Advertisement

Apa Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi?

Rancakmedia.com – Ada banyak jenis seni rupa yang perlu kamu ketahui, seperti yang kita akan bahas sekarang adalah seni rupa 2 dimensi dari pengertian dan fungsinya. Agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap simak artikel dibawah ini.

Evolusi seni rupa di bangsa kita terus berkembang ke depan. meskipun jelas bahwa itu tidak terlalu diperhatikan. Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang hanya memiliki 2 sisi (panjang dan lebar), sehingga tidak memiliki ruang karena tidak mengandung unsur ketebalan.

Dalam topik seni dan budaya, kita sudah sering membahas seni. Satu hal yang harus kita bahas adalah seni 2 dimensi. Dalam hidup, akan terasa membosankan dan sepi ketika hidup tidak memiliki seni yang bisa diapresiasi. Seni rupa adalah salah satu seni yang paling populer.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki batas dua sisi, terutama pada sisi panjang dan lebar. Seni dua dimensi tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketebalan atau tinggi.

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

Karya seni rupa 2 dimensi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya hiasan pada hiasan dinding. Dengan demikian, konsekuensi dari karya seni ini mungkin hanya bisa diapresiasi dari satu sisi saja.

Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi

Fungsi seni rupa 2 dimensi lebih menekankan pada fungsi keindahan atau fungsi estetis. Berbeda dengan seni 3D, yang lebih menekankan penggunaan seni.

Berikut ini adalah beberapa peran seni rupa 2 dimensi:

Sebagai Sarana Hiburan

Karya seni dapat memenuhi kebutuhan emosional seseorang. Orang yang menyaksikan karya seni yang luar biasa mungkin mengalami kegembiraan atau emosi lainnya.

Karya seni dua dimensi dapat menjadi hiburan bagi orang yang melihatnya. Semakin indah karya seni, semakin geli orang yang melihatnya. Mengingat sifat orang, yang benar-benar lebih suka melihat hal-hal indah.

Sebagai Sarana Edukasi

Ada beberapa lukisan yang mampu menyampaikan instruksi kepada penonton. Misalnya, lukisan orang merokok dengan tengkorak atau bayangan kematian di belakangnya. Artinya kita dilarang merokok karena berbahaya.

Atau foto-foto individu yang menyumbangkan sebagian pendapatannya kepada pengemis. Sisi pendidikan adalah sebagai manusia kita harus berbagi dengan mereka yang hidupnya tidak seberuntung kita dan saling mendukung sebagai manusia.

Sebagai Sarana Komunikasi

Siapa bilang kita hanya bisa berkomunikasi dengan “berbicara”? Ada berbagai sarana komunikasi, salah satunya adalah citra visual. kamu dapat menggunakan seni 2 dimensi untuk mengkomunikasikan pesan implisit kepada orang lain dengan menggunakan fungsi ini.

Sebagai Sarana Komunikasi

Pesan ini mungkin direpresentasikan sebagai jenis sentimen dari penulis karya tersebut. Misalnya, dalam gambar yang menggabungkan kesedihan, penulis seni ingin memberi tahu dia bahwa dia sedih pada saat itu.

Sebagai Sarana Peribadatan

Karya seni juga dapat dihubungkan dengan tema-tema keagamaan. Ilustrasi yang bagus untuk hal ini adalah kaligrafi yang dibuat dari potongan ayat Alquran dan dipajang di masjid, rumah, dan lokasi lainnya.

Atau kaligrafi Allah dan Muhammad atau hal-hal lain yang dapat meningkatkan keimanan seseorang. Karya seni ini tidak hanya dapat diapresiasi dan dikagumi, tetapi juga dapat berfungsi untuk mengingatkan kita akan penciptanya.

Memiliki Nilai Jual Tinggi

Karya seni mungkin lebih dihargai dan lebih mahal jika dilukis oleh orang terkenal. Saat kamu membuat karya seni dua dimensi, kamu tidak hanya melayani tujuan estetika; kamu juga melayani tujuan komersial, karena kamu akan mendapat untung besar dari kerja keras kamu. Pelukis, fotografer, dan animator semuanya bisa menghasilkan uang.

Unsur dan Objek Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Seorang seniman (seniman, desainer, artisan, pengrajin, dan sebagainya) mengolah unsur-unsur seni fisik dan non fisik sesuai dengan bakat dan kepekaannya dalam menghasilkan sebuah karya seni.

Dalam sebuah karya seni, elemen fisik dapat langsung dilihat dan atau disentuh. Sedangkan unsur non fisik adalah ide atau kriteria dasar yang digunakan untuk menempatkan unsur fisik dalam sebuah karya seni.

Seniman atau desainer yang mengembangkan karya seni dua dimensi menggunakan kombinasi elemen untuk menciptakan keseluruhan yang kohesif. Unsur-unsur tersebut terdiri dari unsur-unsur yang berwujud yang dapat dilihat dan dirasakan. Lalu ada elemen abstrak, atau aturan.

Ini adalah istilah untuk proses menggabungkan elemen nyata ke dalam sebuah karya seni.

Unsur-Unsur Fisik Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini ada unsur seni rupa 2 dimensi, yaitu:

Unsur Fisik Seni Rupa Dua Dimensi

Garis (line)

Sebuah karya seni tidak dapat dibuat tanpa menggunakan garis, yang merupakan blok bangunan penting. Garis memiliki dimensi yang panjang, datar, arah, dan ciri-ciri tertentu seperti: pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, bergelombang, dan sebagainya.

Raut (Bidang dan Bentuk)

Raut adalah tampilan, potongan atau bentuk suatu barang. Kata “pesawat” digunakan untuk mengidentifikasi bentuk benda datar, sedangkan bentuk atau form menampilkan bentuk suatu benda yang terlihat memiliki volume (massa), namun dalam seni rupa 2 dimensi, volume hanyalah ilusi.

Ruang

Ruang dalam karya seni rupa 2 dimensi menunjukkan kesan dimensional dari benda atau backdrop yang terdapat dalam karya seni tersebut. Ruang palsu (imajiner) dibuat dengan memvariasikan intensitas terang-gelap, warna, dan metode menggambar perspektif.

Tekstur (Barik)

elemen visual yang menunjukkan kualitas sentuhan permukaan atau penggambaran struktur permukaan suatu benda dalam sebuah karya seni.

kamu mungkin memiliki tekstur palsu (tekstur semu) atau tekstur sebenarnya (yang asli). Variasi ketinggian permukaan objek, yang terlihat dan nyata, adalah yang membentuk tekstur asli (seperti cat timbul).

Tekstur palsu atau palsu, di sisi lain, adalah representasi fiktif dari permukaan objek yang dibuat dengan manipulasi elemen garis, gelap dan terang, dan sebagainya.

Warna

Fitur yang paling mencolok dari setiap desain adalah penggunaan warnanya. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang diketahui berasal dari tiga warna utama, yaitu merah, kuning, dan biru.

Dalam membuat seni, ada banyak strategi untuk menggunakan warna, terutama harmonis, heraldik, murni, monokromatik, dan polikromatik.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Berdasarkan bentuk atau dimensinya, dapat ditentukan secara sederhana apa yang ditampilkan dalam seni rupa 2 dimensi. Semua karya yang digambar di atas kanvas, kertas, plastik, atau papan kayu adalah contohnya. Berikut ini adalah beberapa contoh seni rupa dua dimensi:

Contoh Seni Rupa Dua Dimensi

  1. Lukisan digunakan untuk membuat karya seni.
  2. Seni Grafis Seni rupa yang dilakukan melalui cetakan, seperti cetakan kayu, perangko, atau sablon.
  3. Gambar dibuat dengan memanfaatkan media gambar seperti pensil di atas kertas. Ilustrasi, gambar bentuk, dan citra atmosfer hanyalah beberapa contoh.
  4. Desain Komunikasi Visual desain grafis adalah istilah yang mengacu pada proses pembuatan gambar digital, yang kemudian dicetak di atas kertas menggunakan printer. Misalnya, Desain brosur, spanduk, dan situs web

Keunikan Seni Rupa 2 Dimensi

Jika ditegaskan ada karya yang lebih berdimensi daripada karya dua dimensi, maka akan muncul pertanyaan dan klaim bahwa seni rupa tiga dimensi adalah sesuatu yang lebih unggul atau lebih maju.

dengan cara yang sama seperti video game grafis 3D secara otomatis dianggap lebih unggul daripada game kartun 2D. Namun, seni ini tetap dan digunakan untuk alasan yang sangat kuat dan sah. Ketiadaan kedalaman dalam seni dua dimensi benar-benar mendorong penonton untuk lebih menggunakan imajinasinya.

Membuat cerita dan teks tentang gambar yang hanya dapat dilihat pada permukaan datar jauh lebih sederhana daripada bekerja dengan gambar dalam bentuk sebenarnya. Penekanan pengamat akan terbagi antara menikmati bentuk luar karya 2D dan bentuk batinnya.

Pemirsa akan dipaksa untuk menafsirkan pesan dan alur cerita yang terkandung dalam visual dua dimensi jika disajikan dengan cepat. Hal ini berbeda dengan seni rupa 3 dimensi karena memiliki dimensi yang sama dengan dunia nyata.

Karena penampilannya terlalu mirip dengan alam, itu membuat lebih sulit untuk menghargai diri sendiri. Inilah sebabnya mengapa lukisan lebih mudah diakses oleh masyarakat umum dalam hal seni dan pemahaman.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab tentang seni rupa dua dimensi, yaitu:

Apa saja bahan utama dan pendukung yang bisa digunakan dalam karya 2 dimensi?

Pensil, pensil warna, krayon, kertas, kanvas, cat minyak, kuas, wadah cat.

Mengapa seni rupa 2 dimensi masih bertahan?

Karena masih sering digunakan, seni rupa dua dimensi ini masih ada sampai sekarang. Itu karena tidak adanya kedalaman dalam seni dua dimensi mendorong pemikiran yang lebih kreatif di pihak audiensnya. Membuat cerita dan kata-kata di sekitar gambar yang hanya dapat dilihat pada permukaan datar jauh lebih sederhana.

Mengapa seni rupa 2 dimensi tidak punya ruang?

Seni dua dimensi tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketebalan atau tinggi. Karya seni 2 dimensi dalam kehidupan sehari-hari misalnya hiasan pada hiasan dinding. Dengan demikian, konsekuensi dari karya seni ini mungkin hanya bisa diapresiasi dari satu sisi saja.

Kesimpulan

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki batas dua sisi, terutama pada sisi panjang dan lebar. Berbeda dengan seni rupa 3D yang lebih menekankan penggunaan seni rupa, karya seni rupa 2 dimensi lebih menekankan pada fungsi keindahan atau fungsi estetika daripada ruang. Karya seni rupa 2 dimensi menunjukkan kesan dimensional dari benda atau backdrop yang terdapat dalam karya tersebut.

Demikian artikel tentang seni rupa 2 dimensi, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas