Advertisement

Apa Arti Deskripsi Umum, Ini Penjelasannya!

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai arti deskripsi umum yang mungkin saja belum kamu ketahui. Bagian deskripsi adalah paragraf yang mencantumkan komponen item yang dilihat. Yuk simak artikel dibawah ini.

Dalam kebanyakan kasus, saat menyusun teks termasuk komponen laporan, kami akan menemukan banyak struktur, seperti definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

Teks laporan hasil observasi merupakan contoh teks yang berisi contoh uraian bagian, pengertian umum, dan contoh uraian manfaat. Teks ini memberikan informasi umum ke khusus dan diakhiri dengan manfaat pengamatan.

Dalam artikel ini, kami akan memeriksa arti deskripsi umum dan deskripsi manfaat, serta memberikan contoh. Definisi umum adalah penjelasan tentang sesuatu dalam arti umum. Sedangkan uraian manfaat adalah paragraf yang mencantumkan kelebihan dari hal yang dipertimbangkan.

Pengertian Deskripsi Umum

Pengertian Deskripsi Umum

Apa arti deskripsi umum? Secara umum, deskripsi adalah definisi tulisan yang secara ringkas dan tepat menggambarkan atau menjelaskan suatu hal atau situasi tertentu.

Menurut pandangan lain, definisi deskripsi adalah pedoman untuk mengubah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diartikulasikan dengan jelas dan akurat sehingga dapat dipahami oleh orang lain yang belum mengalaminya secara pribadi.

Dalam hal ini, deskripsi adalah bentuk teks di mana konsep utama disampaikan dengan menggambarkan item, lokasi, atau kejadian tertentu dengan cukup detail sehingga pembaca merasa seolah-olah mengalaminya secara pribadi.

Secara etimologis, “deskripsi” berasal dari kata kerja latin “describere” yang berarti menggambarkan atau menjelaskan sesuatu.

Oleh karena itu, pengertian deskripsi adalah jenis karangan yang menggambarkan apa saja sesuai dengan skenario yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat melihat, mendengar dan merasakan apa yang penulis uraikan.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

Untuk pemahaman yang lebih jelas tentang apa itu deskripsi, kami dapat berkonsultasi dengan para ahli berikut:

Henry Thunder Tarigan

Menurut Henry Guntur Tarigan (1994), konsep deskripsi adalah tulisan yang mencoba mengajak pembaca untuk memahami, mengalami dan menghayati objek yang dideskripsikan, seperti suasana hati, tindakan, dll.

Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1982:93), definisi deskripsi adalah wacana yang digunakan untuk menggambarkan hal-hal atau pokok bahasan sedemikian rupa sehingga membuat pembaca merasa seolah-olah sedang mengalami obyek tersebut secara pribadi.

Dalam deskripsi, penulis menyampaikan persepsinya, hasil penghambatan, dan perasaan, serta sifat dan kekhususan bentuk objek.

Felicia Nuradi Utorodewo

Menurut Felicia Nuradi Utorodewo, deskripsi adalah karya sastra yang berusaha menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifat, cita rasa, atau coraknya melalui proses dekonstruksi menggunakan panca indera.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian deskripsi adalah penjelasan, uraian, atau kata-kata rinci dalam bentuk tertulis.

Ciri-Ciri Deskripsi

Dari beberapa ulasan di atas, kami juga akan menyertakan beberapa ciri-ciri deskripsi sehingga produk memiliki ciri khas tersendiri.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

Secara umum, isi dan deskripsinya berisi penjelasan atau kekhususan item. Sebagai berikut:

  1. Panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, dan penciuman) dapat digunakan untuk menggambarkan kejadian-kejadian.
  2. Deskripsi memberikan gambaran yang tepat tentang suatu item atau peristiwa.
  3. Deskripsi dapat menunjukkan ukuran, bentuk, warna, dan atribut suatu barang, di antara karakteristik fisik lainnya.
  4. Kata-kata dalam deskripsi terdiri dari istilah atau sifat yang berbeda.

Struktur Deskripsi

Selain definisi dan kualitas yang disebutkan di atas, sekarang kami akan menjelaskan beberapa struktur deskripsi serta komponen utamanya.

Adapun struktur dan arti dari uraian tersebut adalah sebagai berikut:

Identifikasi

Identifikasi adalah komponen yang menentukan penetapan identitas seseorang untuk tujuan mengetahui sesuatu atau benda.

Klasifikasi

Klasifikasi adalah salah satu tugas yang mungkin dilakukan oleh kompiler termasuk seperangkat aturan yang telah ditentukan.

Bagian Deskripsi

Bagian deskripsi adalah salah satu versi dari paragraf inti, yang terdiri dari bagian yang berisi ikhtisar atau eksposisi dari subjek yang sedang dibahas.

Jenis-Jenis Deskripsi

Ulasan yang telah kami kaji sejauh ini akan diikuti oleh teks dari berbagai bentuk informasi tekstual yang termasuk dalam deskripsi.

Berikut penjelasan dan artinya masing-masing adalah:

Teks Deskripsi Subjektif

Teks deskriptif subyektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan suatu hal berdasarkan persepsi penulis, dengan menggunakan struktur paragraf yang mudah dipahami.

Teks Deskripsi Spasial

Teks deskriptif spasial adalah teks deskriptif yang menggambarkan dalam bentuk lokasi, ruang, atau benda yang sejenis.

Teks Deskripsi Objektif

Teks deskriptif objektif adalah teks yang menggambarkan suatu hal berdasarkan kondisi sebenarnya dari benda tersebut, tanpa perlu penulis memberikan komentar tambahan.

Fungsi Deskripsi

Dalam banyak bidang ilmiah, peneliti selalu dituntut untuk memberikan deskripsi agar kamu tidak melupakan pengalamannya sendiri dan dapat membandingkannya dengan pengalaman peneliti lain.

Pada hakikatnya, deskripsi memiliki bentuk yang dapat digunakan untuk memvalidasi sesuatu agar mendapatkan sesuatu yang lengkap dan menyeluruh sehingga dapat dimanfaatkan secara mendalam.

Namun, deskripsi dapat juga melakukan analisis yang dapat ditawarkan dalam bentuk deskripsi istilah-istilah tertentu sehingga saling berhubungan dan terkait satu sama lain.

Contoh Karangan Deskripsi

Mengingat evaluasi yang disebutkan di atas, sekarang kami akan memberikan contoh pernyataan deskriptif.

Di halte bus di sisi jalan, kami bertemu dengan seorang gadis cantik dengan wajah bulat dan mata cokelat. Ketika seseorang menyambutnya dengan lembut, mata gadis itu melebar, seolah kebaikannya yang menyempit dibalas dengan seringai.

Rambut hitamnya yang sebahu tampak bergoyang tertiup angin, menambah kecantikan alaminya yang benar-benar menawan. Kulitnya begitu putih sehingga memantulkan sinar matahari sore yang intens. Gaun putih selutut itu menonjolkan kecantikannya sepenuhnya.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang deskripsi umum, diantaranya:

Apa Perbedaan Identifikasi dan Deskripsi Bagian?

  1. Indentifikasi: Berisi gambaran luas tentang objek yang akan dibahas oleh penulis.
  2. Deskripsi bagian: Berisi deskripsi atau gambaran menyeluruh tentang item yang sedang dibahas.

Ciri Ciri Deskripsi

Apa Isi Dari Identifikasi?

Menurut temuan penulis, isi dari struktur identifikasi adalah kualitas dari suatu objek atau peristiwa. Dengan ciri-ciri tersebut, baik penulis maupun pembaca sebagai penerima informasi dapat mengenali atau mengidentifikasi objek atau peristiwa yang dinyatakan.

Kesimpulan

Nah itu adalah artikel yang telah kami rangkum tentang deskripsi yang berisikan pengertian deskripsi, pengertian deskripsi menurut para ahli, jenis-jenis deskripsi, fungsi deskripsi, struktur deskripsi dan beserta contoh karangan deskripsi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya.

Tombol kembali ke atas