Advertisement

Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai contoh kelompok sosial yang harus kami ketahui apa itu kelompok sosial? Yuk simak artikel dibawah ini dengan baik dan teliti.

Penyelidikan sosiologis berfokus terutama pada kelompok sosial sebagai topik perdebatan. Kelompok sosial ini terbentuk karena orang banyak berbicara satu sama lain dalam masyarakat. Hal ini mengarah pada pembentukan kesepakatan yang memudahkan untuk mencapai tujuan.

Oleh karena itu, keinginan untuk hidup berkelompok dan membentuk kelompok merupakan bagian dari fitrah manusia.

Sejak dulu, kami sudah bisa membaca buku dan bentuk sastra lainnya dan bahkan mungkin mendengar cerita orang-orang di sekitar kami yang telah memulai, bergabung, dan mengubah kelompok sosial yang berbeda untuk bertahan hidup.

Kelompok Sosial

Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah sekelompok individu yang membuat kesepakatan untuk mengejar tujuan bersama. Beberapa klausul perjanjian yang dibangun membutuhkan kerangka sosial, sementara yang lain tidak.

Kelompok sosial, sebagaimana didefinisikan, adalah unit komunal yang secara sukarela memutuskan untuk hidup bersama dan mempengaruhi serta membantu satu sama lain.

Dalam kelompok sosial ini, perlu ada kesepakatan khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak terkendali dan merusak tatanan sosial. .

Contoh Kelompok Sosial

Berikut ini adalah contoh kelompok sosial yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain:

Keluarga

Disadari atau tidak, keluarga adalah kelompok sosial di dalam masyarakat. Hal ini didasarkan pada persyaratan dan garis keturunan dari setiap anggota keluarga yang menerima pendidikan pertamanya. Oleh karena itu, bukanlah fiktif jika keluarga adalah anggota kelompok sosial inti.

Partai Politik

Lembaga politik yang juga merupakan kelompok sosial adalah partai politik (partai politik). Ini adalah kelompok sosial sekunder yang tidak wajib diikuti.

Namun, kamu mengatakan bahwa bergabung dengan partai politik diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan di pemerintahan seperti Gubernur, Bupati, DPR, dan lain-lain.

PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia)

PGRI (Persatuan Guru Indonesia) merupakan salah satu contoh kelompok sosial di masyarakat.

Kelompok sosial ini disebut sebagai kelompok sosial sekunder, yang tidak perlu diikuti oleh semua orang, tetapi sangat penting bagi kamu yang menjadi tenaga kependidikan untuk melakukannya (guru).

Koperasi Desa

Dalam budaya kontemporer, “Koperasi Desa” adalah semacam kelompok sosial di mana kelompok sosial ini termasuk dalam kelompok sosial formal yang memiliki aturan dan peraturan untuk bergabung, melanjutkan, dan mengendalikannya.

Aturan kelompok sosial ini harus dipatuhi oleh setiap orang yang menjadi bagian darinya.

Panitia Agenda

Panitia acara di acara-acara, seperti acara pengajian, acara doa, dan acara pernikahan, adalah contoh khas kelompok sosial di masyarakat. Jenis kelompok sosial ini adalah kelompok sosial sekunder. Anggotanya harus menjadi bagian darinya, tetapi masyarakat secara keseluruhan tidak harus.

Sekolah

Contoh lain dari kelompok sosial yang hadir dalam setiap aspek kehidupan kami adalah ketika seseorang memasuki lingkungan sekolah (lembaga pendidikan) untuk mengambil kelas, ada persatuan kelompok, yang berjalan dengan berbagai gelar.

Contohnya adalah Kompas 3 (IPS komunitas 3). Oleh karena itu, kelompok sosial semacam ini dapat disebut sebagai kelompok sosial informal.

RW

Anggota RW adalah contoh kelompok sosial berikutnya dalam masyarakat, diikuti oleh anggota RT. Kelompok sosial semacam ini adalah kelompok sosial in-group yang memberikan akses anggota kepada semua anggota masyarakat, tetapi hanya kepada anggota RW atau RT tertentu.

Contoh Kelompok Sosial

Paguyuban

Selain Paguyuban Masyarakat Cirebon, contoh lain kelompok sosial dalam masyarakat adalah masyarakat Cirebon.

yang hampir ada dimana-mana di Indonesia. Kelompok sosial yang berbentuk komunitas ini berkembang karena adanya kesamaan di antara para anggotanya; kesamaan yang ada adalah hasil dari kedekatan geografis (orang yang berasal dari Cirebon).

Alumni Sekolah

Setiap individu yang telah lulus dari suatu lembaga pendidikan seringkali merupakan kelompok alumni. Agenda Alumni ini dapat memberikan akses kepada adik kelas dan memfasilitasi pembentukan jejaring sosial antar alumni.

OI (Bahasa Indonesia)

Tumbuhnya OI (Masyarakat Indonesia), sebuah kelompok yang anggotanya memiliki kecintaan yang sama terhadap Iwan Fals dan memiliki hobi yang sama, merupakan contoh dari sekelompok orang yang sering bertemu dan memiliki minat yang sama.

HIPMI

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau yang lebih dikenal dengan HIPMI adalah sejenis kelompok sosial yang anggotanya memiliki minat yang sama.

Keterkaitan ini didasarkan pada tujuan kedua organisasi, yaitu menciptakan jaringan dan merekomendasikan kebijakan terkait bisnis kepada pemerintah.

Nahdlatul Ulama (NU)

Nahdlatul Ulama, kadang disebut NU, adalah kelompok sosial resmi yang dikategorikan sebagai organisasi kemasyarakatan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa suatu kelompok terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki perasaan kesatuan dan memiliki ciri-ciri yang sama.

Di sisi lain, NU terdiri dari kelompok-kelompok dengan ukuran berbeda, dari dua orang hingga komunitas besar.

Islam

Penduduk Muslim Indonesia adalah yang terbesar di dunia.

Bagian ini juga dapat disebut sebagai kelompok sosial acuan dalam lingkup kelompok sosial Islam karena fakta bahwa individu di suatu daerah sering dianggap sebagai kelompok besar, meskipun kenyataannya sebagian besar kelompok sosial secara signifikan lebih kecil jumlahnya.

Komunitas Islam juga dapat dianggap sebagai individu yang terlibat satu sama lain dan memiliki koneksi budaya dan geografis. Anggota suatu kelompok mungkin memiliki minat, nilai, keyakinan yang sama tentang asal usul etnis atau sosial, dan hubungan keluarga.

PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia)

Ada kelompok sosial di perguruan tinggi negeri dan swasta, dan PMII adalah bagian dari itu.

Orang yang ingin bergabung dengan kelompok ini juga harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti menyelesaikan MAPABA (Penerimaan Anggota Baru), PKD (Pelatihan Kader Dasar) dan kader PKL (Pelatihan Kader Tingkat Lanjut).

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU)

PERGUNU adalah bagian dari kelompok sosial yang didirikan oleh NU sebagai entitas mandiri dengan tujuan menghimpun dan membina guru besar, dosen, dan kiai Indonesia. Tujuan utamanya adalah memberikan ruang bagi kalangan NU untuk berbicara sebagai organisasi masyarakat.

Tanya dan Jawab

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan kelompok sosial.

Tanya dan Jawab

Kelompok sosial ada berapa?

Kelompok semu dan kelompok nyata.

Berbagai kelompok semu:

  1. Kerumunan (Crowd)
  2. Massa (mass)
  3. Publik ( public)

Jenis grup yang nyata:

  1. Kelompok kemasyarakatan
  2. Kelompok statistik
  3. Kelompok sosial
  4. Kelompok asosiasi

Ada Berapakah Fungsi Kelompok Sosial Bagi Individu?

Tujuan kelompok sosial bagi orang-orang adalah untuk menyediakan setting bagi terbentuknya interaksi sosial.

  1. Sebagai cara untuk bertukar informasi terkait pendidikan.
  2. Sebagai tempat di mana anggotanya dapat menemukan solusi untuk masalah kamu,

Mengapa Disebut Kelompok Sosial?

Suatu kelompok dianggap sebagai kelompok sosial jika memiliki karakteristik yang unik. Misalnya, setiap orang memiliki nasib yang sama atau memiliki tujuan hidup dan keyakinan yang sama.

Kedekatan kepribadian fisik atau filsafat politik, di samping kesamaan lainnya, akan meningkatkan hubungan antara orang-orang dalam kelompok sosial.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa contoh kelompok sosial yang telah kami rangkum. Tujuan kelompok sosial bagi orang-orang adalah untuk menyediakan setting bagi terbentuknya interaksi sosial.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas