Advertisement

Daftar 15 Jenis Bidang Akuntansi yang Wajib diketahui

Rancakmedia.com – Apa jenis Bidang akuntansi yang ada? Tentu saja ada banyak jenisnya, beberapa di antaranya mencakup audit akuntansi dan pendidikan dan jenis, untuk detailnya dibawah ya.

Banyak orang sudah memahami apa itu akuntansi dan perlu menyadari bahwa akuntansi adalah subjek yang luas. Jika kamu tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, kamu harus terbiasa dengan banyak cabang akuntansi.

Penggunaan Berbagai Macam atau Jenis Bidang Akuntansi

Akuntansi dapat dilihat sebagai layanan bisnis yang memberikan organisasi informasi berharga jika tujuan dan penggunaannya diperhitungkan.

Penggunaan Berbagai Macam atau Jenis Bidang Akuntansi

Hal ini memungkinkan para pemimpin perusahaan atau orang-orang dari luar perusahaan membuat keputusan dan pilihan yang tepat.

Jika dilihat dari sudut pandangnya, akuntansi adalah suatu prosedur yang memuat atau menganalisis, mengukur, dan mendistribusikan informasi ekonomi.

Dalam praktiknya, semua transaksi keuangan yang terjadi pada waktu tertentu ditangani dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Identifikasi dan ukur
  2. Perekaman (recording)
  3. Klasifikasi (klasifikasi)
  4. Meringkas (meringkas)
  5. Penyusunan Laporan Keuangan (reporting)

Berbagai Bidang Akuntansi Yang Ada

Jenis bidang akuntansi berikut ada:

Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Bidang ini berkaitan dengan akuntansi untuk unit ekonomi secara keseluruhan. Pelaporan keuangan pihak luar adalah fokus akuntansi keuangan. Kisah sukses ini dapat digunakan dalam berbagai situasi. Di antara tanggung jawabnya adalah tugas pencatatan keuangan yang ditujukan untuk menghasilkan laporan.

Salah satu yang menunjukkan neraca perusahaan, cara mengetahui keuntungan dan kerugian, serta setiap perubahan modal atau laba ditahan selama periode waktu tertentu, adalah keuangan.

Laporan keuangan yang biasanya dibuat oleh program akuntansi dapat digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkannya untuk pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan yang wajar dan relevan.

Bidang Auditing Akuntansi

Akuntansi adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan audit laporan yang dibuat oleh akuntansi keuangan. Dalam pemeriksaan akuntansi (auditing), pelaksanaan operasi pemeriksaan atas hasil pencatatan dan laporan di bidang keuangan adalah

Tujuan utama dari audit adalah untuk memastikan bahwa informasi akuntansi yang diberikan akurat, tetapi juga memiliki tujuan lain.

Tujuan audit akuntansi adalah untuk memastikan bahwa aturan dan prosedur diikuti dan untuk mengevaluasi seberapa baik dan efisien sesuatu bekerja.

Dalam pandangan ini, audit memberikan objektivitas dan independensi pemeriksa, serta kerahasiaan dan kemampuan untuk mengumpulkan informasi penting yang dapat digunakan di pengadilan.

Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang mencatat, menghitung, dan menganalisis data pada suatu perusahaan industri untuk menghitung besarnya biaya produksi suatu barang atau produk.

Dengan menggunakan metode akuntansi biaya ini akan dibuat laporan harga sehingga dapat dibuat laporan keuangan. Akuntansi biaya akan mengarah pada penetapan biaya berdasarkan aktivitas.

Tujuan utama dari alat ini adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang biaya yang telah terjadi dan biaya yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Jenis akuntansi ini, meskipun berbeda dari yang lain, sama pentingnya.

Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen adalah cabang akuntansi yang bertujuan untuk memberikan informasi manajemen dalam menjalankan bisnis. Akuntansi manajemen bergantung pada banyak metrik akuntansi biaya.

Jadi, sementara kedua bidang akuntansi ini memiliki tujuan yang berbeda, keduanya dapat diimplementasikan bersama. Misalnya, akuntansi manajemen dapat digunakan untuk mengawasi operasi bisnis, mengawasi arus kas, dan mempertimbangkan berbagai pilihan sebelum membuat keputusan.

Jadi pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dilakukan (activity based management) merupakan tren baru dalam akuntansi manajemen.

Bidang Akuntansi Pajak

Akuntansi adalah bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan penggunaan objek pajak, yang menjadi tanggung jawab perusahaan, dan perhitungannya untuk menyusun pengembalian pajak.

Bidang Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak membantu manajemen dalam membuat keputusan tentang jenis transaksi yang akan dilakukan sehubungan dengan implikasi pajak. Jadi, orang yang bekerja di bidang akuntansi ini harus terbiasa dengan undang-undang perpajakan yang berlaku.

Akuntansi Penganggaran (Budgeting)

Penganggaran adalah bidang akuntansi yang membangun anggaran untuk pendapatan dan pengeluaran. Di masa depan, perusahaan, orang, dan pemerintah dapat mengacu pada anggaran sebagai panduan untuk operasi keuangan mereka.

Bidang ini, di sisi lain, berkaitan dengan penciptaan, pengembangan, dan pemantauan strategi keuangan jangka panjang untuk operasi perusahaan.

Anggaran dapat dianggap sebagai rekomendasi untuk menjelaskan tujuan perusahaan; itu termasuk jadwal tugas yang harus diselesaikan dan perkiraan berapa banyak uang yang akan dihabiskan di masa depan.
Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Bidang akuntansi ini berfokus pada produksi laporan keuangan serta pengelolaan dan pengawasan keuangan publik. Akibatnya, akuntansi pemerintahan mampu mengelola administrasi negara secara efektif.

Bidang ini melibatkan pencatatan dan pengungkapan informasi tentang transaksi keuangan di organisasi sektor publik.

Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang melakukan tindakan dengan menciptakan teknik untuk menghasilkan catatan akuntansi sehingga aman, efektif, dan efisien. Mulai dari menyusun dokumen hingga menyusun metode pencatatan.

Sistem Akuntansi atau Accounting System

Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran keuangan adalah jenis akuntansi yang kegiatannya berkaitan dengan pengumpulan dan pengelolaan data operasi keuangan yang telah terjadi, serta perkiraan kemungkinan yang akan terjadi untuk menentukan rencana operasi keuangan (anggaran) perusahaan dalam periode tertentu. .

Akuntansi Perbankan

Mengingat gagasan akuntansi sebagai proses pencatatan, pengkategorian, analisis, dan pencatatan data keuangan, jadi secara umum dapat dicermati bahwa akuntansi perbankan adalah suatu proses akuntansi bank yang juga meliputi pencatatan, pengkategorian, penganalisisan, dan pengaturan data keuangan bank yang dilakukan secara sistematis untuk memenuhi tuntutan pihak-pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal.

Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional adalah standar pelaporan akuntansi tunggal yang mendorong penilaian ahli (revaluasi) dengan menjadi jelas dan jujur ​​tentang isi transaksi tertentu.

Namun, dengan norma atau aturan standar akuntansi yang mengendalikan penyusunan laporan, Sedangkan proses pembuatan atau perumusan aturan akuntansi disebut penetapan standar, Jadi ada berbagai alasan mengapa standar akuntansi itu penting, antara lain:

  1. Di banyak negara, konsekuensi ketidakpatuhan terhadap undang-undang akuntansi cenderung sederhana dan tidak efektif.
  2. Perusahaan mungkin mengungkapkan lebih banyak informasi daripada yang seharusnya mereka inginkan.
  3. Beberapa negara memungkinkan perusahaan untuk mengetahui standar akuntansi jika aktivitas dan status keuangan perusahaan dilaporkan dengan tepat.
  4. Perumusan standar akuntansi sering kali mencakup campuran organisasi sektor komersial dan publik, yang mencakup profesi akuntansi.

Fungsi dan dampak badan-badan ini dalam menciptakan standar akuntansi berubah dari satu negara ke negara lain.

Bidang Akuntansi Pendidikan

Akuntansi khusus dalam akuntansi disediakan oleh bidang studi. Misalnya, dalam studi dan pengajaran akuntansi dan topik lain yang terkait dengan pendidikan secara keseluruhan,

Orang berpikir bahwa desentralisasi adalah cara untuk membuat pendidikan lebih efektif, relevan, setara, dan berkualitas tinggi, serta lebih adil dan demokratis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada banyak bagian akuntansi pendidikan, termasuk:

  1. Anggaran sekolah
  2. Infrastruktur sekolah
  3. Manajemen sekolah
  4. Partisipasi orang tua
  5. Akuntabilitas pelaksanaan

Untuk memenuhi tujuan desentralisasi pendidikan, pemerintah harus mereformasi penyelenggaraan pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan lembaga pendidikan.

Oleh karena itu, pemerintah harus menyusun kerangka hukum berupa undang-undang, peraturan pemerintah, dan keputusan menteri untuk melaksanakan desentralisasi pendidikan dengan cara yang sesuai dengan semangat dan semangat otonomi daerah.

Akuntansi Sosial

“Akuntansi sosial” adalah proses melacak bagaimana kegiatan bisnis perusahaan mempengaruhi orang dan lingkungan. Ini digunakan untuk menjelaskan efek ini kepada kelompok pemangku kepentingan yang berbeda dan masyarakat umum.

  1. Penggunaan akuntansi sosial adalah untuk proyek tanggung jawab sosial perusahaan.
  2. Akuntansi kewajiban adalah nama lain untuk jenis akuntansi ini.
  3. Contoh akuntansi untuk pemberian beasiswa kepada masyarakat.

Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik sebagai akuntansi dana publik, yang karenanya dapat dianggap sebagai metode teknis dan analisis akuntansi yang digunakan untuk pengelolaan uang publik di lembaga tinggi negara dan lembaga di bawahnya.

Jenis Bidang Akuntansi Perilaku

Akuntansi perilaku adalah ilmu akuntansi yang dicampur dengan ilmu sosial. Dengan kata lain, akuntansi perilaku adalah studi yang menyelidiki efek dari perilaku manusia sehingga dapat mempengaruhi data akuntansi dan pengambilan keputusan perusahaan.

Jenis Bidang Akuntansi Perilaku

Perilaku manusia dan keputusan bisnis dapat dipengaruhi oleh akuntansi, dan sebaliknya. Dengan adanya bidang akuntansi maka akan mudah bagi setiap orang untuk menentukan pilihan dari bidang akuntansi sehingga dapat digunakan tesnya.

Kesimpulan

Akuntansi dapat dilihat sebagai layanan bisnis yang memberikan informasi berharga kepada organisasi jika tujuan dan penggunaannya diperhitungkan. Artikel ini memiliki informasi lebih lanjut tentang apa itu akuntansi dan bagaimana kamu bisa menjadi lebih berpengalaman dalam seni profesi.

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang mencatat, menghitung, dan menganalisis data pada suatu perusahaan industri untuk menghitung besarnya biaya produksi suatu barang atau produk.

Akuntansi manajemen bertujuan untuk menyediakan informasi manajemen dalam menjalankan bisnis; penganggaran berkaitan dengan penciptaan, pengembangan.

Tombol kembali ke atas