Pengertian, Fungsi dan Tujuan Seni Lukis

Lovata Andrean

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Seni Lukis

Rancakmedia.com – Apakah kamu mengetahui apa itu seni lukis? jika kamu belum mengetahuinya mari baca artikel dibawah ini agar kamu lebih paham dan bisa mendapatkan informasinya secara lengkap.

Salah satu karya seni yang memiliki nilai jual tinggi dan bisa membuat orang yang melihatnya tertawa terbahak-bahak adalah seni lukis. Lukisan dicirikan sebagai karya seni dua dimensi. Pelukis menggunakan berbagai alat dan metode untuk membuat lukisan mereka, yang semuanya berkontribusi pada keunikan karya mereka.

Seni lukis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah salah satu jenis seni rupa yang melibatkan pengaplikasian lukisan atau tinta pada suatu permukaan. Umumnya, seorang seniman yang melukis lukisan akan mengungkapkan pikiran dan emosinya tentang lukisannya di permukaan kanvas.

Dalam proses menghasilkan seni, seorang seniman membutuhkan ide-ide inovatif. Itulah yang memungkinkan seni mendapatkan harga setinggi itu di pasar terbuka. Nilai dan kualitas lukisan sering digunakan untuk menentukan harga lukisan.

Pengertian Seni Lukis

Melukis adalah disiplin seni yang diwujudkan melalui karya dua dimensi dengan memanfaatkan kanvas atau permukaan datar lainnya. Setelah bereksperimen dengan cat, pewarna, dan imbuhan gambar lainnya, bahan yang digunakan untuk melukis umumnya diisi dengan komponen utama garis dan warna.

Sebuah karya lukisan dapat mencakup gambar dunia alami, seperti potret manusia dan hewan, karya seni botani, dan bahkan lanskap. Lukisan juga dapat menampilkan gambar abstrak yang merupakan pengurangan fitur alam.

Pengertian seni lukis ada bermacam-macam, menurut Soedarso Sp, melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi dengan tujuan mendapatkan kesan tertentu. Soedarso pun menambahkan bahwa karya seni erat kaitannya dengan pelibatan ekspresi, emosi dan gagasan pencipta secara penuh.

Menggunakan lukisan, seorang pelukis dapat menyampaikan perasaan dan sentimen jiwanya melalui karyanya. Lukisan bukan sekedar karya seni yang memiliki nilai estetika. Lukisan sendiri memiliki banyak tujuan bagi masyarakat.

Fungsi religius, komersial, dan simbolik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fungsi semacam ini. Pada dasarnya, melukis adalah perkembangan menggambar. Lukisan, di sisi lain, memiliki estetika yang lebih bernuansa. Lukisan mungkin lebih bervariasi daripada membuat sketsa dalam hal bahan dan metode yang digunakan.

Fungsi Seni Lukis

Secara umum seni lukis memiliki fungsi yang terbagi menjadi 2 komponen, yaitu fungsi sosial dan fungsi individu.

Fungsi Sosial

Fungsi sosial sebuah lukisan akan terwujud jika dapat membawa manfaat bagi banyak orang. Karya seni dapat memiliki fungsi sosial, dengan premis bahwa seorang seniman harus berhasil membuktikan nilai sosial atau setidaknya diakui oleh masyarakat. Ada 4 bidang fungsi sosial yang diakui masyarakat, yaitu:

Pendidikan

Dalam ranah pendidikan, seni lukis merupakan media pembelajaran bagi anak-anak prasekolah mulai dari prasekolah hingga taman kanak-kanak. Mengajar anak-anak seni bertujuan untuk menginspirasi mereka untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif untuk proyek mereka. Kelas melukis prasekolah dirancang untuk membantu anak-anak meningkatkan daya ingat mereka akan warna dan pengenalan bentuk.

Agama

Lukisan, sebagai karya seni yang diciptakan manusia, dapat berfungsi sebagai wahana untuk mengekspresikan pengabdian kepada Tuhan. Keagungan Tuhan dapat ditunjukkan secara sosial melalui seni keagamaan. Misalnya, dalam Islam, kamu tahu seni kaligrafi.

Penggunaan umum kaligrafi adalah untuk meningkatkan estetika bangunan keagamaan dengan menerangi mereka dengan kata ilahi. Tidak hanya itu, dalam agama Hindu, banyak lukisan dewa-dewa diproduksi dengan maksud untuk berdoa dan berdoa bagi orang yang telah meninggal.

Hiburan

Selain memiliki aspek pendidikan dan keagamaan, seni lukis pada dasarnya dihargai oleh masyarakat karena memiliki fungsi sosial sebagai hiburan. Di bidang hiburan, sebuah karya seni dapat memberikan kesan yang menarik dan memiliki pengaruh yang menguntungkan bagi masyarakat. Ada banyak kesempatan ketika lukisan akan digunakan sebagai lebih dari sekedar hiasan dinding.

Kejelasan Isi

Lukisan yang memenuhi unsur kejelasan isi menunjukkan bahwa lukisan itu mampu memiliki pengaruh atau fungsi sosial. Kejelasan substansi seni digunakan sebagai media untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi merupakan manfaat khusus dari seni lukis.

Contoh lukisan yang dapat memberikan kejelasan pesan, seperti poster, baliho, dan mural di sepanjang jalan. Sepintas lukisan itu tidak terlalu terlihat, namun kejelasan materinya memberikan dampak dan makna yang kuat dari masyarakat.

Fungsi Individual

Lukisan yang dibuat dari pikiran, perasaan, dan perasaan akan mencakup tuntutan jasmani dan rohani dari seniman itu sendiri. Orang lain atau pecinta seni dapat mengatakan bahwa sebuah lukisan adalah milik seorang seniman jika ada sejumlah rupiah tertentu di dalamnya.

Hadiah lukisan di Indonesia tidak sebanyak di Italia, Prancis, Amerika Serikat, dan negara-negara kaya lainnya. Namun, hal tersebut tidak lagi menjadi halangan untuk berkarya karena di era digital sekarang ini lukisan dapat diterbitkan di belahan dunia manapun.

Selain kepuasan fisik, lukisan dapat memenuhi kebutuhan spiritual seniman. Ini menyiratkan bahwa seorang seniman dapat menyampaikan semua pikiran dan emosi terdalamnya selama seluruh proses menghasilkan lukisan, apakah itu suka, sedih, atau terluka. Lukisan memiliki properti yang memungkinkan pemirsa untuk mengamati dengan jelas emosi seniman melalui karya.

Tujuan Seni Lukis

Seni lukis memiliki tujuan, diantaranya adalah:

Tujuan Religius

Seorang seniman lukis memiliki kapasitas untuk menghasilkan lukisan atau karyanya yang memiliki sifat keagungan Tuhan Yang Maha Esa, nenek moyang, nenek moyang atau dewa. Lukisan gua Leang di Maros, Sulawesi Selatan, menunjukkan bahwa lukisan memiliki tujuan religius.

Tujuan Magis

Karya seni memiliki makna magis dan religius, dan banyak lukisan menyertakan mantra. Siapa pun yang melihatnya akan meninggalkan kesan yang membingungkan karena sifat lukisan yang kasar.

Lukisan Bali yang menampilkan dewa penjaga pura merupakan salah satu bentuk karya seni dengan kualitas mistis dan penuh teka-teki. Yang menyatakan, orang Bali berpikir bahwa lukisan itu akan menawarkan daya tarik untuk suatu daerah.

Tujuan Simbolis

Seorang seniman lukis yang mampu menyampaikan dan mencerminkan prinsip hidup seseorang. Dalam lukisan dengan orang-orang terkemuka, ide-ide mulia akan dipraktikkan. Contoh lukisan yang dapat mewakili karakter seseorang dapat dilihat dari lukisan Pangeran Diponegoro yang sedang berdiskusi dengan Jenderal de Kock.

Tujuan Estetis

Bagi seniman lukis yang mampu mendemonstrasikan suatu tujuan estetis, umumnya akan diperhatikan dari kekuatan keindahan lanskap suatu wilayah. Tujuan estetika mungkin terlihat dalam banyak lukisan di rumah, tempat kerja, dan lokasi umum. Air terjun pedesaan, sungai, atau sawah adalah subjek umum untuk karya lukis ini.

Tujuan Komersil

Lukisan untuk tujuan komersial umumnya menekankan nilai ekonomi dalam setiap karyanya. Lukisan dengan eksekusi yang cepat dan mendasar sering dijumpai di lokasi yang ramai. Jasa lukis wajah, misalnya, tersedia untuk umum.

Tujuan Ekspresi

Semua seniman bercita-cita untuk mengekspresikan diri melalui karya mereka, apakah itu di atas kanvas atau kertas atau tujuan lainnya. Seniman yang berada dalam kondisi emosional yang rentan dan membutuhkan platform untuk mengekspresikan diri sering menjadikan ini sebagai tujuan utama.

Hampir setiap orang mungkin melukis dengan tujuan mengekspresikan diri mereka dengan cara ini. Melukis menghasilkan relaksasi dan kelegaan sehingga dianggap mampu menjadi pengobatan psikologis di saat stres. Oleh karena itu, kualitas lukisan ini hanya dapat diamati melalui penggunaan pola, warna, bentuk, dan media.

Komponen Seni Lukis

Dalam sebuah lukisan yang baik ada banyak komponen seperti di bawah ini:

Komposisi

Komposisi adalah sarana untuk mengatur komponen-komponen yang akan memberikan struktur pada sebuah karya seni seperti warna, garis, bidang, ruang, gelap dan terang.

Balance

Keseimbangan adalah sarana untuk mengatur barang-barang sedemikian rupa sehingga harmonis jika dilihat oleh mata dan mudah dilihat.

Keseimbangan simetris adalah konsekuensi dari menggabungkan dua hal dengan membagi dua bidang secara merata. Sedangkan keseimbangan asimetris merupakan hasil pencampuran berbagai aspek seperti jarak dan ukuran agar tampak pas.

Proporsi

Lukisan menggabungkan penggunaan proporsi dan perbandingan. Hubungan antara ukuran dan bentuk dua benda dikenal sebagai proporsi mereka. Hal ini terlihat pada lukisan yang memiliki rasa harmoni di seluruh bagiannya.

Irama

Irama adalah kesan gerak khas seniman yang dihasilkan oleh pengulangan garis, warna, bentuk, gerak, dan tekstur.

Unity

Ketika komponen yang berbeda digabungkan, mereka membentuk keseluruhan baru. Akibatnya, kesan kohesif dihasilkan dari banyak komponen yang semuanya saling terkait.

Aksentuasi

Menambahkan aksen atau simbol unik ke gambar menyiratkan bahwa setiap bagian gambar menonjol dalam beberapa cara. Aksentuasi digunakan untuk menjaga agar lukisan tidak terkesan datar atau tidak bernyawa.

Aliran Seni Lukis

Setiap lukisan memiliki gaya, subjek, dan metode eksekusi yang unik. Gaya atau aliran adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan karakteristik unik dari sebuah lukisan. Menurut cara ekspresinya, kategorisasi gaya dan genre karya seni rupa dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: representasional, deformatif, dan non-representatif.

Representatif

Representatif atau perwujudan menunjukkan bahwa bentuk seni itu menggunakan realitas alam atau kehidupan manusia sehari-hari dalam masyarakat.

Aliran Realisme

Realisme adalah aliran seni yang memiliki perspektif, dimana realitas tanpa ilusi. Secara realistis, topik atau benda yang dilukis akan ditampilkan sebagaimana adanya, sesuai dengan kenyataan sehari-hari, tidak berlebihan dan bahkan terbatas pada benda-benda yang memiliki tampilan estetis yang menyenangkan.

Romantisisme

Aliran romantisme yang sering disebut demikian sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Aliran ini ditampilkan dalam banyak karya dengan tujuan mengkomunikasikan hal-hal yang masih representatif namun dengan cara yang spektakuler. Untuk menyampaikan peristiwa atau rangkaian peristiwa sejarah yang signifikan dengan cara yang menarik, digunakan alur.

Kesimpulan

Seni lukis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah salah satu jenis seni rupa yang melibatkan pengaplikasian lukisan atau tinta pada suatu permukaan.

Pelukis menggunakan berbagai alat dan metode untuk membuat lukisan mereka, yang semuanya berkontribusi pada keunikan karya mereka. Fungsi sosial sebuah lukisan akan terwujud jika dapat membawa manfaat bagi banyak orang.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks