Advertisement

Apa itu Aplikasi Blender dan Kelebihannya

Rancakmedia.com – Jika kamu suka membuat animasi, kamu dapat menggunakan blender untuk membuat animasi secara gratis. Apa itu aplikasi Blender? Berikut penjelasannya.

Animasi adalah sekumpulan gambar yang disajikan pada saat tertentu, sehingga menimbulkan tampilan gerakan.

Tentu kita tahu bahwa peran animasi di dunia digital saat ini sangatlah kuat. Animasi dimulai sebagai jenis media yang benar-benar lucu.

Namun, Animasi mungkin sudah dimanfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya iklan, mempercantik tampilan website, video tutorial, dll.

Apa itu Aplikasi Blender

Tentu saja ketika kita berbicara tentang animasi, kita tidak bisa mengabaikan proses pembuatannya, bukan? Ini adalah fakta yang sedikit diketahui bahwa membuat film animasi lebih sulit daripada yang terlihat pada awalnya.

Selain pemahaman dasar tentang animasi, diperlukan beberapa hal lain. Tentunya dalam memuat semua tuntutan tersebut dibutuhkan sebuah software animasi untuk membuatnya. Software animasi populer seperti Blender sering digunakan oleh masyarakat umum dalam pembuatan proyek animasi.

Memang, ada banyak software animasi yang mungkin ditemukan pengguna melalui pencarian Google. Blender, di sisi lain, masih merupakan salah satu alat terbaik untuk membuat film animasi. Melalui esai ini, saya akan menjelaskan apa itu Blender.

Tentu saja, saya akan menjelaskan secara rinci tentang fungsi, manfaat, fitur, dan kelebihan dan kekurangan Blender hanya untuk memastikan kamu memiliki semua fakta.

Apa itu Aplikasi Blender

Blender adalah perangkat lunak grafis 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, objek cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video.

Masyarakat umum mengenal Blender sebagai alat pemodelan dan animasi 3D gratis dan open-source. Saluran terpadu dan proses pengembangan yang responsif adalah dua fitur terbaik Blender untuk individu dan studio kecil.

Banyak sistem operasi lain yang dapat menjalankan perangkat lunak ini, termasuk Mac OS X dan Linux.

Blender tetap menjadi perangkat lunak animasi 3D terbaik meskipun tersedia banyak alternatif. Bahkan jika kamu mengabaikan kekayaan fitur Blender yang berguna, ini adalah hal yang wajar.

Fitur Utama Blender

Blender, perangkat lunak animasi 3D paling populer di dunia, menawarkan berbagai macam layanan dan fitur untuk membuat pengguna menghasilkan animasi 3D dengan lebih cepat dan mudah.

Misalnya seperti Modifier, Animation, Motion Tracking, dan lain-lain yang mungkin dilihat pengguna di bawah ini.

1. Modifier

Dengan kata lain, pengubah melakukan tindakan non-destruktif pada objek secara otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi berbagai efek, yang kemudian dapat disesuaikan secara manual tanpa mengubah geometri inti objek pengguna.

2. Seamless Sculpting

Digital Sculpting memberi pengguna kontrol dan kebebasan yang mereka butuhkan di berbagai titik di seluruh rantai produksi digital. Desain karakter dan contoh adalah dua contoh status yang dibuat pengguna.

3. Animation

Animasi di Blender adalah fitur yang membuat suatu objek bergerak atau berubah bentuk dari waktu ke waktu.

Dengan fitur ini pengguna dapat mengubah lokasi, orientasi atau ukuran objek sesuai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, kamu juga dapat membuat objek bergerak tergantung pada pergerakan objek lain.

4. Motion Tracking

Ini memungkinkan untuk mengimpor film mentah, melacaknya, menutupi wilayah, dan membuat ulang gerakan kamera secara langsung dalam adegan 3D menggunakan kamera siap produksi Blender dan pengguna pelacakan objek.

5. Scripting

Sangat tidak biasa bagi pengguna untuk menyadari bahwa Blender hadir dengan berbagai ekstensi yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan cepat.

Tentunya dengan ekstensi ini, pengguna akan ditawari kemudahan dalam mengerjakan proyek yang akan dikembangkan.

Beberapa ekstensi termasuk, generator (pohon, medan, awan), objek fraktur, 3D Printing Toolbox, sistem meta-rigging yang lebih kuat, dukungan format impor dan ekspor (AfterEffects, DirectX, Unreal Game Engine) dan banyak lagi.

6. Interface

Terlebih lagi, pengguna memiliki kendali penuh atas tampilan dan nuansa aplikasi. Menggunakan skrip Python atau mempartisi viewport, misalnya.

Sementara itu, Blender juga memberikan konsistensi di semua platform, tidak ada jendela pop-up yang mengganggu, dan dukungan untuk monitor hi-dpi.

Kelebihan dan Kekurangan Blender

Tentu saja, ada banyak alasan mengapa banyak orang memilih perangkat lunak Blender sebagai media untuk menghasilkan animasi 3D mereka.

Ini tidak terduga, mengingat beberapa keunggulan yang ditawarkan Blender dengan perangkat lunak ini. Tetapi juga layak, jika perangkat lunak ini memiliki kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan Blender yang perlu diketahui pengguna.

Kelebihan

  1. Gratis
  2. Open Source
  3. Multi Platform
  4. Fitur lengkap
  5. Update

Kekurangan

  1. GUI sulit dipahami
  2. Tool tidak lengkap

Kesimpulan

Blender adalah perangkat lunak grafis 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, objek cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video.

Pada artikel di atas kami tidak hanya menjelaskan apa itu aplikasi blender saja, tetapi kami juga membahas tentang fitur, kelebihaan serta kekurangan Blender.

Demikian artikel tentang g Apa itu Aplikasi Blender dan Kelebihannya, semoga artikel di atas ddapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas