Prospect Pekerjaan Teknik Kelistrikan Terbuka Lebar

ADVERTISEMENT

www.rancakmedia.com – Mahasiswa yang ketarik dengan kelistrikan dengan konsentrasi pada teknik kelistrikan bisa meneruskan pengajarannya di universitas.

Untuk warga pemula, alumnus teknik elektro cuman tangani permasalahan kelistrikan. Memang teknik kelistrikan sebagai jalur yang berguna untuk kehidupan dalam dunia.

Prospect karier alumni teknik kelistrikan tidak sekedar hanya bengkel kelistrikan. Di hari Senin (4 Juni 2021) diringkas di halaman ruangan guru jika teknik elektro ialah pengetahuan yang pelajari mengenai kelistrikan dan aplikasinya di kehidupan setiap hari.

Walau sebenarnya, pengetahuan keteknikan yang ini tidak jauh dari ilmu-ilmu dasar yang didalami di sekolah menengah yakni fisika, kimia, dan matematika.

Mata Pelajaran Teknik Elektro

Walau Anda pelajari fisika dasar di sekolah menengah, sepanjang gelar teknik kelistrikan Anda akan pelajari semakin banyak pengetahuan fisika yang terkait dengan circuit listrik.

Misalkan hubungan di antara elemen listrik, medan elektromagnetik, teknik kelistrikan digital dan electronica. Materi berkaitan kelistrikan, pro-kontra energi, pengukur beban listrik, mekanisme telekomunikasi.

Ada pula sistem numerik, riset dan matematika tehnis dan pelatihan sama yang terkait dengan teknik kelistrikan. Bila Anda ketarik dengan teknik kelistrikan, ada beberapa posisi dengan departemen ini.

Dimulai dari Institut Tehnologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Tehnologi Sepuluh Nopember (ITS).

Selanjutnya ada Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Malang, Universitas Gunadarma, dan Universitas Telkom. Selanjutnya ada Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Kristen Petra, dan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang lain.

Kesempatan Karier Alumni Teknik Elektro

Karena kepiawaiannya di bagian kelistrikan, banyak alumnus teknik kelistrikan yang mengincar industri kelistrikan besar. Seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Bukan hanya s/d PLTA dan PTU, ada banyak industri besar yang tawarkan prospect karier di bagian teknik kelistrikan.

Misalkan, industri telekomunikasi memerlukan gelar sarjana teknik kelistrikan untuk mempersiapkan jaringan nirkabel. Ada pula industri minyak dan gas, industri otomotif dan rencana produk. Anda bahkan juga dapat mengontak Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menjadi karyawan pemerintahan.

Disamping itu, ada banyak perusahaan multinasional yang memerlukan ketrampilan alumnus teknik kelistrikan terutamanya di bagian pertambangan. Untuk membedah alat berat, seorang mekanik listrik harus mengendalikan arus listrik yang cukup buat alat kerja itu.

Sarjana Teknik Elektro bisa juga jadi dosen. pebisnis, pengembang piranti lunak. Anda dapat mengawali usaha Anda sendiri, mis. B. membuat guru kelistrikan, start-up yang mengaplikasikan pengetahuan kelistrikan, usaha instalasi kelistrikan, electronica industri, dan banyak.

Sebagai pengembang piranti lunak, Anda ambil semua transisi peningkatan piranti lunak. Dimulai dari riset keperluan, perancangan, pengetesan, peningkatan dan perawatan untuk penuhi keperluan itu.

Related Articles

Back to top button