Berikut Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang Wajib Diketahui

Rancakmedia.com – Di zaman yang serba modern, mayoritas terkait teknologi pasti diminati. Seperti Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Dua jurusan besar ini masih menjadi pahlawan generasi seribu tahun.

Meski sekilas kedua jurusan tersebut sebanding, lho, kedua jurusan tersebut memiliki unsur kurikulum dan keilmuan yang berbeda. Apa perbedaan antara dua jurusan utama? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

5 Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dengan Teknik Informatika

1. Kurikulum dan fokus yang dipelajari

Mungkin banyak dari Anda yang masih percaya bahwa kedua jurusan ini memiliki kurikulum yang sama. Mereka masing-masing memiliki kurikulum yang berbeda, meskipun. Kurikulum di departemen ilmu komputer terkait erat dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma. Departemen ini bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak dan aplikasi komputer. Lulusan dapat membuat pemrograman komputer.

Sistem Informasi, berbeda dengan teknik komputer, lebih berorientasi pada rencana bisnis perusahaan. Ini digunakan untuk membangun keunggulan kompetitif untuk bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan lain.

2. Mata Kuliah

Departemen Informatika lebih cenderung menggunakan keahlian yang sangat teknis. Komponen utama pembelajaran ini, yaitu desain dan analisis algoritma, pemrograman, arsitektur komputer, sistem operasi, teori komputer, rekayasa perangkat lunak dan analisis numerik.

Mahasiswa mendapatkan mata kuliah pengembangan sistem dan administrasi sistem di jurusan sistem informasi. Jika Anda adalah bagian dari jurusan ini, Anda akan mendapatkan banyak kursus, termasuk manajemen bisnis, konsep manajemen, informasi akuntansi dan keuangan, arsitektur dan pemrograman aplikasi untuk sistem.

🔥TRENDING:  Kartu Indonesia Pintar dinaikkan, Dapat Rp 12 juta per semester

Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

3. Gelar yang didapat

Setiap lulusan perguruan tinggi pasti memiliki gelar yang berbeda. Gelar Bachelor of Engineering (S.T.) biasanya digunakan di Departemen Teknik Informatika. Terkadang ada beberapa kampus yang memanfaatkan gelar komputer (S.Kom.)

Seringkali jurusan ini memanfaatkan gelar Sarjana Sistem Informasi (S.Si) di jurusan Sistem Informasi. Namun, beberapa institusi tertentu terkadang mengambil gelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

4. Keterampilan lulusan

Dalam perangkat lunak dan aplikasi komputer, lulusan Teknik TI akan memberi Anda spesifikasi di bidang pengembangan aplikasi, sistem operasi komputer, dan tentu saja perangkat lunak komputer.

Seperti Jurusan Teknik Informatika, sistem informasi utama akan menciptakan lulusan yang dapat memprogram, mengelola database, membangun sistem informasi dan memelihara sistem informasi.

5. Prospek untuk Pekerjaan

Di era industri, perkembangan teknologi membuat dua jurusan utama tersebut banyak dicari oleh industri yang berbeda, lho. Departemen Teknologi Informasi akan ditempatkan lebih lanjut di bidang pengembangan aplikasi dan perangkat lunak, pengembangan kecerdasan buatan dan pemrograman.

Sementara itu, lulusan TI akan mempelajari pengembangan sistem, penerapan sistem TI, dan kinerja pemeliharaan sistem.

Ini adalah lima perbedaan antara Departemen Teknik TI dan departemen Sistem TI. Oleh karena itu, penekanan utama pada ilmu komputer mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berkecimpung di bidang pemrograman.

🔥TRENDING:  Survei, Seberapa Gigih Pelajar Di Indonesia?

Tetapi jika Anda menyukai manajemen informasi atau mempelajari lebih lanjut tentang sistem, peningkatan sistem informasi dapat menjadi pilihan untuk jurusan universitas Anda. Nah, sudah jelaskah perbedaan antara kedua jurusan tersebut? Persiapkan diri Anda dan semoga berhasil!

Kesimpulan Mengenai Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika:

Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah dua jurusan besar generasi seribu tahun. Apa perbedaan antara kedua jurusan tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini. Departemen Informatika lebih cenderung menggunakan keahlian yang sangat teknis. Departemen Sistem Informasi berorientasi pada rencana bisnis perusahaan.

Gelar Bachelor of Engineering (S.T.) biasanya digunakan di Departemen Teknik Informatika. Departemen Teknologi Informasi akan ditempatkan lebih lanjut di bidang pengembangan aplikasi dan perangkat lunak. Lulusan TI akan mempelajari pengembangan sistem, penerapan sistem TI, dan kinerja pemeliharaan sistem.

Back to top button