Advertisement

Apa Itu Persamaan Dasar Akuntansi?

Rancakmedia.com – Yuk mari mengenal apa itu persamaan dasar akuntansi dari pengertian serta fungsinya. Untuk mendapatkan informasinya secara lengkap silakan baca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Akuntansi berasal dari istilah “accounting”, yaitu ilmu menghitung dan mendokumentasikan transaksi yang ada hubungannya dengan keuangan perusahaan. Akuntansi sangat diperlukan sebagai salah satu cara untuk mendokumentasikan operasional keuangan perusahaan agar nantinya tidak terjadi penyalahgunaan dana kas.

Akuntansi adalah topik penting yang diajarkan di sekolah menengah, lembaga kejuruan, dan bahkan perguruan tinggi dan universitas di seluruh negeri. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa ada sejumlah besar konten akuntansi yang harus ditinjau ulang agar siswa dapat mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari.

Persamaan akuntansi dasar adalah bagian penting dari pengetahuan akuntansi untuk dimiliki. Persamaan dasar ini mungkin menawarkan gambaran besar tentang kekayaan, utang, dan ekuitas perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Selain itu, persamaan dasar akuntansi juga digunakan untuk melaksanakan pembukuan yang belum sempurna bagi perusahaan.

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya dapat memperkirakan kekayaan, hutang, dan modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Seperti yang kita ketahui, konsep utama akuntansi yang kita ketahui adalah adanya keseimbangan antara sisi pendapatan dan pengeluaran, atau keseimbangan antara aset dan kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan.

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Adanya keseimbangan angka antara kedua bagian tersebut tentunya harus diteliti lebih teliti dengan menggunakan persamaan dasar akuntansi.

Kemudian persamaan dasar akuntansi digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangan perusahaan.

Prinsip Persamaan Dasar Akuntansi

PDA atau Persamaan Akuntansi Dasar, adalah prinsip akuntansi mendasar yang harus diketahui oleh semua calon akuntan dan ekonom. Semua perusahaan harus memiliki aset (juga dikenal sebagai sarana untuk meluncurkan kewajiban), serta kewajiban (beban yang harus dibayar).

Aset, kewajiban, dan modal organisasi semuanya terkait secara matematis dalam persamaan akuntansi dasar. Aset atau aset perusahaan tercantum di bagian Aset, sedangkan utang dan ekuitas disebutkan di bagian Kewajiban.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan akuntansi dasar, kadang-kadang dikenal sebagai PDA, memiliki rumus berikut:

Harta (Aktiva) = Hutang + Modal (Pasiva)

Seperti yang kita ketahui, semakin besar utang di sisi kewajiban, maka akan semakin menimbulkan ketidakseimbangan di sisi aset. Menghitung konsep persamaan dasar akuntansi akan mengungkapkan setiap transaksi yang tidak transparan atau tidak diungkapkan.

Untuk mengembangkan pengertian transparansi, penting juga adanya audit, yang lebih dikenal dengan konsep Good Corporate Governance.

Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan akuntansi dasar, tentu saja, dihitung untuk suatu tujuan. Manfaat persamaan akuntansi dasar ini tentu saja dapat memberikan beberapa keuntungan bagi akuntan dan bisnis.

Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Berikut ini adalah banyak manfaat yang dapat diperoleh dari persamaan dasar akuntansi:

Dapat Digunakan Sebagai Sumber Catatan

Sumber catatan ini selanjutnya dapat memudahkan proses pendokumentasian transaksi keuangan. Persamaan dasar akuntansi terdiri dari informasi dasar yang terkait dengan transaksi keuangan yang masuk atau keluar dari rekening perusahaan sehingga nantinya akan membantu dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Acuan Dalam Pemeriksaan Saldo

sebagai teknik untuk memantau jumlah saldo yang masuk atau keluar dari rekening perusahaan. Berbeda dengan laporan keuangan, yang memberikan pelaporan komprehensif, persamaan dasar akuntansi memberikan ringkasan aktivitas keuangan.

Alat Untuk Mengoreksi Ketepatan Saldo

Keuntungan kedua adalah bahwa hal itu dapat digunakan untuk memperbaiki perbedaan antara sisi aset dan kewajiban dari saldo. Jika semua transaksi telah dicatat seakurat mungkin, saldo akan tertinggal di kedua sisi tabel persamaan akuntansi dasar.

Komponen Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Sebelumnya, kami berbicara tentang dua sisi yang harus ada dalam tabel persamaan akuntansi dasar. Yaitu, sisi aset dan sisi kewajiban. Kedua belah pihak tidak bisa begitu saja diisi oleh aset, kewajiban, atau modal tentunya. Berikut ini adalah ikhtisar komponen utama persamaan dasar akuntansi:

Komponen Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Akun Aset (Aktiva)

Kata “aset” dikenal sebagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan untuk menjalankan operasi bisnis yang berbeda dalam suatu periode akuntansi tertentu.

Aset juga dapat disebut sebagai “harta” atau “kekayaan” perusahaan asosiasi, yang selanjutnya dapat digunakan untuk menjalankan visi dan tujuan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, aset adalah sumber daya yang memberikan keuntungan bagi organisasi. Bangunan, mobil, dan tanah hanyalah beberapa contoh.

Aset perusahaan juga mencakup uang dalam bentuk uang tunai atau cek yang dibayarkan secara tunai. Jika aset perusahaan naik, bagian aset akan naik, dan jika aset turun, bagian aset akan turun.

Namun anehnya, aset berupa produk memiliki nilai depresiasi. Peralatan mesin, misalnya, yang pada akhirnya akan berhenti bekerja. Selain itu, jika kamu ingin menjual kembali peralatan, nilainya akan anjlok. agar bagian aset menyesuaikan dengan situasi yang berubah secara real time.

Akun Kewajiban (Liabilitas)

Seperti namanya, akun kewajiban atau kewajiban adalah semacam akun yang menggabungkan tugas perusahaan kepada pihak-pihak tertentu.

Sebagai konsekuensi dari setiap kejadian dalam sejarah perusahaan, akun ini dapat mencakup banyak tanggung jawab. Misalnya, tanggung jawab perusahaan untuk mengumpulkan uang berasal dari utangnya.

Kewajiban ini biasanya harus dibayar segera pada tanggal atau tenggat waktu yang ditentukan. Kewajiban juga harus dipenuhi secepat mungkin jika operasi komersial perusahaan menguntungkan. Proporsi kewajiban akan tumbuh jika akun kewajiban meningkat, dan sebaliknya jika menurun.

Akun Modal (Ekuitas)

Sisa saham perusahaan setelah dikurangi kewajibannya ditunjukkan dalam laporan ekuitasnya. Dengan kata lain, bagian ekuitas terdiri dari nilai sisa modal setelah semua kewajiban dikurangi. Akibatnya, aset dan kewajiban perusahaan akan dinilai sama.

Biasanya, akun ekuitas adalah bagian dari aset yang dimiliki oleh pihak ketiga (pihak ketiga), seperti pemegang saham atau pemangku kepentingan. Kepemilikan dapat naik atau turun sehubungan dengan keadaan saat ini.

Persamaan dasar akuntansi mencakup sejumlah akun seperti ini. Selain ketiganya, ada beberapa istilah lagi yang dapat dimasukkan dalam tabel persamaan dasar akuntansi. pendapatan, pengeluaran, dan pribadi (pengeluaran pribadi dengan dana perusahaan).

Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi

Seperti yang kita ketahui, tabel persamaan akuntansi dasar terdiri dari aset dan kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan. Harus ada dasi yang sempurna di kedua sisi permainan.

Pengaruh Transaksi Keuangan

Lalu apa dampak transaksi keuangan pada tabel persamaan dasar akuntansi?

  1. Mempengaruhi bagian aset atau kewajiban.
    Persamaan dasar akuntansi, komponen aset dan kewajiban dapat langsung dipengaruhi oleh transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Jika transaksi transparan dan tidak ada yang disembunyikan, itu masih dapat mengembalikan nilai seimbang.
  2. Menambah atau mengurangi salah satu sisi proses transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan bisa saja mengurangi sisi aktiva atau aset perusahaan, namun juga menambah bagian pasiva, baik pada bagian hutang atau modal. Sehingga uang yang berkurang pada bagian aset tidak hilang begitu saja, akan tetapi hanya berpindah pada sisi lainnya
  3. Penambahan pada suatu sisi jika perusahaan menghasilkan uang atau pendapatan, persentase kewajiban modal akan tumbuh. Namun jika ada biaya yang harus dibayar, maka beban tersebut akan menurunkan proporsi modal. Bagian aset akan terpengaruh nanti ketika lebih banyak dana dikeluarkan dan biaya dikeluarkan.

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Akuntansi Dasar, atau PDA, dibangun tanpa tujuan keuangan yang ditentukan. Tujuan mendasar dari persamaan dasar akuntansi adalah untuk menyesuaikan aset dan kewajiban perusahaan sebagai konsekuensi dari setiap transaksi yang telah dilakukan.

Nantinya, persamaan dasar akuntansi dapat membantu dalam menghitung berapa banyak uang yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dalam satu periode akuntansi. Dengan kata lain, persamaan dasar akuntansi membantu dalam menentukan situasi keuangan perusahaan.

Selain itu, ketersediaan persamaan akuntansi dasar mendorong lingkungan kerja yang terbuka dan jujur, yang mengurangi kemungkinan penyalahgunaan uang yang korup. untuk akuntansi yang akurat dari biaya dan pendapatan bisnis.

FAQ

Contoh tanya jawab tentang persamaan dasar akuntansi:

Apa itu tabel persamaan dasar akuntansi?

Pendapatan, pengeluaran, dan pengeluaran pribadi dengan dana perusahaan itu adalah contohnya. Seperti yang kita ketahui, tabel persamaan akuntansi dasar terdiri dari aset dan kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan.

Apa saja persamaan dasar akuntansi di dalam akun kewajiban?

Hutang adalah bentuk kontraktual antara dua atau lebih bisnis untuk membayar hutang di kemudian hari. Ini adalah bagaimana persamaan akuntansi dasar muncul di akun kewajiban.

Dasar dasar akuntansi apa saja?

Penjurnalan, pengunggahan jurnal ke buku besar, pembuatan neraca saldo, dan pembuatan laporan keuangan adalah bagian dari akuntansi dasar.

Kesimpulan

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya dapat memperkirakan kekayaan, hutang, dan modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi terdiri dari informasi dasar yang terkait dengan transaksi keuangan yang masuk atau keluar dari rekening perusahaan sehingga nantinya akan membantu dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Sekian informasi tentang persamaan dasar akuntansi, semoga infromasi di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas