8 Aplikasi Android untuk Membuat Video Animasi 3D Terbaik

nafa cahyani

Aplikasi Android untuk Membuat Video Animasi 3D
Aplikasi Android untuk Membuat Video Animasi 3D

Rancakmedia.com – Apakah kamu ingin menjadi seorang Animator Profesional? Kamu dapat menggunakan aplikasi Android untuk membuat video Animasi 3D yang dapat kamu gunakan untuk mengasah kemampuan kamu, dan ini menjadi hal yang sederhana yang dapat kamu lakukan.

Bagi kamu yang menekuni bidang menggambar tentu bukanlah hal sulit untuk membuat gambar 3D di selembar kertas.

Namun bagi kamu yang belum ahli, kamu bisa mencoba membuat animasi atau gambar 3D dengan menggunakan aplikasi.

Daftar Aplikasi untuk Membuat Video Animasi 3D

Pernahkah kamu melihat film animasi? Seberapa bagus animasi film yang kamu tonton? Umumnya, film animasi layar lebar menampilkan desain animasi yang halus dan menarik.

Seperti Spongebob Squarepants, Doraemon, Upin dan Ipin, dan masih banyak lagi adalah film animasi 2D dan 3D Indonesia yang terkenal.

Mengerjakan animasi yang bagus mungkin tampak menantang bagi kebanyakan orang. Namun, pada kenyataannya tidak selalu demikian.

Banyak aplikasi Android untuk membuat animasi 3D yang sekarang tersedia sebagai hasil dari kemajuan teknologi, dan kamu dapat bereksperimen dengannya sesuai keinginan kamu sendiri.

Latihan ini juga bisa menjadi kegiatan mengisi waktu luang selama masa karantina mandiri di masa pandemi COVID-19, lho!

Tidak perlu khawatir menggunakan peralatan komputer, hanya dengan smartphone kamu bisa berkreasi dalam menghasilkan animasi yang dipersonalisasi sesuai keinginan!

Perangkat lunak pembuat animasi 2D dan 3D apa yang dapat digunakan oleh animator baru dengan sukses? Berikut adalah sepuluh aplikasi animasi 2D dan 3D terbaik untuk perangkat Android untuk pemula.

1.PicsArt Animator, GIF, dan Video

Nama AplikasiPicsart Animator: GIF & Video
Versi3.0.3
Perlu Android versi4.0.3 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal22 Des 2016
Diupdate pada1 Agu 2019
DeveloperPicsArt, Inc.
DownloadKlik Disini

Siapa yang tidak tahu PicsArt? Lebih dari lima juta pengguna Android dari seluruh dunia telah mengunduh aplikasi edit foto terkenal ini.

Namun selain mengedit gambar, PicsArt juga melahirkan aplikasi pembuat animasi bernama PicsArt Animator, GIF dan Video.

PicsArt Animator diyakini sebagai aplikasi pembuatan animasi terbaik yang disarankan yang sempurna untuk animator pemula.

Ada banyak fitur unggulan yang bisa kamu coba jika sedang belajar membuat animasi menggunakan PicsArt Animator, seperti fitur frame by frame dan animasi foto, alat pembuat sketsa gambar dan perekam suara untuk animasi, hingga ribuan stiker untuk mempercantik animasi custommu.

Selain itu, kamu memiliki kontrol penuh atas kecepatan animasi. Sebagai hasil akhir, animasi kamu dapat disimpan sebagai film atau GIF yang dapat dibagikan di media sosial. Ya, ini cukup menggelitik.

2. Animate Me!

Animate Me dari App Monkeys Software adalah pilihan teratas berikutnya bagi mereka yang ingin membuat gif animasi.

Kamu akan mempelajari dasar-dasar membuat animasi 3D dengan bantuan aplikasi ini. Selain bersifat mendidik, metode yang diberikan juga bersifat menghibur dalam arti menyerupai permainan.

Di aplikasi Animate Me, kamu akan mempelajari cara memindahkan animasi menggunakan panel penunjuk navigasi yang diberikan.

Panel ini menawarkan berbagai macam dan orientasi gerakan animasi yang sering digunakan dalam film animasi 3D, seperti berlari, berjalan, melompat, menari, hingga berbicara dengan memanfaatkan kemampuan audio.

Kemampuan untuk membuat animasi 3D kamu sendiri, yang bergerak mulus seperti benda-benda di dunia nyata, akan tersedia di masa mendatang.

3. FlipaClip – Cartoon Animation

Nama AplikasiFlipaClip: Animasi Kartun
Versi3.2.2
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal2 Apr 2012
Diupdate pada17 Feb 2023
DeveloperVisual Blasters LLC
DownloadKlik Disini

Kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi pembuat animasi “FlipaClip – Cartoon Animation” rilisan Visual Blaster LLC.

FlipaClip telah diunduh dan dicobagunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna Android di seluruh dunia dan mendapat rating bintang sebesar 4,3.

Dalam hal fungsionalitas, program pembuat animasi ini berisi semua yang mungkin diinginkan pemula dalam aplikasi desain, termasuk penggaris dan penghapus.

Kamu juga dapat membuat animasi bingkai demi bingkai, menambahkan suara, untuk mencampur animasi dengan foto atau film lainnya.

Jangan khawatir jika kamu masih kesulitan membuat animasi dengan FlipaClip, karena aplikasi ini juga memberikan video pelajaran yang lengkap dan siap membantu kamu.

Sebagai hasil akhir, animasi kamu dapat disimpan sebagai GIF atau MP4. FlipaClip disarankan untuk dicoba karena memberikan semua kemampuannya secara gratis!

4. Toontastic 3D

Nama AplikasiToontastic 3D
Versi1.0.5
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal11 Jan 2017
Diupdate pada2 Nov 2017
DeveloperGoogle LLC
DownloadKlik Disini

Untuk memproduksi film menggunakan ponsel, kamu dapat menggunakan aplikasi pembuat animasi Toontastic 3D Google LLC.

Toontastic 3D memberikan alat yang lengkap untuk membuat animasi, mulai dari desain backdrop, objek, dan fitur dubbing sehingga karakter animasi kamu dapat berbicara.

Wajah makhluk animasi kamu di Toontastic 3D dapat disesuaikan menggunakan gambar dari koleksi ponsel cerdas kamu, yang membedakannya dari aplikasi pembuatan animasi lainnya.

Oleh karena itu, tidak disangka Toontastic 3D telah diunduh oleh 1 juta pengguna Android.

5. Animasi Kamera GIF MOB

Nama AplikasiGIFMob - Kamera Animasi GIF Mu
Versi1.33.0
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal17 Okt 2013
Diupdate pada21 Des 2020
DeveloperPHOTO3DLAB
DownloadKlik Disini

Tidak ingin repot membuat animasi secara manual? MOB GIF Camera Animation memberikan jawabannya! Animasi hanya dapat dihasilkan dari gambar kamera smartphone dengan aplikasi PHOTO3DLAB.

Hasil animasi yang akan dicapai berupa stop motion, karena animasi yang dihasilkan menggunakan rangkaian foto-foto yang bergerak sedikit demi sedikit.

Setelah foto-foto ini terintegrasi, efek animasi stop motion yang dihasilkan akan tercapai.

6. Animation Desk: Make Your Animation and Cartoons

Nama AplikasiAnimation Desk–Cartoon & GIF
Versi3.19.4
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal19 Apr 2016
Diupdate pada18 Jan 2023
DeveloperKdan Mobile Software Ltd.
DownloadKlik Disini

Bagi kamu yang ingin berkreasi dengan animasi 2D, aplikasi “Animation Desk: Make Your Animation and Cartoons” adalah saran terbaik yang patut dicoba.

Aplikasi ini bekerja dengan cara membuat animasi frame by frame, dan kamu diberikan kemampuan untuk membuat animasi menggunakan 45 macam brush yang disediakan, seperti brush, pensil, crayon, pulpen, dan lain-lain.

Bagi kamu yang tidak menyukai seni, kamu juga dapat menggunakan program ini untuk membuat GIF animasi dari gambar atau film.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk proses dubbing sehingga animasi yang dihasilkan menjadi seperti film profesional.

Kecepatan bingkai animasi yang didukung aplikasi ini bervariasi dari 3fps hingga 24fps (bingkai per detik), dan kamu dapat mengonfigurasinya sendiri sesuka kamu.

7. Draw Cartoons 2

Nama AplikasiDraw Cartoons 2
Versi0.19.9
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal13 Nov 2015
Diupdate pada15 Feb 2023
DeveloperZaliv Armenia
DownloadKlik Disini

Ingin membuat sketsa dan membuat animasi sekaligus? Cukup gunakan software Draw Cartoons 2! Gambar animasi dapat dibuat dalam aplikasi ini oleh Zalivka Mobile Cartoons dan selanjutnya video animasi dapat dibuat darinya.

Draw Cartoons 2 adalah program menggambar dan animasi yang mudah digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa dari semua tingkat keahlian.

kamu juga dapat membagikan hasil animasi berupa film ke media sosial atau menyimpan ke galeri dalam mode offline.

8. PicPac Stop Motion and TimeLapse

Nama AplikasiPicPac Stop Motion & TimeLapse
VersiBervariasi berdasarkan perangkat
Perlu Android versiBervariasi berdasarkan perangkat
Dirilis tanggal3 Mar 2014
Diupdate pada23 Jun 2020
DeveloperAnimatives
DownloadKlik Disini

Aplikasi pembuat animasi yang disarankan terakhir adalah PicPac Stop Motion dan TimeLapse.

Seperti namanya, aplikasi ini menyoroti metode animasi stop motion, pada dasarnya bagaimana mengontrol sesuatu agar tampak seolah-olah bergerak sendiri.

PicPac Stop Motion memungkinkan kamu membuat animasi stop motion yang berbeda menggunakan gambar yang diambil langsung dari kamera atau foto dari galeri.

Kamu juga dapat memasukkan audio musik dan MP3 lainnya ke dalam animasi yang sedang dibuat. Begitu canggih, bukan?

Output animasi menggunakan PicPac Stop Motion menawarkan resolusi berkualitas tinggi mulai dari 360p, 480p, dan 720p.

Kamu diberi pilihan untuk memilih sendiri untuk menyimpan animasi ke kualitas yang dipilih, serta menambahkan atau menghapus tanda air di film.

Tips Sukses Menjadi Animator Profesional

Setelah mempelajari rekomendasi perangkat lunak pembuat animasi yang unggul, sekaranglah waktunya untuk menemukan cara menghasilkan animasi 3D terbaik ke dalam praktik.

Belajar dengan cermat dan berusaha menghasilkan animasi pasti akan membuat kamu lebih mahir. Namun, bergantung pada proses belajar saja tidak selalu cukup.

Kamu perlu mengetahui teknik dan strategi jitu untuk sukses menjadi seorang animator yang luar biasa, yaitu:

1. Pantang Menyerah

Faktanya, kamu tidak dapat menghasilkan animasi berkualitas tinggi dalam hitungan jam atau hari. Semua animator yang terampil telah melalui fase coba-coba dan gagal mengembangkan animasi yang bergerak dengan lancar.

Oleh karena itu, kamu harus memiliki sikap pantang menyerah untuk mempelajari dan mempraktekkan beragam pendekatan dalam menghasilkan animasi.

2. Percaya Diri

Jika kamu tidak percaya pada animatornya, animasinya mungkin mengarah ke selatan. Misalnya, kamu telah melakukan banyak pekerjaan untuk mengembangkan animasi, tetapi tidak memiliki keberanian untuk mempostingnya.

Akibatnya, siapa yang dirugikan? Tanpa ragu, kamu. Beberapa orang berhenti membuat animasi di tengah proyek karena takut atau kehilangan minat untuk belajar.

Jadi, membangun rasa percaya diri itu penting. Keyakinan dapat memotivasi kamu untuk terus berpikir bahwa kamu dapat melewati semua proses pembelajaran animasi.

3. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Semua animator yang terampil dapat berhasil karena mereka selalu memiliki minat yang besar. Carilah sebanyak mungkin ide, konsep, dan inspirasi baru yang dapat “menyegarkan” animasi kamu.

Terus-menerus menyelidiki konsep baru akan membantu meningkatkan kesadaran dan keahlian kamu juga. Selain itu, jangan cepat merasa puas dengan suatu tugas. Masih banyak ruang untuk perbaikan dalam hal animasi film animasi.

Kesimpulan

Banyak aplikasi Android untuk membuat animasi 3D yang sekarang tersedia sebagai hasil dari kemajuan teknologi, dan kamu dapat bereksperimen dengannya sesuai keinginan kamu sendiri.

Demikian informasi tentang 8 aplikasi Android untuk membuat video animasi 3D terbaik, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.