara yang lebih jernih.

Aplikasi ini sudah memiliki kemampuan untuk berbagi konten ke berbagai platform jejaring sosial. Selain itu, pengguna memiliki layar untuk menerapkan efek khusus pada tangkapan layar yang mereka ambil. Ikuti langkah-langkah ini untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi.

  1. Silahkan kunjungi situs ini untuk mendapatkan aplikasi OBS Studio obsproject.
  2. Lakukan prosedur pengunduhan dan penginstalan pada perangkat.
  3. Saat kamu meluncurkan aplikasi, kamu akan melihat layar utama dengan banyak fitur. Untuk menambahkan sumber baru, klik tombol Tambah di area Sumber di sisi kiri layar.
  4. Pilih Display Capture untuk memulai prosedur perekaman layar.
  5. Pertama, buat judul rekaman terlebih dahulu.
  6. Tentukan bagian layar yang ingin kamu rekam.
  7. Di bagian bawah, klik Pengaturan untuk mengakses menu.
  8. Pilih tempat penyimpanan yang sesuai dengan memilih Output, lalu Recording Path.
  9. Untuk mulai merekam, tekan tombol Mulai Merekam.
  10. Kamu dapat menghentikan operasi perekaman layar dengan menekan tombol Stop Recording. Rekaman akan disimpan di tempat yang kamu pilih saat pertama kali memulai proses penyimpanan.

Aplikasi Merekam Layar VLC Media Player

Aplikasi dan cara merekam layar laptop VLC Media Player sangat mudah digunakan untuk memutar multimedia dalam format apapun. Namun selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam layar.

Aplikasi Merekam Layar VLC Media PlayerAplikasi Merekam Layar VLC Media Player

Tidak sulit untuk mempelajari cara menggunakan VLC Media Player; sebenarnya, ini adalah pemutar media default di beberapa perangkat. Gunakan aplikasi dengan cara berikut.

  1. Klik link ini untuk bisa mendapatkan aplikasi vlc media player dan langsung install di laptop
  2. Tunggu hingga penginstalan selesai.
  3. Setelah itu, luncurkan VLC Media Player dan pilih file media yang ingin kamu putar dari komputer kamu.
  4. Akses opsi Open Capture Device lalu cari Capture Mode. Kemudian pilih Desktop sebagai tujuan kamu.
  5. Pilih Konversi dengan menekan panah yang mengarah ke bawah di sebelah Putar.
  6. Pilih lokasi untuk menyimpan file rekaman dan klik “Simpan” untuk menyimpannya. Klik Mulai untuk langsung memulai proses perekaman.
  7. Untuk mengakhiri tangkapan layar, gunakan tombol Hentikan Perekaman. Data yang direkam akan disimpan di lokasi yang ditentukan tanpa pemrosesan lebih lanjut.
Baca Juga:  Aplikasi Record Video Android Terbaik di 2022

Aplikasi Filmora Screen

Filmora adalah aplikasi pengeditan video dengan sejumlah alat yang berguna, salah satunya adalah kemampuan untuk merekam tampilan komputer. Aplikasi ini ditampilkan di peringkat teratas karena mencakup banyak fungsi.

Aplikasi ini tidak hanya menangkap tampilan langsung, tetapi juga memiliki kemampuan menyorot mouse dan membuat sketsa layar. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah menangkap, audio, webcam dan layar.

Berbagai elemen memungkinkan proses perekaman beroperasi lebih mudah dan cepat. Berikut cara memanfaatkannya dengan baik.

  1. Akses aplikasi Filmora yang sudah terpasang di perangkat.
  2. Buka juga aplikasi yang akan direkam.
  3. Silakan kembali ke aplikasi Filmora jika semua persiapan kamu sudah selesai.
  4. Pilih menu File, lalu tekan rekam media.
  5. Gambarlah lingkaran di sekitar area yang ingin kamu dokumentasikan. Daerah khusus dapat dibuat sesuai keinginan kamu.
  6. Sebelum kamu mulai merekam, buka halaman pengaturan dan buat penyesuaian yang diperlukan.
  7. Secara default, Start dapat dimulai dengan menekan tombol F9.
  8. Kamu dapat menjeda dengan menggunakan tombol F10. Pengguna memiliki pilihan untuk menyesuaikan pengaturan tombol.
  9. Mulai perekaman, jika kamu belum melakukannya.

Aplikasi TinyTake

Aplikasi dan cara merekam layar laptop TinyTake sangat bagus untuk anak kecil. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis, memiliki ukuran yang ringan dan mudah digunakan. Akses gratis hanya dapat merekam layar selama maksimal lima menit setiap kali dalam versi gratis.

Jika kamu ingin merekam untuk waktu yang lebih lama atau ingin memanfaatkan kemampuan yang lebih penuh, kamu dapat membayar harga bulanan. Berikut cara memanfaatkannya dengan baik.

  1. Kunjungi website tinytake kemudian download aplikasinya terlebih dahulu.
  2. Kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi ini.
  3. Setelah kamu mencapai menu utama, kamu akan melihat opsi berikut. Silakan tekan tombol mulai untuk merekam layar.
  4. Perekaman layar akan langsung berjalan. kamu dapat menggunakannya secara bebas sesuai kebutuhan.
  5. Setelah selesai, rekaman akan disimpan di perangkat.

Aplikasi Free Cam

Aplikasi perekaman layar ini dikemas dengan editor video dan audio sehingga dapat memberikan hasil yang sangat baik. Antarmuka pengguna aplikasi ini menarik secara visual dan mutakhir, membuatnya menyenangkan untuk digunakan.

Aplikasi ini memberikan fitur secara gratis dan rekaman tidak dilengkapi watermark serta bebas iklan. Resolusi gambar akhir cukup tinggi sehingga terlihat jelas.

Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menghapus fragmen video dari wilayah yang tidak diinginkan. kamu juga dapat mengurangi kebisingan latar belakang dan menerapkan efek audio lainnya untuk kualitas rekaman yang lebih baik. Berikut cara memanfaatkannya.

  1. Silakan kunjungi situs web aplikasi free cam, kamu akan diarahkan ke halaman online yang mengirimkan aplikasi.
  2. Instal aplikasi perekaman layar yang kamu unduh sebelumnya. Mulai syuting dengan aplikasi Cam Gratis.
  3. Untuk memulai rekaman baru, klik tombol “rekaman baru”.
  4. Pilih area yang ingin kamu rekam, mungkin layar penuh atau hanya wilayah yang dipilih.
  5. Untuk memulai perekaman layar secara instan, cukup tekan tombol mulai merekam.
  6. Silakan mulai merekam sesegera mungkin dan rekam timer ke panjang yang diinginkan.
  7. Untuk mengakhiri tangkapan layar, cukup klik tombol selesai.

Aplikasi CamStudio

Kemampuan yang diberikan oleh aplikasi ini mungkin terbilang cukup mendasar, namun aplikasi dan cara merekam layar laptop dapat dilakukan dengan cukup cepat. Jika kamu seorang pemula, kamu tidak perlu khawatir tentang apa pun. Karena sangat sedikit, menginstalnya di perangkat seluler sangat mudah.

Untuk mengurangi ukuran file, rekaman layar AVI akan dikonversi ke SWF. Ada juga pilihan kualitas perekaman layar sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ikuti petunjuk untuk menggunakannya di bawah ini.

  1. Silakan kunjungi situs web camstudio untuk mendapatkan aplikasi.
  2. Buka aplikasi Camstudio dan pilih menu wilayah. Tentu saja wilayah yang ingin kamu rekam.
  3. Pilih opsi menu untuk memilih apakah perekaman layar dilengkapi dengan suara atau tidak.
  4. Tekan tombol rekam merah setelah kamu selesai mengonfigurasi semuanya.
  5. Prosedur perekaman layar akan berjalan secara otomatis. Setelah selesai, kamu dapat menekan tombol berhenti berwarna biru.
  6. Temuan tangkapan layar akan disimpan ke perangkat secara otomatis. kamu dapat pergi ke folder untuk melihat hasilnya.

DVDVideoSoft Free Screen Video Recorder

Meski memiliki ukuran yang kecil, namun fungsi yang diberikan sangat lengkap. Aplikasi ini memiliki fitur utama merekam obrolan Skype tanpa batas sehingga berguna untuk merekam wawancara atau sesi konferensi online.

DVDVideoSoft Free Screen Video Recorder

 

Ada banyak opsi yang dapat kamu gunakan untuk merekam layar sehingga dapat menghasilkan rekaman video yang layak. Karena petunjuk rinci, pemimpin tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga:  Aplikasi Record Video Android Terbaik di 2022

Perangkat lunak ini dapat diakses dalam 10 bahasa dan mendukung beberapa format video. Simak cara memanfaatkan aplikasi berikut.

  1. Unduh dan terima aplikasinya melalui web resmi dvdvideosoft Free Screen Video Recorder
  2. Hal pertama yang pertama, dapatkan aplikasi yang diinstal. Setelah berhasil silahkan buka aplikasinya.
  3. Memilih record akan memulai proses perekaman layar. Kemudian pilih perekam video layar gratis.
  4. Jendela baru akan langsung muncul untuk prosedur perekaman.
  5. Pilih salah satu pilihan yang tersedia, misalnya merekam layar penuh, merekam area tertentu dan sebagainya.
  6. Tekan tombol untuk mulai merekam. Setelah selesai, kamu dapat menggunakan tombol stop.
  7. Rekaman akan langsung disimpan di folder perangkat.

Aplikasi ShareX

Aplikasi dan mekanisme selanjutnya untuk menangkap tampilan laptop adalah ShareX. Aplikasi ini dibangun di atas open source sehingga dapat digunakan secara gratis. Yang lebih menarik lagi adalah aplikasi ini bebas iklan sehingga kamu tidak akan terganggu saat menggunakannya.

Wilayah yang dapat direkam juga dapat ditentukan hanya dengan menggunakan fitur yang tersedia. kamu juga dapat menggunakan hotkey untuk akses yang lebih baik. ShareX kompatibel dengan berbagi media sosial, jadi kamu juga dapat mempostingnya di sana.

Kamu juga dapat menyertakan banyak komponen tambahan seperti musik, foto, film, tkamu air, dan sebagainya. Berikut cara memanfaatkannya.

Kunjungi URL berikut untuk menerima file aplikasi shareX.
Di menu utama, silahkan pilih Capture lalu pilih Screen Recording.
Tentukan jendela atau area yang ingin kamu rekam.
Lakukan perekaman layar sesuai keinginan.
Setelah selesai, tekan tombol stop di keyboard kamu. Rekaman disimpan ke perangkat secara otomatis.

Aplikasi AceThinker

Aplikasi ini dan cara merekam layar laptop memiliki keserbagunaan yang luar biasa sehingga sangat mudah untuk diatur dan digunakan.

Pengguna dapat dengan mudah merekam bagian tertentu dari layar atau layar penuh. Dimungkinkan untuk melakukan pengeditan waktu nyata untuk mengakomodasi berbagai operasi. Perekaman layar dan perekaman audio dari mikrofon dapat dilakukan secara bersamaan.

Kemampuan yang ditawarkan memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi secara real time dan menyimpan rekaman menggunakan format pilihan. kamu juga dapat langsung mengirimkan rekaman layar ke Google, Youtube, dan sebagainya.

Yang luar biasa, aplikasi ini menawarkan fungsi untuk membuat jadwal dan merekam layar secara otomatis. Pelajari lebih lanjut tentang AceThinker dalam video di bawah ini.

  1. Unduh aplikasinya atau cukup gunakan fungsi perekaman layar.
  2. Saat kamu menjalankan aplikasi setelah berhasil diinstal, kamu akan melihat tampilan aplikasi dengan berbagai kemampuan.
  3. Untuk merekam layar, kamu cukup menekan tombol mulai. Layar akan direkam secara otomatis.
  4. Harap tentukan area yang ingin kamu rekam. Ada beberapa pilihan di menu Start. Pilih atribut yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  5. Kamu dapat menyimpan atau membagikan tangkapan layar kamu jika sudah direkam dengan benar.

Aplikasi Screencast-O-Matic

Program ini dilengkapi dengan fungsi kamera dan juga perekaman layar. Kualitas perekaman layar yang diberikan oleh aplikasi ini bisa dibilang sangat stkamur. Sebagai hasil dari ukuran file video yang direkam sederhana, itu dapat dengan mudah dibagikan di berbagai platform media.

Screencast-O-Matic juga memberikan opsi pengeditan yang memudahkan pengguna untuk menambahkan overlay, menggambar, dan sebagainya. Selain itu, kamu memiliki opsi untuk menyinkronkan klip audio dan video. Berikut cara memanfaatkannya.

Aplikasi Screencast-O-Matic

  1. Kunjungi situs web secreencast-o-matic untuk mendapatkan file aplikasi
  2. Instal aplikasi di smartphone setelah mengunduhnya.
  3. Aplikasi yang diinstal dapat diakses melalui perangkat.
  4. Tekan tombol gunakan versi gratis untuk memanfaatkan layanan gratis. kamu akan diarahkan ke halaman berkamu aplikasi setelah mengirimkan formulir ini.
  5. Untuk mulai merekam, kamu cukup menekan tombol rekam. Tunggu beberapa detik hingga muncul kata go.
  6. Di wilayah yang dipilih, kamu dapat merekam layar secara langsung.
  7. Gunakan tombol pause untuk menjeda proses perekaman.
  8. Memulai ulang perekaman layar adalah opsi jika kamu ingin melakukannya lagi.
  9. Tekan tombol selesai ketika prosedur perekaman layar selesai.

Aplikasi dan teknik pengambilan tampilan laptop dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Karakteristik yang ditawarkan di dalamnya membantu banyak tugas untuk beroperasi dengan nyaman dan efisien. Akses gratisnya memungkinkan pengguna untuk berkreasi menghasilkan film-film unik.

Kesimpulan

Layar laptop digunakan untuk merekam aktivitas yang dilakukan saat menggunakan komputer. Ada berbagai aplikasi dan metode untuk menangkap layar di laptop.

Gunakan saran ini untuk membantu kamu memahami cara menyaring rekaman di laptop kamu dari perangkat Android, Mac, dan Windows. Fungsi perekam layar aplikasi ini membuatnya cukup populer. Rekamannya berkualitas baik dan tidak memiliki batasan sehingga kamu bisa mendapatkan file rekaman yang fantastis.

Aplikasi ini sudah memiliki kemampuan untuk berbagi konten ke berbagai platform jejaring sosial. Pengguna memiliki layar untuk menerapkan efek khusus pada tangkapan layar yang mereka ambil.

Back to top button