Advertisement

Apa Tujuan dari Akuntansi Sektor Publik?

Rancakmedia.com – Apa tujuan akuntansi sektor publik? mungkin banyak orang yang belum mengetahuinnya, untuk itu pada artikel dibawan ini kami akan memberikan informasinya secara lengkap.

Akuntansi adalah tindakan menemukan, mengukur, dan melaporkan berbagai jenis informasi yang akan digunakan sebagai evaluasi dan pengambilan keputusan yang berharga bagi orang-orang yang akan menggunakan informasi tersebut.

Sebagai bahasa bisnis yang berguna untuk mengkomunikasikan informasi keuangan ke berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajemen, investor, kreditur, dan lembaga pemerintah, akuntansi sering dijuluki “bahasa bisnis universal.”

Selain itu, banyak orang percaya bahwa ilmu akuntansi terkait dengan metode penghitungan. Namun secara umum, ilmu akuntansi tidak semudah itu. Seiring waktu, pertumbuhan ilmu akuntansi sedemikian rupa sehingga semakin banyak individu yang ingin mempelajarinya.

Pengertian Akuntansi Sektor Publik Menurut Para Ahli

Akuntansi sektor publik adalah institusi yang operasinya terkait dengan upaya untuk menyediakan produk dan layanan publik yang berharga untuk memenuhi persyaratan dan hak publik.

Di daerah-daerah tertentu, lembaga sektor publik memiliki kesamaan dengan sektor swasta. Kedua organisasi menggunakan alat yang sama dan mengikuti prosedur yang sangat mirip. Namun, dalam pekerjaan tertentu, sektor publik tidak dapat digantikan oleh sektor swasta, seperti dalam tugas pemerintah.

Pengertian Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, berikut ini adalah interpretasi yang benar dari akuntansi sektor publik:

Indra Bastian (2014:6)

Akuntansi sektor publik adalah pendekatan akuntansi dan mekanisme analitis yang digunakan oleh lembaga tinggi negara dan divisi bawahannya untuk tujuan mengelola keuangan publik yang beragam.

Mardiasmo (2015:14)

Menurut Mardiasmo, akuntansi sektor publik merupakan sarana informasi baik dari pemerintah selaku manajemen maupun dari masyarakat.

Halim (2014:18)

Akuntansi sektor publik adalah layanan yang menyediakan informasi keuangan kuantitatif kepada pihak yang berkepentingan berdasarkan organisasi pemerintah.

Erlina, dkk (2015)

Akuntansi sektor publik adalah tindakan mendokumentasikan peristiwa ekonomi dalam suatu organisasi yang biasanya dilakukan di sektor publik, seperti partai politik, komunitas, sekolah, perguruan tinggi, dan lain-lain.

Dwi Ratmono (2015)

Dwi Ratmono mendefinisikan “akuntansi sektor publik” sebagai proses pendeteksian, pengukuran, pendokumentasian, dan pelaporan transaksi keuangan oleh badan pemerintah daerah dalam rangka membuat pilihan ekonomi yang menguntungkan pihak ketiga.

Tujuan Akuntansi Sektor Publik

Nah, setelah kamu mengetahui definisi akuntansi sektor publik, kamu juga perlu mengetahui apa tujuan dari bentuk akuntansi ini.

Tujuan Akuntansi Sektor Publik

  1. Penting untuk membuktikan kepemilikan transaksi dan kesesuaian transaksi dengan aturan, undang-undang, dan peraturan yang berlaku.
  2. Informasi tentang pemerintah dan efektivitas sektor publik, serta manajemen secara keseluruhan, dikumpulkan melalui penggunaan indeks ini.
  3. Perencanaan untuk operasi masa depan dan meninjau efisiensi dan efektivitas otoritas.
  4. Verifikasi bahwa semua transaksi adalah sah dan sesuai dengan semua hukum, aturan, dan peraturan yang relevan.
    membantu dalam perencanaan dan pengendalian serta membantu dalam melakukan pelaporan yang tepat waktu dan tidak memihak.
  5. Seorang akuntan di sektor publik juga harus membantu organisasi dengan memberikan informasi kepada organisasi yang menjadi dasar pilihan kritis mereka.
  6. Meningkatkan efektivitas manajemen dengan memberikan solusi atas permasalahan yang muncul di dalam organisasi.

Sifat Akuntansi Sektor Publik

Sifat akuntansi sektor publik yaitu adalah memenuhi persyaratan hukum yakni rekenin pemerintahan harus siap diaudit setiap tahun. Kualitas lainnya adalah mampu menjalankan peran penatalayanan.

Sebagai penjaga dana dan sumber daya publik, pemerintah harus mampu membuat keputusan keuangan yang baik ketika mengalokasikan dana tersebut.

Pemerintah juga dapat menggunakannya untuk merencanakan proyek dan kegiatan bangsa di masa depan. Selain itu, kawasan ini juga mencakup metode pengendalian dalam hal pemanfaatan keuangan dan sumber daya lainnya. Akhirnya, efisiensi dan efektivitas ekonomi dan tata kelola keduanya dievaluasi menggunakan metode akuntansi ini.

Karakteristik Akuntansi Sektor Publik

Ketika datang ke akuntansi sektor publik, ada perbedaan yang jelas dari fitur akuntansi sektor swasta. Lembaga pemerintah dan lembaga nirlaba adalah dua lembaga besar yang berbeda satu sama lain.

Fitur kedua adalah bahwa akuntansi untuk sektor publik berfokus pada tujuan entitas atau organisasi. Sesuai dengan namanya, akuntansi sektor publik menawarkan informasi yang berhubungan dengan pelayanan publik untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

Karakteristik Akuntansi Sektor Publik

Pada kenyataannya, terdapat berbagai komponen yang dapat mempengaruhi kinerja lembaga atau organisasi sektor publik. Komponen satu berdampak pada ekonomi dengan mempengaruhi hal-hal seperti nilai tukar mata uang, tingkat inflasi, dan hal-hal lain.

Komponen selanjutnya berdampak pada bidang politik, seperti hubungan antar masing-masing lembaga, pemerintah yang berkuasa, dan sebagainya.

Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Publik

Ruang lingkup akuntansi sektor publik mencakup semua instansi pemerintah dan organisasi nirlaba atau nirlaba. Contoh lembaga yang menerapkan gaya akuntansi ini antara lain instansi pemerintah daerah, organisasi nirlaba, LSM, partai politik, yayasan, rumah sakit, sekolah, rumah ibadah, dan universitas.

Nah, agar lebih mudah untuk mengingat luasnya, hanya ingat dan sadari bahwa ini dapat diterapkan pada institusi yang anggarannya berasal dari uang publik.

Dengan menggunakan akuntansi sektor publik, badan tersebut bertanggung jawab untuk memastikan penggunaan publik dari uang pembayar pajak.

Jenis Akuntansi Sektor Publik

Berdasarkan ruang lingkup tersebut di atas, akuntansi sektor publik dibedakan menjadi dua kategori, yaitu akuntansi pemerintah dan akuntansi sosial.

Akuntansi Pemerintah

Akuntansi pemerintah adalah data akuntansi yang mencoba menawarkan informasi tentang kegiatan ekonomi atau keuangan pemerintah yang dilaporkan ke pengadilan, legislatif, eksekutif, dan publik.

Jenis Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi pemerintah selanjutnya dipisahkan menjadi akuntansi pemerintah pusat dan akuntansi pemerintah daerah. Akuntansi pemerintah daerah, artinya akuntansi pemerintah provinsi dan akuntansi pemerintah kabupaten atau kota,

Akuntansi Sosial

Akuntansi sosial, berbeda dengan akuntansi pemerintah, adalah sektor akuntansi khusus untuk institusi seperti institusi makro yang melayani ekonomi nasional.

Kelompok nirlaba atau nirlaba seperti klinik kesehatan, masjid, partai politik, rumah sakit, dan sejenisnya semuanya dapat mengambil manfaat dari akuntansi sosial.

Praktik Akuntansi Sektor Publik di Indonesia

Selain itu, kamu harus berpengalaman dalam mekanisme akuntansi sektor publik secara keseluruhan.

Praktik Pertanggungjawaban Kelayakan Akuntansi

Apabila penyelesaian kewenangan dari DPR atau DPRD atau komisioner telah dipenuhi, maka kebijakan pembayaran dan pendapatan dari pusat organisasi sektor publik dapat dilaksanakan. Dalam kebanyakan kasus, persetujuan semacam ini diberikan secara demokratis melalui pemungutan suara.

Prinsip Bruto

Semua uang yang dibayarkan secara bruto dibebankan sebagai pengurang penghasilan dan harus menyampaikan laporan secara menyeluruh kepada pusat pertanggungjawaban yang berlaku.

Periodikal

Untuk mempertahankan periode praktik periodik, semua pengeluaran harus dicatat selama setiap periode. Oleh karena itu, otorisasi pengeluaran diperiksa atas dasar kinerja selama waktu tertentu.

Jika ternyata ada kelebihan uang yang digunakan dalam transaksi pembelanjaan, maka lembaga atau organisasi tersebut terpaksa mengembalikannya ke manajemen pusat.

Spesifikasi

Transaksi belanja keperluan khusus harus mendapat persetujuan DPR/DPRD atau komisioner jika akan dilakukan. Ide pengecualian mengacu pada ini (pengecualian).

Pengertian ini harus mengacu pada norma-norma yang telah ditetapkan oleh masing-masing lembaga tetapi tidak boleh mengabaikan tingkat keberhasilan organisasi.

Peran Akuntansi Sektor Publik dalam Organisasi

Dalam organisasi sektor publik, perencanaan dan perencanaan strategis berjalan beriringan, dengan pengontrol tugas mengawasi pelaksanaannya. Untuk menjalankan dua tugas tersebut, yaitu pengendalian dan perencanaan, akuntansi manajemen memiliki peran yang vital.

Peran Publik dalam Organisasi

Oleh karena itu, fungsi akuntansi manajemen di sektor publik menjadi sangat vital. Akuntansi manajemen sektor publik memiliki enam fungsi berbeda untuk dimainkan dalam suatu organisasi.

Perencanaan Strategis

Pada tahap perencanaan strategis, manajer menetapkan rencana dan pilihan program untuk membantu strategi organisasi beroperasi dengan sukses.

Akuntansi manajemen berperan dalam penyampaian data dan informasi, seperti biaya kegiatan dan biaya program. Untuk menjaga semuanya tetap terkendali, proses perencanaan bergerak dari tingkat strategis ke tingkat taktis.

Memberikan Informasi Biaya

Tugas kedua akuntansi manajemen sektor publik adalah memberikan informasi biaya. Biaya input, proses, dan output semuanya dipertimbangkan. Informasi biaya harus diberikan karena berkaitan dengan transparansi uang.

sehingga manajemen dapat menganalisis apakah pengeluaran berada di atas atau di bawah anggaran. Oleh karena itu, informasi yang disajikan harus menyeluruh dan detail.

Penilaian Investasi

Ciri-ciri sektor publik lebih sulit daripada sektor swasta, baik dari segi operasi, aturan, pembuatan kebijakan, dan manajemen, termasuk evaluasi investasi.

Baik sektor publik maupun komersial menggunakan berbagai metode untuk melakukan penilaian. Hal ini karena tujuan organisasi juga beragam.

Di sektor komersial, tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya, sedangkan di sektor publik, upayanya adalah untuk menawarkan layanan terbaik. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan analisis efektivitas biaya.

Penganggaran (Budgeting)

Tiga tujuan anggaran adalah stabilitas, distribusi, dan alokasi sumber daya publik. Akuntansi manajemen sektor publik berperan dalam memberikan kemudahan untuk menghasilkan anggaran yang efektif dan efisien dan tentunya sesuai dengan ketiga fungsi anggaran tersebut.

Tujuan akuntansi manajemen adalah menjadi alat untuk mengalokasikan dan mendistribusikan sumber-sumber uang publik kepada publik secara efektif, merata, dan efisien.

Penentuan Biaya dan Tarif Pelayanan

Akuntansi untuk manajemen dapat digunakan untuk mengetahui berapa biaya untuk menawarkan layanan. Subsidi untuk kepentingan umum termasuk di dalamnya.

Penilaian Kinerja

Akuntansi manajemen juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja. Sebagai contoh, menentukan sejauh mana organisasi berhasil dan efisien dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dengan kata lain, akuntansi manajemen dapat digunakan sebagai sistem kontrol untuk suatu organisasi.

Kesimpulan

Akuntansi sektor publik adalah layanan yang menyediakan informasi keuangan kuantitatif kepada pihak yang berkepentingan berdasarkan organisasi pemerintah. Akuntansi untuk sektor publik berfokus pada tujuan entitas atau organisasi.

Akuntansi sangat penting dalam dunia usaha dan bisnis oleh karena itu kita harus memahami lebih dalam lagi tentang akuntansi. Demikian artikel tentang akuntansi sektor publik. Agar kamu dapat memahaminya baca dengan teliti ya!

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas