Advertisement

Aplikasi Scratch untuk Membuat Permainan Animasi dan Kuis

Rancakmedia.com – Scratch adalah aplikasi pemrograman visual atau membuat permainan untuk pengaturan pembelajaran yang memungkinkan pendatang baru (baik siswa, instruktur, siswa, atau orang tua) untuk belajar memprogram tanpa harus khawatir tentang tata bahasa.

Lifelong Kindergarten Group di Massachusetts Institute of Technology’s Media Lab menciptakan bahasa pemrograman ini. Pengguna dapat membuat animasi, game, karya seni, dan lainnya sendiri menggunakan Scratch.

Scratch 3.12.0 adalah versi terbaru, yang dapat diunduh atau diakses secara online. Scratch 3.12.0 kompatibel dengan Windows, Mac OS X, CrhomeOS, dan Android.

Pengguna aplikasi Scratch permainan ini dapat membangun program (disebut proyek) dengan mengatur blok perintah secara grafis (disebut blok). Siswa dapat berkonsentrasi pada logika dan aliran pemrograman (algoritma) tanpa pernah atau secara teratur menghadapi masalah sebagai akibat dari tata bahasa yang buruk.

Scratch adalah aplikasi yang dibuat oleh Lifelong Kindergarten Group dari MIT Media Lab. Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat cerita interaktif, animasi, bahkan game. Lalu ada fakta bahwa aplikasi ini berfungsi sebagai platform bagi kita untuk berbagi pekerjaan kita dengan orang lain.

Scratch tampaknya menjadi aplikasi yang ramah anak. Namun, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh orang dewasa yang ingin belajar pemrograman. Aplikasi ini sangat mendasar dan sangat mudah dipahami. Scratch mengajarkan kita cara berpikir kreatif dan rasional, serta cara berkolaborasi dengan orang lain.

Cara Menggunakan Aplikasi Scratch

Sebelumnya, saya menyarankan kamu menggunakan Scratch di komputer. Karena antarmuka akan lebih luas, akan lebih mudah.

  1. Cukup buka https://scratch.mit.edu/download untuk menggunakan aplikasi web.
  2. Untuk mendaftar, buka ‘Bergabung dengan Scratch’. Silakan klik ‘Masuk’ jika kamu sudah terdaftar.
  3. Kemudian kita akan melihat layar utama aplikasi Scratch, yang akan terlihat proyek yang dihasilkan oleh orang lain.
  4. Kamu dipersilakan untuk mengintip dulu.
  5. Dengan memilih opsi ‘Buat’ dari menu di atas, kamu dapat mulai membuat proyek Scratch.
  6. Setelah itu, kamu akan dibawa ke menu editor, yang akan tampak sebagai berikut:

Kita bisa melihat tampilan yang sangat mendasar dari aplikasi Scratch pada gambar di atas. Setiap ‘Alat’ yang mungkin kita gunakan ada di sebelah kiri, tempat utama kita untuk menyusun logika yang akan menggerakkan proyek kita ada di tengah, dan di sebelah kanan adalah pratinjau serta editor sprite yang bisa kita gunakan untuk menambahkan sprite atau latar belakang.

Scratch adalah Proyek Pertama

Selanjutnya, kita akan menggunakan aplikasi Scratch untuk membuat sesuatu yang sangat sederhana, yang akan kita gunakan untuk melanjutkan pembelajaran mandiri dengan mengembangkan proyek yang semakin canggih menggunakan aplikasi Scratch permainan ini.

Pertama, berkonsentrasilah pada editor sebelah kiri, yang saya sebut sebagai ‘Alat’. Menu ini dibagi menjadi tiga area, masing-masing dengan set tabnya sendiri: Kode, Kostum, dan Suara.

Kode adalah menu yang memungkinkan kita untuk mengubah logika proyek yang sedang kita kerjakan. Kami dapat menggunakan alat ini untuk memindahkan ‘sprite’ / karakter dalam proyek kami, menambahkan ‘acara’ ketika pengguna aplikasi kami menekan tombol atau mengetik di keyboard, dan mengubah tampilan karakter dalam proyek kami jika kondisinya puas.

  1. Kostum= Kami dapat menyesuaikan tampilan karakter dalam proyek kami menggunakan opsi ini.
  2. Suara= Kami dapat mengubah suara yang ada di proyek kami menggunakan opsi ini.

Hanya alat pada tab ‘Kode’ yang akan dibahas dalam sesi ini. Karena di sinilah kita akan menemukan alasan yang memungkinkan kita berpikir lebih seperti programmer. Cukup buka halaman ‘Kode’ dan pilih menu Acara.

Seret dan lepas acara ‘Ketika [logo bendera hijau] diklik’ ke lembar kerja utama proyek kami. Jika semuanya berjalan dengan baik, lembar kerja utama akan terlihat seperti ini:

Setelah menambahkan peristiwa yang akan memicu tindakan sesuai dengan keadaan yang kita inginkan, kita dapat menentukan tindakan apa yang akan terjadi jika persyaratan ini dipenuhi. Mari kita mulai dengan memasukkan ‘Tampilan.’ Pilih ‘Say hello for 2 seconds’ dari menu ‘Looks’ (Drag & drop). Ini akan terlihat seperti ini jika berhasil:

Setelah menyelesaikan prosedur di atas, kami dapat langsung menguji menjalankan proyek dengan mengklik logo bendera di sisi kanan ‘Editor’. Jika upaya kamu berhasil, gambar kucing di menu editor akan mengatakan ‘Halo!’

Kesimpulan

Aplikasi Scratch permainan ini dibuat oleh Lifelong Kindergarten Group dari MIT Media Lab. Scratch 3.12.0 adalah versi terbaru, yang dapat diunduh atau diakses secara online. Pengguna dapat membuat animasi, game, karya seni, dan lainnya sendiri menggunakan Scratch.

Dalam sesi ini, kita akan memeriksa editor tangan kiri Scratch, yang saya sebut sebagai ‘Alat’. Alat memungkinkan kita untuk mengubah logika proyek yang sedang kita kerjakan. Di sinilah kita akan menemukan alasan yang memungkinkan kita untuk berpikir lebih seperti programmer.

Back to top button