Advertisement

Cara Belajar Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

Rancakmedia.com – Bagaimana cara belajar membuat aplikasi Android sendiri? Apakah sederhana atau sulit? Jawabannya bergantung pada keaslian kita masing-masing. Dimana ada kemauan pasti ada jalan.

Yang paling signifikan dari pendekatan tersebut adalah persiapan dan sikap kita untuk menjadi Android Mobile Developer (pengembang aplikasi berbasis Android).

Jika pikiran sudah siap, seberat apapun rintangan yang akan dilalui. Tetapi jika kamu memiliki sikap negatif, hanya mendengar atau membaca artikel, kamu harus memiliki laptop dengan perangkat keras tinggi dan kebutuhan lainnya, itu akan cepat turun.

3 Cara Belajar Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

Ternyata meskipun kita tidak tahu apa-apa tentang pemrograman atau coding dan hanya memiliki akses ke smartphone atau HP, kita dapat dengan cepat dan mudah membuat aplikasi Android.

Tapi tentu saja akan ada banyak keterbatasan. Karena untuk menciptakan sesuatu yang unggul tidak akan mungkin hanya dilakukan dengan cara yang instan.

Mie instan, nyatanya tak seperti namanya tetap saja ada proses yang harus kita lalui saat membuat mie instan.

Intinya saya sendiri sangat menyarankan untuk membuat aplikasi android menggunakan laptop atau PC (Personal Computer) disertai dengan mempelajari terlebih dulu dasar-dasar coding atau pemrograman android seperti bahasa pemrograman Java, Kotlin, Dart, C++, C#, Javascrip dan lainnya supaya kita bisa membuat aplikasi android sesuai dengan keinginan sendiri.

Daftar Cara Belajar Membuat Aplikasi Android

Langsung saja, berikut ini adalah 3 cara yang bisa digunakan untuk sekadar membuat aplikasi Android sendiri. Dan inilah cara membuat aplikasi android yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, antara lain:

1. Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio

Teknik yang paling disarankan untuk membuat pengembangan aplikasi Android adalah menggunakan Android Studio.

Kenapa harus menggunakan Android Studio ? Karena Android Studio adalah alat resmi yang didukung penuh oleh Google (perusahaan di balik OS Android) untuk membuat aplikasi berbasis Android.

Versi terbaru dari Android Studio saat ini yaitu 4.1.1. Adapun beberapa fitur lengkap untuk mengembangkan aplikasi android yang terdapat pada Android Studio, diantaranya yaitu :

  1. Kode Editor yang cerdas
  2. Instant Run
  3. Emulator yang cukup cepat
  4. dan banyak fitur lainnya

Berikut ini Tutorial Lengkap Belajar Android Studio untuk Pemula yang bisa kamu pelajari untuk membuat aplikasi android sekarang juga pada 4 Ebook yang sudah kami rilis.

  1. Pengenalan OS Android
  2. Cara Insall dan Setting Java
  3. Cara Install dan Setting Android Studio Versi Terbaru
  4. Cara Install SDK Android Studio
  5. Cara Membuat Aplikasi Android Pertama
  6. Cara Menginstall Emulator Genymotion
  7. Cara Menjalankan Project Android Langsung di Smartphone
  8. Cara Menginstall dan Menghubungkan Nox App Player dengan Android Studio
  9. Mengenal Struktur Project Android Studio
  10. Mengenal Activity dan Intent pada Aplikasi Android
  11. Macam-macam layout dan penerapannya pada aplikasi android
  12. Macam-macam Widget Android
Baca Juga:  Kompas Google Maps kembali tersedia di Android

Setelah kamu menguasai dasar-dasar pemrograman Android, kamu dapat memperluas pengetahuan kamu dengan membuat berbagai aplikasi Android sederhana. Pelajaran membuat aplikasi android dasar tercakup dalam, khususnya:

  1. Membuat aplikasi dengan SQLite yang membahas studi kasus pembuatan aplikasi kampusku
  2. Membuat aplikasi music player
  3. Membuat intro slider aplikasi android
  4. Membuat aplikasi webview dengan progress bar
  5. Membuat aplikasi android yang responsive
  6. Membuat aplikasi stopwatch
  7. Membuat aplikasi scan QR code
  8. Tutorial Material Design Android Studio
  9. dan banyak lagi lainnya

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi android menggunakan android studio yaitu : Java, Kotlin, dan C++.

2. Membuat Aplikasi Android Dengan IDE Eclipse

Eclipse adalah alat kedua yang mungkin kamu gunakan untuk membuat aplikasi Android. Sebelum Android Studio muncul, pengembang menggunakan Eclipse untuk membangun aplikasi Android mereka. Google menghentikan dukungan resmi Eclipse setelah Android Studio dirilis.

Tentunya yang dulu menggunakan Eclipse kini beralih ke Android Studio. Meskipun demikian, banyak orang yang masih menggunakan Eclipse karena komputer dan laptop dengan persyaratan mereka saat ini tidak dapat menjalankan Android Studio.

Beberapa proses pertama yang diperlukan untuk membuat aplikasi Android menggunakan Eclipse mirip dengan yang ada di Android Studio:

  1. Harus Install Java JDK
  2. Harus Install Android Development Tools (ADT) Eclipse
  3. Harus Membuat Android Virtual Device (AVD
  4. Dan masih banyak yang lainnya
  5. Saran kami lebih baik langsung membuat aplikasi dengan Android Studio (karena di dukung penuh oleh Google sebagai induk dari OS android dan saat ini komunitasnya cukup besar).

Bahkan para pencari bakat (bisnis) memburu para mobile engineer yang memanfaatkan Android Studio dibandingkan dengan Eclipse.

3. Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Kamu malas belajar coding atau sudah bisa coding tapi ingin mengetes cara membuat aplikasi android tanpa coding? Coba pendekatan ketiga ini jika kamu mau.

Baca Juga:  Oppo A95 Akan Segera Rilis di Indonesia

Prasyarat pertama adalah laptop yang kita gunakan harus terhubung ke internet untuk membuat aplikasi Android tanpa menggunakan keahlian coding.

Situs Mit App Inventor, AppyPie, dan AppGesyer hanyalah beberapa contoh situs yang dapat kami gunakan untuk membuat aplikasi Android secara online.

Situs ini juga bisa disebut sebagai App builder, karena dengan memanfaatkan aplikasi atau platform dari web, kita bisa membuat aplikasi android dengan cara drag and drop.

AppGesyer kali ini akan digunakan untuk mensimulasikan pembuatan aplikasi Android untuk website atau blog. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Situs http://www.appsgeyser.com/
  2. Lalu pilih Create Now For Free
  3. Pilih Website
  4. Isikan alamat url website yang akan dijadikan aplikasi android lalu tekan Go. Refresh preview untuk melihat tampilan web jika diinstallkan di Hp android.
  5. Jika sudah scroll kebawah lalu pilih Next.
  6. Isikan App Name, Description App, dan Icon App (Bisa diupload dari komputermu) Kemudian klik
  7. Next dan Pilih Create.
  8. Langkah terakhir login menggunakan akun email atau facebook. Maka nanti akan muncul halaman untuk mendownload apknya.
  9. Namun cara yang ketiga ini tidak saya sarankan jika kita benar-benar ingin menjadi developer android handal.

Kesimpulan

Itulah tiga cara mengembangkan aplikasi Android yang mungkin bisa kamu buat, namun kamu harus mulai berlatih sekarang juga. Masih ada berbagai pilihan untuk mempelajari hal-hal pemrograman android.

Selain 3 cara di atas, kita juga bisa membuat aplikasi android dengan Framework Javascript yaitu React Native, Ionic, Native Script, dan Flutter.

Tentu saja untuk membuat aplikasi menggunakan framework tersebut kita harus paham penggunaan bahasa pemrograman Javascript, Dart, dan Native Script.

Tunggu apa lagi, ayo buat aplikasi androidmu sekarang juga. Banyak keberhasilan dalam usaha kamu! Pastikan untuk menyebarkan berita tentang artikel ini ke sebanyak mungkin orang dengan mengirim email atau mempostingnya di media sosial.

Back to top button