Tips Tidak Mudah Lapar Dan Haus Saat Berpuasa

Lutfi

Tips Tidak Mudah Lapar Dan Haus Saat Berpuasa
Tips Tidak Mudah Lapar Dan Haus Saat Berpuasa

Tips saat berpuasa, Puasa di bulan Ramadhan menyebabkan umat Islam mengubah pola makannya dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, saat subuh dan saat berbuka puasa.

Ahli gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Mahmoud Aditya Rifqi mengatakan perlu dilakukan pengaturan pola makan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh dengan baik agar tubuh tetap bugar selama puasa tetap berlangsung.

Mahmud juga memberikan tips puasa bagaimana mengatur pola makan agar kadar gizi tubuh tetap seimbang meski sedang berpuasa.

3 Tips Puasa

Sahur

Untuk mempersiapkan tubuh agar tetap kuat hingga jam buka, instruktur yang akrab disapa Mahmud ini menjelaskan bahwa hal utama yang harus diperhatikan dalam sahur adalah penyerapan cairan tubuh.

Mahmud menuturkan, asupan cairan tidak hanya terdiri dari air, tetapi juga dari makanan yang mengandung air, seperti soto atau sayur dengan kuah.

“Konsumsi buah-buahan seperti apel, pir, semangka dan melon bisa dilakukan untuk menambah suplai cairan tubuh,” rangkum laman Unair News, Rabu (14 April 2021). Tak hanya itu, menurutnya mengonsumsi makanan berserat tinggi joke perlu dilakukan saat fajar menyingsing.

Ingat, serat bisa membuat tubuh jadi kurang lapar. Sayuran dan buah-buahan biasanya lebih sedikit dikonsumsi pada hari-hari biasa. Keduanya perlu ditingkatkan selama bulan puasa karena mengandung nutrient, mineral dan serat yang tinggi yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, katanya.

Buka Puasa

Setelah mengosongkan perut selama sehari penuh, master analisis gizi mengatakan bahwa Anda bisa berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan sederhana seperti air minum dan kurma terlebih dahulu. Menurut Mahmud, konsumsi makanan pokok yang mengandung karbohidrat, protein, dan zat kompleks lainnya sebaiknya dilakukan setelah shalat isya.

“tips puasa lebih baik kita tidak langsung ke makanan utama, tapi mulai dengan nibble dulu,” ujarnya. Ia juga mengatakan, konsumsi gula harus dijaga saat buka puasa. “Kebanyakan orang biasanya ‘membalas’ dengan banyak makan makanan manis saat berbuka puasa. Nah,tips puasa konsumsi gula ini perlu diperhitungkan baik saat sahur maupun saat berbuka agar energi dalam tubuh tidak cepat habis. dan berat badan tetap seimbang “jelasnya.

Tips Puasa Agar Tidak Dehidrasi

Puasa seringkali menyebabkan dehidrasi karena tubuh tidak mendapatkan cukup cairan selama lebih dari 12 jam. Untuk meminimalisir dehidrasi, Mahmud menyarankan tubuh untuk tetap minum air putih 8-10 gelas sehari.

Menurut dia,Tips saat berpuasa pembagian pertama adalah minum tiga gelas air saat sahur, dengan satu gelas air minum saat bangun tidur, satu gelas air setelah makan malam, dan satu gelas air sebelum sahur. Setelah itu, saat Anda berbuka puasa pertama kali, konsumsi segelas air putih dapat dilanjutkan.

Selebihnya, konsumsi air putih, bisa dilakukan setelah makan, sebelum tarawih dan sebelum tidur. “Yang terpenting kita menjaga pola makan yang baik saat berpuasa, mengonsumsi makanan yang tinggi cairan tubuh dan serat saat sahur, serta memilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, nutrient, dan zat gizi lainnya saat berbuka puasa,” pungkasnya. .

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.