Advertisement

Fitur Google Docs dan Cara Menggunakannya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah pernah menggunakan Google Docs? Inilah fitur google Docs dan cara menggunakan nya yang sangat mudah dan membantu.

Bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, mempelajari cara efektif menggunakan Google Documents sangat penting.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan sumber daya Google, terutama ketika bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan berbagai proyek.

Apalagi di masa sekarang ini wabah yang membuat bingung kamu yang berada di sekolah dan mendapatkan tugas kelompok. kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu akan mengetahui apa saja fungsi dan fitur Google Documents dan cara menggunakannya.

Fitur yang Ada Pada Google Docs

Bagi kamu yang sudah mengenal dan sering menggunakan Microsoft Word, sebenarnya fungsi dan cara memanfaatkan Google Docs tidak jauh berbeda dengan Microsoft.

Perbedaan antara keduanya terletak pada bagaimana mereka digunakan dan fungsi yang mereka lakukan. Jika Microsoft Word hanya dapat digunakan di satu perangkat, dan jika misalnya teman kamu ingin mengubah file, kamu harus mentransfernya ke perangkat lain terlebih dahulu, bukan?

Nah, Google Docs sedang online, kamu tidak perlu mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini semudah membagikan tautan ke halaman file Google Documents yang baru kamu buat dengan siapa saja yang membutuhkannya.

Tidak hanya untuk menulis dan memproses kata, tetapi juga Google Documents menyertakan banyak alat tambahan yang dapat memfasilitasi penyelesaian tugas kamu.

Google Docs juga memuat fitur tambahan, seperti Sheets, Slides, Drawings, hingga Forms. kamu juga dapat menggunakan Google Slide untuk membuat powerpoint dengan teman-teman kamu.

Selain itu, bagi kamu yang lebih menyukai fungsi sxcel, Google Sheets sendiri adalah setara online dari Microsoft Excel.

Cara fungsi beragam kemampuan ini sebenarnya sama, kamu hanya perlu membagikan tautan file, dan kamu dan teman-teman kamu dapat menyelesaikan pekerjaan bersama pada saat yang bersamaan.

Kamu dapat membuat, memperbarui, dan mengakses kapan saja dan di mana saja kamu inginkan.

Cara Menggunakan Google Docs

Ya, tanpa ragu, kamu sudah memiliki alamat Gmail untuk email kamu. Fitur Google Documents tidak akan berfungsi kecuali kamu telah membuat email terlebih dahulu.

Jika kamu ingin mengaksesnya melalui smartphone, kamu dapat mengunduh programnya terlebih dahulu dari Playstore atau Appstore.

Jika kamu menggunakan laptop atau komputer, kamu dapat langsung membuka docs.google.com atau mengeklik area yang bertuliskan Documents dengan logo biru di sudut kanan atas laman penelusuran Google.

Untuk mulai menulis, kamu dapat memulai dengan halaman kosong dan menuliskan apa yang harus dilakukan. Pada halaman Google Docs, kamu akan menemukan deretan tombol yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft Words.

Jika kamu ingin berbagi karya dengan orang lain, cukup tekan tombol bagikan di sudut kanan atas. kamu memiliki opsi untuk mengirim undangan melalui email atau hanya membagikan tautan. Setelah itu, kamu cukup mengklik selesai dan Google Documents dapat digunakan.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami sudah memberikan informasi mengenai fiitur yang ada pada google Docs, dan cara menggunakan aplikasi google Docs.

Demikian artikel tentang Fitur Google Docs dan Cara Menggunakannya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas