Advertisement

Fungsi Administrasi Keuangan Negara

Rancakmedia.com – Dalam administrasi keuangan negara ada beberapa fungsi yang harus kamu ketahui, dan untuk mengetahui apa saja fungsinya simak artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Negara tentu harus memperhatikan administrasi keuangan mengingat pertumbuhan bisnis yang semakin meningkat. Apa pentingnya administrasi keuangan yang baik? Pendapatan dan pengeluaran organisasi dapat dikendalikan oleh faktor ini.

Karena pentingnya faktor-faktor ini, negara harus memastikan bahwa administrasi keuangannya efektif dan efisien. Kebanyakan orang berpikir bahwa administrasi keuangan kebanyakan tentang melacak transaksi keuangan dan menuliskannya.

Pengertian Administrasi Keuangan Negara

Ungkapan pengertian administrasi keuangan negara bukanlah kata yang asing bagi setiap orang, namun terkadang masih banyak masyarakat awam yang belum memahami arti dari “administrasi”. Banyak orang Indonesia masih percaya bahwa administrasi sama dengan remunerasi.

Administrasi adalah proses memimpin sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama secepat dan seefektif mungkin.

Sedangkan keuangan adalah produk dari proses pencatatan, yang merupakan ringkasan dari transaksi keuangan yang terjadi pada satu waktu.

Pengertian Administrasi Keuangan Negara

Berdasarkan kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian administrasi keuangan negara adalah suatu proses pengelolaan yang mencakup semua kegiatan yang terkait dengan keuangan, penyusunan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama.

Pada dasarnya, administrasi dapat dipisahkan menjadi dua kategori: didefinisikan secara luas dan didefinisikan secara ketat.

“Administrasi keuangan negara” adalah istilah luas untuk proses penetapan dan pembuatan kebijakan tentang pembelian atau penggunaan sumber daya keuangan sehingga organisasi dapat memenuhi tujuan utamanya secara efektif dan efisien.

Pembukuan terkait erat dengan definisi administrasi yang terbatas karena melibatkan proses menerima, menyimpan, dan mengeluarkan operasi. Semua operasi ini dilakukan berdasarkan undang-undang yang berlaku saat ini.

Pengertian Administrasi Keuangan Negara Menurut Ahli

Berikut beberapa definisi keuangan menurut para profesional, antara lain:

The Liang Gie (1992: 169)

Pengertian administrasi keuangan negara menurut The Liang Gie adalah proses mengatur dan mengurus, mendistribusikan, dan menggunakan uang dalam setiap usaha koperasi sekelompok orang untuk mencapai tujuan. Proses ini diatur di sekitar pelaksanaan fungsi penganggaran, akuntansi, dan audit keuangan.

Memesah (1995: 14)

Memesah mendefinisikan administrasi keuangan negara sebagai seperangkat tindakan dan proses untuk pengelolaan dana yang tertib, halal, efisien, efisien, dan efektif. Manajemen keuangan terdiri dari pendapatan, sumber, dan keuangan.

Tujuan Administrasi Keuangan Negara

Tujuan utama administrasi keuangan negara adalah untuk mengolah dan mengelola keuangan suatu usaha atau organisasi agar dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kaidah.

Tujuan Administrasi Keuangan Negara

Berikut adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh administrasi keuangan negara:

  1. Memfasilitasi pergerakan uang masuk dan keluar dari proses.
  2. Memperlancar proses pelaksanaan transaksi keuangan
  3. Setiap transaksi yang terjadi ada bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Situasi keuangan organisasi di era tertentu dapat diketahui.
Baca Juga:  Fungsi Administrasi Keuangan di Berbagai Instansi atau Lembaga

Manfaat Administrasi Keuangan Negara

Adapun keuntungan dari administrasi keuangan negara, berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Keteraturan adalah kunci dalam melacak pendapatan dan pengeluaran untuk organisasi kamu.
  2. Penggunaan uang dapat dikelola dan dikoordinasikan dengan lebih baik.
  3. Frekuensi kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan mengalami penurunan.

Fungsi Administrasi Keuangan Negara

Berikut ini fungsi admnistrasi keuangan negara, diantaranya adalah:

Fungsi Investasi

Investasi adalah proses mengubah sumber daya keuangan menjadi aset berwujud yang dapat digunakan untuk mencapai serangkaian tujuan tertentu. Sumber keuangan ini bisa berasal dari modal pribadi atau dari luar.

Secara umum, ada dua (2) kategori pilihan investasi yang perlu dipertimbangkan:

  1. Investasi jangka pendek yang meliputi investasi dalam kas, persediaan, piutang, dll.
  2. investasi jangka panjang berupa gedung, tanah, peralatan produksi, kendaraan, dll.

Fungsi Mencari Dana

Ketika sebuah bisnis membutuhkan lebih banyak uang untuk dijalankan, mungkin mencari investor untuk memberikan lebih banyak uang.

Selain itu, administrasi keuangan negara bertugas mengidentifikasi sumber pendanaan terbaik untuk berbagai tuntutan yang muncul sepanjang tahun.

Fungsi Pembelanjaan

Fungsi pembelanjaan ini dapat mencakup operasi yang menggunakan uang baik dari luar maupun dari dalam organisasi untuk membayar semua aktivitasnya. Biaya ini terkait langsung dengan proses manufaktur atau bertindak sebagai sarana untuk mempertahankannya.

Fungsi Pembagian Laba

Kebijakan bagi hasil dapat diuntungkan dari fungsi ini dalam memutuskan bagaimana melaksanakan kegiatan bagi hasil. Fungsi bagi hasil ini mungkin benar-benar dimasukkan ke dalam fungsi penggalangan dana.

Fungsi Pembagian Laba

Dengan kata lain, ini menyiratkan bahwa dana yang dibutuhkan untuk menumbuhkan organisasi akan datang dari dalam organisasi itu sendiri.

Tugas Administrasi Keuangan Negara

Sebagian besar tugasnya didelegasikan kepada orang lain dalam timnya (administrator).

Beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab atas administrasi keuangan negara meliputi:

Pembayaran dan Penagihan

Membayar tagihan untuk bisnis adalah prioritas utama pegawai administrasi keuangan negara. Misalnya, menyelesaikan proses perjanjian pembelian dan mendapatkan tagihan dan laporan dari vendor adalah hal yang biasa.

Kemudian pegawai administrasi keuangan negara akan menjaminkan uang yang diserahkan untuk pembelian resmi oleh korporasi sampai diterima. Staf bertanggung jawab untuk melacak akun penjual dan memastikan bahwa semua persediaan yang diterima ditagih secara akurat.

Entri Jurnal

Administrator keuangan juga harus melakukan kegiatan akuntansi seperti membuat dan memperbarui jurnal secara teratur. Dalam prinsip dasar akuntansi, entri jurnal digunakan untuk melacak semua transaksi organisasi secara berurutan.

Entri ini dimasukkan ke dalam buku besar akuntansi yang dikelola oleh akun tersebut. Untuk melengkapi buku harian ini, karyawan dapat bekerja sama dengan departemen akuntansi organisasi.

Baca Juga:  Fungsi Administrasi Keuangan di Berbagai Instansi atau Lembaga

Akun Rekonsiliasi dan Penutupan

Administrator Keuangan berpartisipasi dalam operasi penutupan organisasi. Kegiatan penutupan ini merupakan proses akuntansi yang terdiri dari penyusutan aset tetap organisasi, rekonsiliasi varians persediaan, dan posting informasi penagihan.

Akun Rekonsiliasi dan Penutupan

Administrator juga membantu organisasi dengan penggajian dan rekonsiliasi akun penutupan, yang biasanya dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali.

Penganggaran

Organisasi menganalisis informasi keuangan yang digunakan untuk menghasilkan anggaran bulanan bagi pekerja. Untuk mengawasi pengeluaran, tim harus melakukan analisis biaya dan membuat proyeksi keuangan.

Karyawan yang berada dalam pekerjaan administrator keuangan juga bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan untuk manajemen, yang terdiri dari laporan pengeluaran dan laporan arus kas. Tenaga kerja juga memiliki tanggung jawab untuk mengawasi investasi organisasi.

Pajak

Pegawai administrasi keuangan negara ditugaskan untuk mempersiapkan pajak untuk bisnis sesuai dengan semua undang-undang, prosedur, dan peraturan yang relevan.

Petugas Administrasi Keuangan Negara

Untuk melaksanakan tugas pengelolaan keuangan negara di atas, organisasi biasanya mempekerjakan orang-orang berikut:

Manajer Keuangan

Manajer keuangan bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memeriksa laporan kas kecil dan menyetujui aplikasi dana kas kecil.

Bendahara

Pada dasarnya tugas dan tanggung jawab seorang bendahara antara lain mengumpulkan dan menerapkan data akuntansi kas kecil dan kas kecil dari pengurus. Ketika dana kas kecil menipis, cek atau uang tunai dikirim ke orang yang tepat.

Administrasi Kantor

Berikut ini adalah beberapa peran dan kewajiban seorang administrator kantor, yaitu:

Administrasi Kantor

  1. Ditugaskan dan bertanggung jawab atas aktivitas keuangan antara eksekutif organisasi dan bank.
  2. Melakukan pembayaran pajak atau hadiah atas nama organisasi.
  3. Ditugaskan dan bertanggung jawab atas kas kecil organisasi serta melacak dan mengirimkan uang untuk kebutuhan organisasi dalam jumlah kecil.

Kesimpulan

Administrasi keuangan negara adalah proses manajemen yang menggabungkan semua operasi yang terkait dengan keuangan, penyusunan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama.

Administrasi keuangan negara bertugas mengidentifikasi sumber pendanaan terbaik untuk berbagai tuntutan yang muncul sepanjang tahun.

Demikian artikel tentang fungsi administrasi negara, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Related Articles

Back to top button