Advertisement

Apa Itu Seni Rupa Modern Lengkap Dengan Fungsi dan Tujuannya

Rancakmedia.com – Ulasan mengenai seni rupa modern, dari pengertian, sejarah, dan tujuannya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap sebaiknya kamu baca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Seni rupa modern menganut prinsip-prinsip estetika dan teoretis yang diciptakan antara tahun 1860-an dan 1970-an. Banyak pelukis di era modern memanfaatkan kebebasan untuk bereksperimen dengan gaya baru dengan memunculkan gagasan baru tentang bagaimana dan mengapa memanfaatkan media yang berbeda.

Di awal era seni rupa modern muncul seni modern pertama, yang masih berkembang hingga sekarang di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pengertian Seni Rupa Modern

Karya seni rupa modern diciptakan oleh seorang seniman dengan menggunakan karakteristik dan estetika yang tidak khusus untuk satu budaya atau daerah.

Karya seni rupa modern sering menonjolkan sejumlah aspek yang berbeda. Contoh seperti itu akan mencakup fungsi yang menyertakan fitur yang baik dan inovatif.

Pengertian Seni Rupa Modern

Karya seni modern mungkin tidak eksklusif untuk satu budaya karena mengacu pada ide dan motif universal (pakem). Filosofi yang masih ada dalam seni rupa modern, telah beradaptasi dengan bentuk seni sudah ada.

Sejarah Seni Rupa Modern

Lukisan-lukisan yang megah, besar, besar, dan arsitektur istana dan katedral yang megah dan mewah adalah ciri khas dari era kekuasaan absolut dan zaman keemasan agama di Barat.

Patung-patung itu berskala besar dan dibangun dari bahan yang mahal (marmer, dll.). Oleh karena itu, tidak mungkin bagi seniman untuk menghasilkan karya-karya ini secara sendiri.

Dunia seni hanya memberikan stempel persetujuannya pada karya-karya seniman yang memiliki koneksi yang baik dan menerima dukungan dari atau ditugaskan oleh organisasi yang kuat.

Oleh karena itu, institusi (kerajaan, gereja, dan aristokrasi) menentukan jalannya sejarah. Karya seni memperoleh signifikansi baru dalam mempertahankan lembaga-lembaga ini.

Era feodalisme berakhir dengan dimulainya Revolusi Perancis pada tahun 1789. Seluruh dunia, terutama Barat, merasakan efeknya juga. Media artistik juga dipengaruhi oleh perubahan revolusioner dalam kehidupan sosial dan politik. Karena fakta bahwa setelah jatuhnya feodalisme, lebih sedikit raja dan institusi kuat lainnya yang memiliki pengaruh atas kreasi artistik, kemajuan, dan seni.

Sejak zaman Renaisans, gereja dan komunitas artistik telah berselisih. Hal ini karena pengaruh dan popularitas gereja telah menurun. Namun, sebagian karena industri seni telah menemukan jalan baru untuk dukungan finansial.

Khususnya, dari pelindung kaya seperti bangsawan dan raja yang memiliki sumber daya untuk mendukung penciptaan seni. Dengan demikian, para seniman diberi kelonggaran yang lebih besar dan tidak dibatasi hanya untuk menggambarkan subjek religius.

Aliran Seni Rupa Modern

Akan selalu ada bentuk-bentuk baru seni modern, dan bentuk-bentuk lama akan mengalami penemuan kembali secara berkala.

Aliran Seni Rupa Modern

Namun demikian, setidaknya ada 20 aliran seni modern yang perlu Anda kenal, dan mereka adalah sebagai berikut:

  1. Romantisisme
  2. Impresionisme
  3. Naturalisme
  4. Kubisme
  5. Realisme
  6. Fauvisme
  7. Ekspresionisme
  8. Dadaisme
  9. Surealisme
  10. Futurisme.
  11. Pointillisme
  12. Neo-Klasik.
  13. Modern Akhir (modern).
  14. Gotik
  15. Optik
  16. Abstraksionisme
  17. Primitif
  18. Pittura, atau Seni Metafisik
  19. Konstruktivisme
  20. Pop Art (Seni Populer).

Ciri-ciri Seni Rupa Modern

Beberapa ciri khas seni modern memungkinkan kita untuk dengan mudah mengidentifikasinya. Berikut ini adalah beberapa karakteristik seni modern:

  1. Minimalisme adalah ciri khas seni modern.
  2. Seni era modern juga lebih logis.
  3. Bersifat universal
  4. Kreativitas.
  5. Desainnya tidak memiliki beberapa hiasan.
  6. Ada beberapa bentuk geometris yang menonjol.
  7. Integritas dan kesegaran.
  8. Termasuk gagasan penguatan.
  9. Penekanannya adalah pada membuat segala sesuatunya berfungsi.
  10. Seni kreasi ini tidak harus mematuhi norma-norma tertentu.
  11. Semua referensi sejarah dalam seni modern putus hubungan.

Sifat Seni Rupa Modern

Memahami sifat dan aspek seni modern sangat penting setelah menguasai ciri-cirinya yang menentukan.

Sifat Seni Fungsi dan Tujuan

Beberapa karakteristik seni rupa modern adalah:

  1. Bersifat asli.
  2. Kebangkitan kreatif
  3. Eksperimental
  4. Cukup mudah beradaptasi untuk mengambil cita-cita baru.

Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Modern

Ada banyak hasil positif dan tujuan yang berbeda terkait dengan perkembangan seni modern di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa contoh peran dan tujuan adalah sebagai berikut:

Memberi Warna Baru

Kebutuhan fisik dan mental manusia dapat dipenuhi sebagian oleh warna-warna baru yang disediakan oleh seni tersebut. Banyak gaya dan tata letak arsitektur yang memenuhi berbagai kebutuhan fisik manusia.

Mesin transportasi, perumahan, pakaian, dan sebagainya, semuanya adalah contohnya. Jika kita melihat tuntutan jiwa manusia, kita bisa melihat bahwa gelombang baru seni kreatif sedang muncul. Dalam seni visual, misalnya, seperti seni lukis dan seni rupa.

Meningkatkan Kepopularitasan

Kepopularitasan seorang seniman mungkin juga meningkat daya tarik seni modern yang lebih luas. Salah satu ciri yang menonjol adalah penggabungan atau tampilan nama sang seniman yang mencolok dalam karya yang mereka buat.

Memberikan Penemuan Baru

Seniman juga menawarkan banyak penemuan baru. Hal ini juga dapat memberi warganya berbagai pilihan untuk memilih bentuk ekspresi artistik yang paling menarik bagi mereka.

Seniman Seni Rupa Modern

Seniman terkenal yang berkontribusi pada seni rupa modern Indonesia antara lain:

Affandi Koesoema

Affandi adalah seorang seniman yang mudah terinspirasi oleh lingkungannya dan memiliki kehidupan yang hidup dan menyenangkan. Ia mudah terinspirasi oleh objek-objek kemiskinan dan kesengsaraan.

Banyak lukisan dan wawancaranya berpusat pada gagasan bahwa matahari, tangan, dan kaki adalah metafora untuk vitalitas umat manusia.

Seniman Seni Rupa Modern

  1. Matahari mewakili energi vital yang menopang kehidupan di Bumi.
  2. Tangan adalah simbol tekad sang penulis untuk mewujudkan gagasannya hingga membuahkan hasil.
  3. Kaki adalah metafora bagi keinginan untuk berhasil dan maju dalam kehidupan.
  4. Ketiga tanda ini mewakili puncak dari pelajaran dan pandangan hidup Affandi.

PERSAGI

Tahun 1908 menandai awal pendakian Boedi Oetomo untuk menjadi terkenal sebagai pemimpin nasional. Kelompok PERSAGI didirikan oleh seniman S. Sudjojono, Surono, Abd. Salam, dan Agus Djajasumita (Persatuan Ahli Gambar Indonesia).

Untuk menyaingi organisasi seni rupa internasional Kunstring yang telah sukses dalam mengoleksi karya seni rupa modern, perkumpulan perdana ini diselenggarakan di Jakarta.

Pada puncak popularitasnya di masa PERSAGI, seniman-seniman ini menghasilkan karya-karya:

  1. Barata Yudha, Arjuna Wiwaha, Nirwana, Nirwana Garden, dan Agus Djajasumita.
  2. Mainan, Peci, Djongkatan, Kelambu terbuka, S. Sudjojono.
  3. Lagu Otto Djaya (tentang Rayuan dan Gadis Impian.

Berikut ini adalah karya-karya yang melintasi tubuh karya mereka masing-masing:

  1. Tidak ada hubungannya dengan dunia alam.
  2. Tentang kekuatan keyakinan dan keberanian seseorang
  3. Menyoroti pentingnya kualitas batin seseorang.
  4. Menunjukkan sifat-sifat khas orang Indonesia.
  5. Pokok bahasan difokuskan pada penderitaan rakyat jelata.

Raden Saleh (1807-1880)

Karya-karya Raden Saleh yang mendefinisikan romantisme telah membuatnya mendapatkan pujian yang luas. Ia juga memiliki berbagai tema lukisan yang dramatis.

Tidak benar bahwa Raden Saleh semata-mata melukis. Namun, ada juga beberapa yang membawa manusia dan hewan melalui situasi yang mengerikan.

Inilah beberapa karya Raden Saleh yang paling terkenal:

  1. Boschbrand, bahasa Belanda yang setara dengan bahasa Inggris (Forest Fire),
  2. Satu Penglihatan di Jawa (Banjir di Jawa)
  3. Satu Perburuan di Jawa (Berburu di Jawa)
  4. The Crime of Diponegoro (Penangkapan Diponegoro)

Achmad Sadali (1924-1987)

Gunungan Emas, sebuah lukisan karya Achmad Sadali dari tahun 1980, adalah salah satu cara di mana ia mengkomunikasikan kedalaman pencapaian religiusnya. Sadali telah melepaskan diri dari penggambaran bentuk-bentuk alam sebagai pelukis abstrak murni.

Bahasa visualnya, bagaimanapun, memungkinkan beberapa karya seniman ini bekerja pada kedalaman yang berbeda. Gambaran misteri, alkimia, dan kefanaan dapat disulap dengan menggunakan warna-warna berani, tanda baca, dan goresan yang luas.

Bentuk piramida, yang memiliki segitiga di dasarnya, dikaitkan dengan stabilitas dan keandalan. Lebih jauh lagi, mistisisme Islam tercermin dalam lelehan emas dan goresan kaligrafi Al-Qur’an.

Kartono Yudhokusumo

Bagi Indonesia, Kartono dianggap sebagai pelopor gerakan seni lukis dekoratif. Lukisan-lukisan realis bebas warnanya merupakan titik awal gerakan ini.

Tokoh protagonis dari karyanya mungkin mewakili aktualisasi konsep yang dikonseptualisasikannya. Pertempuran di Pengok adalah lukisan terkenal karya beliau yang menggambarkan kebrutalan pertempuran di Desa Pengok Yogyakarta.

Soekarno membeli lukisan ini dan satu lagi karya Kartono, Rekreasi di Dieng, untuk digantung di istana pada saat yang sama.

Contoh Seni Rupa Modern

Beberapa seniman di Indonesia yang telah menghasilkan karya-karya yang menjadi contohnya antara lain:

Contoh Sifat dan Tujuan

Lukisan Raden Saleh

Badai adalah lukisan karya Raden Saleh. Penderitaan batin yang ditampilkan dalam lukisan ini muncul dari tujuan hidup seseorang yang saling bertentangan dan menyatukan dunia ideal dengan kenyataan aktual yang sering terpecah.

Lukisan Kartono Yudhokusumo

Revolusi Kemerdekaan Indonesia adalah subjek dari salah satu lukisan Kartono, dan lukisan ini mencontohkan gaya hiasannya. Segala sesuatu dalam lukisan ini, dari apa yang dapat dilihat tepat di depan mata pemirsa hingga apa yang jauh di kejauhan, ditampilkan dengan presisi yang akurat.

Lukisan Affandi Koesoema

Affandi terkenal dengan lukisan pengemisnya. Seorang pria tua yang malang duduk di dalam lukisan, berharap orang yang lewat akan mengasihani dia dan memberinya uang.

FAQ

Contoh kalimat tanya jawab tentang seni rupa modern, sebagai berikut:

Mengapa Seni Rupa Modern Muncul?

Kebutuhan untuk melestarikan nilai estetika dari suatu barang yang dilanda ancaman yang berbeda memunculkan seni rupa yang modern.

Seni Konseptual menggambarkan cabang dari seni rupa modern. Dengan tujuan menjadikan ide, konsep, dan konsepsi sebagai fokus utama dari sebuah seni, “Seni Konseptual” dikembangkan.

Apa Manfaat Seni Rupa Modern bagi Kehidupan Masyarakat?

Seni rupa modern memiliki manfaat dalam kehidupan masyarakat yaitu, membuat hidup manusia lebih mudah menciptakan karya seni di era modern yang memiliki tujuan praktis.

Sesuai dengan ciri khas fungsionalisnya, seni modern sering ditandai dengan keinginan para tokohnya untuk bereksplorasi untuk menghasilkan karya yang dapat digunakan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Seni rupa modern diciptakan berdasarkan karakteristik dan estetika yang tidak terikat pada budaya atau lokasi geografis tertentu, serta berbagai faktor.

Demikian artikel tentang seni rupa modern, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button