Advertisement

Cara Menghubungkan CCTV di Android dan iPhone

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui cara menghubungkan CCTV di Android dan iPhone? kalau belum, ini adalah artikel yang tepat untuk kamu mengetahuinya.

Untuk meningkatkan keamanan di dalam rumah, biasanya pemilik rumah memasang CCTV di banyak sudut ruangan. Dengan memasang CCTV, masyarakat cukup melihat atau memperhatikan apa yang ada di dalam ruangan meski tidak secara langsung.

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti pencurian, CCTV dapat digunakan untuk mengidentifikasi pelaku. Kamera CCTV juga dapat digunakan untuk menonton dan merekam anak-anak yang sedang bermain.

Sampai saat ini, sebagian besar sistem CCTV telah terhubung ke komputer atau laptop menggunakan kabel Ethernet. Dengan begitu, video CCTV bisa diperiksa dengan cepat.

Sistem CCTV dapat ditautkan ke Android atau iPhone selain komputer desktop atau laptop atau komputer laptop. Simak beberapa ulasan pelanggan di bawah ini jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menghubungkan kamera CCTV ke smartphone.

Kamu dapat mempelajari tentang prosedur yang diperlukan untuk menghubungkan telepon kamu dengan cepat.

Cara Menghubungkan CCTV ke HP Android

Apabila ingin menyambung CCTV ke ponsel Android. Kamu bisa menggunakan beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini. Simak selengkapnya:

Mengatur CCTV Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang CCTV terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar peralatan ini dapat bekerja dengan baik dan tidak ada gangguan, terutama yang terkait dengan kesulitan teknis.

Posisikan CCTV dengan Tepat

CCTV dapat beroperasi secara efektif dan dimanfaatkan untuk melakukan proses pengamanan, asalkan situasinya tepat. Apa artinya lokasi CCTV ini tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah menunjukkan dengan tepat.

Dengan cara ini, semua bagian area dapat dilindungi oleh CCTV. Jika terjadi masalah atau gangguan, dimungkinkan untuk memeriksa situasi secara real time atau meninjau rekaman yang direkam.

Selain itu, pastikan lokasi dari CCTV juga aman. Dalam konteks ini, “aman” berarti tidak akan dirugikan oleh paparan panas atau hujan. Selain itu, CCTV tidak akan dicuri oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

CCTV dan DVR Menyala

Pastikan terlebih dahulu apakah kamera dari CCTV sudah menyala atau tidak. Kamera CCTV bisa menyala jika mendapatkan daya listrik yang tepat. Selain itu, pastikan juga IP dari kamera tersebut apakah sudah tersambung atau tidak.

Selanjutnya adalah komponen DVR. Utilitas ini digunakan untuk menyimpan. Akan ada salinan dari semua yang direkam oleh kamera di lokasi ini, yang dapat dilihat kapan saja.

Menghubungkan CCTV ke Internet

Selanjutnya adalah menghubungkan CCTV dengan internet agar dapat beroperasi dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan dua pendekatan alternatif.

Baca Juga:  4 Cara Koneksi CCTV Ke Hp Terbaru

Keduanya dapat digunakan namun tidak semuanya dapat diterima untuk terhubung ke ponsel.

Menggunakan Cloud Access P2P

Karena tidak memerlukan akses IP publik sebelumnya, opsi pertama sering digunakan. Jadi, mereka bisa langsung mengakses dengan mudah.

Menggunakan DDNS

Berbeda dari yang terakhir. Jika kamu ingin mengakses internet dengan cara ini, maka seseorang harus mengetahui IP publiknya terlebih dahulu.

Akses Cloud Peer to Peer (P2P)

Setelah DVR berfungsi dan langsung terhubung ke internet. Akses cloud P2P adalah langkah selanjutnya. Baca lebih lanjut di bawah ini:

  1. Pastikan sambungan berjalan dengan baik. Hal ini dilakukan agar DVR terkoneksi dengan server delay yang tersedia di vendor.
    Mengaktifkan Cloud Access P2P pada DVR. Pastikan juga sudah tersambung ke internet.
  2. Login ke DVR. Kamu harus login sebagai admin, lalu atur Cloud Access P2P. Letaknya di ‘Network’ dengan nama Cloud P2P Setting atau Platform Access. Akan ada verifikasi kode untuk menambahkan DVR ke aplikasi.
  3. Setelah DVR mendapatkan akses internet, akan ada pergantian ‘Register Status’ menjadi Online. Lakukan dengan refresh halaman.
    Install VMS/CMS dari vendor DVR.
  4. Pilih menu Tool lalu ke Device Management. Lanjutkan dengan klik ‘Tab Server’.
  5. Add New Device Type, centang pada device lalu klik ‘OK’.
  6. Pasca login, klik Add Device. Lanjutkan dengan masukkan serial number dari DVR yang sudah kamu punya.
  7. Klik ‘OK’ dan proses selesai.

Setelah semuanya selesai, kamu harus mengunduh beberapa aplikasi yang digunakan untuk menyambungkan ke DVR. Aplikasi inilah yang nantinya akan terpasang pada ponsel Android.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada ponsel Android terdiri dari:

  1. VmeyeCloud
  2. EagleEYES
  3. ATV Cloud
  4. InView
  5. IvMS
  6. Cloud See
  7. Meye

Metode yang diuraikan di atas untuk menghubungkan kamera CCTV ke HP melalui WiFi harus dipertimbangkan. Satu langkah dalam satu langkah maka CCTV tidak akan bisa berjalan.

Cara Menghubungkan CCTV ke HP iPhone

Ponsel iPhone juga bisa digunakan untuk melihat data CCTV dengan mudah. Untuk bisa menyembuhkannya kamu bisa memanfaatkan beberapa cara di bawah ini:

  1. Mengunduh aplikasi yang nantinya digunakan untuk menyambungkan antara iPhone dengan CCTV. Salah satu aplikasi yang digunakan adalah IDMSS.
  2. Setelah terpasang dengan baik, maka kamu bisa membuka terlebih dahulu aplikasi tersebut. Jika sudah terbuka pilih menu kamera.
    Akan muncul halaman baru yang harus diisi. Bagian atas harus diisi dengan P2P.
  3. Pada SN, diisi dengan kode DVR. Username pakai admin. Password juga admin.
  4. Tekan Start Live Preview.
  5. Pilih channel atau kamera yang akan dilihat.
  6. Sampai di sini proses selesai.
Baca Juga:  4 Cara Koneksi CCTV Ke Hp Terbaru

Secara umum, cara yang harus dilakukan hampir sama dengan cara pada ponsel Android. Hanya saja pada pembahasan ini dibuat lebih ringkas karena tidak akan mengulang informasi yang sama.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Untuk memanfaatkan CCTV di ponsel, ada beberapa hal yang perlu diingat. Baca lebih lanjut di bawah ini:

Internet Stabil

Jika kamu ingin melihat apa yang ada di CCTV, kamu memerlukan akses ke internet andal orang lain. Mengapa demikian? Karena data yang harus dikumpulkan jika harus mengakses video cukup banyak dibandingkan hanya berupa suara atau gambar.

Untuk memastikan koneksi yang lebih andal dan tampilan yang baik dari apa yang ada di depan kamera CCTV, penggunaan internet sangat dilarang. Dengan begitu tidak akan ada kesulitan dengan gambar sama sekali, jadi kamu bisa melihat semuanya dengan lebih baik.

Setting Harus Tepat

Langkah selanjutnya adalah memfilter, atau lebih tepatnya, menyiapkan di ponsel. Jika ini tidak memungkinkan, aplikasi yang diinstal mungkin mengalami masalah saat menyambung ke DVR.

Itulah mengapa penting untuk selalu memperhatikan kode atau nomor seri DVR. Jangan sampai salah ketik dan akhirnya tidak bisa mengakses CCTV yang kamu miliki.

Pakai Aplikasi yang Kompatibel

Tidak semua aplikasi terpasang di ponsel, baik itu Android atau iPhone. Pastikan aplikasi berhasil diinstal dan koneksi juga kompatibel dengan DVR.

Jika kamu tahu cara melakukannya, kamu cukup menautkan kamera CCTV ke smartphone. kamu bisa menggunakan beberapa yang sudah disebutkan di atas untuk menghubungkan CCTV di rumah, agar bisa langsung ditonton tanpa harus menunggu rekaman.

Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa kamera CCTV yang terhubung ke ponsel dapat digunakan dengan baik. Misalnya, melihat anak tidur siang karena harus bekerja sehingga saat berangkat tidak merasa khawatir. Ini juga dapat digunakan untuk mengawasi lingkungan setiap saat untuk memastikan tempat tinggal aman.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara menghubungkan CCTV di HP Android dan iPhone, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Semoga setelah membaca artikel di atas kamu dapat mengertinya dengan baik, dan dapat menambah pengetahuan kamu dalam menghubungkan CCTV di HP Andoid.

Related Articles

Back to top button